Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS 2019/2020

3 min read

Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS 2019/2020.

Informasi ini khusus ditujukan bagi kalian yang akan menjadi calon mahasiswa penerima Bidikmisi. Yuk langsung saja simak baik-baik ulasannya berikut ini.

Bidikmisi

daftar ptn yang menerima bidikmisi jalur mandiri 2019

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya. Bidikmisi merupakan bantuan biaya hidup dan juga biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki potensi akademik yang unggul.

Dalam artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai petunjuk pendaftaran Bidikmisi secara rinci dan dibedakan menjadi dua bagian yakni Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Sekolah dan Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa.

Buat kalian yang belum mengunjungi artikel tersebut. Kami sarankan agar membaca artikel tersebut terlebih dahulu supaya kalian lebih memahami bagaimana cara mendaftar program Bidikmisi.

Pada saat kalian akan mendaftarkan diri mengikuti program Bidikimisi, tentunya kalian akan membutuhkan banyak hal yang harus dipahami. Salah satunya adalah  jalur seleksi penerimaan Bidikmisi.

Di dalam Buku Petunjuk Teknik Bidikmisi Siswa sendiri disebutkan terdapat beberapa jalur seleksi untuk program Bidikmisi yang dapat kalian ikuti. Diantaranya yaitu:

  • Bidikmisi jalur SNMPTN
  • Bidikmisi jalur SBMPTN
  • Bidikmisi jalur PMDK-PN
  • Bidikmisi Mandiri PTN/ PTS
  • Bidikmisi Politeknik
  • Bidikmisi PTKIN
  • Bidikmisi ISI
  • Bidikmisi UT.

Dari beberapa jalur di atas, kalian dapat memilih salah satu jalur yang akan kalian ikuti. Dan seandainya kalian tidak lolos dalam jalur pertama yang kalian ikuti, kalian dapat mengikuti jalur selanjutnya yang dibuka.

Selain jalur nasional di atas, ada juga jalur penerimaan program Bidikmisi yang dikelola secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi penyelenggara. Seperti halnya Bidikmisi Universitas Terbuka, dan perguruan tinggi lainnya.

Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS

A. Seleksi untuk Perguruan Tinggi Negeri

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, bahwa dalam menyalurkan Bidikmisi, Perguruan Tinggi dapat melakukan seleksi kepada calon penerima Bidikmisi. Melalui seleksi nasional ataupun seleksi mandiri.

Informasi selengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini.

Ketentuan seleksi Bidikmisi jalur SNMPTN dan SBMPTN:

  1. PTN melaksanakan seleksi kepada setiap penerima rekomendasi Bidikmisi yang merupakan lulusan seleksi nasional (SNMPTN-SBMPTN) sesuai dengan persyaratan dan kriteria yang telah ditentukan oleh masing-masing PTN;
  2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan cara memprioritaskan.
    pendaftar yang memiliki potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, sertamemperhatikan asal daerah pendaftar.
    Untuk memastikan keadaan dari ekonomi pendaftar, akan lebih baik kalau PTN melaksanakan kunjungan langsung ke alamat pendaftar;
  3. Pertimbangan khusus dalam pengambilan kelulusan seleksi diberikan terhadap pendaftar yang memiliki prestasi ekstra kurikuler serendah-rendahnya peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/ kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak terdapat pada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/ OSIS);
  4. Setiap pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/ atau mempunyai KIP dan sejenisnya bisa dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi.
    Tetapi apabila di kemudian hari ditemukan ternyata pelamar yang bersangkutan tidak layak, maka pelamar yang bersangkuran akan dikenakan sanksi.
  5. Kunjungan ke alamat pendaftar bisa dilaksanakan dengan mendayagunakan mahasiswa PTN yang bersangkutan atau PTN dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang telah disetujui bersama.
  6. Hasil seleksi nasional calon mahasiswa diumumkan oleh pihak pengelola di tingkat perguruan tinggi dan diinformasikan ke Ditjen Belmawa lewat Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.

2. Seleksi Mandiri (Seleksi Lokal) PTN

Tak hanya melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Setiap calon peserta program Bidikmisi juga dapat mendaftar Bidikmisi lewat jalur seleksi mandiri PTN.

Dalam melaksanakan seleksi Bidikmisi tersebut. Setiap calon peserta akan melalui seleksi mandiri perguruan tinggi, PTN berpedoman pada ketentuan seperti berikut ini:

Ketentuan Bidikmisi Seleksi Mandiri PTN:

  1. PTN melaksanakan seleksi kepada setiap pendaftar memakai jalur yang telah ditentukan, persyaratan dan kriteria khusus yang sudah ditetapkan oleh masing-masing PTN;
  2. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan cara memprioritaskan pendaftar yang memiliki potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, serta memperhatikan asal daerah pendaftar.
    Untuk memastikan keadaan ekonomi pendaftar, dianjurkan bagi masing-masing PTN untuk melakukan kunjungan ke alamat pendaftar.
    Disamping itu bisa juga dilaksanakan dengan cara verifikasi dan rekomendasi oleh penerima Bidikmisi sebelumnya.
  3. Pertimbangan khusus dalam kelulusan seleksi diberikan terhadapat pendaftar yang memiliki prestasi ekstra kurikuler paling rendah peringkat ke-3 di tingkat kabupaten/ kota atau prestasi non kompetitif lain yang tidak terdapat pada pemeringkatan (contoh ketua organisasi siswa sekolah/ OSIS);
  4. Jika dibutuhkan tes di lokasi yang membutuhkan kehadiran fisik pendaftar. maka seluruh biaya untuk mengikuti proses seleksi mandiri termasuk biaya transportasi dan akomodasi akan ditanggung oleh PTN yang bersangkutan;
  5. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/ atau mempunyai KIP dan sejenisnya bisa dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi.
    Tetapi apabila di kemudian hari ditemukan ternyata pelamar yang bersangkutan tidak layak, maka pelamar yang bersangkuran akan dikenakan sanksi.
  6. Hasil seleksi calon mahasiswa akan diumumkan oleh Rektor/ Direktur / Ketua atau yang diberi wewenang lewat media yang bisa diakses oleh setiap pendaftar. Serta akan diinformasikan ke Ditjen Belmawa lewat Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.

B. Jalur Seleksi Bidikmisi untuk PTS

Perlu kalian ketahui, bahwa tidak semua PTS akan menyelenggarakan program Bidikmisi. Sehingga, kalian harus mengetahui daftar Perguruan Tinggi penyelenggara Bidikmisi. Terutama PTS atau perguruan tinggi yang kalian tuju.

Dalam penyeleksiannya, PTS yang menyelenggarakan program Bidikmisi akan berpedoman terhadap ketentuan seleksi Bidikmisi PTS yang telah dibuat oleh Dirjen Belmawa.

Beriktu adalah beberapa ketentuan yang telah ditetapkan.

Ketentuan Seleksi Bidikmisi untuk PTS:

  1. Seleksi ditentukan oleh masing-masing PTN dengan cara memprioritaskan pendaftar yang memiliki potensi akademik yang paling tinggi, pendaftar yang paling tidak mampu secara ekonomi, urutan kualitas Sekolah, serta memperhatikan asal daerah pendaftar.
    Untuk memastikan keadaan ekonomi pendaftar, dianjurkan bagi masing-masing PTN untuk melakukan kunjungan ke alamat pendaftar.
  2. Kunjungan ke alamat pendaftar bisa dilaksanakan dengan cara mendayagunakan mahasiswa PTS yang bersangkutan atau PTS dari domisili pendaftar dengan mekanisme yang disetujui bersama.
  3. Pelamar Bidikmisi penerima BSM dan/ atau mempunyai KIP dan sejenisnya bisa dikecualikan dalam proses verifikasi kelayakan ekonomi.
    Tetapi apabila di kemudian hari ditemukan ternyata pelamar yang bersangkutan tidak layak, maka pelamar yang bersangkuran akan dikenakan sanksi.
  4. Hasil seleksi calon mahasiswa diumumkan oleh panitia seleksi PTS serta akan diinformasikan ke Ditjen Dikti lewat Sistem Informasi Manajemen Bidikmisi.

Setelah mengetahui ketentuan di atas, maka kalian tinggal tunggu pengumuman hasil seleksinya.

Untuk melihat pengumuman hasil seleksi perguruan tinggi dapat kalian lihat pada laman resmi di alamat belmawa.ristekdikti.go.id oleh Ditjen Belmawa.

Catatan Penting:

  • Jika terdapat perubahan atau perbedaan informasi mengenai Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa. Maka yang berlaku hanyalah yang terdapat pada website resmi Bidikmisi.
  • Informasi yang belum update disini artikel Petunjuk Pendaftaran Bidikmisi Siswa, akan diupdate kemudian. Tunggu updatenya disini ya!

Itulah informasi seputar Jalur Seleksi dan Ketentuan Bidikmisi PTN dan PTS yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kalian khususnya yang akan mendaftar Bidikmisi.

Jangan lupa ya untuk mempersiapkan diri kalian sebaik mungkin untuk menghadapi ujian. Terima kasih telah berkunjung :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *