Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN 2019/2020

3 min read

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN 2019/2020. Informasi ini khusus diperuntukan bagi siswa yang memiliki potensi serta berasal dari keluarga kurang mampu yang ingin mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SNBMPTN.

Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

Bidikmisi

cara daftar bidikmisi 2019

Keterbatasan ekonomi jangans sampai jadi penghalang kalian untuk terus belajar. Terlebih bagi kalian yang memiliki potensi dan prestasi di sekolah, karena kalian lah yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang akan turut mengisi dan memajukan negara ini.

Sehingga dalam hal ini, pihak pemerintah lewat Kemenristek Dikti turut berupaya dalam membantu mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu dan berprestasi akademik baik di sekolah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan cara memberikan bantuan biaya pendidikan yang di sebut dengan program Bidikmisi.

Program Bidikmisi ini diperuntukan bagi  siswa-siswi yang berhak untuk menerimanya melalui beberapa program seleksi seperti berikut ini:

  • Bidikmisi jalur SNMPTN
  • Bidikmisi jalur SBMPTN
  • Bidikmisi jalur PMDK-PN
  • Bidikmisi Mandiri PTN/ PTS
  • Bidikmisi Politeknik
  • Bidikmisi PTKIN
  • Bidikmisi ISI
  • Bidikmisi UT.

Dari beberapa jalur di atas ada dua jalur yang paling banyak di cari yakni jalur Bidikimisi SNMPTN dan jalur Bidikmisi SNMPTN.

Dan kali ini kami akan membahas secara khusus mengenai Bidikmisi jalur SBMPTN.

Apa itu Bidikmisi jalur SBMPTN?

Bidikmisi jalur SBMPTN merupakan Bidikmisi yang dikhususkan untuk calon peserta SBMPTN yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Dalam kata lain, jalur ini merupakan jalur yang diperuntukan bagi siswa berasal dari keluarga kurang mampu dan ingin mendaftar Bidikmisi jalur SBMPTN, yang mana jalur seleksi masuk PTN yang diikuti tidak lain adalah jalur SBMPTN.

Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN

Sebelum melaksanakan pendaftaran, siswa yang bersangkutan harus bisa memenuhi semua persyaratan pendaftaran SBMPTN.

Serta mampu untuk memenuhi persyaratan pendaftaran Bidikmisi. Jika dirasa mampu untuk memenuhi persyaratan SBMPTN dan Bidikmisi, maka siswa tersebut dapat mengajukan diri untuk mengikuti seleksi Bidikmisi jalur SBMPTN dengan disertai rekomendasi dari Kepala Sekolah.

Berikut informasi selengkapnya..

A. Persyaratan Pendaftaran Bidikmisi

  1. Siswa SMA/ SMK/ MA sederajat yang akan lulus di tahun 2019
  2. Lulusan tahun 2018 yang bukan merupakan penerima Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di tiap-tiap perguruan tinggi;
  3. Usia paling tinggi pada waktu mendaftar ialah 21 tahun
  4. Pendidikan orang tua/ wali setinggi-tingginya ialah S1 (Strata 1) atau Diploma 4;
  5. Mempunyai potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari Kepala Sekolah
  6. Tidak mampu secara ekonomi dengan kriteria sebagai berikut:
    • Siswa merupakan penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya; atau
    • Pendapatan kotor gabungan orangtua/ wali (suami istri) maksimal sebesar Rp 3.000.000,00 per bulan dan atau pendapatan kotor gabungan orangtua/ wali dibagi dengan jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000,00 setiap bulannya.
  7. Pendaftar difasilitasi untuk memilih salah satu diantara PTN atau PTS dengan ketentuan sebagai berikut:
    • PTN dengan pilihan seleksi masuk:
      SNMPTN
      SBMPTN
      Seleksi Mandiri PTN
    • Politeknik, UT, dan ISI
    • PTS sesuai dengan pilihan seleksi masuk

B. Persyaratan Pendaftaran SBMPTN

  1. Untuk siswa lulusan tahun 2017 dan 2018  harus sudah mempunyai ijazah.
  2. Untuk siswa lulusan tahun 2019 sudah mempunyai Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya di dalamnya berisikan informasi jati diri dan foto terbaru yang bersangkutan dan juga dibubuhi dengan cap yang sah.
  3. Mempunyai kesehatan yang memadai sehingga tidak akan mengganggu kelancaran dalam proses pembelajaran pada program studinya.

Itulah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap calon peserta Bidikmisi pada jalur SBMPTN. Calon peserta harus bisa memenuhi persyaratan pendaftaran SBMPTN serta persyaratan pendaftaran Bidikmisi di atas.

Sesudah bisa memenuhi persyaratan di atas, tahapan selanjutnya adalah melakukan pendaftaran dengan prosedur seperti berikut ini:

C. Prosedur Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN

  1. Langkah pertama untuk setiap calon peserta Bidikmisi yaitu mendaftarkan diri secara online ke laman Bidikmisi di alamat bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih menu “siswa/ alumni
  2. Login pendaftaran dengan memakai nomor pendaftaran dan kode akses dari Kepala Sekolah.
  3. Selanjutnya mengisi biodata diri secara lengkap dan benar.
  4. Jika data tersebut sudah sesuai dengan persyaratan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka kalian akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya ujian.
  5. Lakukan pendaftaran SBMPTN lewat laman pendaftaran.sbmptn.ac.id
  6. Ikuti proses pendaftaran yang ada sampai pada tahap mencetak kartu peserta SBMPTN.

D. Alur Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN

  1. Rekomendasi yang berasal dari Kepala Sekolah untuk calon peserta Bidikmisi
  2. Calon peserta mendaftar Bidikmisi
  3. Calon Peserta Mendaftar jalur SBMPTN dan mengkonfirmasi sebagai peserta Bidikmisi
  4. Proses seleksi oleh panitia
  5. Pengumuman kelulusan SBMPTN secara online
  6. Pengumuman kelulusan Bidikmisi Jalur SBMPTN akan menyusul setelahnya di kampus tujuan kalian.

E. Ketentuan Tambahan Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN

  1. Pendaftaran Bidikmisi dilaksanakan secara online pada situs resmi Bidikmisi di alamat: bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  2. Bagi calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti maka akan mendapatkan Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan Personal Indentification Number (PIN) untuk mendaftar SBMPTN 2019 serta tidak diperlukan untuk membayar biaya seleksi.
  3. Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan tidak diterima lewat SNMPTN 2019, bisa memakai KAP dan PIN (yang didapatkan dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti) untuk mendaftar SBMPTN 2019, tanpa harus membayar biaya seleksi.
  4. Calon peserta penerima Bidikmisi yang sudah dinyatakan lulus lewat SNMPTN 2019 serta berkeinginan untuk mendaftar SBMPTN 2019, maka calon peserta yang bersangkutan harus mendapatkan KAP dan PIN baru yang didapat dari laman pendaftaran.sbmptn.ac.id.
    Kemudian, calon peserta harus mendaftar SBMPTN 2019 lewat laman resmi Bidikmisi di alamat: pendaftaran.sbmptn.ac.id dengan memakai KAP dan PIN baru untuk mendapatkan slip pembayaran untuk membayar.

F. Jadwal Pelaksanaan Bidikmisi Jalur SBMPTN

Selengkapnya silahkan kunjungi laman: Jadwal Pendaftaran Bidikmisi

Catatan Penting:

  • Jika terdapat perubahan atau perbedaan informasi mengenai Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa, maka yang berlaku hanyalah yang terdapat pada website resmi Bidikmisi.
  • Informasi yang belum update disini artikel Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa, akan diupdate kemudian. Tunggu updatenya disini ya!

Demikianlah informasi mengenai Pendaftaran Bidikmisi Jalur SBMPTN yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran bagi kalian semua.

Terima kasih telah berkunjung, jangan lupa share ke teman-teman yang lain ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *