Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI 2019/2020

4 min read

Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI

Dalam kesempatan kali ini, yuksianu.id berkesempatan untuk memberikan informasi mengenai Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI 2019/2020.

Dengan adanya artikel ini, diharapkan dapat memudahkan kalian dalam mendapatkan info seputar beasiswa dikti. Informasi selengkapnya, simak baik-baik ulasan berikut ini.

Beasiswa Pendidikan Dikti

beasiswa dikti 2019

Sampai sekarang, sudah ada banyak sekali program beasiswa yang diselenggarakan oleh pemerintah kepada mahasiswa atau dosen. Dengan tujuan guna menunjang kebutuhan biaya pendidikan.

Dan disini kami akan membahas secara khusus mengenai beasiswa dikti khususnya tentang jalur pendaftaran Beasiswa Pendidikan Dikti yang dibuka oleh pemerintah.

Begitu mahal/ besarnya biaya untuk pendidikan sekarang ini menyebabkan sejumlah calon mahasiswa/ mahasiswa atau bahkan dosen yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi mengalami kendala.

Sehingga, untuk mengatasi hal itu, pemerintah saat ini sudah menyiapkan bantuan dana pendidikan yang kita sebut sebagai beasiswa.

Guna mendaptkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa tersebut, maka kalian harus dapat memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Baik itu persyaratan umum ataupun persyaratan tambahan yang lain.

Persyaratan tersebut bertujuan supaya nantinya bantuan pendidikan atau beasiswa tersebut dapat diberikan terhadap orang yang tepat.

Sehingga, tidak semua orang dapat memperoleh bantuan dana pendidikan atau beasiswa apabila orang tersebut tidak bisa memenuhi persyaratan.

Persyaratan dan ketentuan lain yang berhubungan dengan bantuan pendidikan atau beasiswa akan kami bahas secara lengkap pada ulasan di bawah ini.

Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI

beasiswa dikti s1

A. Pengertian Beasiswa Pendidikan Dikti

Beasiswa Pendidikan merupakan suatu bantuan biaya yang digunakan untuk keperluaan pendidikan. Serta diberikan secara perorangan yang ditujukan supaya bantuan yang diberikan nantinya dapat dipakai untuk menunjang pendidikan yang ditempuh.

Dengan adanya beasiswa tersebut, maka bisa meringankan beban biaya pendidikan dari si penerima beasiswa.

B. Macam-macam Beasiswa Pendidikan Dikti

Adapun beberapa jenis dari beasiswa DIKTI yang diperuntukan bagi calon mahasiswa, mahasiswa, calon dosen, dosen, serta tenaga pendidik di lingkungan Kemendikbud.

Berikut informasi selengkapnya.

NoJenis Beasiswa
1Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi
2Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)
3Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)
4Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)
5Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)
6Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)
7Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)
8Beasiswa Dikti Talent Scouting

Dari berbagai jenis di atas, berikut akan kami berikan penjelasan masing-masing jenisnya serta diperuntukan bagi siapa jenis dari beasiswa tersebut.

Simak baik-baik penjelasan berikut ini.

1. Pendaftaran Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi

Bidikmisi merupakan bantuan biaya hidup dan juga biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki potensi akademik yang unggul.

Pendaftaran Bidikmisi dilaksanakan secara online lewat laman resminya di alamat: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Informasi lengkap mengenai pendaftaran lBidikmis, persyaratan, tata cara pendaftaran, kuota penerimaan, dan juga jadwal pelaksanan silahkan kunjungi laman: Panduan Pendaftaran Bidikmisi.

2. Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA yang merupakan kepanjangan dari Peningkatan Prestasi Akademik adalah beasiswa yang diberikan terhadap mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik atau prestasi akademik yang unggul dengan dibuktikan adanya nilai IPK yang memenuhi ketentuan pada saat mendaftar.

Informasi selengkapnya terkait beasiswa PPA ini dapat kalian ketahui dengan bertanya langsung pada bagian yang mengelola beasiswa di PTN atau PTS tempat kalian kuliah.

Atau juga dapat kalian lihat pada sutus resmi di masing-masing PTN atau PTS kalian.

3. Pendaftaran Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa BBM yang merupakan kepanjangan dari Bantuan Belajar Mahasiswa adalah beasiswa yang diberikan terhadap mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Hampir sama namun tak sama dengan Bidikmisi. Jika pada Bidikmisi seleksinya akan dilakukan ketika kalian belum memasuki kuliah, berbeda halnya dengan beasiswa BBM yang melakukan seleksi sesudah kalian masuk kuliah.

Beasiswa yang nanitnya didapatkan yaitu berupa tunjangan pendidikan.

Sama seperti beasiswa PPA, untuk  informasi selengkapnya terkait beasiswa BBM ini dapat kalian ketahui dengan bertanya langsung pada bagian yang mengelola beasiswa di PTN atau PTS tempat kalian kuliah.

Atau juga dapat kalian lihat pada sutus resmi di masing-masing PTN atau PTS kalian.

4. Pendaftaran Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)

Beasiswa Olimpiade Sains Internasional  atau yang biasa disingkat sebagai OSI adalah beasiswa yang diberikan kepada mereka yang sudah berhasil mengharumkan nama Bangsa dan Negara Indonesia di kancah internasional.

Disini, pihak pemerintah akan memberikan beasiswa sebagai suatu bentuk penghargaan terhadap peserta yang meraih medali Olimpiade Sains Internasional (OSI).

Untuk  informasi selengkapnya terkait ketentuan, mekanisme, serta pengelolaan beasiswa dapat kalian pahami lewat buku pedoman yang sudah dibuat atau dapat kalian baca pada laman resmi DIKTI di alamat: http://beasiswa.dikti.go.id/

5. Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) adalah suatu beasiswa yang diberikan untuk Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang telah mengikuti pendidikan Program Pascasarjana (Magister atau Doktor) di Dalam Negeri yakni di negara Indonesia tercinta.

Pada umumnya, Beasiswa ini juga akan diberikan bagi dosen perguruan tinggi yang ada di lingkungan Departemen Agama.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) dapat kalian lihat di laman: budi.ristekdikti.go.id/bppdn/

6. Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) adalah suatu beasiswa yang diberikan terhadap Calon Dosen, Dosen dan juga Tenaga Kependidikan yang berada di lingkungan Kemendikbud dan ingin melanjutkan studi ke jenjang Pascasarjana (Magister atau Doktor) di Luar Negeri.

Jika kalian dapat memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, maka kalian dapat memperoleh beasiswa tersebut.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) dapat kalian lihat pada situs resminya di alamat: budi.ristekdikti.go.id/ln/

Tambahan Informasi
BPP-LN dan BPP-DN sekarang telah berubah nama menjadi Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) Dikti.
Dan dibedakan menjadi beberapa jenis beasiswa, diantaranya yaitu: Beasiswa Magister Dalam Negeri, Beasiswa Doktor Dalam Negeri, serta Beasiswa Doktor Luar Negeri.
Informasi pendaftaran dan hal terkait lainnya dapat kalian baca di: budi.ristekdikti.go.id

7. Pendaftaran Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) merupakan beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN guna menambah wawasan serta pengalaman internasional.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) dapat kalian lihat pada situs resminya di alamat: http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/

8. Pendaftaran Beasiswa Dikti Talent Scouting

Beasiswa Dikti Talent Scouting adalah beasiswa yang ditujukan terhadap dosen tetap pada suatu perguruan tinggi yang berada di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ingin melanjutkan studi S3 ke luar negeri guna mengikuti program pelatihan untuk Dosen.

Persyaratan Pendaftaran Program Talent Scouting

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi untuk mendapatkan beasiswa ini, diantaranya yaitu:

NoSyarat
1Mempunyai Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
2Usia maksimal ketika mendaftar adalah 49 tahun.
3Telah mempunyai gelar Magister (S2) atau yang setara dan belum mempunyai gelar doktor (S3).
4Mempunyai kemampuan bahasa Inggris dengan ketentuan nilai seperti berikut:
TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5.
5Bersedia untuk mengikuti pelatihan selama 1 hari.

Informasi selengkapnya mengenai Beasiswa Dikti Talent Scouting dapat kalian lihat pada situs resminya di alamat: http://beasiswa.dikti.go.id/talentscouting/

Selain beberapa beasiswa yang telah kami sebutkan di atas, ada pula beasiswa lain yang diselenggarakan oleh Dikti. Silahkan kalian lihat pada lamaan resmi Dikti.

Demikianlan ulasan mengenai Pendaftaran Online Beasiswa DIKTI 2019/2020 yang dapat kami berikan. Semoga informasi di atas dapat menjadi informasi tambahan bagi kalian yang sedang mencari informasi beasiswa Dikti.

Terima kasih telah berkunjung 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *