Contoh Paragraf Argumentasi

Share
Comment 0 reply
Contoh Paragraf Argumentasi
Loading...

Setelah sebelumnya membahas secara lengkap terkait paragraf argumentasi, kali ini kita akan membahas contoh paragraf argumentasi itu sendiri.

Namun sebelum itu, untuk mengingat kembali paragraf argumentatif merupakan suatu tulisan yang isinya memiliki tujuan untuk membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan data maupun fakta sebagai alasan maupun bukti.

Jenis dari paragraf argumentasi juga ada beberapa macam, diantaranya seperti: Paragraf argumentatif rincian, contoh, sebab akibat, dan akibat sebab.

Nah, berikut ini kami berikan beberapa contohnya yang dapat kalian pelajari, antara lain:

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Covid

Contoh Paragraf Argumentasi Covid

contoh paragraf argumentasi singkat

Berikut ini adalah beberapa contoh argumentasi dalam bentuk paragraf yang dikutip dari buku Bahasa Indonesia 1 oleh Yohanni Johns dan Robyn Stokes, antara lain:

  • Kasus COVID-19 yang ada di negara Indonesia semakin bertambah. Pemerintah sudah memperbarui data sehubungan dengan kasus virus ini di Indonesia. Pada hari ini, telah dilaporkan terdapat tambahan 26.415 kasus positif COVID-19 yang ada di Indonesia. Dengan penambahan kasus itu, jumlah total kasus COVID-19 yang dijumpai di negara Indonesia sejak bulan Maret 2020 sampai hari ini telah menjadi 3.666.031 kasus.
  • Bencana ekologis yang berwujud banjir diikuti dengan tanah longsor baru – baru ini telah berlangsung di enam area kabupaten di Nanggroe Aceh Darussalam. Bencana tersebut memicu puluhan ribu warga mengungsi serta sejumlah korban tewas. Bencana tersebut disebabkan adanya ketidakmampuan fungsi area hutan pegunungan sebagai kawasan tangkapan hujan. Maka dari itu, pemerintah pun didesak agar menerapkan kebijakan restorasi area serta moratorium.
  • Bekerja dengan giat adalah salah satu kunci dari kesuksesan. Seseorang yang memiliki niat yang besar di dalam bekerja akan bisa menghadapi masalah yang dihadapi. Bersama niat yang besar dan juga tekad yang kuat pastilah individu tersebut dapat sukses di dalam dunia kerja. Janganlah takut gagal serta jadikanlah kegagalan tersebut menjadi jalan ke arah kesuksesan.
  • Menjaga hewan langka merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang. Jika masing  masing keluarga yang berada di lingkungan sadar serta mulai memperhatikan kelangkaan hewan, maka hewan tersebut tak akan punah.
  • Pada waktu sekarang ini, pendidikan di Indonesia masih tertinggal lumayan jauh dibandingkan dengan pendidikan yang ada di beberapa negara lainnya yang ada di dunia. Bahkan Indonesia sendiri pada masalah pendidikan ini masih kalah dengan negara tetangga, yaitu Singapura dan juga Malaysia.

Contoh Paragraf Argumentasi Pesawat

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Teks Argumentasi Pesawat

contoh paragraf argumentasi tentang hukum

Di waktu dua tahun terakhir, terhitung sejak saat Boeing B-737 milik maskapai penerbangan Aloha Airlines celaka, isu pesawat tua tersebut pun mencuat ke permukaan.

Hal satu ini dapat dimaklumi karena pesawat yang memiliki badan koyak sepanjang 4 meter tersebut telah dioperasikan lebih dari waktu 19 tahun.

Maka dari itu, cukup beralasan apabila orang akan menjadi cemas pada saat terbang menggunakan pesawat dengan usia yang tua.

Di negara Indonesia, yang mengejutkan adalah lebih dari 60 persen pesawat yang beroperasi merupakan pesawat tua.

Apakah aman?

Jika memang aman, lantas bagaimana cara untuk merawatnya serta berapa biayanya sehingga pesawat tersebut masih tetap nyaman untuk dinaiki?

Guna meningkatkan perekonomian dari negara, maka kita pun harus meningkatkan pembangunan di dalam bidang industri.

Kenyataan membuktikan jika berbagai negara yang lebih dahulu maju tersebut bisa menjadi negara maju tak hanya bertumpu di dalam sektor pertanian, tetapi juga dalam sektor industri.

Jerman, Amerika, Korea serta Jepang merupakan beberapa contoh negara maju akan sektor industrinya yang berkembang pesat.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Kesehatan

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Paragraf Argumentasi Kesehatan

contoh paragraf argumentasi tentang pajak

Rokok di dalamnya telah mengandung banyak sekali zat berbahaya di mana sebetulnya berbagai zat tersebut sangat mematikan, walaupun memang memberikan efek yang sangat nikmat.

Ada banyak sekali zat racun yang berada di dalam rokok, salah satu di antaranya ialah zat Aceton, yang biasa digunakan di dalam produk pembersih kuku.

Rokok ini pun mempunyai zat adiktif juga. Di mana orang yang mengkonsumsi akan ketagihan serta tidak dapat berhenti secara instant.

Kandungan racun yang masuk secara terus menerus ke dalam tubuh juga dapat merusak tubuh secara perlahan hingga menyebabkan kematian.

Rokok yang terbakar tersebut nantinya akan menghasilkan karbon monoksida, yang maka gas tersebut adalah gas yang amat beracun.

Pada umumnya, gas tersebut akan muncul dari kendaraan bermotor. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa merokok sama halnya menghisap asap knalpot dari kendaraan bermotor.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Pendidikan

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Paragraf Argumentasi Pendidikan 1

contoh paragraf argumentasi tentang keluarga

Pendidikan yang ada di Indonesia dewasa ini masih tertinggal dengan sistem pendidikan yang ada di beberapa negara lain di belahan dunia.

Bahkan, negara Indonesia masih kalah dengan saingan negara tetangga, yaitu Malaysia dan Singapura, di dalam bidang pendidikan.

Hal tersebut bisa kalian liat dari banyaknya penduduk mereka yang mendapatkan pendidikan hingga ke jenjang perguruan tinggi.

Sedangkan di negara Indonesia, jumlah dari penduduk yang memperoleh pendidikan saja masih sangat jauh tertinggal bersama negara lain.

Terlebih lagi di kawasan tertinggal seperti NTT, NTB, Papua, dan masih banyak lagi kawasan tertinggal lainnya.

Ketertinggalan pendidikan yang ada di beberapa tempat itu dikarenakan tidak meratanya pendidikan yang ada di negara Indonesia.

Pemerintah hanya membangun fasilitas pendidikan di kawasan perkotaan, khususnya di Pulau Jawa.

Selain itu, terbatasnya dari jumlah pendidik yang ada di tempat itu juga ikut serta menjadi penyebab makin jauhnya jalan masuk pendidikan yang berada di tempat.

Advertisement

Sehingga, pendidikan di negara Indonesia justru makin tak merata dan cenderung tertinggal sehingga belum sanggup untuk bersaing bersama negara lain yang berada di belahan dunia.

Contoh Paragraf Argumentasi Pendidikan 2

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Paragraf Argumentasi Pendidikan 2

contoh paragraf argumentasi tentang politik

Sekolah SMAN 1 Semarang telah dinobatkan menjadi sekolah terbaik yang berada di negara Indonesia. Di sekolah tersebut memiliki banyak siswa berprestasi yang berhasil dicetak.

Hal tersebut dibuktikan dengan terdapatnya berbagai jawara olimpiade yang berasal dari sekolah satu ini.

Tak hanya itu saja, ada juga prestasi lain yang membanggakan selain di bidang akademik, terdapat bidang lain yang juga menonjolkan prestasi seperti olahraga serta kesenian.

Di tahun yang lalu, sekolah satu ini pun berhasil mengirimkan 20 atlet yang mewakili negara Indonesia pada pentas gelanggang kejuaraan Sea Games.

Kombinasi suara sekolah satu ini pun sudah ikut serta berpartisipasi di dalam kontes paduan suara tingkat internasional yang digelar di Barcelona, Spanyol.

Prestasi yang sangat membanggakan tersebut tak terjadi demikian itu saja, namun semuanya itu berkat adanya latihan serta kerja keras dewan guru sekaligus pihak komite sekolah yang selalu berjanji untuk bisa menciptakan si kecil didik dengan tamatan yang unggul.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Sampah

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Paragraf Argumentasi Sampah

argumentasi sampah

Permasalahan yang sangat besar di negara Indonesia pada waktu sekarang ini sebetulnya ialah adanya sampah yang tidak bisa terkontrol lagi.

Sampah rumah tangga, khususnya sampah plastik, menjadi satu dari banyaknya kendala yang sangat besar untuk negara Indonesia.

Dibutuhkan adanya langkah efektif yang dapat memangkas jumlah sampah plastik satu ini agar alam di Indonesia tetap sehat.

Sampah yang tak terkontrol dapat memicu terjadinya banyak bencana, seperti banjir yang memang telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya.

Satu di antara yang juga turut menjadi penyebabnya sebetulnya ialah perilaku masyarakat. Khususnya di dalam hal pengelolaan sampah atau pembuangan sampah.

Banyak masyarakat Indonesia yang masih membuang sampah secara sembarangan.

Perlu adanya pendidikan terkait sampah serta cara untuk membuang yang baik dan benar agar tidak salah dan mau melestarikan lingkungan.

Pemerintah juga butuh untuk memberi sanksi tegas agar masyarakat patuh serta disiplin di dalam hal pembungan sampah.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Lingkungan

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Paragraf Argumentasi Lingkungan

Musim kemarau

Musim kemarau di tahun menjadi musim kemarau terparah di dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Hujan pun tidak turun selama enam bulan terakhir yang membuat tanah serta sumber air di Indonesia menjadi kering.

Menurut penuturan dari BMKG, tahun ini hujan akan diprediksi turun di bulan depan.

Apabiala hal tersebut benar terjadi, maka dapat dipastikan jika musim kemarau pada tahun ini bukanlah kemarau yang biasa, sebab sudah terjadi selama tujuh bulan.

Padahal, dilansir dari data yang diberi tahu oleh BMKG pada tahun lalu, kemarau pada umumnya hanya berlangsung selama lima bulan.

Dengan begitu, petani banyak yang merugi karena mereka gagal panen sebab tidak terdapat air yang bisa mengairi sawah mereka.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Ekonomi

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Contoh Paragraf Argumentasi Ekonomi

argumentasi ekonomi

Tarif pendidikan yang ada di negara Indonesia pada waktu sekarang ini bisa disebut sangat mahal.

Padahal pemerintah telah memberikan berbagai bantuan, namun hal tersebut tetap saja para siswa sepatutnya membayar biaya untuk kebutuhan sekolah, seperti pakaian, seragam, buku, dan yang lainnya.

Mahalnya dari biaya pendidikan itu tak hanya ada di sekolah dasar saja, namun juga hingga di jenjang perguruan tinggi.

Banyak sekali buah hati yang telah lulus dari SMA lebih memilih untuk bekerja daripada mereka melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Maka dari itu, membuat pendidikan di negara Indonesia tak merata serta hanya fokus kepada orang yang mampu.

Padahal untuk orang yang kurang mampu, pendidikan tinggi hanya menjadi suatu hasrat belaka.

Contoh Paragraf Argumentasi tentang Budaya

Proposal Kegiatan Pentas Seni

Contoh Paragraf Argumentasi Budaya

budaya barat di indonesia

Perilaku remaja pada waktu sekarang ini telah menyimpang jauh dari berbagai nilai tata krama yang berlaku di masyarakat.

Hal tersebut dikarenakan sebagian elemen, seperti kurang tersaringnya budaya barat yang masuk ke dalam Indonesia.

Kultur budaya yang masuk tersebut telah diterapkan menjadi model kehidupan yang baik serta dibuat sebuah budaya baru oleh kalangan remaja sekarang ini.

Elemen harus disayangkan yakni perilaku yang diikuti adalah perilaku buruk yang berasal dari budaya barat hal, diantaranya seperti narkoba, seks bebas, dan yang lainnya.

Dan yang paling terasa adalah kurangnya pengetahuan akan ilmu agama di dalam diri remaja zaman sekarang.

Orangtua, ilmu agama sangat penting serta berkhasiat, karena bisa mengatur diri untuk menghindari sebuah tindakan yang terhina.

Elemen terakhir yakni kurangnya pengawasan dari para orang tua. Orang tua disini memiliki tanggungjawab besar pada perilaku serta pergaulan setiap buah hatinya.

Orang tua yang kurang peduli dengan buah hatinya bisa membuat si anak merasa tidak disayangi sehingga mereka akan mencari rasa sayang tersebut di luar keluarga yang cenderung mengarah ke arah hal negatif dan tentunya bersifat semu. Sebagai contohnya adalah klub malam, minum alkohol, narkoba serta seks bebas.

Perilaku dari para remaja pada waktu sekarang tidak mencerminkan budaya luhur bangsa kita dengan nilai serta etika yang tinggi.

ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.