Doa Pernikahan

4 min read

Doa Pernikahan

Doa pernikahan adalah doa yang dibacakan ketika dua orang sedang melangsungkan pernikahannya. Doa tersebut tentunya untuk kebahagiaan keduanya kelak.

Salah satu doa adalah semoga mereka menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah sampai akhir hayat dan maut memisahkan.

Pernikahan itu sendiri adalah salah satu momen yang hanya dilakukan sekali seumur hidup dimana dua orang manusia yang saling mencintai menjadi satu.

Tidak hanya itu dengan adanya pernikahan maka kita telah menyempurnakan separuh agama.

Karena menikah itu dapat menyempurnakan separuh dari agama kita. Pernikahan juga momen yang sangat membahagiakan bagi keduanya beserta para keluarga yang bersangkutan.

Karena dengan menikah kita dapat memperoleh keberkahan dari Allah SWT, dibukaannya pintu rezeki, mendapatkan kebahagiaan, terhindar dari dosa zina atau maksiat, dan terciptanya silaturahmi, serta lain sebagainya.

Terciptanya silaturahi karena banyak teman, kerabat, sahabat, dan yang lainnya menyepatkan waktu untuk datang menghadiri pernikahan tersebut.

Mereka tidak ingin kelewatan untuk menjadi saksi kebahagiaan kedua mempelai dan keluargahnya.

Oleh karena itu pernikahan adalah hal yang tidak akan dilupakan oleh orang yang bersangkutan seumur hidupnya.

Alangkah baiknya jika di momen membahagiakan seperti itu kita juga mengucapkan doa untuk memohon kepada Allah SWT agar kedua mempelai diberikan keberkahan dalam menjalankan rumah tangga yang baru.

Pernikahan

Sudah dijelaskan tadi jika pernikahan itu adalah momen yang paling bahagia namun menurut bahasa Arab pernikahan berasal dari kata An – Nikaah yang memiliki arti adh – adhmm atau menghimpun.

Ada juga arti nikah menurut syari’at. Nikah menurut syari’at adalah akad perkawinan. Ketika kata nikah telah diucapkan secara mutlak, maka kata itu memiliki makna demikian selagi tidak ada satu pun dalil yang memalingkan darinya.

Doa Pernikahan

Jika kita menghadiri acara pernikahan dan bertemu dengan kedua mempelai yang pastinya sedang berbahagia, maka kita sebagai umat Islam disunahkan untuk mengucapkan selamat sekaligus mendoakannya.

Berikut adalah beberapa doa pernikahan, yaitu :

doa untuk orang menikah

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka, wa baraka ‘alayka wa jama’a baynakuma fii khayr.

Artinya :

“Mudah – mudahan Allah SWT memberkahimu, baik ketika kamu sedang senang maupun kamu sedang susah. Dan Allah SWT selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR Abu Dawud)

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagfirlahum warhamhum wabairik lahum fiimaa razaqtahum.

Artinya :

“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR Ahmad)

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum waghfir lahum warhamhum.

Artinya :

“Ya Allah, berkahilah apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” (HR Muslim)

اَللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِي، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِي

Allahumma atghim man at’amanii wasqi man saqoonii.

Artinya :

“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang telah memberi makan kepadaku. Dan berkahilah minum kepada orang yang telah memberi minum kepadaku.” (HR Muslim)

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Aftoro ‘indzakumusshooimuuna waakala tho’aa makumulabrooru washollat ‘alaykumulmalaikah.

Artinya :

“Telah berbuka di sisi kalian orang – orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang – orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian.”

Adab Membaca Doa Pernikahan

  1. Tidak menunda – nunda kedatangan anda di dalam pernikahan seseorang.
  2. Tidak membeda – bedakan kehadiran atau doa. Misalnya jika pada hari itu ada yang menikah 2 orang dan yang satunya orang kaya sedangkan satunya lagi orang miskin. Anda tidak boleh membeda – bedakan kehadiran atau doa anda untuk mereka.
  3. Anda harus mengetahi mana doa yang makruh yang kalo bisa jangan diucapkan untuk mendoakan mempelai. Seperti semoga mendapat banyak keturunan. Meski banyak keturunan baik namun doa ini makruh diucapkan saat pernikahan.
Baca juga: Doa Bercermin

Memaknai Pernikahan

Pernikahan menjadi salah satu momen di dalam hidup yang sangat penting dan bersejarah serta paling membahagiakan bagi dua insan manusia yang telah dipersatukan.

Karena di dalam sebuah ikatan pernikahan, maka kedua mempelai akan menjumpai sebuah ketenteraman, ketenangan hati, dan semua kebaikan yang akan Allah SWT berikan.

Sakinah, mawadan, dan warahmah juga dianggap sebagai doa dalam sebuah pernikahan. Karena memiliki arti yaitu damai tentram, cinta kasih atau harapan, dan kasih sayang.

Selain itu kita juga dapat mengucapkan doa pernikahan yang ada di atas atau dapat juga yang lainnya. Yang terpenting dari doa tersebut adalah untuk kebaikan kedua mempelai.

Dalam berdoa niatkan dengan sepenih hati dan ucapkan selamat dengan rangkaian kata yang sebagus mungkin agar dapat diterima dengan tulus oleh kedua mempelai dan dapat tembus menuju langit.

Selain dari itu, sebagai yang menjalankan pernikahan juga senantiasa selalu berdoa kepada Allah SWT untuk meminta agar kedepannya dapat lebih baik lagi.

Kita juga seharusnya menjelankan pernikahan dengan sepenuh hati dan rasa ikhlas menerima apa adanya pasangan kita.

Karena di dalam pernikahan itu akan menyatukan dua manusia yang memiliki sifat masing – masing baik itu kelebihan maupun kekurangan.

Kita harus sabar dalam menjalaninya dan lebih baik kita mendoakan agar selalu rukun dan diberkahi oleh Allah SWT hingga maut memisahkan.

Berkah atau barokah itu memiliki arti ziyadatul khair atau bertambahnya kebaikan. Yang dimaksud dari bertambahnya kebaikan di sini adalah segala sesuatu yang banyak dan melimpah termasuk berkah – berkah material maupun spiritual seperti rasa nyaman dan aman serta tenang, kesehatan, anak, harta, dan lain sebagainya.

Yang pastinya hal – hal tersebutlah yang akan mendekatkan kita kepada sang Pencipta yaitu Allah SWT.

Hadist Pernikahan

Terdapat beberapa hadist mengenai pernikahan, yaitu :

Dari Abu Hurairah ra :

“Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW ketika ada yang menikah, beliau memberi ucapan selamat dan mendoakannya dan berkata :

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Yang memiliki arti : ‘Semoga Allah SWT selalu memberikan berkah kepadamu dan atasmu serta mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki – laki dan perempuan) di dalam kebaikan.’”

Dari sahabat Anas bin Malik ra :

“Telah bersabda Rasulullah SAW :

مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفَ اْلإِيْمَانِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِى.

Yang memiliki arti : ‘Barang siapa yang menikah, maka ia telah melengkapi setengah dari agamanya. Dan hendaklah ia bertaqwa kepada Allah SWT dalam memelihara yang separuhnya lagi.’”

Rasulullah SAW bersabda :

فمَن رغب عن سنَّتي فليس منِّي

Yang memiliki arti : “Barang siapa yang membenci sunahku, maka ia bukanlah termasuk umatku.” (HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ رَزَقَهُ اللهُ امْرَأَةً صَالِحَةً فَقَدْ أَعَانَهُ اللهُ عَلَى شَطْرِ دِيْنِهِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي الشَّطْرِ الثَّانِى.

Yang memiliki arti : “Barang siapa yang dikaruniai oleh Allah SWT dengan wanita atau isteri yang sholihah, maka sungguh Allah SWT telah membantunya untuk melaksanakan separuh dari agamanya. Maka hendaklah ia taqwa kepada Allah SWT dalam menjaga separuhnya lagi.” (Ath – Thabrani di dalam Mu’jamul Ausath (no.976) dan Al – Hakim dalam Al – Mustadrak (II/161) dan hadist ini disahihkan olehnya, disetujui oleh Adz – Dzahabi)

Keutamaan Menikah

  1. Menikah menjadi satu – satunya sarana yang sah untuk memenuhi tuntutan naluri manusia yang asasi.
  2. Menikah juga dapat menjadi sarana untuk mambina keluarga di jalan yang Islami.
  3. Menikah dapat menghindarkan kita dari perbuatan zina atau maksiat. Baik itu zina mata, zina hati, atau zina yang lainnya.
  4. Menikah juga dapat memperoleh keberkahan dari Allah SWT
  5. Dapat dibukaannya pintu rezeki pula.
  6. Dengan menikah kita juga dapat mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat
  7. Dan dengan adanya pernikahan maka akan terciptanya silaturahmi baik sesama keluarga, kerabat, teman, sahabat, dan yang lainnya.

Keutamaan Doa Pernikahan

  1. Berdoa dikala sedang senang maupun sedang sedih. Semua harus dilakukan dengan sabar dan ikhlas.
  2. Berdoa merupakan ibadah kita kepada Allah SWT.
  3. Mendoakan agar sepasang suami istri ini saling percaya dan dapat menerima kekurangan maupun kelebihan dari pasangan masing – masing serta dapat saling menyempurnakan.
  4. Dengan berdoa kita dapat mendapatkan keberkahan dalam sebuah pernikahan.
  5. Dapat menjadi sebagai pengantar pernikahan dalam menjalankan kehidupan barunya atau memulai bahtera rumah tangga.
  6. Dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.

Selain berdoa kita juga harus berusaha karena berdoa tanpa usaha itu omong kosong dan berusaha tanpa berdoa itu sombong. Maka kita harus menyeimbangkan diantara keduanya.

Semoga kita diberikan pasangan yang sholeh maupun sholehah agar di dalam pernikahan kita senantiasa diberi keberkahan oleh Allah SWT, keberkahan dalam rezeki, kesehatan, keturunan, dan keberkahan dalam segala hal serta dengan adanya pernikahan kita dapat menyempurnakan separuh dari agama kita.

Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semua pembaca. Terima kasih 🙂

Doa Setelah Sholat Fardhu

Ahmad
3 min read

Doa Bepergian

Ahmad
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *