Doa Haji

4 min read

Doa Haji

Doa haji adalah doa yang diamalkan ketika kita sedang melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukum Islam ke-5. Tujuan doa pada saat sedang haji adalah untuk meminta kepada Allah SWT mengenai apa yang kita minta.

Karena doa adalah suatu permohonan kepada Allah SWT yang bersifat baik. Ditambah lagi kita masih berada di tempat yang baik pula, maka insya Allah, Allah SWT akan mengabulkan apa saja yang kita minta dengan berdoa.

Baik itu meminta menjadi haji yang mabrur, kesehatan, keselamatan, rejeki yang halal dan berkah, jodoh, serta masih banyak lagi permintaan – permintaan kita kepada Allah SWT yang harus tersampaikan melalui berdoa.

Pengertian Haji dan Doa Haji

Haji sendiri adalah ziarah umat Islam tahunan ke kota Mekkah (kota suci umat Islam) dan kewajiban wajib bagi setiap umat Islam yang mampu melaksanakannya setidaknya sekali seumur hidup.

Haji juga disebut sebagai serangkaian ibadah kepada Allah SWT untuk menyempurnakan Islam seseorang (bagi yang mampu) dan membutuhkan doa di setiap rangkaian ibadah yang kita lakukan (doa haji).

Berikut adalah beberapa kegiatan dan pengertiannya yang harus dilakukan saat haji beserta doa haji :

Niat Haji

Niat adalah suatu hal yang harus ada di semua kegiatan yang akan kita lakukan. Berikut adalah niat dan doa haji :

لَبَّيْكَ اللهُمَّ حَجًّا

Labbaykallaahumma hajjan.

Kita harus paham apa tujuan kita pergi ziarah ke Mekkah, apa saja yang harus kita lakukan dan apa yang tidak boleh kita lakukan, dan kita harus menaati semua peraturan yang sudah ditentukan.

Saat kita berada di Mekkah kita diharuskan untuk berdoa dengan sungguh – sungguh kepada Allah SWT. Larangannya adalah kita tidak boleh memotong kuku, mencukur bagian tubuh manapun, dan melakukan hubungan seksual.

Selain itu kita juga tidak boleh menggunakan wangi – wangian, merusak tanaman, membunuh hewan, menutup kepala (untuk laki-laki) atau wajah dan telapak tangan (untuk wanita), melakukan pernikahan atau mengangkat senjata.

Doa Ihram

Ihram adalah suatu keadaan dimana orang yang melakukan haji dalam keadaan suci yang hanya memakai dua lembar kain putih.

Untuk perempuan yaitu mengenakan pakaian biasa dengan memenuhi pakaian Muslimah Islami dengan tangan dan wajah tidak di tutup.

Sedangkan untuk laki – laki kedua kain tersebut tanpa jahitan dengan satu kain menutup sekitar pinggang mencapai bagian bawah lutut dan kain lain di pakai di bahu kiri mengikat di sisi kanan.

Berikut adalah doa saat memakai kain ihram :

اَللهُمَّ إِنِّىْ اُحَرِّمُ نَفْسِىْ مِنْ كُلِّ مَا حَرَّمْتَ عَلَى الْمُحْرِمِ فَارْحَمْنِىْ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma innii uharrimu nafsii min kulli maa harramta ‘alal muhrimi farhamnii yaa arhamarraahimiin.

Doa Talbiah

Doa talbiah ini hendaklah dibaca sebanyak – banyaknya selama dalam perjalanan menuju kota Mekkah. Berikut adalah doa haji :

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ لَبَّيْكَ، إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ لاَشَرِيْكَ لَكَ

Labbaykallaahumma labbayka. Labbayka laa syariika laka labbayka. Innal hamda wan ni’mata laka wal mulka laa syariika laka.

Doa Masuk Kota Mekkah

Ketika anda akan memasuki Kota Mekkah juga anda dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut ini :

اَللّٰهُمَّ هٰذَا حَرَمُكَ وَأَمْنُكَ فَحَرِّمْ لَحْمِيْ وَدَمِيْ وَشَعْرِيْ وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ وَاٰمِنِّيْ مِنْ عَذَابِكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ وَاجْعَلْنِيْ مِنْ أَوْلِيَآئِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ

Allaahumma haadza haramuka wa amnuka faharrimlahmii wadamii wasya’rii wabasyarii ‘alannar, wa aminnii min ‘adzabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaa ika wa ahli thaa’atik.

Artinya :

“Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang – orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

Doa Masuk Masjidil Haram

Jika anda akan memasuki Masjidil Haram anda juga dianjurkan berdoa sebagai berikut ini :

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ.

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Allaahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam.

Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillaahi walhamdulillaahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaah.

Artinya :

“Ya Allah, Engkau sumber keselamatan, dari-Mu lah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan.

Ya Allah, bukakanlah untukku pintu – pintu rahmat-Mu aku masuk masjid ini dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah SWT serta shalawat dan salam untuk Rasulullah SAW.”

Doa Melihat Ka’bah

اَللّٰهُمَّ زِدْ هٰذَا الْبَيْتَ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَمَهَابَةً وَزِدْ مَنْ شَرَّفَّهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيْفًا وَتَعْظِيْمًا وَتَكْرِيْمًا وَبِرًّا

Allaahumma zid haadzal baita tasyriifan wata’dziiman watakriiman wamahaabatan wazid man syarroffahu wa karramahu mimman hajjahu awi’tamarahu tasyriifan wata’dzhiiman watakriiman wabirran.

Artinya :

“Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keangungan, kehormatan  dan wibawa pada Bait Ka’bah ini. Dan tambahklan pula pada orang – orang yang memuliakan, mengagungkan, dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagunggan, kehormatan, dan kebaikan.”

Doa Melintasi Maqam Ibrahim

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوُقًا.

Rabbi adkhilnii mudkhola sidqin wa akhrijnii mukhraja sidqin waj’allii milladunka sulthaanan nasiiraa. Waqul jaa alhaqqu wazahaqal baathilu innal baathila kaana zahuuqaa.

“Ya Allah, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah pula dengan keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari siksa-Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah wahai Muhammad yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatau yang pasti lenyap.”

Doa Tawaf

Tawaf adalah kegiatan mengeliling Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Dan pada saat sedang tawaf harus membaca doa tawaf disetiap puratannya.

Anda dapat mengetahui dan membaca Doa Tawaf secara lengkap.

Doa Selepas Sholat Sunah di Hijir Ismail

Salat sunah ini dikerjakan setelah sholat sunah tawaf sebanyak dua rakaat pula. Surat pendek yang dianjurkan untuk di baca adalah surat Al – Kafirun pada rakaat pertama dan surat Al – Ikhlas pada rakaat kedua. Setelah salam, kemudian membaca doa berikut ini :

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لآَ إِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ أَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Allaahumma anta rabbi laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wawa’dika mas tatha’tu a’uudzubika min syarri maa shana’tu abuu ulaka bi ni’matika ‘alayya wa abuu ubidzanbii fagfirlii fa innahuu laa yaghfirudz dznuuba illaa anta.

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ بِهِ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عِبَادُكَ الصَّالِحُوْنَ

Allaahumma inni as aluka min khairi maa sa alaka bihi ‘ibaadukash shaalihuuna wa a’uudzubika min syarri masta’aadzaka minhu ‘ibaadukash shaalihuun.

Doa Sebelum Minum Air Zam – zam

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

Allaahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan waasi’an wa syifaa an min kulli daa in wa saqamin birahmatika yaa arhamarraahimiin.

Artinya :

“Ya Allah, aku mohon pada-Mu ilmu pengetahun yang bermanfaat, rizqi yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit, dan kepedihan dengan rahmat-Mu wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segenap pengasih.”

Doa Haji Mabrur

Jika anda ingin menjadi haji yang mabrur maka anda harus mengamalkan doa haji mabrur di bawah ini :

Dari Ibn Mas’ud dan Ibn ‘Umar :

اللهم اجعله حجًّا مبرورًأ، سعيًا مشكورًا، وذَنْبًا مغفورًا،

Allahummaj’alahu hajjan mabruura, wa sa’yan masykuura, wa dzanban maghfuura.

Artinya :

“Ya Allah jadikan haji ini sebagai haji yang mabrur, sa’i yang penuh berkah, dan pengampun bagi dosa.”

Doa Ingin Haji

Jika anda belum dapat memenuhi panggilan Allah SWT dan ingin sekali memenuhinya dengan pergi berziarah ke Kota Mekkah, maka anda dianjurkan untuk mengamalkan doa di bawah ini.

Semoga dengan mengamalkannya insya Allah dengan ijin-Nya kita akan dipanggil pergi ke Kota Mekkah. Berikut adalah doa yang diamalkan :

اَللّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ، وَزِيَارَةِ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ اَفْضَلُ الصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ فِي لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلاَمَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ، وَعَلَي آلِهِ وَصَحْبِهِ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ

Artinya :

“Ya Allah, wahai Tuhan kami. Limpahkan sholawat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Dengan berkah sholawat sampaikanlah kami berkunjung ke rumah-Mu yang mulia untuk menunaikan haji dan menziarahi makam Nabi-Mu dalam kelembutan ketentuan Ilahi. Dalam afiat, selamat sejahtera, tercapai segala yang dicita – cita. Limpahi juga sholawat, salam, dan keberkahan atas sekalian keluarga dan sahabat-nya.”

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنَا زِيَارَةَ بَيْتِكَ اَلْمُعَظَّمْ وَرَسُوْلِكَ اَلْمُكَرَّمْ فِى هَذَا الْعَامْ وَفِى كُلِّ عَامْ بِاَحْسَنِ الْحَالْ

Artinya :

“Ya Allah, berilah karunia-Mu untuk mengunjungi rumah-Mu yang agung dan Rasul-Mu yang mulia, di tahun ini dan setiap tahun, dengan keadaan yang sebaik – baiknya.”

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ.

Artinya :

“Ya Allah, semoga Engkau menerima amalan ibadah kami, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS Al – Baqarah : 127)

رَبَّنَا وَاجْعَلْنَا مُسْلِمَيْنِ لَكَ وَمِن ذُرِّيَّتِنَا أُمَّةً مُّسْلِمَةً لَّكَ وَأَرِنَا مَنَاسِكَنَا وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ

Artinya :

“Ya Allah, semoga Engkau berkenan dapat menjadikan kami berdua suami – istri orang yang tunduk patuh kepada Engkau serta menjadikan di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau. Dan semoga Engkau selalu berkenan memberikan petunjuk kepada kami agar dapat menunaikan ibadat haji, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.” (QS Al – Baqarah : 128)

Itulah beberapa doa haji yang dapat kami sampaikan, lebih lengkapnya anda dapat melihat dari sumber dan referensi kami.

Semoga kita semua dapat pergi berziarah sampai ke Kota Mekkah memenuhi panggilan Allah SWT. Dan semoga artikel doa haji ini dapat bermanfaat untuk pembaca. Terima kasih 🙂

Referensi:

infohaji.co.id/doa-haji-dan-umroh/

Doa Ruqyah

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *