Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2019/2020

2 min read

Bagi kalian yang sedang mencari tahu kapan jadwal dari Pendaftaran Bidikmisi 2019/2020, maka kalian sangat tepat untuk mengunjungi artikel ini.

Sebab, artikel kali ini akan membahas mengenai Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2019/2020. Informasi ini ditujukan bagi kalian yang ingin mengikuti seleksi masuk ke PTN dengan melalui seleksi Bidikmisi.

Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini..

Bidikmisi

Bidikmisi

Seperti yang telah kami bahas sebelemunya pada Panduan Pendaftaran Online Bidikmisi , bahwa Bidikmisi merupakan bantuan biaya hidup dan juga biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu yang memiliki potensi akademik yang unggul.

Dari pengertian di atas dapat kita ketahui bahwa Bidikmisi ini adalah program pemerintah untuk membantu calon mahasiswa dalam mengatasi kesulitan ekonomi.

Dengan adanya Bidikmisi inilah diharapkan para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi bisa terus melangkah.

Dan nantinya sesudah diterima di perguruan tinggi bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik. Serta berprestasi dan bisa menyelesaikan kuliah dengan tepat waktu.

Sesuai dengan judulnya, kami akan memberikan informasi tentang jadwal pendaftaran bidikmisi.

Dengan mengetahui jadwal pendaftaran bidikmisi, maka kalian dapat mengontrol seluruh kegiatan yang akan dilaksanakan nantinya. Berikut informasi selengkapnya.

Untuk jadwal pendaftaran Bidikmisi sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya yaitu:

NoKeterangan Jadwal pendaftaran Bidikmisi
1Untuk Sekolah
2Untuk Siswa
3Untuk jalur SNMPTN
4Untuk jalur SBMPTN
5Untuk jalur PMDK-PN
6Untuk jalur UMPN
7Jadwal pendaftaran Bidikmisi untuk jalur seleksi mandiri PTN
8Jadwal pendaftaran Bidikmisi untuk jalur seleksi mandiri PTS

Dalam artikel sebelumnya telah diterangkan bahwa untuk bisa memperoleh Bidikmisi, maka calon peserta harus mengikuti berbagai jalur seleksi masuk yang dibuka oleh perguruan tinggi yang dituju.

Sebagai contoh: seleksi yang dibuka suatu PTN ialah jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Maka peserta Bidikmisi yang dapat mengikuti jalur Bidikmisi jalur SNMPTN, Bidikmisi jalur SBMPTN, serta Bidikmisi jalur mandiri PTN.

Pelaksanaan untuk pendaftaran Bidikmisi tersebut tentunya tidak dilakukan dalam waktu yang bersamaan.

Pada umumnya, pelaksanaan untuk Bidikmisi jalur SNMPTN dibuka lebih awal, kemudian diikuti oleh Bidikmisi jalur SBMPTN, dan yang terakhir adalah Bidikmisi jalur mandiri PTN (Ini lanjutan dari contoh di atas).

Sementara untuk kampus lain seperti Polteknik Negeri. Jalur Bidikmisi yang dibuka adalah bidikmisi jalur PMDK-PN, bidikmisi UMPN, serta Bidikmisi jalur mandiri.

Setiap calon peserta bebas untuk memilih bidikmisi jalur manapun asalkan calon peserta mampu untuk memenuhi persyaratan. Baik itu persyaratan dari Bidikmisi itu sendiri maupun persyaratan dari jalur seleksi yang diikuti.

Apabila sudah dirasa mampu untuk memenuhi semua persyaratan yang sudah ditentukan. Maka calon peserta bisa melakukan pendaftaran Bidikmisi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

A. Jadwal Pendaftaran Bidikmisi 2019. Update

Berikut adalah informasi tentang Jadwal Pendaftaran Bidikmisi yang sudah kami update. Silahkan simak ulasan di bawah dengan seksama.

NoNama KegiatanDibukaDitutup
1Pendaftaran Sekolah31 Januari30 September
2Pendaftaran Siswa1 Februari31 Oktober
3SNMPTN4 Februari14 Februari
4Seleksi Mandiri PTN4 Februari30 September
5PMDK-PN4 Februari6 April
6SBMPTN1 Maret24 Juni
7UMPN15 April31 Mei
8Seleksi Mandiri PTS29 April30 September

Catatan:

  • Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Apabila terdapat perubahan, maka akan segera kami update. Tunggu updatenya disini ya!

Sesudah waktu  pendaftaran bidikmisi beakhir, langkah berikutnya adalah menunggu pengumuman hasil seleksi.

Seleksi akan dilaksanakan oleh pihak kampus dengan melakukan cek berkas kelengkapan persyaratan, wawancara dengan orang tua, dan apabila memungkinkan panitia akan mengecek langsung kondisi rumah, dan lainnya sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Untuk pengumuman hasil seleksi Bidikmisi bisa kalian lihat langsung pada situs masing-masing kampus ataupun lewat media online lainnya.

Waktunya yakni sesudah kalian dinyatakan lulus dalam jalur seleksi yang diikuti.

Sebagai contoh, kalian mengikuti Bidikmisi jalur SNMPTN, apabila pada waktu pengumuman SNMPTN dinyatakan lulus. Kemudian kalian tinggal menunggu pengumuman hasil proses seleksi Bidikmisi.

Untuk cara melihat pengumuman Bidikmisi, silahkan kunjungi laman: Pengumuman Bidikmisi.

Demikianlah informasi mengenai Jadwal Pendaftaran Bidikmisi yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kalian semua ya. Terima kasih telah berkunjung 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *