Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia 2019/2020

3 min read

Pendaftaran Online ITI

Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia (ITI)– Untuk kalian yang baru lulusan SLTA sederajat yang memiliki bakat dalam bidang iptek, yuk daftar aja ke Institut Teknologi Indonesia (ITI).

Institut Teknologi Indonesia (ITI) merupakan suatu perguruan tinggi swasta (PTS) yang terletak di Tanggerang Selatan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang teknik.

Institut Teknologi Indonesia (ITI) telah berdiri sejak tahun 1984. Yang waktu itu memiliki tujuan guna mengatasi masalah kelangkaan insinyur di Indonesia pada kala itu. Informasi selengkapnya mengenai ITI, simak ulasan di bawah ini.

Institut Teknologi Indonesia (ITI)

akreditasi institut teknologi indonesia

Institut Teknologi Nasional atau yang biasa disingkat sebagai ITI merupakan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang didirikan pada tanggal 2 Juni 1984 oleh Persatuan Insinyur Indonesia (PII) lewat Yayasan Pengembangan Teknologi Indonesia. Dengan tujuan guna memenuhi kebutuhan tenaga insinyur teknik di Indonesia.

ITI mempunyai komitmen untuk berperan aktif dalam mengangkat Daya Saing dan Martabat Bangsa Indonesia. Dengan melalui system pendidikan terutama pada bidang Pendidikan Tinggi Keteknikan/ Teknologi yang Efisien – Berkualitas.

Program akademik Institut Teknologi Indonesia (ITI) merujuk pada Technology Based Entrepreneur University. Hal ini direalisasikan dalam visi dan misinya yang berbunnyi:

Visi:
  • Sebagai Technology Based Entrepreneur University, ITI pengembang keswadayaan Iptek tepat- guna masyarakat untuk menjawab tantangan pembangunan daerah dan nasional.
Misi:
ITI memgang lima misi yang berbuni “Pancadharma”, dengan penjelasan seperti di bawah:
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menciptkan lulusan yang berkompeten, berkarakter dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Melaksanakan Penelitian yang bermutu tinggi, khususnya pada penelitian yang bersifat terapan untuk memberikan nilai tambah secara nyata kepada kualitas kehidupan bangsa dan umat
  • Melakukan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat guna meningkatkan taraf kesejahteraan dan kemartabatan masyarakat, Bangsa dan Negara lewat usaha kerjasama kelembagaan dan/ atau perorangan dengan berbagai pihak dengan dilandasi azas kesetaraan dan manfaat
  • Melaksanakan upaya pembentukan nilai secara terus menerus lewat pembinaan kelembagaan dan tata laksana kehidupan Institut yang berorientasi pada pengembangan kompetensi dan penguatan integritas
  • Mengembangkan bisnis berbasis intelektualitas secara professional dengan berpegang teguh terhadap etika akademik dalam rangka menjamin keberlangsungan peningkatan kualitas kehidupan lewat peningkatan taraf ekonomi dan kesejahteraan.

Program Studi di Institut Teknologi Indonesia (ITI)

Berikut adalah beberapa program studi atau prodi yang ada di Institut Teknologi Indonesia (ITI):

Program Studi Jenjang Sarjana (S1):

NoProgram Studi
1Teknik Elektro
2Teknik Mesin
3Teknik Industri
4Teknik Kimia
5Informatika
6Teknik Sipil
7Arsitektur
8Perencanaan Wilayah dan Kota
9Teknologi Industri Pertanian
10Manajemen

Program Studi Jenjang Diploma III:

NoProgram Studi
1D3 Teknik Mesin Otomotif

Itulah sekilas informasi mengenai Institut Teknologi Indonesia (ITI). Untuk prodi di atas, silahkan pilih salah satunya yang kalian inginkan sesuai dengan kemampuan, minat, dan juga bakat yang kalian miliki.

Sesudah kalian mengetahui informasi di atas, maka berikutnya kalian juga harus mengetahui informasi tentang penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Indonesia (ITI).

Berikut akan kami berikan informasi selengkapnya. Silahkan disimak dengan baik.

Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia (ITI)

jurnal iti

A. Persyaratan Umum

  1. Peserta merupakan lulusan SMU dengan jurusan IPA (untuk seluruh program studi)
  2. Peserta merupakan lulusan SMU dengan jurusan IPA/ IPS (untuk program studi tertentu)
  3. Peserta merupakan lulusan SMK/ STM (untuk program studi yang sejenis atau berkaitan)
  4. Pindahan dari Perguruan Tinggi lain (untuk yang memilih program studi sejenis)

B. Persyaratan Administrasi

  1. Peserta merupakan lulusan atau siswa SMA/ SMK/ MA kelas XII/ semester 6
  2. Tanpa test bagi siswa dengan NEM >= 7.5 untuk masing-masing mata pelajaran yang di UN-kan
  3. Membayar atau membeli Formulir dengan ketentuan :
    • 1 Pilihan Program Studi Rp. 250.000,-
    • 2 Pilihan Program Studi Rp. 300.000,-

C. Pendaftaran

  1. Pendaftaran bisa dilaksanakan secara langsung dengan mendatangi Kampus ITI di Jl. Puspiptek raya Serpong Tangerang Selatan, atau lewat e-mail : pmb@iti.ac.id
  2. Untuk mahasiswa yang berada diluar daerah atau provinsi dapat mendaftar dengan cara mengisi formulir pendaftaran secara online pada laman pmb.iti.ac.id, lalu klik pada menu “Pendaftaran Online” dan berikutnya lakukan pengisian data secara online.
  3. Membayar biaya Formulir
  4. Untuk calon mahasiswa jalur USM, biaya tersebut telah meliputi biaya USM.
  5. Untuk calon mahasiswa jalur prestasi harus menyerahkan sertifikat/ piagam kejuaraan.
D. Pengisian Formulir
  1. Untuk mahasiswa yang hendak mendaftar secara langsung pada kampus ITI dapat mengisi formulir di panitia penerimaan mahasiswa baru atau E-mail: pmb@iti.ac.id
  2. Untuk mahasiswa yang berada di luar daerah dan provinsi dapat langsung mengisi formulir secara online.
E. Pengembalian Formulir
  1. Formulir dikembalikan pada Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru ITI di alamt: Jl. Raya Puspiptek Serpong Tangerang Selatan.
  2. Pengembalian formulir Harus melampirkan:
    • Pas foto berwarna dengan ukuran 2×3 (2 lembar) dan 3×4 (1 lembar)
    • Untuk mahasiswa pindahan/ lintas jalur harus melampirkan Surat Permohonan melanjutkan studi/ surat pindahan dari Perguruan Tinggi Asal.
      Serta Transkrip Nilai dan juga Printout dari Forlap Dikti Perguruan Tinggi Asal.
F. Sistem Seleksi Pada Setiap Jalur Seleksi
  1. Jalur PMDK (Penelusuran Minat dan kemampuan)
    Yaknijalur yang menggunakan seleksinya dengan cara melihat nilai rapor kelas I, II dan III, serta prestasi tertentu pada tingkat provinsi.
  2. Jalur STTB (Surat Tanda Tamat Belajar) dan NEM (Nilai Ebtanas Murni).
  3. Jalur Seleksi: dengan cara mengikuti ujian seleksi masuk.
  4. Jalur pindahan/ lintas jalur jenjang program D-2 atau D-3 dari Perguruan Tinggi lain.
G. Jalur Beasiswa
  1. Untuk setiap mahasiswa baru yang dapat memenuhi syarat berhak untuk memperoleh beasiswa dari Yayasan Beasiswa ITI, berupa keringanan biaya UPP.
  2. PMDK:
    Beasiswa/ keringanan biaya UPP Rp. 0,- sampai Rp. 8.000.000,- diberikan terhadap calon mahasiswa peringkat 1 sampai 5 di Sekolah dari Semester 1 sampai Semester 5.
  3. Prestasi Non Akademik:
    Beasiswa/ keringanan Biaya UPP Rp.0,- sampai 8.000.000,- diberikan terhadap calon mahasiswa yang memiliki prestasi dalam bidang seni, Olahraga dan Karya Ilmiah Juara I, II dan III Tingkat Kabupaten/ Provinsi/ Nasional.
  4. Beasiswa/ keringanan biaya UPP sebesar Rp.1.000.000,- diberikan terhadap calon mahasiswa jalur USM yang memperoleh nilai Grade A.
  5. Beasiswa/ keringanan biaya UPP sebesar Rp. 750.000,- diberikan terhadap calon mahasiswa jalur USM yang memperoleh nilai Grade B.
H. Jadwal Pelaksanaan

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru di ITI akan diselenggarakan dalam beberapa tahap atau yang yang pada umumnya dimulai dari awal tahun sampai bulan Agustus atau September.

Untuk jadwal selengkapnya silahkan kalian lihat pada situs resmi ITI.

Catatan Penting:

  • Jika terdapat perubahan atau perbedaan informasi, maka yang berlaku hanyalah yang terdapat pada website resmi ITI.
  • Informasi yang belum update disini, akan diupdate kemudian. Tunggu update Pendaftaran Online ITI disini ya!

Demikianlah ulasan singkat mengenai Pendaftaran Online Institut Teknologi Indonesia (ITI). Persiapkan dengan baik persyaratan yang telah kami sebutkan di atas.

Pastikan kalian tidak ketinggalan segala informasi baru mengenai jadwal ataupun persyaratan mahasiswa baru ITI. Semoga informasi di atas dapat membantu kalian semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *