Doa Ibu Hamil

4 min read

doa ibu hamil

Hamil adalah suatu hal yang sangat di idam – idamkan oleh pasangan suami istri. Jika istri anda sudah hamil dianjurkan untuk membaca doa ibu hamil berikut ini.

Diharapkan dengan membaca doa ibu hamil ini maka istri anda dapat melahirkan dengan selamat dan lancar tanpa ada suatu hambatan apapun serta anak yang dilahirkan dapat menjadi anak yang sholeh dan sholehah.

Karena memiliki anak adalah anugerah yang luar biasa yang Allah SWT berikan untuk para orang tua, terutama ibu. Namun memiliki anak bukanlah perkara yang mudah.

Mulai dari mengandung selama 9 bulan 10 hari, melahirkan yang harus mempertaruhkan nyawa, begadang untuk anak, mendidik dan membesarkannya dengan tanggung jawab, dan lain sebagainya.

Agar anak menjadi anak yang sholeh dan sholehah maka sejak di dalam kandungan para orang tua harus selalu mengajarkan hal – hal yang baik dan tak lupa untuk mendoakannya.

Doa Ibu Hamil

Sebenarnya tidak ada bacaan khusus yang dianjurkan untuk ibu hamil. Namun anda dapat membaca doa ibu hamil berikut ini :

اَللَّهُمَّ أَسْأَلُكَ حُسْنَ الخُلُقِ وَهَوْنَ الطَّلْقِ، يَا خَالِقَ النَّفْسِ مِن النَّفْسِ، يَا مُخَلِّصَ النَّفْسِ مِنَ النَّفْسِ، يَا مُخْرِجَ النَّفْسِ مِنَ النَّفْسِ، خَلِّصْنِيْ.

Allahumma asaluka husnal khuluqi wa hunat thalqi, ya khalqan nafs minan nafs. Ya mukhallisan nafsi minan nafsi, ya mukhrijan nafsi minan nafsi khallisni.

Artinya :

“Ya Allah, aku meminta kepada-Mu agar diberikan perangai yang baik dan kemudahan dalam melahirkan. Ya Allah Yang Maha Menciptakan janin, Yang Mempermudah keluarnya janin, Yang Mengeluarkan janin dari rahim ibunya. Permudahlah proses persalinanku.”

 “اَللَّهُمَّ يَا مُسَهِّلَ الشَّدِيْدِ، وَيَا مُلَيِّنَ الْحَدِيْدِ، وَيَا مُنْجِزَ الْوَعِيْدِ، يَا مَنْ هُوَ كُلَّ يَوْمٍ فِيْ أَمْرٍ جَدِيْدٍ، أَخْرِجْنِيْ مِنْ حَلْقِ الضَّيْقِ إِلَى أَوْسَعِ الطَّرِيْقِ، بِكَ اَدْفَعُ مَا لاَ أُطِيْقُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلَّاَ بِالله”.

Allahumma yaa musahhilas syadid, wa ya mulayyinal hadid. Wa ya munjizal wa’id, wa ya man huwa kulla yaumin fi amrin jadid.

Akhrijni min halqid dhaiq ila ausa’it thariq, bika adfa’u ma la uthiq. Wa la haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil adzim.

Artinya :

“Ya Allah, Wahai Dzat yang memudahkan yang sulit, wahai dzat yang melunakkan besi, wahai dzat penyelamat ancaman, wahai dzat yang setiap hari dalam urusan yang baru.

Keluarkan kami dari rongga kesempitan pada luasnya jalan, kepada-Mu aku menyerahkan apa yang aku tak mampu, dan tidak ada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Engkau ya Allah.”

 “اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلًا، وَأَنْتَ إِنْ شِئْتَ جَعَلْتَ الْحَزَنَ سَهْلًا”.

Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahlan, wa anta in syi’ta ja’altahul hazan sahlan.

Artinya :

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali Engkaulah yang menjadikannya mudah, dan jika Engkau berhendak. Engkau akan menjadikan kesusahan menjadi kemudahan.

– “يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ”.

Ya hayyu ya qayyumu birahmatika astaghits.

Artinya :

“Ya Allah, Wahai Dzat Yang Hidup, Wahai Dzat yang Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan.”

Kalian juga boleh berdoa sesuka hati kalian atau tergantung apa yang kalian minta dengan meggunakan bahasa Indonesia dan dengan kata – kata sendiri.

Jika kalian berdoa dengan sungguh – sungguh dan berharap hanya kepada Allah SWT, niscaya doa kalian akan segera dikabulkan oleh Allah SWT.

Apalagi jika kalian berdoa di saat dalam kondisi kepayahan seperti susah bergerak, sering merasa sakit atau nyeri, perasaan berubah – ubah atau tidak stabil, atau yang lainnya maka doa ibu hamil akan lebih mustajab.

Jadi manfaatkanlah masa – masa seperti itu untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar doa – doa dan keinginan – keinginan kalian segera dikabulkan.

Atau dapat juga berdoa dengan doa ibu hamil di bawah ini :

وَاللهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ تَارَةً أُخْرَى

Wallaahu ahrajakum mim buthuni ummahaatikum taaratan ukhra.

Artinya :

“Dan Allah mengeluarkan kalian dari perut para ibu – ibu kalian pada kesempatan yang lain yang disebut dengan persalinan.”

Doa Ayah

Terdapat juga doa bagi suami yang istrinya sedang hamil, yaitu :

  1. Membaca surat Al – Fatihah sebanyak 7x setiap ba’da sholat subuh dan ditiupkan pada perut ibu hamil.
  2. Membaca surat Al -Hasyr sebanyak 7x setiap ba’da sholat maghrib dan ditiupkan pada perut ibu hamil.
  3. Memperbanyak membaca doa di bawah ini :

اللهم احْفَظْ وَلَدِي مَادَامَ فِى بَطْنِ زَوْجَتِي وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَآؤُكَ شِفَآءً لآيُغَادِرُ سَقَمًا

اللهم صَوِّرْهُ فِي بَطْنِ زَوْحَتِي صُوْرَةً حَسَنَةً وَثَبِّتْ قَلْبَهُ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ

اللهم أَخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِ زَوْجَتِي وَقْتَ وِلَادَتِهَا سَهْلًا وَتَسْلِيْمًا اللهم اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلًا وَعَاقِلًا حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلًا

اللهم طَوِّلْ عُمُرَهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْحَدِيْثِ وَالْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ بِبَرَكَةِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Allahummahfadz waladi maadaama fii bathni wasyfihi antas syafi laa syifaa’a illa syifaauka syifaan laa yughodiru saqoman.

Allahumma showwir fii bathni shurotan hasanatan wa tsabbit qolbahu iimanan bika wa birosuulika.

Allahumma akhrijhu min bathni waqta wilaadati sahlan wa tasliiman. Allahumaj’alhu shohiihan kaamilan ‘aaqilan hadziqon ‘aaliman ‘aamilan.

Allahumma thowwil ‘umrahu wa shohhih jasadahu wa hassin khuluqohu wa afshih lisaanahu wa ahsin shurotahu liqirooatil haditsi walqur’aani bibarokati Muhammadin Shollallahu ‘alaihi wasallama walhamdu lillahi robbil ‘aalamin.”

Artinya :

“Ya Allah, jagalah anakku selama ia berada dalam perut istriku, sehatkan ia, sesungguhnya Engkau Yang Maha Menyehatkan, tak ada kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.

Ya Allah, bentuk ia yang ada di perut istriku dalam rupa yang baik, tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu pada Rasul-Mu.

Ya Allah, keluarkan dia dari perut istriku pada saat kelahirannya secara mudah dan selamat. Ya Allah, jadikan ia utuh, sempurna, berakal, cerdas, banyak beramal.

Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan rupanya, dan fasihkan lisannya untuk membaca hadits dan Al – Qur’an Yang Agung, dengan berkah Nabi Muhammad SAW. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta Alam.”

Waktu Terkabulnya Doa

Sebenarnya setiap waktu kita dianjurkan untuk berdoa, namun ada waktu – waktu tertentu terkabulnya sebuah doa, yaitu :

  1. Ketika adzan sedang dikumandangkan.
  2. Ketika sedang bersujud di dalam sholat, baik sholat wajib 5 waktu atau sholat sunah.
  3. Ketika sedang turun hujan.
  4. Ketika sedang berada dalam perang atau sedang mengikuti peperangan.
  5. Ketika hendak meminum air zam – zam.
  6. Waktu di antara adzan dan iqomah atau sesudah adzan dan sebelum iqamah.
  7. Waktu sebelum mengucap salam pada sholat wajib
  8. Berdoa di hari rabu, diantara waktu dhuhur dan ashar.
  9. Berdoa di hari jumat.
  10. Berdoa di bulan suci ramadhan yaitu di sepertiga malam terakhir, ketika sahur, sepanjang waktu puasa, menjelang berbuka puasa, pada malam lailatul qadar.
Baca juga : Doa Cepat Hamil

Hadist Doa Ibu Hamil

Terdapat juga beberapa hadist yang menjelaskan tentang ibu hamil, baik untuk kesehatan janinnya maupun untuk saat proses persalinannya, yaitu :

Allah SWT berfirman dalam QS Al – Baqarah ayat 185 :

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ

Yuriidullaahu bikumul yusra wa laa yuriidu bikumul ‘usra.

Artinya :

“Allah menghendaki kemudahan bagi kalian dan Allah tidak menghendaki kesulitan untuk kalian.” (QS Al – Baqarah : 185)

Allah SWT berfirman dalam QS Al – Ahqaf ayat 15 :

وَوَصَّيْنَا الْاِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ اِحْسَانًا ۗحَمَلَتْهُ اُمُّهٗ كُرْهًا وَّوَضَعَتْهُ كُرْهًا ۗوَحَمْلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰثُوْنَ شَهْرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرْبَعِيْنَ سَنَةًۙ قَالَ رَبِّ اَوْزِعْنِيْٓ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْٓ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَالِدَيَّ وَاَنْ اَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضٰىهُ وَاَصْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

Wa wassainal insaana biwaalidaihi ihsaanaa, hamalat hu ummuhu kurhaw wa wada’at hu kurhaa. Wa ḥamluhu wa fisaaluhu salaasuna syahraa, hattaa izaa balaga asyuddahu wa balaga arba’iina sanatang qaala rabbi auzi’nii an asykura ni’matakallatii an’amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala saaliḥan tardaahu wa asliḥ lii fii zurriyyatii, innii tubtu ilaika wa innii minal muslimiin.

Artinya :

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah dan melahirkannya dengan susah payah pula.

Masa mengandung sampai menyapihnya selama 30 bulan, sehingga apabila anak tersebut telah dewasa dan umurnya mencapai 40 tahun ia berdoa :

‘Ya Allah, berikanlah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai, dan berikanlah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh aku termasuk ke dalam orang Muslim.'” (QS Al – Ahqaf : 15)

Allah SWT berfirman dalam QS Fathir ayat 11 :

وَاللّٰهُ خَلَقَكُمْ مِّنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُّطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ اَزْوَاجًاۗ وَمَا تَحْمِلُ مِنْ اُنْثٰى وَلَا تَضَعُ اِلَّا بِعِلْمِهٖۗ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُّعَمَّرٍ وَّلَا يُنْقَصُ مِنْ عُمُرِهٖٓ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍۗ اِنَّ ذٰلِكَ عَلَى اللّٰهِ يَسِيْرٌ

 

Wallaahu khalaqakum min tuaabin summa min nutfatin summa ja’alakum azwaajaa, wa maa tahmiilu min unsaa wa laa tada’u illaa bi’iilmih. Wa maa yu’ammaru mim mu’ammariw wa laa yungqasu min ‘umurihii illaa fī kitaab, inna zaalika ‘alallaahi yasiir.

Artinya :

“Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan yaitu laki – laki dan perempuan. Tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya.

Dan tidak dipanjangkan umur seseorang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan yang sudah ditetapkan dalam Kitab atau Lauh Mahfuzh. Sungguh, yang demikian itu mudah bagi Allah.” (QS Fathir : 11)

Referensi:

Doa untuk Perempuan Hamil Tua

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Saat Haid

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Hari Jumat

Intan Qothrunnada
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *