Contoh Paragraf Narasi

Sebelum pergi ke contoh paragraf narasi, akan kami ingatkan terlebih dahulu pengertian paragraf narasi itu sendiri.

Paragraf narasi merupakan sebuah paragraf yang mengisahkan mengenai terjadinya suatu peristiwa yang berlangsung secara kronologis atau berdasarkan urutan waktu.

Berikut adalah beberapa contoh paragraf narasi singkat:

Contoh  Narasi Tentang Gempa Bumi

Di hari Jumat pada tanggal 6 Februari 2014, berlangsung gempa tektonik yang mengguncang Kabupaten Nabire di Provinsi Papua.

Guncangan tersebut susul menyusul sampai enam kali yang berlangsung selama dua jam.

Gempa tersebut berkekuatan 6,91 skala Richter yang menyebabkan sedikitnya 26 korban tewas, 34 luka berat, serta 66 orang lainnya mengalami luka ringan.

Guncangan keras tersebut juga menyebabkan tanah longsor serta meretakkan landasan pacu di bandara daerah.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Pahlawan

Perjuangan Singkat Soekarno

contoh paragraf narasi brainly

Tanggal 4 Juli 1927 Ir. Soekarno mendirikan sebuah partai bernama Partai Nasional Indonesia (PNI) yang bertujuan agar Indonesia segera merdeka.

Tetapi kenyataannya, di tanggal 29 Desember 1929, Belanda menjebloskan beliau ke dalam sel Sukamiskin di Bandung hingga 31 Desember 1931.

Beliau kemudian dibebaskan serta bergabung dengan Partindo.Tetapi untuk yang kedua kalinya, Ir. Soekarno kemudian ditangkap serta dibuang ke Ende, Flores di tahun 1933. Lalu beliau dipindahkan di Bengkulu.

Selepas melewati perjuangan yang luamyan panjang, beliau dengan Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus 1945.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Keluarga

Liburan Bersama Keluarga

contoh paragraf narasi tentang budaya

Seperti waktu biasa, saya meluangkan waktu di akhir pekan untuk bisa membawa keluarga saya menuju villa yang terletak di puncak.

Sebelum kami beranjak, kami juga tak pernah lupa dalam menyiapkan berbagai peralatan untuk liburan.

Beberapa persiapan telah disiapkan oleh istri serta anak perempuan biasanya membawa peralatan make-up supaya tetap cantik.

Pada saat malam hari, kami sekeluarga membuat sebuah api unggun sembari memainkan gitar serta menyanyikan beberapa lagu.

Berlibur dengan keluarga merupakan hal terindah yang ada di dalam hidup saya.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif Pendidikan

Liburan sekolah di tahun lalu, aku bersama ibuku pergi menuju kota Pontianak. Pontianak adalah ibu kota dari Provinsi Kalimantan Barat.

Disana terdapat banyak sekali tempat wisata menarik yang menjadi karakteristik yang khas dari kota satu ini.

Perjalanan ditempuh sekitar 2 jam perjalanan dengan memakai pesawat.

Tempat pertama yang aku kunjungi bersama ibu yaitu Sintawang. Waktu tempuh ke sekitar sembilan jam dari arah kota Pontianak apabila memakai mobil.

Daerah satu ini dikenal sebagai tempat penghasil tenun ikat. Motif tenun ikatnya juga sangatlah unik dengan corkan khas Kalimantan Barat.

Harga dari tenun ikat ini tergolong mahal, namun juga tergantung dari motif dan juga bahannya. Harganya dapat mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Contoh Narasi Tentang Pengalaman Pribadi

Hari Sabtu ini merupakan hari yang sangat melelahkan untukku.

Apabila di waktu pagi hari, banyak remaja yang tengah menghabiskan masanya untuk bersantai serta pergi jalan -jalan dengan temannya, namun hal tersebut tidak berlaku untukku.

Pada jam 5 pagi, aku harus sudah siap bangun untuk membantu ibuku memasak serta dilanjutkan dengan menemani adik – adikku bermain hingga lelah dan tertidur.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Lingkungan

Di sekolahku terdapat sangat banyak aneka macan tanaman bunga, diantaranya seperti bunga mawar merah dan putih.

Seluruh taman – taman kelas juga dihiasi dengan adanya bunga dengan warna beraneka macam.

Demikian juga di kelas kami, kelas kami juga dipenuhi dengan warna cat putih serta ukiran – ukiran tangan siswa yang nampak menghiasi mading kelas yang menarik.

Sekolah kami ini sangatlah bersih sekali serta penataannya juga sangat rapi.

Bahkan di area sekolah juga tidak ditemukan sampah yang dibuang sembarangan, dimana pada tiap – tiap kelas telah disediakan tempat sampah sendiri – sendiri.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Novel

Novel Habibie dan Ainun

contoh paragraf narasi sugestif pendidikan

Novel Habibie dan Ainun mengisahkan mengenai romantika kehidupan dari Habibie dan Ainun.

Cinta sejati antara Habibie untuk Ainun ini dapat memberikan semangat dan juga motivasi di dalam keberhasilan seorang Habibie yang tidak lain merupakan suami tercinta dari Ainun.

Contoh Paragraf Narasi Urutan Waktu

Hari ini saya bangun jam 04.30 pagi. Sebelum saya berangkat menuju sekolah, tak lupa saya mandi dan sarapan terlebih dahulu.

Hari ini pelajaran yang ada di sekolah hanya sampai jam ke 7.

Lalu pukul 2 siang saya pulang ke rumah.

Di waktu sore harinya saya sibuk mengerjakan PR Bahasa Inggris yang telah diberikan oleh guru saya.

Saya tak bisa mengerjakan PR itu sebab soal grammar yang terlalu membingungkan bagi saya.

Malam harinya saya pun memutuskan untuk pergi ke rumah teman saya untuk menyelesaikan PR bersama – sama.

Contoh Paragraf Narasi Kronologi

Pergilah Sabrina menuju pasar dengan memakai sepeda bututnya. Setibanya ia di pasar, ia membeli semua kebutuhan hidupnya bersama dengan sang ayah yang sudah sakit – sakitan.

Setelah seluruh barang ia beli, kemudian segera ia kembali mengayuh sepeda tuanya untuk purang ke rumahnya yang hanya berwujud gubuk di pinggir sungai.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Peristiwa

Putra Mencari Kayu Bakar di Hutan

narasi

Di suatu pagi yang begitu cerah, Putra pergi untuk mencari kayu bakar di dalam hutan, namun ia tidak sendirian sebab ia pergi dengan sang Kakek.

Tidak terasa ia sudah sampai di tengah hutan yang sangat lebat, lalu ia mendengar ada berbagai suara hewan yang nyaring.

Ia pun merasa takut sebab hal tersebut merupakan pengalaman pertamanya dalam mencari kayu bakar di dalam hutan.

Contoh Teks Narasi Cerita Fiksi

Di suatu kota A, hidup seorang pemuda yang sangat ingin menjadi seorang pahlawan.

Pada suatu waktu, ia berhasil menolong seorang anak kecil yang hendak dibunuh oleh seorang penjahat. Namun ia merasa kewalahan kala melawan penjahat itu, tetapi akhirnya ia pun menang.

Oleh karena itu, ia pun semakin bersemangat agar bisa menjadi pahlawan.

Hingga pada akhirnya, ia pun berlatih dengan melakukan 100x push up, 100x sit up, 100x squat jump serta lari 3 KM di setiap harinya.

Dan pada akhirnya, ia pun bisa menjadi orang yang amat sangat kuat.

Contoh Paragraf Narasi Tentang Budaya

Tepat pada pukul 06.30 aku terbangun dengan diiringi adanya suara ayam berkokok seolah tengah bernyanyi sembari membangunkan orang yang masih terlelap.

Kemudian aku berjalan menuju halaman depan rumah yang berseberangan lalu lintas besar serta sawah petani yang yang berwarna hijau nampak indah, sejuk, dan damai.

Waktu pagi hari ini terlihat sangat sibuk, di jalanan terlihat ibu – ibu yang tengah berjalan ke pasar untuk berjualan sayur, para petani yang sedang merawat sawah dan sebagainya.

Tetanggaku juga merupakan seorang peternak bebek yang tak kalah sibuknya dengan orang – orang.

Pagi – pagi sekali, ia sudah berjalan menggiring bebeknya untuk menuju dekat sawah agar mencari makan, bebek pun terlihat sangat pintar berbaris dengan rapi sesuai aba – aba pengembalanya.

Sungguh pemandangan yang sangat unik pada saat bangun tidur.

Halaman rumah kakekku menghadap timur memiliki beberapa pohon rindang.

Diantaranya seperti pohon mangga yang berbuah sangat lebat, pohon jambu air yang nampak belum berbuah, serta pohon rambutan dengan buah yang sangat manis.

Sungguh pemandangan indah, asri nan damai inilah merupakan tempat tinggal kakekku dan juga tempat kelahiran ku.

Desa yang bernama MAKMIURS ini merupakan tempat yang menjadi tempat tujuan untuk menghabiskan masa liburan.

Tak hanya bisa bertemu kakek dan juga nenek, namun aku juga dimanjakan dengan pemandangan indah nan damai ini.

Ahmad

Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama