Pendaftaran Online IKJ 2019/2020 (Institut Kesenian Jakarta)

4 min read

Pendaftaran Online IKJ

Pendaftaran Online IKJ- Di tahun ini Institut Kesenian Jakarta atau yang biasa disingkat sebagai IKJ membuka kembali Institut Kesenian Jakarta. Bagi kalian yang memiliki bakat seni, maka kami sarankan untuk memasukan IKJ sebagai daftar dari tujuan kampus kalian nantinya.

Selengkapnya mengenai Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ada pada ulasan di bawah ini.

Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

institut kesenian jakarta

Institut Kesenian Jakarta atau yang biasa disingkat sebagai IKJ merupakan perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Jakarta yang menyelenggarakan pendidikan khusus dalam bidang Seni.

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) didirikan pada tahun 1970 di bawah Yayasan PKJ oleh Ali Sadikin, yang pada waktu itu merupakan  Gubernur DKI Jakarta.

Namun saat ini, Institut Kesenian Jakarta (IKJ) secara resmi telah dibawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sejak IKJ berdiri, IKJ sudah berperan aktif dalam menciptakan seniman, desainer, pemusik, sineas serta berbagai tenaga profesional seni yang menghidupkan kegiatan budaya, kegiatan sosial dan kegiatan industri di ibukota, yakni Jakarta.

Adapun fakultas dan program studi di dalamnya, seperti:

NoFakultas/ SekolahProgram Studi
1Fakultas Film dan Televisi
  • Program Studi S1 Film Dan Televisi
  • D3 Fotografi
  • D3 Film dan Televisi
2Fakultas Seni Pertunjukan
  • Program Studi S1 Antropologi Tari
  • S1 Etnomusikologi
  • S1 Musik
  • S1 Teater
  • S1 Tari
  • D3 Seni Musik
  • D3 Pemeranan
  • D3 Penata Tari
3Fakultas Seni Rupa
  • Program Studi S1 Seni Murni
  • S1 Desain Interior
  • S1 Desain Produk (Mode Busana)
  • S1 Desain Komunikasi Visual
  • S1 Kriya Seni
4Sekolah Pascasarjana
  • Program Studi S2 Penciptaan dan Pengkajian Seni

Dari sejumlah porgram studi di atas, mungkin ada beberapa yang menarik minat kalian. Maka dari itu, silahkan daftarkan diri kalian di kampus ini serta pilih program studi tersebut.

Dan untuk kalian yang beriminat untuk mendaftarkan diri di Institut Kesenian Jakarta (IKJ), maka kalian dapat melakukan pendaftaran ketika penerimaan mahasiswa baru di buka.

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) sendiri membukan penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang D3, S1, serta S2 melalui jalur ujian tulis.

Hasil dari ujian tertulis tersebut akan menjadi pertimbangan, apakah kalian dapat memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh panitia atau tidak.

Untuk bisa memperoleh hasil yang baik, maka tentunya kalian harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Pelajari berbagai materi yang akan diujikan nantinya, dan tak lupa untuk sering-seringlah berlatih.

Pendaftaran Online IKJ

pendaftaran ikj 2019-2020

Berikut akan kami berikan panduan mengenai pendaftaran mahasiswa baru IKJ, selengkapnya simak baik-baik ulasan berikut ini.

1. Pendaftaran Mahasiswa Baru IKJ

A. Persyaratan

  1. Setiap pelamar wajib untuk mengikuti test tertulis dan praktek yang diselenggarakan oleh IKJ
  2. Berijazah SMU/ sederajat
  3. 1 lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisir
  4. 1 lembar fotokopi Kartu Keluarga,
  5. 1 lembar fotokopi Akte Lahir
  6. Pas foto dengan ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar dan  ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar
  7. Surat keterangan sehat dari dokter atau rumah sakit
  8. Surat keterangan tidak memiliki buta warna dari dokter spesialis mata. Dokter umum tidak termasuk.
  9. Surat bebas dari NAZA (narkotika dan zat adiktif lainnya)
  10. Surat penyetaraan ijazah yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional (DEPDIKNAS) Republik Indonesia untuk calon mahasiswa yang berasal dari sekolah internasional.

B. Pendaftaran Online

Pendaftaran online mahasiswa baru akan diselenggarakan pada masing-masing fakultas yang diadakan oleh IKJ. Silahkan kalian lihat pada laman resmi masing-masing fakultas IKJ.

C. Materi Ujian

  • Menggambar
  • Pengetahuan Dasar Seni Rupa
  • Wawancara

D. Jadwal dan Waktu Pendaftaran – UPDATE 2019

NoGelombangPendaftaranUjian Masuk
1Gelombang 114 Januari – 20 Maret 201923 Maret
2Gelombang 221 Maret – 15 Mei18 Mei
3Gelombang 316 Mei – 24 Juli27 Juli

Waktu pendaftaran dilakukan pada:

  • Senin – Jumat: 08.00 – 16.00 WIB (istirahat 12.00-13.00)
  • Sabtu: 09.00 – 12.00 WIB

2. Mahasiswa Alih Jenjang (D-III Lanjut S.1)

Syarat Pendaftaran:

  1. Transkrip nilai D-III (Transkrip yang terdapat pada kode Mata Kuliah asal), sudah dilegalisir atau cap basah.
  2. Pas foto berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar dan ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar.
  3. SKCK dari pihak Kepolisian (asli serta photo copy sebanyak 1 lembar).
  4. Surat keterangan berbadan sehat dari RSUD (Asli).
  5. Surat keterangan bebas Narkotika yang dikeluarkan oleh BNN, RSKO Jakarta dan RS. Fatmawati.
    Untuk calon mahasiswa yang berada di luar jabodetabek bisa melakukan pemeriksaan di BNND atau RSUD setempat.
  6. Photo copy KTP orang tua/ wali (ayah/ ibu) masing-masing sebanyak 1 lembar.
  7. Akreditasi minimal B, dengan melampirkan Surat keterangan atau foto copy sertifikat nilai Akreditasi dari BAN PT.
  8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan skor minimal 2.75.
  9. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  10. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  11. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/ wali tentang kesanggupan untuk membayar biaya kuliah.
  12. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- tentang kesediaan menerima sanksi drop out jika terbukti memakai Narkoba.

3. Mahasiswa Khusus

Syarat Pendaftaran:

  1. Berijazah SLTA/ sederajat sekaligus daftar nilai yang telah dilegalisir oleh sekolah
  2. Pas foto berwarna dengan ukuran 3×4 sebanyak 3 lembar, ukuran 2×3 sebanyak 3 lembar.
  3. SKCK dari pihak Kepolisian (asli dan photo copy sebanyak 1 lembar).
  4. Surat keterangan bebas Narkotika yang dikeluarkan oleh BNN, RSKO Jakarta dan RS. Fatmawati.
    Untuk calon mahasiswa di luar jabodetabek bisa melakukan pemeriksaan di BNND ata RSUD setempat.
  5. Menyerahkan photo copy Kartu Keluarga sebanyak 2 lembar.
  6. Menyerahkan photo copy Akte Kelahiran sebanyak 2 lembar.
  7. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- dari orang tua/ wali tentang kesanggupan untuk membayar biaya kuliah.
  8. Menyerahkan surat pernyataan bermaterai Rp. 6.000,- tentang kesediaan menerima sanksi drop out jika yang berasangkutan terbukti memakai Narkoba.

4. Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Pascasarjana

IKJ membuka penerimaan mahasiswa baru untuk jenjang Pascasarjana setiap tahunnya ada akademik baru.

Formulir bisa kalian dapatkan di Sekretariat Pascasarjana IKJ di alamat: Gedung Pascasarjana IKJ, Kampus Institut Kesenian Jakarta, Jl. Cikini Raya 73, Jakarta Pusat.

A. Persyaratan Calon Mahasiswa

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran (bisa kalian kalukan via email)
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah sekaligus transkrip akademik S-1 (atau setara) yang sudah dilegalisasi (2 rangkap)
  3. Membayar biaya pendaftaran lewat rekening BNI No.256150454
  4. Menyerahkan Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  5. Menyerahkan Sertifikat TOEFL (dengan nilai minimum 450)
  6. Menyerahkan proposal proyeksi tugas akhir penciptaan atau pengkajian sebanyak 1 bundel.
  7. Menandatangani surat kesanggupan untuk membayar biaya kuliah (bermeterai Rp6.000,00) serta surat kesanggupan mengikuti kuliah sesuai dengan ketentuan dan tata tertib yang berlaku.
  8. Menyerahkan surat izin untuk mengikuti kuliah dari instansi/ lembaga tempat bekerja (untuk yang sudah bekerja)
  9. Telah dinyatakan lulus Seleksi Masuk: Tes Tertulis dan Tes Wawancara.

B. Persyaratan Administrasi

  1. Surat Lamaran Calon Mahasiswa terhadap Direktur Pascasarjana IKJ (ditulis tangan)
  2. Membuat esai yang menunjukan minat dari calon mahasiswa dengan isian yang berupa:
    • Alasan mengapa memilih Pascasarjana IKJ
    • Tugas akhir yang akan dibuat (Penciptaan/ Pengkajian Seni)
    • Karya/ Kajian yang diminati/ dikembangkan
    • Rencana tugas akhir ide/ masalah kesenian yang akan dikerjakan.
  3. Rekomendasi dari dua tokoh yang berperan dalam pendidikan/ pekerjaan calon mahasiswa
  4. Surat Pernyataan Jaminan Pembiayaan Studi
  5. Surat izin mengikuti kegiatan kuliah dari instansi tempat calon mahasiswa bekerja
  6. Pasfoto ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar
  7. Fotokopi KTP/ Paspor yang masih berlaku
  8. Fotokopi Ijazah S1 yang sudah dilegalisasi
  9. Fotokopi Transkrip Akademik S1 yang sudah dilegalisasi
  10. Fotokopi hasil TOEFL dengan nilai minimum 450
  11. Portfolio digital hasil karya calon mahasiswa

Kontak IKJ

Alamat: Kompleks Taman Ismail Marzuki No.73, Jalan Cikini Raya, RT.4/RW.1, Cikini, Menteng, RT.8/RW.2, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
Telepon: (021) 3156176
Situs resmi: www.ikj.ac.id/

Demikianlah informasi seputar pendaftaran online IKJ. Apabila terdapat informasi yang belum termuat dalam artikel ini, dapat kalian tanyakan langsung pada kontak IKJ yang telah kami sebutkan di atas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *