Doa Penenang Hati

4 min read

doa penenang hati

Doa penenang hati adalah doa yang mampu menenangkan hati seseorang yang sedang gelisah, gundah, gulana, cemas, khawatir, dan lain sebagainya. Karena hanya dengan berdoa hati kita dapat kembali tenang.

Setiap manusia pasti dapat merasakan kebahagiaan dan kesedihan secara bergantian. Jika kita sedang merasakan kebahagiaan maka kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT, karena telah memberikan kebahagiaan ini kepada kita.

Akan tetapi jika kita sedang merasakan kesedihan pasti perasaan kita campur aduk antara stress, gelisah, gundah, gulana, cemas, khawatir, dan putus asa atau perasaan lain yang dapat membuat kita sedih.

Maka dari itu kita harus terus berdoa untuk dapat menenangkan hati ini. Jangan sampai kesedihan ini membuat kita lalai kepada Allah SWT. Apalagi sampai kita berlarut – larut dalam kesedihan, jangan sampai itu terjadi.

Lebih baik kita justru berserah diri kepada Allah SWT dengan berdoa memohon ampunan dan memohon agar cepat terselesaikan kesedihan yang sedang kita rasakan.

Selain itu juga kita harus intropeksi diri kita sendiri. Mengapa kesedihan ini dapat kita alami ? Apakah penyebabnya? Apakah kita kurang beribadah kepada Allah SWT? Atau kah Allah SWT akan mengangkat derajat kita dengan kesedihan ini ?

Dan masih banyak lagi kemungkinan – kemungkinan yang pastinya itu adalah yang terbaik untuk kita menurut Allah SWT. Kita sebagai makhluk hanya bisa berdoa dan berserah diri kepada sang Pencipta.

Doa Penenang Hati

Doa berikut ini adalah doa penenang hati yang dapat kita amalkan ketika kita sedang sedih, gelisah, gundah, gulana, khawatir, cemas, dan lain sebagainya :

doa penenang hati yang gelisah

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَعُوْذُبِكَ مِنْ جَهْدِالْبَلَاءِ وَدَرْكِ الشَّقَاءِ وَسُوْءِ الْقَضَاءِ و شَمَاتَةِ الْاَعْدَاءِ

Allahumma inni a’uuzubika min jahdil bala’. Wa darkish shaqa’. Wa suu il qadhaa’. Wa shamaamatil a’daa’.

Artinya :

“Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari menemui penderitaan, dari takdir yang buruk, serta dari keberhasilan musuh.” (HR Bukhari)

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْث

Yaa hayyu yaa qayyuumm. Bi rahmatika astaghiiths.

Artinya :

“Ya Allah Yang Maha Hidup dan Yang Maha Berdiri Sendiri yang tidak memerlukan segala sesuatu, dengan rahmat Engkau, aku meminta pertolongan.” (HR Tirmidzi)

اللهُمَّ لا سَهْلَ إلا مَا جَعَلتَهُ سَهْلا وَ أنتَ تَجْعَلُ الحزْنَ إذا شِئْتَ سَهْلا

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla wa anta taj’alul hazna iza syi’ta sahla.

Artinya :

“Ya Allah, tidak ada kemudahan melainkan apa yang Engkau jadikan mudah dan perkara yang susah dapat Engkau jadikan mudah, jika Engkau mengkehendakinya.” (HR Ibnu Hibban)

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ

وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Allahumma inni a’uuzubika minal hammi wal hazan.

Wa a’udzubika minal ajzi wal kasali.

Wa a’udzubika minal jubni wal bukhli.

Wa a’udzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijaal.

Artinya :

“Ya Allah, hamba berlindung pada Engkau dari rasa sedih dan gelisah.

Aku memohon perlindungan daripada sifat lemah dan malas.

Dan aku berlindung pada Engkau dari sikap pengecut dan bakhil.

Dan aku berlindung pada Engkau dari hutang – hutang serta penindasan orang.” (HR Bukhari)

لا إلهَ إلا أنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظّالِمِيْنَ

Laa ilaaha illa anta subhaanaka inni kuntu minaz zholimin.

Artinya :

“Tiada Tuhan melainkan Engkau ya Allah! Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk ke dalam orang – orang yang dzolim.” (QS Al – Anbiya : 87)

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَسِّرْ لِي أَمْرِي وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِي يَفْقَهُوا قَوْلِي

Rabbish rahli sadri. Wayassirli amri. Wahlul uqdatam millisani. Yafqahu qauli.

Artinya :

“Ya Allah, lapangkanlah bagiku dadaku, dan mudahkanlah bagiku urusanku, dan lancarkanlah lidahku supaya mereka faham ucapanku.” (QS Taha : 25 – 28)

حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ

Hasbunallah wanikmal wakil.

Artinya :

“Cukuplah Allah SWT sebagai Pelindung kami.” (QS Al – Imran : 173)

Doa – doa tersebut memiliki maksud untuk dapat mengatasi rasa sedih yang mendalam di dalam hati kita. Tidak hanya berdoa namun kita harus mengimbanginya dengan usaha – usaha yang dapat membuat hati kita menjadi tenang kembali.

Zikir Penenang Hati

Tidak hanya doa penenang hati saja yang dapat kita curahkan kepada Allah SWT saat sedang sedih. Kita juga dapat berzikir dengan melafadzkan kalimat – kalimat thoyyibah atau kalimat yang baik.

Zikir kepada Allah SWT adalah bacaan yang biasa kita baca secara rutin setiap selesai sholat wajib 5 waktu atau di waktu – waktu tertentu atau dapat juga untuk mengisi waktu lainnya.

Bacaan pada saat sedang zikir adalah kalimat – kalimat thoyyibah atau kalimat yang baik seperti istighfar, tasbih, tahmid, tahlil dan takbir atau bacaan – bacaan lainnya. Baik di baca sendiri atau di baca secara jama’ah atau bersama – sama.

Zikir kepada Allah SWT juga merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat spesial. Karena zikir dapat berungsi sebagai penutup sebuah kekurangan dan sebagai pengganti atau zikir dapat menutupi ibadah – ibadah yang kita lewatkan penunaiannya.

Berikut adalah beberapa bacaan zikir kepada Allah SWT agar hati menjadi tenang kembali :

  1. Subhaanallaah 100x yang artinya adalah Maha Suci Allah.
  2. Subhaanallaah Wa Bihamdihii 100x yang artinya adalah Maha Suci Allah dan Maha Terpuji.
  3. Subhaanallaah Wa Bihamdihi Subhaanallaahil azhiim yang artinya adalah Maha Suci Allah dan Maha Terpuji, Maha Suci Allah dan Maha Agung.
  4. Subhaanallaah walhamdulillah wa laa ilaaha illallaah wallaahu akbar yang artinya adalah Maha Suci Allah, Segala Puji Bagi Allah, Tiada Tuhan Selain Allah dan Allah Maha Besar.
  5. Laa Haula wa la quwwata illa billah yang artinya adalah Tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah.
  6. Laa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah lahul mulku wa lahul hamdu, wahdahuwa ‘ala kulli syai’in qadiir 100x dalam satu hari yang artinya adalah Tiada Tuhan selain Allah SWT. Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya, baginya kerajaan dan pujian. Dia maha kuasa atas segala sesuatu.
  7. Astaghfirullah al azhiim wa atuubu ilaaihi >70x yang artinya adalah Demi Allah, sesungguhnya aku minta ampun kepada Allah dan bertobat kepada-Nya.
  8. Shalawat Nabi untuk Nabi Muhammad SAW 1x yaitu, Shallallahu ‘ala Muhammad / Allhumma shalli ‘ala Muhammad. Yang artinya adalah semoga Rahamat Allah senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.
Baca juga : Doa Yasin

Cara Lain Menenangkan Hati

Kesedihan yang dapat menimbulkan rasa stres, gelisah, gundah, gulana, khawatir, cemas, dan lain sebagainya memeng membuat kita tidak bisa bernafas lega dan menghambat aktifitas serta kita tidak bisa istirahat.

Untuk dapat menenangkan hati dan menstabilkan emosi agar tidak mengganggu aktifitas sehari – hari dan waktu istirahat kita, maka selain berdoa kita juga memerlukan usaha agar hati menjadi tenang kembali.

Berikut adalah beberapa cara agar hati kita kembali tenang :

  1. Kita harus dan wajib menyingkirkan beban di hati yang tidak perlu kita pikirkan.
  2. Selalu berfikir positif atau hal – hal baik saja dan hentikan berfikir negatif atau hal – hal yang buruk.
  3. Selalu berada di antara orang – orang yang berfikiran positif.
  4. Bangunlah dinding di hati kita agar hati kita tidak mudah terpengaruh oleh orang – orang sekitar yang membawa hal negatif.
  5. Tariklah nafas dalam – dalam dan berdiam diri. Karena latihan pernafasan akan mudah membebaskan pikiran kita dari hal – hal yang negatif. Selain itu tarik nafas juga dapat membawa oksigen ke otak yang dapat membantu anda untuk tenang kembali.
  6. Menenangkan diri dengan keheningan dengan selalu mengingat Allah SWT dan berdoa kepada-Nya.
  7. Selalu menanamkan rasa syukur kepada Allah SWT. Karena Dia telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita.

Amalan Agar Hati Tenang

Adapun beberapa amalan agar hati kita menjadi tenang, yaitu :

  1. Kita harus menghadapi masalah dengan sabar
  2. Membaca dan mendengarkan ayat – ayat suci Al – Qur’an.
  3. Melaksanakan sholat tahajud.
  4. Memperbanyak zikir dan istighfar kepada Allah SWT.
  5. Senantiasa mengingat Allah SWT.

Hadist Doa Penenang Hati

Adapun hadist yang menjelaskan mengenai doa penenang hati ini, yaitu :

Allah SWT berfirman dalam QS Al – Baqarah ayat 152 :

فَٱذْكُرُونِىٓ أَذْكُرْكُمْ وَٱشْكُرُوا۟ لِى وَلَا تَكْفُرُونِ

Fadzkuruunii adzkurkum wasykuruu lii walaa takfuruun.

Artinya :

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya aku ingat (pula) kepadamu. Dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari nikmat – nikamt-Ku.” (QS Al – Baqarah : 152)

“Aku perhatikan bahwa kesedihan dan kegundahan hati ini disebabkan oleh berpaling dari Allah SWT dan menghadapkan diri kepada dunia.” (Ibnul Jauziy Rahimahullah)

“Mintalah perlindungan hanya kepada Allah SWT, agar kita dapat melalui penderitaan dan melalui berbagai takdir yang buruk. Serta dari keberhasilan musuh yang dapat membuat rugi bagi hamba-Nya.” (HR Bukhari)

“Ya Allah, hanya kepada-Mu lah kami meminta dan meyakini-Mu. Engkau lah Dzat Yang Maha Hidup dan Engkau lah Yang Maha Berdiri Sendiri tanpa bantuan siapapun dan apapun. Maka dari itu kita benar – benar memohon pertolongan hanya kepada Engkau.” (HR Tirmidzi)

Keutamaan Membaca Doa Penenang Hati

  1. Dapat menghapuskan dosa – dosa kita.
  2. Berdoa adalah hal yang disukai oleh Allah SWT.
  3. Sebagai harta simpanan yang dapat menyelamatkan kita ke surga.

Demikian yang dapat kami sampaikan tentang obat penyembuh untuk hati yang gundah, gulana, gelisah, khawatir, cemas, dan lain sebagainya atau doa penenang hati.

Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT di manapun kita berada dan apapun yang kita lakukan selama masih di jalan Allah SWT. Aamiin.

Dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih 🙂

Referensi:

thegorbalsla.com/doa-penenang-hati/

Doa Ruqyah

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *