Doa 7 Bulanan

3 min read

doa 7 bulanan

Tujuh bulanan adalah salah satu kegiatan yang rutin dilakukan oleh umat Islam di Indonesia. Dengan menggunakan doa 7 bulanan di dalamnya.

Tujuh bulan disebut sebagai mitoni atau tingkeban di dalam tradisi Jawa. Yang bertujuan agar bayi yang sedang dikandung oleh ibu hamil sehat sampai proses persalinan tiba.

Selain itu acara ini juga bertujuan untuk mengucapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena Dia telah mempercayai kita dengan menitipkan anak di hidup kita.

Seperti namanya, acara ini dilakukan pada saat janin memasuki umur 7 bulan di dalam rahim ibunya. Acara ini tidaklah wajib, namun baik jika dilakukan.

Proses 7 Bulanan

Menurut tradisi Jawa acara ini dilakukan pada tanggal 7, 17, dan 27 sebelum bulan purnama pada penanggalan Jawa. Dengan prosesi acara sebagai berikut :

1. Siraman

Sang ibu hamil akan dimandikan dengan air kembang setaman disertai dengan doa. Yang bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT agar selalu diberikan rahmat dan keberkahan sehingga bayi dapat dilahirkan dengan selamat.

Siraman ini dilakukan oleh 7 orang bapak dan ibu yang diteladani dari calon ibu dan calon ayah yang menyelenggarakan acara dan dimulai dari saudara yang tertua. Dengan menggunakan gayung batok kelapa.

2. Brojolan

Sang ayah akan meluncurkan dua cengkir dari balik kain yang dipakai sang ibu. Cengkir yang dipakai sebelumnya telah dilukis gambar Dewi Kamaratih yang melambangkan bayi wanita jelita dan Dewa Kamajaya yang melambangkan bayi laki – laki rupawan.

Acara dilanjutkan dengan prosesi membelah cengkir, sebagai simbol untuk membukakan jalan si calom bayi agar lahir dengan mudah pada jalannya.

3. Pembagian Takir Pontang

Takir pontang adalah tempat makanan yang akan disajikan dan terbuat dari daun pohon pisang dan janur yang dibentuk menyerupai kapal.

Hal tersebut memiliki arti bahwa dalam mengarungi bahtera kehidupan harus menata diri dengan menata pikiran karena laju perjalanan bahtera selalu pontang panting mengikuti gelombang kehidupan.

Hidangan yang sudah ada dan di letakan pada takir pontang pun diberikan sebagai suguhan dan ucapan terima kasih dibagikan kepada para sesepuh yang menghadiri acara mitoni tersebut.

4. Jualan Dawet dan Rujak

Acara ditutup dengan prosesi jualan dawet dan rujak. Filosofi dari rangkaian acara ini adalah usaha sebagai calon orang tua untuk memenuhi kebutuhan anak kelak.

Prosesi ini pun merupakan sebuah harapan agar si anak dapat mendapat banyak rejeki untuk dirinya dan juga bagi kedua orang tua mereka.

Doa 7 Bulanan

Biasanya di dalam acara 7 bulanan membaca QS Luqman. Ada juga yang membaca doa berikut ini :

doa 7 bulanan latin

اللهم يَا مُبَارَكُ بَارِكْ لَنَا فِى الْعُمُرِ وَالرِّزْقِ وَالدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْوَلَدِ

 اللهم يَا حَافِظُ احْفَظْ وَلَدِيْ مَا دَامَ فِي بَطْنِ أُمِّهِ وَاشْفِهِ مَعَ أُمِّهِ أَنْتَ الشَّافِىْ  شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ وَ لَا تُقَدِّرْهُ سَقَمًا وَ لَا مَحْرُوْمًا

 اللهم صَوِّرْ مَا فِي بَطْنِهَا صُوْرَةً حَسَنَةً جَمِيْلَةً كَامِلَةً وَثَبِّتْ فِي قَلْبِهِ إِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ فِى الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

 اللهم طَوِّلْ عُمُرُهُ وَصَحِّحْ جَسَدَهُ وَحَسِّنْ خُلُقَهُ وَأَفْصِحْ لِسَانَهُ وَأَحْسِنْ صَوْتَهُ لِقِرَاءَةِ الْقُرْآنِ وَالْحَدِيْثِ بِجَاهِ سَيِّدِ الْمُرْسَلِيْنَ

Allahumma Yaa Mubaarok, baarik lanaa fil ‘umuri war rizqi wad diini wad dunya wal waladi.

Allahumma yaa Haafidzu, ihfadz waladii maa daama fii bathni ummihi wasyfihi ma’a ummihi anta asy – syaafii laa syifaa`an illaa syifaauka wa laa tuqoddirhu saqooman wa laa mahruuman.

Allahumma showwir maa fii bathnihaa shuurotan hasanatan jamiilatan kaamilatan wa tsabbit fii qolbihi iimaanan bika wa bi rosuulika fiddunya wal aakhiroh.

Allahumma thowwil ‘umurohu wa shohhih jasadahu wa hassin khuluqohu wafshoh lisaanahu wa ahsin shoutahu liqirooatil qur`aani wal hadiitsi bi jaahi sayyidil mursaliin.

Artinya :

“Ya Allah Sang Pemberi Berkah, berkahi kami dalam umur, rizqi, agama, dunia, dan anak.

Ya Allah Sang Penjaga, jaga anakku selama dia berada di perut ibunya, beri kesehatan pada dia dan ibunya. Engkau Sang Pemberi Kesehatan. Tiada kesehatan kecuali dari-Mu, tiada yang bisa mentakdirkan sakit dan bahaya.

Ya Allah, bentuklah janin yang ada di perut ibunya dengan rupa yang baik, indah, dan sempurna. Tetapkan dalam hatinya keimanan pada-Mu dan rasul-Mu di dunia dan akhirat.

Ya Allah, panjangkan umurnya, sehatkan jasadnya, baguskan akhlaknya, fasihkan lisannya, merdukan suaranya untuk membaca Al – Qur’an yang mulia dan hadist, dengan berkah derajat sang penghulu para utusan.”

اَللهُمَّ سَلِّمْنَا مِنْ اَفَاتِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الْاَخِرَةِ فِتْنَتِهِمَا وَفَضِيْحَتِهِمَا اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ.

اَللهُمَّ سَلِّمْ جَنِيْنَهَا وَعَافِ مَا فِى بَطْنِهَا مِمَّا لاَنَرْجُوْهُ وَنَخَافُ. سَلاَمٌ عَلَى نُوْحٍ فِى الْعَالَمِيْنَ اِنَّا كَذَلِكَ نَجْزِى الْمُحْسِنِيْنَ.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنْ نُصَلِّى عَلَيْهِ وَاَنْ نُسَلِّمُ جَنِيْنَهَا مِنِ الْاَفَاتِ وَالْعَاهَاتِ وَاْلاَمْرَاضِ وَعَنْ اُمِّ مُلْدَانِ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا. 

Artinya :

“Ya Allah, selamatkanlah kami dari bencana dunia dan azab akhirat, petaka adan keburukan keduanya dunia dan akhirat. Sungguh Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Ya Allah, sejahterakanlah janinnya, selamatkanlah kandungan di dalam perutnya dari sesuatu yang tidak kami harapkan dan yang kami khawatirkan. Kesejahteraan terlimpah pada Nuh di seluruh alam. Sungguh demikianlah kami memberi balasan kepada orang – orang yang berbuat baik.

Ya Allah, sungguh kami memohon kepada-Mu dengan kepangkatan pemimpin kami Nabi Muhammad SAW, hendaklah Engkau menganugerahkan sholawat kepada Beliau. Dan selamatkanlah janin ini dari bahaya, sakit, penyakit dan juga dari jin Ummi Muldin, dengan rahmat-Mu wahai Tuhan yang paling pengasih diantara para pengasih.

Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri – istri dan anak keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami sebagai imam kaum bertaqwa.”

اَللهُمَّ اجْعَلْهُ مُسْلِمًا صَالِحًا عَابِدًا ذَاكِرًا حَافِظًا لِلْقُرْاَنِ الْكَرِيْم وَمِمَنْ يَعْمَلُوْنِ بِهِ.اَللهُمَّ اجْعَلْهُ بَارًّا بِوَالِدَيْهِ وَأَهْلِهِ. اَللهُمَّ حَسِّنْ خَلْقَهُ وَخُلُقَهُ.

اَللهُمَّ أَعِذْهُ مْنِ شَيَاطِيْنِ اْلاِنْسِ وَالْجِنِّ.اَللهُمَّ سَهِّلْ وَيَسِّرْ حَمْلَهُ وَوَلاَدَتَهُ.اَللهُمَّ أَقِرُّ عَيْنِي بِهِ.اَللهُمَّ ارْزُقْنِيْ وَلَدًا وَاجْعَلْهُ تَقِيًّا ذَكِيًا.

وَاجْعَلْهُ سَلِيْمًا مُعَافِيً وَلاَ تَجْعَلْ فِي خَلْقِهِ زِيَادَةً وَلاَ تُقْصَانًا.وَاجْعَلْ عَاقِبَتَهُ إِلَى الْخَيْرِ.اَللهُمَّ اَصْلِحْ لِي ذَاتِي وَذُرِّ يَتَي.

اَللهُمَّ اسْتَوْدَعْتُكَ هَذَاالْجَنِيْنَ فَحَسِّنْ فِي خَلْقِهِ وَأَخْلاَقِهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ.اَللهُمَّ اِنِّيْ اَسْأَلُكَ هَوْنَ الطَلْقِ وَحُسْنَ الْخُلُقِ. 

Artinya :

“Ya Allah, jadikanlah janin seorang anak muslim yang sholih, taat beribadah, selalu berdzikir dan memelihara kitab suci Al – Qur’an dan orang yang mengamalkan kitab suci Al – Qur’an. Ya Allah, jadikanlah dia anak yang berbuat baik pada kedua orang tua dan keluarganya.

Ya Allah, baguskanlah fisik dan akhlaknya. Ya Allah, lindungilah dia dari setan manusia dan jin. Ya Allah, mudahkanlah kandungan dan kelahirannya. Ya Allah, jadikanlah dia permata hatiku.

Ya Allah, berikan kami seorang anak dan jadikan dia anak yang bertakwa dan cerdas. Ya Allah, jadikan akhir hidupnya dalam kebaikan. Ya Allah, perbaikilah diriku dan anak cucuku.

Ya Allah, aku titipkan janin ini pada-Mu. Maka, baguskanlah fisik dan akhlaknya. Ya Allah, aku memohon padaMu, mudahkanlah proses kelahirannya dan baguskanlah bentuknya.”

Anda juga dapat Doa Ibu Hamil ketika sedang hamil

Hadis 7 Bulanan

Terdapat beberapa hadis yang menjelaskan tentang acara 7 bulanan, yaitu :

Allah SWT berfirman di dalam QS Al – A’raf ayat 189 :

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا فَلَمَّا تَغَشَّاهَا حَمَلَتْ حَمْلا خَفِيفًا فَمَرَّتْ بِهِ فَلَمَّا أَثْقَلَتْ دَعَوَا اللَّهَ رَبَّهُمَا لَئِنْ آتَيْتَنَا صَالِحًا لَنَكُونَنَّ مِنَ الشَّاكِرِينَ

“Dialah Yang menciptakan kamu dari diri yang satu dan daripadanya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, istrinya itu mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan dalam beberapa waktu. Kemudian tatkala dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhannya seraya berkata : ‘Sesungguhnya jika Engkau memberi kami anak yang sempurna, tentulah kami termasuk orang – orang yang senantiasa bersyukur’.” (QS Al – A’raf : 189)

Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ أَحَدَكُمْ يُجْمَعُ خَلْقُهُ فِي بَطْنِ أُمِّهِ أَرْبَعِينَ يَوْمًا، ثُمَّ يَكُونُ فِي ذَلِكَ عَلَقَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يَكُونُ فِي ذَلِكَ مُضْغَةً مِثْلَ ذَلِكَ، ثُمَّ يُرْسَلُ الْمَلَكُ فَيَنْفُخُ فِيهِ الرُّوحَ، وَيُؤْمَرُ بِأَرْبَعِ كَلِمَاتٍ: بِكَتْبِ رِزْقِهِ، وَأَجَلِهِ، وَعَمَلِهِ، وَشَقِيٌّ أَوْ سَعِيدٌ

“Sesungguhnya setiap orang di antara kalian dikumpulkan penciptaannya di dalam perut ibunya selama empat puluh hari berupa sperma. Kemudian menjadi segumpal darah dalam waktu empat puluh hari pula. Kemudian menjadi segumpal daging dalam waktu empat puluh hari juga. Kemudian diutuslah seorang malaikat meniupkan ruh ke dalamnya dan diperintahkan untuk menuliskan empat hal yaitu rejekinya, ajalnya, amalnya, dan apakah dia menjadi orang yang celaka atau bahagia.” (Muslim bin Hajjaj An-Naisaburi, Shahîh Muslim, Kairo: Darul Ghad Al-Jadid, 2008, jil. VIII, juz 16, hal. 165)

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai doa 7 bulanan dan proses dari acara 7 bulanan. Semoga bagi kita yang sedang mengandung mendapat kelancaran sampai nanti melahirkan. Aamiin.

Referensi doa 7 bulanan :

http://www.nu.or.id/post/read/83032/doa-tingkeban-usia-kandungan-tujuh-bulan

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Saat Haid

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Hari Jumat

Intan Qothrunnada
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *