Lembaga Sosial Menurut Ahli

2 min read

Lembaga Sosial Menurut Ahli

Jumpa lagi bareng kita, yuksinau.id yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian pelajari. Dan kali ini yuksinau.id berkesempatan untuk membahas pengertian lembaga sosial menurut ahli dan secara umum

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Lembaga Sosial

pengertian lembaga sosial

Secara Umum

Lembaga social merupakan setiap lembaga yang diciptakan maupun dibentuk dengan didasari tujuan yang mulia berwujud kepentingan masyarakat.

Lembaga sosial ini adalah lembaga yang berjalan tanpa mengharapkan iming-iming harta maupun keuntungan.

Tak hanya itu, Lembaga social juga diartikan sebagai suatu lembaga yang memiliki tujuan guna memperlancar dan juga mempermudah berbagai aspek kehidupan masyarakat yang terdapat di sekitarnya.

Dan, Pengertian lembaga sosial ini sendiri bisa kita tarik kesimpulan sebagai setiap lembaga maupun organisasi baik resmi maupun yang tidak resmi yang diciptakan atau dibangun atas landasan social serta bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam masyarakat.

Lembaga social memiliki peran sebagai lembaga pembentuk, pemersatu, pendidik, penghukum, pemerintah, dan juga sekaligus pengayom masyarakat yang terdapat di sekitar lembaga social tersebut.

Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para ahli mengenai lembaga sosial, diantaranya adalah sebagai berikut:

Roucek dan Warren

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Roucek dan Warren, lembaga sosial merupakan berbagai macam pola yang telah memiliki posisi yang pasti atau tetap dengan tujan untuk mempersatukan berbagai kebutuhan manusia yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan memperoleh persetujuan dengan berbagai cara yang sudah tidak terelakan lagi, dan untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat serta menghasilkan sebuah struktur.

Alvin L. Bertrand

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Alvin L. Bertrand, lembaga sosial pada hakikatnya merupakan sebuah sekumpulan atau golongan dari berbagai norma sosial (struktur-strukur sosial) yang telah dibentuk atau diciptakan supaya bisa melaksanakan fungsi masyarakat dengan baik dan mudah.

Berbagai lembaga tersebut meliputi sekumpulan atau segolongan norma dan bukan norma yang berdiri sendiri atau mandiri.

Robert Mac Iver dan CH. Page

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Robert Mac Iver dan CH. Page , lembaga Sosial adalah suatu keadaan atau berbagai bentuk prosedur yang mapan, yang menjadi ciri atau karakteristik untuk aktivitas kelompok.

Kelompok yang melakukan berbagai patokan itu disebut sebagai asosiasi.

W.G. Summer

Menurut gagasan yang disampaikan oleh W.G. Summer, lembga social jika dilihat dari sudut kebudayaan didefinisikan sebagai cita-cita, perbuatan, sikap serta berbagai perlengkapan kebudayaan, yang mempunyai sifat kekal dan memiliki tujuan guna memenuhi semua kebutuhan yang ada di dalam masyarakat.

Yang terpenting dari lembaga sosial ini adalah supaya terdapat keteraturan dan juga integrasi dalam masyrakat.

Mayor Polak

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Mayor Polak, lembaga sosial merupakan sebuah sistem atau kompleks dari berbagai peraturan dan juga adat istiadat yang mempertahankan beragam nila penting di dalamnya.

Leopold Von Wilsen dan Becker

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Leopold Von Wilsen dan Becker, lembaga social digunakan sebagai sebuah jaringan berbagai proses dalam hubungan antar kelompok social serta antar manusia yang memiliki fungsi guna  memelihara berbagai hubungan tersebut dan beragam pola yang sesuai dengan minat dan juga kepentingan manusia serta kelompoknya.

Wikipedia

Wikipedia mengartikan lembaga social sebagai sebuah norma khusus yang berfungsi untuk menata serangkaian tindakan yang memiliki pola untuk keperluan khusus manusia di dalam kehidupan bermasyarkat.

Bruce J. Cohen

Bruce J. Cohen mengartikan lembaga social sebagai suatu sistem berpola social yang tertata rapi serta memiliki sifat yang permanen, mengandung perilaku tertentu yang solid serta terpadu dengan tujuan tak lain untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia di dalam kehidupannya.

Fitcher

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Fitcher, lembaga sosial merupakan sebuah sistem hubungan-hubungan social yang di dalamnya tedapat beragam nilai dan juga prosedur tertentu dalam usaha untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat.

Soerjono Soekanto

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Soerjono Soekanto Lembaga social merupakan himpunan dari beragam norma dari semua tindakan yang berkisar kepada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

Koentjaraningrat

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Koentjaraningrat, lembaga social merupakan sebuah sistem tata kelakuan dalam hubungan yang memiliki pusat pada beragam aktivitas yang bertujuan untuk memenuhi kompleks-kompleks kebutuhan khusus di dalam kehidupan masyarakat.

Selo Soemardajan dan Soelaeman Soemardi

Menurut gagasan yang disampaikan oleh Selo Soemardajan dan Soelaeman Soemardi, lembaga sosial merupakan segala norma dari semua tingkat yang berkisar terhadap suatu keperluan pokok di dalam kehidupan masyarakat dan merupakan sebuah kelompok yang diberi nama sebagai lembaga kemasyarakatan.

Peter L. Berger

Lembaga sosial menurut Peter L. Berger yaitu suatu prosedur yang mengakibatkan perbuatan manusia ditekan oleh pola tertentu serta dipaksa untuk selalu bergerak melewati jalan yang dianggap sesuai atau selaras dengan keinginan masyarakat.

Paul Horton dan Chester L. Hunt

Paul Horton dan Chester L. Hunt juga menyebtukan bahwa pengertian dari lembaga social yaitu sistem norma social dan juga hubungan yang terorganisasi.

Hamilton

Hamilton menyebutkan bahwasannya lembaga social merupakan tata cara yang dipakai di dalam kehidupan berkelompok lewat berbagai sanksi atau hukuman jika terdapat pelanggaran.

Pelajari juga materi Lembaga Sosial

Itulah beberapa pengertian dari lembaga sosial yang disampaikan oleh beberapa ahli, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung :).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *