Pendaftaran Universitas Swasta 2019/2020

5 min read

Pada kesempatan kali ini, yuksinau.id akan memberikan informasi seputar Pendaftaran Universitas Swasta 2019/2020.

Dengan adanya artikel ini, diharapkan dengan adanya artikel ini dapat menjadi panduan kalian dalam melakukan proses pendaftaran sebagai calon mahasiswa baru di Universitas Swasta.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan berikut ini.

Perguruan Tinggi

pendaftaran universitas swasta tanpa tes 2019

Menurut yang disebutkan oleh Dikti Universitas, Perguruan Tinggi yang mengadakan pendidikan akademik sekaigus mengadakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/ atau Teknologi serta apabila perguruan tinggi tersebut memenuhi syarat, maka perguruan tinggi terbut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Secara umum, perguruan tinggi atau universitas terbagi menjadi dua macam. Yakni Universitas Negeri dan Universitas Swasta.

Namun, kali ini kami hanya akan membahas secara khusus mengenai Univesrsitas Swasta saja.

Universitas Swasta

Pengertian dari Universitas Swasta merupakan suatu Universitas yang dikelola oleh Yayasan atau lembaga non pemerintah.

Seluruh Universitas Swasta yang ada di Indonesia dikoordinasikan secara langsung oleh badan yang disebut Koordinator Perguruan Tinggi Swasta. Atau yang biasa disingkat sebagai Kopertis.

Kopertis ini bukan hanya menaungi Univeritas Swasta saja, namun juga menaungi Institut Swasta, serta Sekolah Tinggi Swasta yang lainnya.

Untuk kalian yang akan lulus atau lulusan SMA/ MA/ SMK/ sederajat yang ingin melanjutkan studi ke Universitas Swasta, maka kalian bisa mengikuti jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Universitas Swasta yang kalian tuju.

Atau mungkin bagi kalian yang sekarang tengah bekerja namun tetap ingin melanjutkan kuliah, maka kalian dapat mencai Universitas Swasta yang mengadakan program pendidikan sembari berkerja.

Untuk melaksanakan penerimaan mahasiswa baru, Universitas Swasta memeberikan kesempatan dalam beberapa jalur penerimaan.

Antara lain:

  • jalur undangan ke masing-masing sekolah mitra
  • jalur PMDK
  • jalur prestasi
  • jalur tes tertulis
  • jalur USM
  • jalur regule
  • sistem one day service (pelayanan dalam satu hari)
  • serta jalur lainnya.

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa Universitas Swasta yang membuka jalur penerimaan mahasiswa baru lewat jalur UMB-PTS.

Tetapi, perlu kalian catat, bahwa tidak semua Universitas swasta membukan jalur penerimaan mahasiswa baru di atas ya.

Untuk mengetahui lebih lanjut dari masing-masing jalur di atas, simak selengkapnya pada informasi berikut ini.

Pendaftaran Universitas Swasta

jadwal pendaftaran universitas swasta 2019

1. Pendaftaran Jalur PMDK

PMDK adalah kependekan dari Penelusuran Minat dan Kemampuan yang merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan tanpa tes tertulis.

Penerimaan jalur PMDK ini dilandasi dengan melihat prestasi siswa. Baik itu prestasi akademik, prestasi olahraga, prestasi seni, maupun prestasi lain yang sesuai dengan ketetapan pihak Universitas Swasta tujuan kalian.

Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa jalur ini tidak dapat diikuti oleh semua siswa. Siswa yang dapat mengikuti jalur ini hanyalah siswa yang berprestasi unggul di Sekolah.

Berikut merupakan beberapa Universitas Swata yang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur PMDK, diantaranya yaitu:

NoNama Universitas Swata
1Universitas Gunadarma (UG)
2Binus University
3Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)
4Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
5Universitas Narotama (UNNAR)
6Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)
7Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
8Universitas Al-azhar Indonesia (UAI)
9Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
10Universitas Islam Bandung (UNISBA)
11Universitas Parahyangan (UNPAR)
12Universitas Kristen Maranatha
13Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)
14Universitas Pasundan (UNPAS)
15Universitas Widyatama
16Universitas Galuh (UNIGAL)
17Universitas Kanjuruhan Malang (UNIKAMA)
18Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
19dan masih banyak lagi Universitas Swasta lainnya.

2. Pendaftaran Jalur Ujian Tertulis

Jalur ujian tertulis merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang di mana dalam seleksinya menerapkan sistem ujian tertulis yang harus diikuti oleh seluruh peserta.

Peserta harus mendatangi secara langsung lokasi ujian dengan membawa beberapa perlengkapan tulis untuk mengikuti tes tertulis.

Penentuan kelulusan yang menggunakan jalur Tes Tertulis ini akan ditentukan pada nilai akhir yang didapatkan oleh peserta sesudah di rangking dari yang terbesar sampai yang terkecil.

Apabila Universitas Swasta tersebut membuka kuota 100 mahasiswa baru, seandainya kalian berada diperingkat dibawah 100, maka kalian akan dipastikan lulus seleksi.

Begitu juga sebalikanya, apabila seandainya kalian berada di diperingkat lebih dari 100, maka otomatis kalian tidak akan dinyatakan lulus seleksi.

Seleksi ujian tertulis ini diselenggarakan oleh seluruh Universitas Swasta yang ada di Indonesia. Seandainya kalian tidak lulus seleksi di Universitas Swasta A, maka kalian bisa mengikuti seleksi di Universitas Swasta B selagi pendaftarannya masih dibuka.

Untuk informasi selengkapnya, kalian dapat melihatnya langsung pada jadwal pelaksanaan di tiap-tiap Universitas Swasta tujuan kalian.

Salah satu tujuan dibukanya jalur tes tertulis ini iala untuk memberikan kesempatan lagi bagi calon mahasiswa yang mungkin sebelumnya sudah mengikuti seleksi jalur laian, namun tidak lulus.

Atau juga peserta yang belum memperoleh kesempatan mengikuti seleksi, maka bisa mengikuti seleksi jalur Ujian Tertulis ini.

Suapaya kalian dapat lulus seleksi ini, maka kalian harus mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Mudah-mudahan dengan adanya usaha dan doa kalian, maka keinginan kalian bisa terwujudkan.

Informasi tambahan:

Pada beberapa Universitas Swasta tertentu, Jalur Tes Tertulis ini memiliki sebutan lain yautu jalur Ujian Saringan Masuk (USM), Jalur Tes Umum, Jalur Reguler dan masih ada sebutan lainnya.

Berikut merupakan beberapa Universitas Swata yang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur ujian tertulis, diantaranya yaitu:

NoNama Universitas Swata
1Universitas Muslim Indonesia (UMI)
2Politeknik Caltex Riau (PCR)
3Universitas Nasional (UNAS)

*Selain daftar di atas, masih ada universitas swasta lainnya yang menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru dengan jalur ujian tertulis.

3. Pendaftaran Jalur Prestasi

Jalur Prestasi merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk siswa-siswi yang berprestasi.

Baik dalam prestasi olahraga, seni, olimpiade sains maupun prestasi akademik. Seleksi jalur prestasi dilaksanakan tanpa ujian tertulis, tetapi akan melihar pada prestasi yang didatpakan oleh siswa.

Ada segelintir Universitas Swasta yang menyebut jalur prestasi tersebut sebagai jalur PMDK. Tetapi, pada Universitas lainnya tetap menyebutnya sebagai jalur prestasi.

Berikut merupakan beberapa Universitas Swata yang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur prestasi, diantaranya yaitu:

NoNama Universitas Swata
1Universitas Islam Indonesia (UII)
2Telkom University
3Universitas Jenderal Achmad Yani (UAJY)
4Universitas Trisakti (USAKTI)
5Universitas Surabaya (UBAYA)
6Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
7Universitas Islam Malang (UNISMA)
8Universitas Merdeka Malang (UNMER Malang)
9Universitas Esa Unggul (UEU)
10Institut Teknologi Indonesia (ITI)
11Universitas Islam Sultan Ageng (UNISSULA)
12Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI)
13Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
14Universitas Kristen Petra
15Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG)

*Selain daftar di atas, masih ada universitas swasta lainnya yang menyelenggarakan penerimaan mahasiswa baru dengan jalur prestasi.

4. Pendaftaran Jalur One Day Service

Sesuai dengan namanua, jalur One Day Service adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan selesai dalam satu hari.

Agenda tersebut meliputi:pendaftaran, ujian dan juga pengumuman kelulusan yang akan kalian ketahui dalam satu hari.

Cara mengikut jalur ini adalah peserta mendatangi langsung ke Universitas Swasta yang ditujunya serta yang membuka jalur ini untuk melaksanakan pendaftaran dengan membawa berbagai berkas pendaftaran.

Kemudian selesai mendaftar, para peserta akan langsung mengikuti tes yang biasanya akan dilaukan dengan memakai komputer.

Sesudah menyelesaikan soal tes, peserta dapat mengetahui hasil tesnya langsung.

Hasil tes tersebutlah yang nantinya akan menjadi patokan apakah peserta dinyatakan lulus atau tidak.

5. Pendaftaran Jalur Internasional

Jalur Internasional adalah jalur penerimaan mahasiswa baru yang diselenggarakan oleh beberapa Universitas Swasta dalam rangka menerima mahasiswa baru internasional.

Hanya terdapat sedikiti Universitas Swasta yang membuka jalur ini. Kalian bisa melihat informasinya pada situs resmi Universitas Swasta yang mengadakan jalur ini.

6. Pendaftaran Jalur UMB-PTS

UMB-PTS atau kependekan dari Ujian Masuk Perguruan Tinggi Swasta merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang di mana ujian seleksinya dilakukan dengan cara tes tertulis dengan diikuti oleh seluruh peserta UMB-PTS.

UMB-PTS ini adalah jalur seleksi yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara, atau yang bisasa disingkat sebagai P-SPMBN.

Berikut merupakan beberapa Universitas Swata yang membuka penerimaan mahasiswa baru dengan jalur UMB-PTS, diantaranya yaitu:

NoNama Universitas Swata
1Universitas Trisakti (Usakti)
2Universitas Pancasila (UP)
3Universitas Gunadarma (UG)
4Universitas Bakrie (UB)
5Universitas Islam Sumatera Utara (UISU)
6Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS)
7Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR)
8Universitas Trilogi

*Catatan: hanya Universitas Swasta yang tergabung dalam UMB-PTS yang membuka jalur UMB-PTS.

Untuk kedepannya, kami berharap semakin banyak Universitas Swasta yang tergabut dalam UMB-PTS. Sehingga, bagi peserta yang akan mendaftar jalur ini dapat dapat mempunyai pilihan Universitas Swasta yang lebih banyak.

Univeristas di atas juga dapat sewaktu-waktu berubah. Informasi lengkap terkaitUMB-PTS bisa kalian baca pada situs resminya di alamat: www.spmb.or.id.

Selain itu, kalian juga dapat membaca artikel kami pada artikel Pendaftaran SPMB

Catatan Penting:

  • Jika terdapat perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku hanyalah yang terdapat pada website resmi masing-masing universitas.
  • Informasi yang belum update disini, akan diupdate kemudian. Tunggu update Pendaftaran Universitas Swasta disini ya!

Selain beberapa jalur di atas, masih banyak terdaoat jalur penerimaan mahasiswa baru lainnya yang dibuka oleh Universitas Swasta.

Kalian bisa melihatnya langsung di situs resmi pada masing-masing Universitas Swasta tujuan kalian.

Demikianlah informasi seputar Pendaftaran Universitas Swasta  yang dapat kami berikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kalian semua ya.

Kami yuksinau.id turut mendoakan agar kalian dapat lulus ujian seleksi yang kalian pilih serta mendapatkan ilmu yang bermanfaat disana.

Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa untuk share ke teman- teman yang lain ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *