Doa Cepat Terkabul

5 min read

doa cepat terkabul

Setiap orang pasti memiliki hajat dan menginginkan agar hajat cepat terwujud dan doa cepat terkabul. Maka hendaknya kita sholat hajat 2 rakaat dan berdoa dengan sungguh – sungguh agar hajat dan doa kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Perlu di ingat bahwa kita berdoa tidak hanya saat kita membutuhkan, namun juga saat kita sedang lapang dan senang. Dan hendaknya kita banyak berdoa di saat lapang dan senang agar Allah SWT lebih cepat mengabulkan doa kita.

Ingatlah Allah SWT di saat senang dan lapang, Allah SWT akan mengingatmu di saat kamu susah dan membutuhkan-Nya. Karena orang yang berdoa itu tidak akan pernah rugi sampai kapanpun.

Ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi dengan doa seseorang, yaitu dikabulkan saat masih hidup, disimpan sebagai kabaikan untuk akhiratnya kelak, dan dijauhkannya dari keburukan.

Selain berdoa kita juga harus selalu berusaha dan ihtiar untuk mewujudkan keinginan kita tersebut. Doa dan usaha itu harus seimbang dilakukan.

Doa Cepat Terkabul

Kita juga harus intropeksi diri dalam berdoa, apakah ibadah kita sudah dilakukan dengan sungguh – sungguh atau belum? Apakah kita sudah menghindari perbuatan maksiat atau belum?

Jika belum maka lakukanlah dan jika sudah, balik lagi ke atas karena ada 3 kemungkinan yang dapat terjadi dengan doa yang kita panjatkan. Kita harus selalu berbaik sangka terhadap Allah SWT.

Dan berikut adalah doa yang dapat membantu kita agar doa – doa kita cepat dikabulkan oleh Allah SWT :

doa agar cepat terkabul permintaannya

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ ، وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ ، يَا مُحَمَّدُ إِنِّي تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّكَ فَيَقْضِيْ حَاجَتِي هَذِهِ

Allahumma inni as-aluka wa atawajjahu ilaika bi nabiyyika nabiyyir rohmah. Ya muhammad inni tawajjahtu bika ila robbika fa yaqdhi hajati.

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadapkan diriku kepada-Mu dengan Nabi Muhammad SAW, nabi pembawa rahmat. Wahai Nabi Muhammad SAW, sesungguhnya aku menghadapkan diriku melalui perantaraanmu kepda Tuhanmu agar Dia memenuhi hajatku ini . . . (sebutkan hajatnya).”

Selain doa cepat terkabul di atas kita juga dapat mengamalkan hal di bawah ini :

  1. Berdoa di waktu – waktu tertentu (waktu mustajab).
  2. Berdoa dengan menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan.
  3. Berdoa dengan suara yang pelan dan lebut.
  4. Membaca surat Al – Fatihah, karena surat ini merupakan ummul kitab atau induk dari kitab suci Al – Qur’an.
  5. Membaca surat Al – Ikhlas, karena surat ini memiliki inti mengesakan Allah SWT. Membaca Al – Ikhlas juga sama dengan membaca 1/3 dari Al – Qur’an, masuk surga, dan terampuninya segala dosa – dosa dengan ijin Allah SWT.
  6. Membaca doa hajat :
    Laa illaha illallahul haliimul kariimu subhanallahi robbil ‘arsyil “azim. Alhamdulillahi robbil ‘alamin. As ‘aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaimaa maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamta min kulli itsmin laa tada’ lii dzamban illa ghafartahu walaa hamman illa farojhtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar raahimin.Artinya :“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Lembut dan Maha Pemyantun. Maha Suci Allah pemelihara Arsy Yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian malam.Kepada-Mu lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap – tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”
  7. Membaca doa keselamatan untuk dunia dan akhirat :
    Rabbana atina fiddunnya hasanah wa fil akhirati hasanah wa qina adzabannar.Artinya :“Ya Allah, berikanlah kebijakan di dunia serta kebijakan di akhirat kelak, lidungilah kami dari azab api neraka yang teramat sangat pedih.”
  8. Membaca surat Al – Baqarah ayat 255 (Ayat Kursi), karena ayat ini mengandung kebaikan.
  9. Membaca 2 ayat terakhir dari surat Al – Baqarah, yaitu ayat 285 dan 286.
  10. Membaca surat Yasin, karena surat ini disebut juga sebagai jantung dari kitab suci Al – Qur’an.
  11. Membaca asmaul husna, karena di dalam asmaul husna terdapat 99 nama – nama Allah SWT.
  12. Memperbanyak membaca sholawat nabi.
  13. Memperbanyak berdzikir kepada Allah SWT, karena dengan berdzikir kita akan senantiasa mengingat Allah SWT dan kita akan terjaga dari perbuatan maksiat.
  14. Memperbanyak istighfar kepada Allah SWT agar Dia mau mengampuni dosa – dosa dan kesalahan – kesalahan kita.
  15. Memperbanyak ibadah sunah seperti sholat, puasa, dan lain sebagainya.
  16. Bertaubat dengan taubatan nasuha dan tidak akan mengulangi kesalahan dan dosanya kembali.
  17. Berdoa secara pelan dan berulang – ulang dengan khusyu’.
  18. Menghindari makan makanan yang haram.
  19. Mengakhiri doa dengan tahmid :
    Walhamdulillahirabbil ‘alamin.Artinya :“Dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”
Atau anda dapat juga sholat hajat dan membaca Doa Sholat Hajat agar doa anda cepat dikabulkan oleh Allah SWT.

Hadis

Ada beberapa hadis yang menjelaskan tentang doa cepat terkabul, baik dari firman Allah SWT, dari sabda Rasulullah, dan dari yang lainnya. Doa cepat terkabul yaitu :

Allah SWT berfirman di dalam QS Ash – Shaaffaat ayat 144 :

فَلَوْلَا أَنَّهُ كَانَ مِنَ الْمُسَبِّحِينَ – لَلَبِثَ فِي بَطْنِهِ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Maka kalau sekiranya dia sebelumnya tidak termasuk ke dalam orang – orang yang banyak mengingat Allah. Niscaya ia akan tetap tinggal di perut ikan itu sampai hari berbangkit (kiamat).” (QS Ash – Shaaffaat : 144).

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Mu’min ayat 60 :

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang – orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS Al – Mu’min : 60)

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – A’raf ayat 55 :

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan rendah hati dan suara yang lembut. Sungguh, Dia tidak menyukai orang – orang yang melampaui batas.” (QS Al – A’raf : 55)

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – A’raf ayat 180 :

“Allah mempunyai Asmaul Husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaul husna tersebut.” (QS Al – A’raf : 180)

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Anbiya ayat 90 :

“Dan mereka yang berdoa pada kami dengan harapan serta cemas, mereka ialah orang – orang yang khusyu’ pada kami.” (QS Al – Anbiya : 90)

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Ahzab ayat 56 :

“Sesungguhnya Allah dan malaikat – malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Hai orang – orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi Muhammad SAW dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS Al – Ahzab : 56)

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – Hujurat ayat 18 :

“Sesungguhnya Allah mengetahui apa yang gaib di langit dan di bumi. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS Al – Hujurat : 18)

Rasulullah SAW bersabda :

“Jika salah seorang di antara kamu berdoa, hendaknya memulai dengan memuji dan menyanjung Tuhannya. Dan bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW, kemudian berdoa apa yang dia kehendaki.” (HR Abu Daud)

Rasulullah SAW bersabda :

“Akan dikabulkan doa kalian selama tidak tergesa – gesa. Dia mengatakan : ‘Saya telah berdoa, namun belum saja dikabulkan’.” (HR Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).” (HR Abu Daud dan Turmudzi)

Rasulullah SAW bersabda :

“Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terzhalimi.” (HR. Tirmidzi)

“Doa di antara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi)

“Doa tidak tertolak pada dua waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.” (HR. Al Hakim)

Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يَسْتَجِيبَ اللَّهُ لَهُ عِنْدَ الشَّدَائِدِ وَالكَرْبِ فَلْيُكْثِرِ الدُّعَاءَ فِي الرَّخَاءِ

“Barang siapa yang suka Allah SWT mengabulkan doanya ketika susah dan menderita, maka hendaknya ia memperbanyak doa ketika lapang.” (HR Tirmidzi)

Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang memperbanyak istighfar, niscaya Allah SWT akan melapangkan kesusahannya, memberi jalan keluar pada setiap kesuakarannya, dan memberi rezeki tanpa diguga – duga.” (HR Abu Daud dan Nasa’i)

Rasulullah SAW bersabda :

ﺗَﻌَﺮَّﻑْ ﺇﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻓِﻲ ﺍﻟﺮَّﺧَﺎﺀِ ﻳَﻌْﺮِﻓُﻚ ﻓِﻲ ﺍﻟﺸِّﺪَّﺓِ

“Kenalilah (ingatlah) Allah SWT di waktu senang pasti Allah SWT akan mengingatmu di waktu sempit.” (HR. Tirmidzi)

Dari Abu Sa’id radhiallahu ‘anhu, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

عَنْ أَبِى سَعِيدٍ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « ما مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ. قَالَ «اللَّهُ أَكْثَرُ»

“Tidak ada seorangpun yang berdoa dengan sebuah doa yang tidak ada dosa di dalamnya dan memutuskan silaturrahim. Melainkan Allah  SWT akan mengabulkan salah satu dari tiga perkara :

  • Baik dengan disegerakan baginya (pengabulan doanya) di dunia .
  • Dengan disimpan baginya (pengabulan doanya) di akhirat.
  • Dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya.”

Para shahabat berkata : ‘Wahai Rasulullah, kalau begitu kami akan memperbanyak doa?’

Beliau menjawab : Allah lebih banyak (pengabulan doanya)’.” ( HR Ahmad)

Dari Abi Hurairah RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Barang siapa yang membaca surat yasin di permulaan siang dan mendahulukannya di depan hajatnya, maka hajat itu akan terpenuhi.” (HR Abasy Syaikhi)

Dari Abu Mas’ud Al Badri RA, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Siapa yang membaca dua ayat terkahir dari surat Al – Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dari Umar bin Khattab RA, ia mengatakan :

“Saya mendengar bahwa doa itu ditahan di antara langit dan bumi, tidak akan dapat naik, sehingga dibacakan sholawat atas Nabi Muhammad SAW.” (HR Tirmidzi)

Dari Syaikh Ali Al – Qari, ia mengatakan :

ﻣِﻦْ ﺷِﻴﻤَﺔِ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻦِ ﺍﻟﺸَّﺎﻛِﺮِ ﺍﻟْﺤَﺎﺯِﻡِ ﺃَﻥْ ﻳَﺮِﻳﺶَ ﻟِﻠﺴَّﻬْﻢِ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﺮَّﻣْﻲِ، ﻭَﻳَﻠْﺘَﺠِﺊَ ﺇِﻟَﻰ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﻗَﺒْﻞَ ﻣَﺲِّ ﺍﻟِﺎﺿْﻄِﺮَﺍﺭِ

“Di antara ciri khas serorang mukimin yaitu sering bersyukur dan memperhatikan panah sebelum melepaskannya, kembali kepada mengingat Allah SWT sebelum padanya tertimpa kesulitan.” (Mirqatul Mafatih 4/1531)

HR Abu Daud :

“Sesungguhnya Rasulullah SAW mendengar seseorang berkata : ‘Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu, bahwa diriku bersaksi sesungguhnya Engkau adala) Allah yang tidak ada ilah yang haq disembah kecuali Engkau Yang Maha Esa, Yang bergantung kepada-Mu segala sesuatu, Yang tidak beranak dan tidak pula dipernakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya’.

Kemudian Rasullah SAW bersabda : ‘Sungguh dirimu telah meminta kepada Allah SWT dengan nama-Nya, yang jika Ia diminta dengannya pasti akan memberi, dan jika Ia diseur dengannya, pasti akan mengabulkannya’.” (HR Abu Daud)

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara agar doa cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Semoga semua keinginan dan hajat kita segera dikabulkan oleh Allah SWT. Aamiin.

Referensi :

Ini Cara Agar Doa Cepat Dikabulkan

Doa Ruqyah

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *