Doa Nabi Yusuf

5 min read

doa nabi yusuf

Doa Nabi Yusuf adalah doa yang diamalkan oleh Nabi Yusuf. Nabi Yusuf adalah salah satu dari 25 nabi yang wajib dikenal dan memiliki keistimewaan yang luar biasa.

Nabi Yusuf merupakan anak dari Nabi Ya’qub yang ke-7 dari 12 bersaudara. Keistimewaan Nabi Yusuf adalah ia diberi karunia berupa wajah yang amatlah tampan dan badannya yang tegap dan gagah.

Tak heran banyak perempuan yang suka bahkan sampai mengejar – kejar Nabi Yusuf. Baik itu yang masih muda, yang sudah tua, bahkan yang sudah memiliki suami mereka terpikat dengan ketampanan Nabi Yusuf.

Selain wajahnya yang tampan dan badannya tegap beliau juga memiliki hati yang sangatlah baik. Nabi Yusuf memang seorang nabi yang harus dicontoh.

Doa Nabi Yusuf

Beberapa doa yang diajarkan dan diamalkan oleh Nabi Yusuf adalah :

Doa Nabi Yusuf Untuk Ketampanan Fisik dan Akhlak

Sebagai nabi yang memiliki mukjizat ketampanan yang luar biasa itu tidak lepas dari sebuah doa. Doa yang diamalkan Nabi Yusuf ini memiliki kunci tersendiri agar beliau selalu terlihat bercahaya dan menampilkan aura wajah dengan maksimal. Dan berikut adalah doanya :

doa nabi yusuf kepada zulaikha

اَلَّلهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allaahumma kamaa hassanta kholqii fa hassin khuluqii.

Artinya :

“Ya Allah sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku.”

الَّلهُمَّ جَئَلْنِى نُوْرُ يُوْسُفَ عَلَى وَجْهِي فَمَنْ رَ اَنِى يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنْي

Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan.

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah cahaya Nabi Yusuf pada wajahku, dan bagi siapa yang melihat akan menjadi kagum serta cinta kasih kepadaku.”

Dengan kedua doa tersebut diharapkan semoga wajah kita juga dapat mengeluarkan aura yang maksimal, sehingga terlihat lebih bersinar. Dan kita dapat menarik hati lawan jenis agar tertarik kepada kita.

Bacalah doa ini ketika anda sedang bercermin dan kita haruslah bersyukur kepada Allah SWT karena Dia telah memberikan wajah yang sempurna untuk kita.

Doa Nabi Yusuf Untuk Awet Muda

Selain untuk ketampanan fisik dan akhlak yang baik bagi seseorang, Nabi Yusuf juga memiliki doa yang ia panjatkan dan diamalkan untuk menjadi awet muda. Yang termasuk ke dalam bagian dari ayat suci Al – Qur’an, yaitu :

1. QS Yusuf ayat 4 dan 31

اِذْ قَالَ يُوْسُفُ لِاَبِيْهِ يٰٓاَبَتِ اِنِّيْ رَاَيْتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَاَيْتُهُمْ لِيْ سٰجِدِيْنَ

Iz qaala ysufu li’abiihi yaa abati innii ra’aitu ahada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra’aituhum lii saajidiin.

Artinya :

“Ingatlah ! Ketika Yusuf berkata kepada ayahnya : “Wahai ayahku! Sungguh, aku telah bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Kulihat semuanya sujud kepadaku.” (QS Yusuf : 4)

فَلَمَّا سَمِعَتْ بِمَكْرِهِنَّ اَرْسَلَتْ اِلَيْهِنَّ وَاَعْتَدَتْ لَهُنَّ مُتَّكَاً وَّاٰتَتْ كُلَّ وَاحِدَةٍ مِّنْهُنَّ سِكِّيْنًا وَّقَالَتِ اخْرُجْ عَلَيْهِنَّ ۚ فَلَمَّا رَاَيْنَهٗٓ اَكْبَرْنَهٗ وَقَطَّعْنَ اَيْدِيَهُنَّۖ وَقُلْنَ حَاشَ لِلّٰهِ مَا هٰذَا بَشَرًاۗ اِنْ هٰذَآ اِلَّا مَلَكٌ كَرِيْمٌ

Fa lammaa sami’at bimakrihinna arsalat ilaihinna wa a’tadat lahunna muttaka’aw wa aatat kulla waahidatim min-hunna sikkiinaw wa qaalatikhruj ‘alaihinn, fa lammaa ra’ainahuu akbarnahu wa qatta’na aidiyahunna wa qulna haasya lillaahi maa haazaa basyaraa, in haazaa illaa malakung kariim.

Artinya :

“Maka ketika perempuan itu mendengar cercaan mereka, diundangnyalah perempuan – perempuan itu dan disediakannya tempat duduk bagi mereka, dan kepada masing – masing mereka diberikan sebuah pisau untuk memotong jamuan, kemudian dia berkata kepada Yusuf : “Keluarlah dan tampakkanlah dirimu kepada mereka.” Ketika perempuan – perempuan itu melihatnya, mereka terpesona kepada keelokan rupanya dan mereka tanpa sadar melukai tangannya sendiri. Seraya berkata : “Maha Sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Ini benar – benar malaikat yang mulia.”” (QS Yusuf : 31)

2. QS Thaahaa ayat 39

اَنِ اقْذِفِيْهِ فِى التَّابُوْتِ فَاقْذِفِيْهِ فِى الْيَمِّ فَلْيُلْقِهِ الْيَمُّ بِالسَّاحِلِ يَأْخُذْهُ عَدُوٌّ لِّيْ وَعَدُوٌّ لَّهٗ ۗوَاَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِّنِّيْ ەۚ وَلِتُصْنَعَ عَلٰى عَيْنِيْ ۘ

Aniqzi fiihi fit-taabuti faqzi fiihi fil-yammi falyulqihil-yammu bis-saahili ya’khuz-hu ‘aduwwul lii wa ‘aduwwul lah, wa alqaitu ‘alaika mahabbatam minnii, wa litusna’a ‘alaa ‘ainii.

Artinya :

“Yaitu, letakkanlah dia (Musa) di dalam peti, kemudian hanyutkanlah dia ke sungai Nil. Maka biarlah arus sungai itu membawanya ke tepi, dia akan diambil oleh Fir‘aun musuh-Ku dan musuhnya. Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku dan agar engkau diasuh di bawah pengawasan-Ku.” (QS Thaahaa : 39)

Cara mengamalkan surat Thaahaa ini adalah dengan :

  • Membacanya sebanyak 3x.
  • Tiupkan pada kedua telapak tangan.
  • Kemudian usapkan pada wajah.

Amalan ini bagus diamalkan bagi mereka yang berat dalam jodoh dan untuk menimbulkan rasa kasih sayang serta hormat terhadap masyarakat.

3. QS Waqi’ah ayat 35 – 38

اِنَّآ اَنْشَأْنٰهُنَّ اِنْشَاۤءًۙ

Innaa ansya’naahunna insyaa’aa.

Artinya :

“Kami menciptakan mereka bidadari – bidadari itu secara langsung,” (QS Waqi’ah : 35)

فَجَعَلْنٰهُنَّ اَبْكَارًاۙ

Fa ja’alnaahunna abkaaraalalu.

Artinya :

“Kami jadikan mereka perawan – perawan,” (QS Waqi’ah : 36)

 

عُرُبًا اَتْرَابًاۙ

‘Uruban atraabaa.

Artinya :

“yang penuh cinta dan sebaya umurnya,” (QS Waqi’ah : 37)

لِّاَصْحٰبِ الْيَمِيْنِۗ

Li’ashaabil-yamiin.

Artinya :

“untuk golongan kanan,” (QS Waqi’ah : 38)

Cara mengamalkan Surat Waqi’ah ayat 35 – 38 adalah dengan :

  • Meniatkan dalam hati untuk mengamalkannya.
  • Mengambil air putih dan membaca surat Al – Fatihah 1x.
  • Selanjutnya baca pula ayat kursi sebanyak 1x.
  • Kemudin membaca surat Waqi’ah ayat 35 – 38 sebanyak 7x.
  • Lalu tiupkan pada air yang telah disiapkan sebelumnya.

Amalan ini dilakukan setiap usai sholat subuh dan sholat isya’.

Cara Mengamalkan Doa Nabi Yusuf

Saat Bercermin atau Memandangi Bayangan Sendiri dan Saat Merias Wajah

Doa Nabi Yusuf ini dianjurkan diamalkan ketika kita sedang bercermin atau sedang memandangi bayangan kita sendiri, baik pada kaca, air, ataupun yang lainnya. Atau dapat juga ketika anda sedang merias wajah.

Bacalah doa ini sebanyak 7x agar doa tersebut segera diijabah oleh Allah SWT dan wajah kita tampak lebih bersinar dan bercahaya serta berseri – seri. Riasan di wajah kita juga akan terlihat sempurna.

Dengan demikian maka kita akan senantiasa bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita berupa paras yang cantik atau tampan dan rupawan. Karena dengan bercermin kita akan melihat bayangan kita yang tampak begitu sempurna mengagumkan.

Dimana pemberian dari Allah SWT tersebut tidak ternilai harganya. Dengan kita bersyukur selalu kepada Sang Pencipta maka Dia akan selalu menambah kenikmatan berkali – kali lipat untuk kita semua.

Sebelum Memakai Minyak Wangi

Saat sebelum kita memakai minyak wangi yang pastinya non alkohol kita juga dianjurkan untuk mengucapkan doa Nabi Yusuf ini sebanyak 7x.

Sesudah Sholat Fardhu

Sesudah kita sholat fardhu atau sholat wajib 5 waktu kita juga dianjurkan untuk membaca doa Nabi Yusuf ini sebanyak 7x. Dengan cara menahan nafas saat membaca kemudian meniupkannya ke telapak tangan lalu diusapkan ke wajah kita.

Dengan melakukan seperti itu secara rutin, insya Allah wajah kita akan senantiasa memancarkan aura yang maksimal dan dapet memikat lawan jenis.

Menjaga Wudhu

Selain kita membaca doa Nabi Yusuf kita juga harus menjaga wudhu kita agar wajah terlihat bersih karena dibasuh dengan air suci setiap saat.

Untuk lebih jelasnya anda dapat membaca Doa Bercermin

Adab Bercermin

  1. Senantiasa bersyukur atas wajah yang telah Allah SWT berikan kepada kita. Karena mau tampan atau kurang tampan, mau cantik atau kurang cantik, itu adalah sebaik – baiknya dari ciptaan Allah SWT yang patut kita syukuri.
  2. Dengan wajah yang tampan atau cantik kita tetap tidak boleh sombong. Karena semua manusia itu sama dihadapan Allah SWT dan yang membedakan adalah amalan kita dan bukan wajah kita.
  3. Penampilan fisik bukanlah segalanya meskipun memang banyak manusia yang melihat fisik terlebih dahulu.
  4. Jika fisik kita kurang menarik maka kita tarik lawan jenis dengan akhlak yang baik dan terpuji.
  5. Untuk perempuan yang sedang berkabung sebaiknya ia tidak memakai riasan dan perhiasan sama sekali.
  6. Untuk perempuan jangan sekali – kali memakai riasan dan memakai perhiasan secara mencolok. Karena hal ini dapat menimbulkan rasa riya’ dan sombong dalam diri kita. Karena Allah SWT tidak menyukai apa – apa yang berlebihan.
  7. Untuk laki – laki ia dianjurkan untuk merapikan diri, mencukur kumis dan jenggot, serta memotong kuku tangan dan kuku kaki.
  8. Untuk laki – laki jangan sekali – kali memakai perhiasan yang terbuat dari emas dan memakai pakaian yang terbuat dari kain sutera.
  9. Baik untuk laki – laki maupun perempuan jangan memakai parfum atau wewangian dan riasan yang mengandung alkohol. Hal ini dapat menyebabkan pahala di dalam sholat menjadi berkurang karena di dalam diri kita ada alkohol yang menempel.
  10. Baik untuk laki – laki maupun perempuan jangan berlama – lama ketika bercermin karena dapat menimbulkan rasa sombong di dalam diri kita. Karena secara tidak sengaja kita pasti akan membanggakan diri sendiri atau bahkan menghina diri sendiri karena tidak sempurna fisiknya.
  11. Baik untuk laki – laki maupun perempuan janganlah anda merubah bentuk dan rupa fisik anda menjadi sesuatu yang lain seperti meluruskan atau mengkriting rambut, melakukan operasi plastik, dan lain sebagainya. Karena itu sama saja merubah ciptaan Allah SWT.
  12. Baik untuk laki – laki maupun perempuan janganlah anda membuat tatoo di badan anda. Selain membuat tatoo itu dapat menyiksa diri kita namun membuat tatoo juga dapat menyebabkan kita tidak bisa melakukan donor darah dan memberikan darah kita kepada orang yang membutuhkan.

Manfaat Membaca Doa Nabi Yusuf

Terdapat beberapa manfaat jika kita selalu mengamalkan doa dari Nabi Yusuf ini setiap hari ketika kita sedang bercermin, yaitu :

  1. Meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena telah memberikan wajah untuk kita secara sempurna.
  2. Memancarkan aura wajah agar terlihat lebih bersinar. Dengan begitu maka wajah akan terlihat lebih bersinar atau bercahaya dan berseri – seri.
  3. Menambah pesona dan percaya diri.
  4. Menambah kecantikan bagi kaum hawa dan menambah ketampanan bagi kaum adam.
  5. Membuat wajah sedap dipandang, terutama dipandang oleh lawan jenis.
  6. Membuat lawan jenis tertarik kepada kita yang mengamalkan doa ini secara rutin.
  7. Agar mendapat jodoh idaman yang selama ini di idam – idamkan.
  8. Menjadi seseorang yang lebih bersimpati.
  9. Dapat digunakan sebagai pemanis wajah

Referensi:

Kumpulan Doa Nabi Yusuf Beserta Arab, Latin, Arti (Lengkap)

Doa Ruqyah

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *