Jaring Jaring Limas Segi Empat dan Cara Membuatnya

Share
Comment 0 reply
Jaring Jaring Limas Segi Empat dan Cara Membuatnya
Loading...

Materi yang akan kita bahas kali ini adalah tentang jaring jaring limas segi empat. Jika sebelumnya kamu pernah mempelajari bangun datar dan bangun ruang tentu masih ingat dengan yang namanya limas segi empat.

Salah satu contoh bentuk limas yang sangat populer dan pastinya sudah tidak asing lagi adalah piramida Mesir yang sangat bersejarah. Ya, piramida tersebut berbentuk limas segi empat yang ditandai dengan bentuk alasnya yang berupa segi empat.

Apa itu Limas?

Apa itu Limas?

Sebelumnya telah dicontohkan bentuk limas segi empat yang sangat populer yaitu piramida Mesir. Selain itu ada banyak bentuk limas yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti menara telepon, tenda, dan lain sebagainya.

Limas sendiri bisa diartikan sebagai sebuah bentuk bangun ruang tiga dimensi yang alasnya berupa poligon atau memiliki segi yang banyak, bisa berupa segitiga, segi empat dan bahkan segi lima. Sementara pada bagian sisinya berbentuk segitiga dan memiliki sudut atau puncak di bagian atas.

Adapun nama bangun ruang pada limas ini disesuaikan dengan bentuk alasnya. Jika alasnya segitiga maka disebut limas segitiga. Sementara jika alasnya berbentuk segi empat maka disebut sebagai limas segi empat. Nah, sampai sejauh ini sudah lebih paham kan mengenai pengertian limas?

Baca: Rumus Limas

Ciri Ciri Limas Segi Empat

Ciri Ciri Limas Segi Empat

Limas segi empat atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Rectangular Pyramid merupakan sebuah bangun ruang yang sisi alasnya berbentuk segi-n, dengan sisi tegak berbentuk segi tiga serta mengerucut ke arah satu titik.

Pada limas segi empat ini, secara spesifik memiliki bentuk alas berupa segi empat. Seperti bentuk persegi, belah ketupat, persegi panjang, jajar genjang, layang-layang ataupun trapesium. Sementara jika bangun ruang limas segi empat dibedah, maka akan ditemukan beberapa ciri seperti berikut:

  • Memiliki 5 buah sisi pada bangun ruang, yaitu 1 sisi bagian alas dan 4 sisi tegak yang mengerucut.
  • Bagian sisi alas limas segi empat berbentuk segi empat.
  • Pada bagian empat sisi tegaknya berbentuk segitiga sama kaki.
  • Bangun ruang limas segi empat memiliki 5 titik sudut.
  • Limas segi empat memiliki 8 rusuk, terdiri dari 4 rusuk alas dan 4 rusuk tegak.
  • Rusuk tegak pada limas segi empat memiliki panjang yang sama.

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat

Berdasarkan ciri-ciri limas segi empat yang telah dijelaskan diatas, tentu kamu sudah lebih memahami bagaimana gambaran bangun ruang tersebut. Sementara untuk membuat limas segi empat, kamu perlu mengetahui jaring-jaring limas. Berikut ini adalah gambar jaring-jaring limas segi empat beraturan:

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat 7

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat 6

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat 4

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat 3

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat 2

Gambar Jaring Jaring Limas Segi Empat 1

Cara Membuat Limas Segi Empat

Cara Membuat Limas Segi Empat

Limas merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki jaring-jaring, yaitu terdiri dari susunan sisi berbentuk bidang datar yang jika digabungkan maka akan membentuk sebuah bangun ruang. Adapun cara membuat limas segi empat adalah dengan langkah-langkah seperti berikut:

  • Pertama silahkan gambar satu buah bidang persegi serta 4 buah bidang segitiga sama kaki.
  • Kamu bisa gunakan penggaris agar ukurannya sama dan presisi sesuai dengan gambar jaring jaring limas segi empat yang telah dicontohkan sebelumnya.
  • Jika semua jaring-jaring sudah selesai dan akan digabungkan menjadi bangun ruang maka tinggal digunting dan disatukan semua sisinya hingga membentuk limas segi empat.

Baca: Limas Segi Enam

Bagian-bagian Limas Segi Empat

Bagian-bagian Limas Segi Empat

Jika dilihat berdasarkan gambar jaring jaring limas segi empat sebelumnya, maka pada bangun ruang limas segi empat terdapat beberapa bagian penting di dalamnya. Bagian-bagian tersebut antara lain adalah:

1. Sisi atau Bidang

Advertisement

Sisi atau bidang pada limas segi empat E.ABCD terdiri dari sisi ABCD yang merupakan sisi alas, ABE yang merupakan sisi bagian depan, DCE yang merupakan sisi bagian belakang, BCE yang merupakan sisi samping kiri dan ADE yang merupakan sisi samping kanan.

2. Rusuk

Selain itu, dari gambar limas segi empat E.ABCD juga terlihat bahwa bangun ruang tersebut memiliki 8 rusuk yang terdiri dari 4 rusuk alas dan 4 rusuk tegak. Untuk rusuk alasnya adalah AB, BC, CD. serta DA. Dan rusuk tegaknya AE, BE, CE serta DE.

3. Titik Sudut

Jumlah titik sudut pada bangun ruang limas sangat tergantung pada bentuk alas sehingga masing-masing limas akan memiliki titik puncak di bagian atasnya. Adapun jumlah titik sudut pada limas segi empat adalah 5 buah.

4. Diagonal Bidang dan Diagonal Sisi

Pada dasarnya diagonal bidang dan diagonal sisi pada limas sesuai dengan jenis limasnya. Dengan demikian maka diagonal bidang dan diagonal sisi pada limas segi empat ada dua yang berada pada sisi alasnya. Yaitu dengan menarik garis dari titik A – C dan titik B – D.

5. Bidang Diagonal

Bidang diagonal pada limas segi empat ada dua buah yang berbentuk segitiga, yaitu berupa bidang yang terbentuk dari diagonal pada sisi alas dan dua rusuk. Adapun bidang diagonal yang dimaksud adalah dari titik AEC dan BEB.

6. Tinggi Limas Segi Empat

Yang dimaksud dengan tinggi limas segi empat adalah jarak yang ditarik dari titik pertemuan diagonal pada sisi alas dengan titik di bagian puncak limas. Jarak tersebut diperoleh dari pertemuan diagonal di sisi AC serta BD dengan titik puncak berada di E.

Rumus Limas Segi Empat

Jika sebelumnya telah dibahas tentang jaring jaring limas segi empat beserta bagian-bagiannya, maka kamu juga perlu mengetahui rumus volume limas segi empat agar bisa menghitung volume dari bangun ruang tersebut. Berikut ini adalah rumus volume yang perlu diketahui.

V = 1/3 x L (alas) x t

V : Volume limas segi empat

L : Luas bidang alas limas segi empat

t : tinggi limas segi empat

Baca: Segiempat

Contoh Soal Limas Segi Empat

Untuk lebih memahami tentang penerapan rumus volume limas segi empat di atas, berikut ini kami sampaikan contoh soal sederhana yang bisa dipelajari.

1. Diketahui sebuah limas segi empat E.ABCD memiliki alas yang berbentuk persegi dengan panjang sisi 8 cm dan tinggi limas segi empat 6 cm. Hitunglah berapa volume dari limas segi empat E.ABCD tersebut.

Soal 1 Limas segi empat

Pembahasan:

V = 1/3 x L (alas) x t

= 1/3 x (8 x 8) x 6

= 1/3 x 64 x 6

= 1/3 x 384

= 128 cm’

Jadi volume dari limas segi empat E.ABCD adalah 128 cm3.

2. Diketahui sebuah limas segi empat O.ABCD memiliki bidang alas persegi yang panjang sisinya adalah 10 cm. Jika tinggi limas adalah 9 cm, berapakah volume limas segi empat O.ABCD?

limas segi empat O.ABCD

Pembahasan:

V = 1/3 x L (alas) x t

= 1/3 x (10 x 10) x 9

= 1/3 x 100 x 9

= 1/3 x 900

= 300

Jadi volume limas segi empat T.ABCD adalah 300 cm3.

Jaring jaring limas segi empat terdiri dari susunan sisi yang ada pada bangun ruang tersebut. Sehingga jika digabungkan akan membentuk limas segi empat yang diinginkan. Kamu bisa membuat bangun ruang limas segi empat dan menghitung volumenya sesuai rumus yang telah dijelaskan sebelumnya.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.