Niat Puasa Senin Kamis

Share
Comment 0 reply
Niat Puasa Senin Kamis

Puasa senin kamis adalah puasa sunnah yang kerap kali dikerjakan oleh umat muslim setiap hari senin serta hari kamis. Bahkan dengan kalian niat puasa senin kamis namun pada hari tersebut kalian lupa mengerjakannya, niat kalian tetap akan dihitung sebagai suatu ibadah.

Puasa senin kamis ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan juga spiritual. Salah satunya adalah meningkatkan aspek kecerdasan manusia.

Mulai dari manfaat pada aspek kecerdasan intelektual (IQ), spiritual (SQ), dan emosional (EQ).

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis

Berikut ini adalah bacaan niat untuk puasa senin kamis, antara lain:

1. Bacaan Niat Puasa Senin

Bacaan Niat Puasa Senin

Bacaan:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal lillaahi ta’aala.”

Artinya:

“Saya berniat untuk mengerjakan puasa sunnah di hari senin sebab Allah Ta’ala.”

2. Bacaan Niat Puasa Kamis

Bacaan Niat Puasa Kamis

Bacaan:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

“Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatal lillaahi ta’aala.”

Artinya:

“Saya berniat untuk mengerjakan puasa sunnah di hari kamis sebab Allah Ta’ala.”

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Berikut adalah bacaan doa buka puasa senin kamis sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW serta mempunyai sanad yang sahih, yaitu:

Bacaan:

ذَهَبَ الظَّمَـأُ، وابْــتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَــبَتَ الأَجْرُ إِن شَاءَ اللهُ

“Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah”.

Artinya:

“Sudah hilang rasa haus, sudah basah urat – urat, serta sudah pasti ganjaran, dengan kehendak dari Allah Ta’ala.” (HR.Abu Dawud, Daruquthni, Hakim, dan Nasa’i).

Tata Cara Puasa Senin Kamis

sunnah fasting

Adapun yang berhubungan dengan tata cara berpuasa senin kamis yang sama dengan tata cara pelaksanaan puasa pada bulan ramadhan.

Namun yang membedakan dengan puasa ramadhan ialah waktu mulainya niat puasanya. Pada puasa ramadhan wajib membaca niat sebelum memulai puasa, sementara untuk puasa sunnah niatnya bisa dilakukan di waktu pertengahan hari.

Hal tersebut sesuai dengan hadis dari Rasul SAW dari Aisyah ra yang sempat berkata:

“Pada saat Rasulullahu SAW datang kepadaku lalu bertanya, “apakah engkau mempunyai makanan?” Aku pun berkata: “Tidak, beliau berkata: aku puasa (HR. Abu Daud)

Sisanya berhubungan dengan tata caranya sama pada puasa ramadhan. Diawali dengan sahur sebelum subuh serta diakhiri dengan berbuka pada waktu maghrib.

Apakah puasa itu harus disyaratkan di waktu dua hari? Sehingga jika kalian telah berpuasa senin maka harus mengerjakan puasa kamis?

Rasulullah SAW tak mensyaratkan puasa senin kamis di dalam suatu amalan puasa sunnah. Puasa senin merupakan amalan sunnah sendiri serta puasa kamis merupakan amalan sunnah sendiri juga. Masing – masing mempunyai pahalanya.

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Berikut ini adalah beberapa keutamaan dari puasa senin kamis berdasarkan dalil dan hadis, antara lain:

1. Senin & kamis merupakan hari dimana pintu – pintu surga dibuka.

Dari Abu Harrairah ra, Rasulullah SAW pernah bersabda:

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيُقَالُ: أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا، أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

Artinya:

“Pintu – pintu surga telah dibuka di hari Senin dan juga Kamis. Maka seluruh hamba yang tak menyekutukan Allah dengan sesuatu apa pun akan diampuni dosa – dosanya, terkecuali untuk seseorang yang antara dia dengan saudaranya berlangsung permusuhan. Kemudian dikatakan, ‘Tundalah pengampunan kepada kedua orang ini hingga keduanya telah berdamai, tundalah pengampunan kepada kedua orang ini hingga keduanya berdamai, tundalah pengampunan kepada kedua orang ini hingga keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

2. Senin dan kamis adalah hari yang mana setiap amalan manusia akan diangkat serta diperiksa di hadapan Allah SWT.

Dari Abu Harrairah ra, Rasulullah SAW pernah bersabda:

تُعْرَضُ أَعْمَالُ النَّاسِ فِي كُلِّ جُمُعَةٍ مَرَّتَيْنِ يَوْمَ اْلاثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ مُؤْمِنٍ إِلاَّ عَبْدًا بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ

Artinya:

“Setiap amalan manusia akan diperiksa di hadapan Allah pada waktu setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yakni di waktu hari Senin serta Kamis. Maka seluruh hamba yang beriman akan diampuni dosanya, terkecuali seorang hamba yang diantara dia sedang terjadi permusuhan…..” (HR. Muslim)

3. Hari kamis adalah hari yang mana kebanyakan perjalanan (safar) Rasulullah SAW dikerjakan.

Ka’ab bin Malik ra sempat meneybutkan:

لَقَلَّمَا كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ إِذَا خَرَجَ فِي سَفَرٍ إِلاَّ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya:

“Sangat jarang Rasulullah SAW keluar (untuk melakukan suatu perjalanan) kecuali di hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

Ka’ab bin Malik Radhiyallahu anhu juga sempat menyebutkan:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ فِي غَزْوَةِ تَبُوْكَ وَكَانَ يُحِبُّ أَنْ يَخْرُجَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ

Artinya:

“Bahwa Rasul SAW keluar di hari Kamis dalam peperangan Tabuk, serta (memang) beliau suka keluar (untuk melakukan perjalanan) di hari Kamis.” (HR. Al-Bukhari)

4. Hari Senin adalah hari yang mana Rasulullah SAW dilahirkan serta menerima wahyu – wahyu dari Allah SWT.

Sejarah sudah mencatat jika Rasulullah SAW dilahirkan di hari senin tanggal 12 Rabi’ul Awal pada tahun Gajah, atau bertepatan di tanggal 27 April 571 Masehi.

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ

Artinya:

“Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rasulullah SAW ditanya mengenai puasa Senin. Maka beliau pun menjawab: “Hari Senin merupakan hari lahirku, hari aku dimulai untuk diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim).
Terhindar dari godaan syaitan

Selain keutamaan di atas, juga ada keutamaan lainnya dari puasa senin kamis, antara lain:

1. Menjadi perisai untuk kejiwaan seseorang

Menjalankan puasa baik wajib dan sunnah mampu memberikan pengaruh yang sangat besar untuk keadaan kejiwaan seseorang.

Diantaranya untuk:

  • Membantu melatih kesabaran.
  • Kenguasai diri.
  • Meredam hawa nafsu.
  • Meningkatkan kemauan untuk mengerjakan aktivitas yang bisa meningkatkan kualitas ketaqwaannya terhadap Allah SWT.

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya:

“Hai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang -orang sebelum kalian supaya kalian bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

2. Terhindar dari godaan syaitan

Puasa adalah suatu kegiatan ibadah, yang mana hal tersebut mampu meminimalkan pengaruh godaan syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat.

3. Melatih diri untuk berdisiplin

Dengan melakukan puasa, maka seseorang juga akan dilatih untuk berdisiplin dalam semua hal, sebab ia merasa Allah SWT selalu mengawasi pada setiap tindakan dilakukan.

4. Meningkatkan amalan

Dengan melakukan puasa, seseorang akan terdorong untuk meningkatkan ibadah ataupun melakukan amalan lainnya yang mampu mendatangkan pahala.

Dengan berpuasa juga dapat meningkatkan rasa simpatik terhadap orang lain sehingga akan menjadikan pribadi lebih bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

5. Kunci sukses untuk mencapai cita – cita yang diharapkan.

6. Sebagai cara memperoleh atau meminta jodoh.

7. Menahan hawa nafsu.

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis

Berikut ini adalah beberapa manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Tak hanya berolahraga, cara untuk mengeluarkan racun juga dapat dilakukan dengan berpuasa.

Ketika seseorang berhenti mengonsumsi makanan seta minuman minimal selama satu hari, maka racun bisa dikeluarkan secara efektif.

Pengeluaran racun tersebut dapat melalui keringat, buang air besar, atau buang air kecil. Dengan keluarnya racun tersebut, maka tubuh akan terasa lebih sehat dan juga bugar.

2. Mengontrol gula darah

Dengan berpuasa akan membuat tubuh untuk menghancurkan glukosa agar memperoleh energi. Hal tersebut akan membantu untuk menurunkan produksi insulin tubuh.

Dengan begitu, tubuh akan mengurangi gula darah yang berlebih. Puasa Senin Kamis yang dilakukan secara rutin juga dapat mencegah lonjakan gula darah.

3. Mengistirahatkan organ pencernaan

Sistem pencernaan bekerja sangat sibuk serta memerlukan energi dalam jumlah besar setiap harinya. Oleh sebab itu, sangat masuk akal untuk memberikan jeda istirahat sesekali.

Ketika melakukan puasa senin kamis, pencernaan akan beristirahat dari tekanan untuk mencerna makanan.

Dengan demikian, fungsi dari sistem pencernaan dapat terus terjaga kinerjanya.

Hal tersebut tentunya akan membantu kalian terhindar dari beragam penyakit pencernaan seperti sembelit, masalah lambung, diare, dan lainnya.

4. Melancarkan metabolisme

Puasa senin kamis juga bisa membantu untuk meningkatkan metabolisme dengan cara meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin.

Dan pada saat berbuka dengan makanan bergizi yang seimbang, metabolisme juga akan terbangun ulang serta meningkatkan level energi.

Beberapa jenis makanan yang perlu untuk dikonsumsi ketika berbuka atau sahur dianjurkan berupa buah – buahan yang kaya akan serat, gandum, sayuran, protein tanpa lemak, serta air mineral.

5. Sehatkan jantung

Manfaat dari puasa Senin Kamis juga bisa menurunkan resiko aterosklerosis. Yaitu suatu penyumbatan arteri sebab adanya partikel lemak.

Ketika puasa, lemak nantinya akan dipakai sebagai cadangan energi. Hormon adrenalin serta non adrenalin pun akan berkurang.

Hal itu dapat membantu tubuh dalam menjaga metabolisme agar tetap stabil sampai tekanan darah juga bisa turun.

Beberapa penelitian juga telah menjumpai jika puasa yang dilakukan secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Puasa senin kamis ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat” LDL serta trigliserida.

6. Menurunkan kadar lemak

Dengan puasa senin kamis, kita sama saja membantu tubuh dalam mengurangi kadar lemak yang berlebih dalam tubuh.

Seperti yang telah kita ketahui, lemak berlebih di dalam tubuh ini mampu menimbulkan beragam masalah seperti kolesterol dan juga jantung, hingga tekanan darah tinggi.

7. Turunkan berat badan

Dengan melakukan puasa juga ternyata sangat efektif untuk membatasi kalori dalam menghilangkan lemak. Puasa sekaligus juga dapat menjaga jaringan otot agar tetap kuat.

Namun bukan berarti puasa ini dapat menurunkan berat badan yang drastis. Tetapi jika kalian berpuasa dengan cara memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, maka penurunan bb yang diinginkan bisa dicapai.

Tak hanya itu saja, manfaat dari puasa Senin Kamis juga dapat meningkatkan lemak darah serta membantu menurunkan berat badan.

Archana Baju, seorang ahli diet dari klinis, menyebutkan jika selama berpuasa, sel – sel ditekan yang mana hal itu mampu membantu untuk menurunkan berat badan.

Ahli diet asal Burjeel Hospital, Abu Dhabi juga menyebutkan jika puasa bisa membantu menjaga kadar gula serta kolesterol darah.

8. Meningkatkan Kinerja Otak dalam Mengingat

Pengamatan yang dilakukan terhadap tikus menunjukkan jika kegiatan berpuasa bisa meningkatkan sekitar 50 persen zat kimia di dalam otak yang disebut BDNF (faktor neurotropika yang diturunkan dari otak).

Untuk manusia, BDNF ini terletak pada hal pembelajaran dan juga ingatan.

9. Menyehatkan Gigi

Pada saat berpuasa, gigi telah pasti akan jauh terasa lebih bersih sebab kita tidak lagi mengunyah makanan sehingga gigi bekerja selalu.

Dan sangat dianjurkan untuk menggosok gigi selepas selesai santap sahur di waktu hari. Selain bersih, hal tersebut membuat gigi sehat.

10. Menunda Penuaan Dini

Selain berolahraga, kalian juga dapat melakukan puasa Senin Kamis dengan upaya untuk mengurangi efek penuaan dini yang terjadi.

11. Meremajakan Sel – sel Kulit

Dengan menjalankan salah satu ibadah puasa senin kamis, sel – sel yang terdapat di dalam tubuh akan sejenak beristirahat. Hal tersebut tentu saja dapat berdampak kepada peremajaan kulit sehingga kulit akan terlihat tetap kencang.

12. Menghilangkan Perasaan Tidak Enak

Jika kalian dapat menenangkan pikiran dari rasa stres yang melanda, maka tentunya kalian akan merasakan perasaan yang jauh lebih tentram dan nyaman.

Dengan berpuasa, mampu membantu kita untuk mengontrol rasa gundah dan juga stress yang menghantui setiap hari. Sehingga, perasaan akan jauh lebih enteng.

13. Menjadi Obat Penghilang Stres

Salah satu khasiat dari puasa Senin Kamis yang dapat dibilang cukup besar pengaruhnya untuk tubuh ialah sebagai penghilang stres.

Manfaat satu ini disebut sangatlah besar sebab mengingat jika kesehatan kejiwaan dari setiap orang berbeda.

Tetapi pada saat kita tengah menjalankan puasa sunnah Senin Kamis, kita diharuskan untuk selalu sadar dengan beragam hal – hal yang akan dikerjakan.

Sehingga aktivitas otak serta otot dapat berhenti sejenak dalam aktivitas yang berat. Alhasil stres dapat terhindar.

Kesimpulan

Tata cara pelaksanaan puasa senin kamis sejatinya sama dengan puasa wajib atau sunnah pada umumnya. Hanya saja pada puasa sunnah senin kamis ini, kalian dapat membaca niat di waktu pertengahan hari. Jika puasa ramadhan wajib hukumnya untuk membaca niat sebelum memulai puasa.

Dengan melakukan puasa sunnah senin kamis ini juga banyak sekali keutamaan yang berpengaruh pada mental, fisik, dan jiwa spiritual seseorang.

Sehingga melakukan puasa senin kamis ini amat sangat dianjurkan untuk dilakukan secara rutin.

FAQs

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan seputar Niat Puasa Senin Kamis, antara lain:

Kapan membaca niat puasa senin kamis?

Dapat dilakukan di waktu pertengahan hari.

Tata cara niat puasa senin kamis?

Sama dengan puasa wajib atau sunnah pada umumnya. Yang membedakan hanya niatnya.

Bacaan doa niat puasa hari senin latin?

“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatal lillaahi ta’aala.”

Bacaan doa niat puasa hari selasa latin?

“Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatal lillaahi ta’aala.”

Bacaan doa buka puasa sesuai sunnah Rasul latin?

“Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘uruqu wa tsabatal ajru, insyaallah”.

Keutamaan puasa senin kamis?

Salah satunya adalah hari senin & kamis merupakan hari dimana pintu – pintu surga dibuka.

Manfaat puasa senin kamis untuk kesehatan?

Mengeluarkan racun dalam tubuh, melancarkan metabolisme tubuh, mengontrol emosi, menenangkan pikiran, mengontrol emosi, dan yang lainnya.

Hadis untuk berpuasa senin kamis?

Dari ‘Aisyah ra, beliau menyebutkan:

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

“Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan untuk berpuasa di hari Senin dan Kamis.” (HR. An Nasai no. 2362 dan Ibnu Majah no. 1739. All Hafizh Abu Thohir menyebutkan jika hadits ini hasan. Syaikh Al Albani menuebtukan jika hadits ini shahih).

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.