Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCASN DIKDIN 2019/2020 (dikdin.bkn.go.id)

7 min read

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Informasi lengkap terkait Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCASN DIKDIN 2019/2020 (dikdin.bkn.go.id).

Artikel kali ini dikhusukan bagi kalian calon mahasiswa baru / calon taruna baru yang ingin melanjutkan studi di Pendidikan Ikatan Dinas.

Yuk simak baik-baik ulasan di bawah..

Pendidikan Ikatan Dinas

Pengertian:

Pendidikan tinggi yang langsung diselenggarakan oleh lembaga Kementerian atau Lembaga Pemerintah Nonkementerian di mana sesudah lulus dari pendidikan maka mahasiswa atau taruna tersebut secara otomatis akan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sampai sekarang ini, untuk menjadi PNS sangatlah sulit. Semakin banyak pesaing sehingga membuat peluang lolos dari ujian pun sangatlah kecil.

Dengan adanya pendidikan ikatan dinas inilah akan menjadi jalan alternatif lain untuk menjadi seorang PNS.

Akan tetapi, dalam proses masuknya, setiap peserta juga akan dihadapi dengan berbagai tahapan dan juga ujian yang ketat.

Dan tak jarang akan membuat calon peserta yang mendaftar akan mengalami kesulitan.

Pada tahun sebelumnya, pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas dilakukan lewat portal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB).

Dengan adanya perubahan cara pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas inilah yang menjadi kendala tersendiri bagi beberapa calon peserta.

Oleh karenanya, adanya panduan yang jelas dan benar sangatlah dibutuhkan bagi mereka yang hendak mendaftar. Supaya bisa melaksanakan proses pendaftaran dengan benar dan lancar.

Nah, berikut informasi mengenai panduan cara pendaftaran yang harus dipahami oleh setiap calon peserta sebelum calon peserta melaksanakan proses pendaftaran.

A. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 

1. Pendaftaran Peserta Sekolah Ikatan Dinas Secara Online 

Setiap calon pelamar atau peserta sekolah kedinasan wajib untuk mempersiapkan beberapa berkas, diantaranya yaitu:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Rapor SMA atau Sederajat
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan dan permintaan instansi yang akan dilamar.

Sesudah calon peserta melakukan pendaftaran pada Portal SSCN (https://sscasn.bkn.go.id). Maka akan dilanjutkan dengan mendaftar pada instansi yang sesuai dengan peminatan.

2. Pendaftaran Hanya di 1 (Satu) Sekolah Kedinasan

Setiap calon peserta sekolah kedinasan hanya diperbolehkan untuk mendaftar satu sekolah kedinasan saja. Apabila ada peserta yang ketahuan mendaftar lebih dari satu sekolah kedinasan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan gugur.

3. Seleksi

Tes atau seleksi akan dilaksanakan secara nasional dengan memakai sistem CAT (Computer Assisted Test) serta tahapan seleksi atau tes berikutnya akan ditentukan oleh tiap-tiap Instansi atau Sekolah Kedinasan.

4. Pengisian Data

Seluruh informasi atau data yang dimasukan ke dalam formulir pendaftaran harus berdasarkan dokumen yang asli serta bisa dipertanggungjawabkan.

Jika data yang dimasukan tidak benar atau tidak sah, maka yang bersangkutan akan dinyatakan gugur dan tidak bisa diproses lebih lanjut.

5. Persyaratan Khusus atau Tambahan

Setiap instansi akan memiliki persyaratan khusus yang berbeda dengan instansi lainnya, sesuai dengan kebutuhan masing-masing sekolah dinas.

Oleh karena itu, diharapkan setiap peserta harus membaca dengan cermat pengumuman sebelum nantinya menentukan salah 1 (Satu) Sekolah Kedinasan.

Setelah memahami ulasan di atas, selanjutnya calon peserta harus memahami alur pendaftaran dari instansi yang diminati, berikut penjelasannya:

B. Alur Pendaftaran Pendidikan Ikatan Dinas

Gamabran Umum Proses Pendaftaran Sekolah Dinas:

  1. Pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi portal SSCASN di alamat: https://sscasn.bkn.go.id
  2. Kemudian pilih menu Sekolah Kedinasan untuk masuk ke dalam portal Sekolah Kedinasan.
  3. Membuat akun dan juga mencetak Kartu Informasi Akun pada alamat: https://dikdin.bkn.go.id
  4. Selanjutnya melakukan log in dengan memakai NIK dan password yang sudah didaftarkan
  5. Melakukan swafoto, dan mendaftar sekolah dan jurusan yang tersedia serta melengkapi form yang diminta
  6. Calon peserta memasukkan Nilai
  7. Calon peserta melengkapi Biodata
  8. Calon peserta mengunggah (upload) dokumen sesuai dengan persyaratan yang diminta
  9. Calon peserta mengecek kembali form yang telah dilengkapi (Resume)
  10. Calon peserta mengklik Kirim, *data yang sudah dikirim tidak bisa diubah
  11. Calon peserta mengecek hasil verifikasi
  12. Calon peserta yang sudah dinyatakan lulus verifikasi akan memperoleh kode billing sebagai kode untuk pembayaran tes seleksi.
    Aturan tentang pembayaran silahkan cek pada web instansi atau sekolah kedinasan resmi yang dipilih
  13. Calon peserta yang telah melaksanakan pembayaran dan telah diverifikasi pembayarannya akan memperoleh Kartu Ujian
  14. Calon peserta mengikuti tahapan tes atau ujian seleksi
  15. Calon peserta mengecek hasil kelulusan tes seleksi
  16. Calon peserta yang lulus tes seleksi dan dinyatakan sudah diterima di sekolah kedinasan, harap menghubungi instansi atau sekolah kedinasan terkait proses berikutnya.

1. Membuat Akun SSCASN Sekolah Kedinasan

  1. Mendaftar diri secara online melalui situs resmi di alamat dikdin.bkn.go.id
  2. Pilih dan klik menu Registrasi
  3. Kemudian akan membuka halaman baru dengan alamat web dikdin-daftar.bkn.go.id
  4. Selanjutnya isikan NIK, Nomor Kartu Keluarga / NIK Kepala Keluarga, dan Centang captcha pada dialog “I’m not a robot”
  5. Selanjutnya klik “Lanjutkan
  6. Kemudian lengkapi data-data pada kolom yang masih kosong
  7. Ungguah pas foto dengan format latar belakang merah, JPG, ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200 kb
  8. Pastikan kalian sudah mengisi semua data dengan benar dan lengkap.
    Data yang sudah disimpan tidak bisa dirubah atau diperbaiki.
  9. Kemudian klik “Selanjutnya
  10. Akan muncukl jalaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2019 berhasil. Lalu klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar berhasil membuat akun. Simpan kartu tersebut untuk tahapan berikutnya.
  11. Kemudian “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk ke tahapan form selanjutnya.

Berikut data yang perlu diisi dalam poin 6:

  • Nama Tanpa Gelar
    • Isikan nama tanpa menggunakan gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
  • Tempat Lahir
    • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan yang tertera dalam ijazah
  • Tanggal Lahir
    • Isi tanggal lahir sesuai dengan yang tertera ijazah
  • Jenis kelamin
    • Pilih jenis kelamin kalian
  • E-mail
    • Masukan e-mail yang masih aktif dan valid
  • Password
    • Masukan password yang mudah untuk kalian ingat.
    • Harap catat serta simpan password kalian, sebab nanti akan dipakai kembali untuk login.
  • Konfirmasi Password
    • Masukkan kembali password yang sudah kalian masukan.
  • Pertanyaan Pengaman 1
    • Pilih pertanyaan sebagai pengaman akun kalian.
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang sudah kalian pilih sebelumnya.
  • Pertanyaan Pengaman 2
    • Pilih pertanyaan pengaman kalian lagi.
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang sudah kalian pilih.
  • Captcha
    • Yang terakhir masukan kode captcha yang tampil di layar.

2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

1. Sesudah kalian berhasil mendaftarkan diri, silahkan login kembali pada dikdin.bkn.go.id dengan memencet tombol “Login” yang tertera di bagian sudut kanan atas.

2. Masukan NIK dan password yang sudah kalian daftarkan, kemudian akan tampil halaman Form Biodata Peserta yang berisi:
  1. Upload Swafoto :
    1. Upload foto selfie dengan memegang KTP dan juga Kartu Informasi Akun untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
    2. Caranya:
      • klik tombol “Choose file”
      • Carilah dokumen swafoto dengan format berwarna dengan ketentuan JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb
  2. Mendaftar Formasi:
    1. Pilih Sekolah dan juga Jenis Formasi yang sesuai dengan minat kalian.
    2. Klik tombol “Pilih”
    3. Pilih pendidikan terakhir kalian saat ini.
    4. Pilih Jurusan yang tersedia
    5. Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
    6. Pilih Lokasi Test yang tersedia
    7. Pilih Provinsi /Negara /SMA /SMK dimana kalian berada
    8. Isikan nama Sekolah kalian sesuai dengan yang tertera pada ijazah (SMA /SMK /Sederajat)
    9. Isi Tahun kelulusan
    10. Isi nomor ijazah pendidikan terakhir kalian
    11. Isi tahun lulus pendidikan terakhir kalian
    12. Isi kode captcha yang muncul pada layar
    13. Jika data sudah terisi dengan lengkap dan benar, selanjutnya klik tombol .
      Jika terdapat data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti berikut: Harap mengisi bagian yang bertanda merah sebelum menyimpan. Kemudian klik “Baiklah”
  3. Pengisian Nilai:
    • Masukan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk dapat mengisi menu ini, harap diperhatikan dan juga dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, sebab setiap Sekolah Kedinasan mempunyai aturan yang berbeda-beda.
  4. Pengisian Biodata:
    • Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom kosong yang tersedia dengan benar. Pelamar juga bisa memperbaiki Nama Sesuai denan Ijazah, Tempat Lahir sesuai dengan Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai dengan Ijazah, dan juga merubah alamat E-mail pada form ini.
    • Isikan kode captcha yang tampil pada layar. Klik “Selanjutnya” untuk ke tahapan berkutnya.
  5. Unggah Dokumen:
    • Pelamar kemudian mengunggah dokumen yang dibuthkan sesuai dengan permintaan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum dalam setiap jenis dokumen yang dibutuhkan.
    • Untuk mengunggah dokumen, klik tombol “Unggah”
    • Untuk mengecek dokumen yang sudah diunggah dengan klik tombol “Lihat”
    • Jika dokumen yang diunggah belum sesuai, klik “Unggah” tombol untuk mengganti dokumen tersebut
    • Klik “Selanjutnya” untuk ke halaman berikutnya.
  6. Resume:
    • Sesudah pelamar telah selesai melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data sudah benar dan sesuai dengan mencentang setiap isian yang sudah dilengkapi oleh Pelamar.

3. Centang pernyataan yang muncul di kotak merah muda.
Selanjutnya klik “Akhiri Proses Pendaftaran”. Sesudah tombol tersebut diklik, kalian sudah tidak bisa merubah data yang sudah dikirim ke sistem dengan alasan apa pun.

4. Kemudian klik tombol “Iya”, serta tombol “Cetak Kartu Informasi Akun” dan “Cetak Kartu Pendaftaran” akan tampil pada layar.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan sudah memakai tanda tangan digital serta disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selengkapnya kunjungi laman: Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

C. Gambar Alur atau Mekanisme Pendaftaran

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

D. Setelah Pendaftaran di Portal SSCN (sscasn.bkn.go.id)

Setelah selesai melasanakan pendaftaran pada portal SSCN di alamat sscnasn.bkn.go.id dan dikdin.bkn.go.id.

Selanjutnya tiap peserta akan mengikuti berbagai tahapan sesuai dengan ketentuan instansi yang diminati.

Terdapat 8 sekolah ikatan dinas yang dapat kalian pilih, antara lain:

NoSekolah Kedinasan
1PKN STAN
2Politeknik Statistik STIS
3IPDN
4STSN
5STIN
6STMKG
7POLTEKIP dan POLTEKIM
8
Sekolah Kedinasan di bawah naungan kemenhub (11 Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi).

E. Daftar Sekolah Ikatan Dinas

1. Pendaftaran PKN STAN

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas PKN STAN

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di PKN STAN, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah  mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal PKN STAN di alamat spmb.pknstan.ac.id

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Online STAN dan Persyaratan Pendaftaran PKN STAN

2. Pendaftaran SPCP IPDN

IPDN

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di IPDN, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah  mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal IPDN di alamat spcp.ipdn.ac.id

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Online IPDN

3. Pendaftaran STIS

STIS

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di Politeknik Statistik STIS, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah  mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal Politeknik Statistik STIS di alamat  stis.ac.id/spmb/

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Online Politeknik Statistika STIS

4. Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

Poltekip dan Poltekim

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di POLTEKIP dan POLTEKIM, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah  mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal POLTEKIP dan POLTEKIM di alamat catar.kemenkumham.go.id

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran POLTEKIP dan POLTEKIM

5. Pendaftaran STTD

sttd

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di STTD, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah  mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal STTD di alamat sipencatar.dephub.go.id

Selengkapnya kunjungi: Pendaftaran Online STTD

Selain STTD, masih tedapat perguruan tinggi ikatan dinas yang lain di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Dengan jumalh total terdapat 11 Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi.

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas Kemenhub

6. Pendaftaran STMKG

stmkg

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di STMKG, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal STMKG di alamat ptb.stmkg.ac.id

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Online PTB STMKG

7. Pendaftaran STSN

stsn

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di STSN, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal STSN di alamat www.stsn-nci.ac.id

Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Online STSN

8. Pendaftaran STIN

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas stin

Untuk calon peserta yang ingin mendaftar di STIN, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendaftar di Portal SSCN di alamat dikdin.bkn.go.id.

Dan baru setelah itu dilanjutkan ke tahapan pendaftaran atau seleksi di portal STIN di alamat stin.ac.id/daftar

Selengkapnya kunjungi laman: Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Online STIN

Silahkan kunjungi laman di atas untuk informasi lebih lanjut mengenai tiap-tiap perguruan tinggi ikatan dinas.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk kalian mengenai Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal SSCASN DIKDIN (dikdin.bkn.go.id). Semoga informasi singkat di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Terima kasih telah berkunjung :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *