Doa 17 Agustus

5 min read

doa 17 agustus

17 Agustus adalah satu tanggal yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, tanggal dimana bangsa Indonesia merdeka dari penjajah dan kita dianjurkan untuk berdoa. Berikut adalah contoh doa 17 agustus yang dipanjatkan ketika upacara bendera. Banyak sekali tokoh – tokoh yang gugur untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu kita harus selalu menghargai dan mengenang jasa – jasa mereka sehingga kita dapat hidup damai seperti sekarang ini. Salah satu caranya adalah dengan memperingati upacara bendera pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya.

Serangkaian acara yang ada di dalam upacara bendera ini sengaja dibikin tidak lain dan tidak bukan hanya untuk menghargai dan mengenang jasa – jasa para tokoh terdahulu.

Tak lupa didalamnya terdapat doa untuk mendoakan para arwah yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Agar mereka tenang di alam sana dan ditempatkan di tempat yang indah disisi Allah SWT.

Doa 17 Agustus

Berikut adalah beberapa contoh doa yang sering dibacakan ketika sendang upacara bendera 17 Agustus untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia berlangsung :

1. Doa 17 Agustus Pertama

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ * الحمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ * حَمْداً شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ  * اللّٰهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Esa,

Di pagi yang berkah ini, kami seluruh bangsa Indonesia bersimpuh mempersembahkan puja dan puji syukur ke hadirat-Mu. Engkau Maha Pencipta alam semesta, Engkau jugalah yang mengatur alam dan seisinya, dan Engkau pula yang telah membebaskan bangsa kami dari penjajahan. Perkenankanlah kami, seluruh bangsa Indonesia, pada pagi hari ini memperingati detik – detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, untuk mensyukuri nikmat agung dari anugerah-Mu yaitu nikmat kemerdekaan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemersatu,

Jadikanlah peringatan detik – detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa kami. Jauhkanlah kami dari perselisihan, permusuhan, dan perpecahan. Kuatkan ikatan di antara bangsa kami agar senantiasa saling menyemai kedamaian, saling menjaga kerukunan, saling menampakkan keramahan, dan saling menyokong kemajuan. Eratkan tali seluruh anak negeri agar senantiasa saling menjaga persaudaraan sekaligus saling mengingatkan dalam kebaikan.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Engkau telah menganugerahi kami dengan kekayaan bumi, air, dan udara. Bukalah pikiran kami agar bijaksana memanfaatkan anugerah dari-Mu demi kejayaan bangsa Indonesia. Lapangkan nurani kami agar senantiasa bersih dan suci dalam meraih kenikmatan. Kuatkan kaki dan tangan kami agar mampu menghadapi tantangan perkembangan zaman. Jadikan kami bangsa yang senantiasa bersyukur, menjunjung sikap jujur, dan memperoleh karunia-Mu sebagai negeri yang makmur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pemberi Petunjuk,

Engkau telah memberkati dan merahmati kami kemerdekaan yang amat berarti ini. Bimbinglah kami agar dapat merawat kemerdekaan itu sesuai dengan ridha-Mu. Segarkan ingatan kami untuk mengenang arti satu dua nyawa yang melayang demi kemerdekaan. Jernihkan hati kami untuk memahami makna sejati memanusiakan manusia dalam bingkai kemerdekaan. Ringankan gerak kami untuk mengisi hari – hari merdeka dengan kekuatan iman, kemuliaan adab, keadilan hukum, dan kesejahteraan yang merata. Mantapkan langkah kaki kami untuk menjejak jalan yang benar dalam menggapai masa depan bangsa dan negeri ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun dan Maha Pengabul segala doa,

Ampunilah semua dosa kami, dosa – dosa ibu bapak kami dan guru – guru kami, dosa para pemimpin kami dan para pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan para pahlawan dan syuhada yang telah memerdekakan bangsa dan negara kami. Muliakan mereka dengan kehidupan hakiki di alam abadi.

Ya Allah, kabulkanlah doa dan segala permohonan kami, Engkau Maha Pengampun dan Maha mengabulkan segala doa.

رَبَّنَا اَتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الْاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ * وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ * بِفَضْلِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ   عِلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

2. Doa 17 Agustus Ke-2

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Marilah kita merendahkan hati kita kepada Allah SWT seraya berdoa memohon kebaikan dan ampunan bagi bangsa Indonesia. Semoga Allah SWT selalu memberkahi Indonesia dan senantiasa dalam lindungan-Nya.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi Rizki, kami segenap bangsa Indonesia mengucapkan syukur ataas kehadirat-Mu, atas segala nikmat yang kami terima hingga saat ini. Sungguh hanya kepada-Mu lah kami bergantung lagi berserah diri.

Ya Allah, Ya Tuhan kami.

Atas rahmat dan karunia-Mu, kami bangsa Indonesia kembali dapat memperingati hari kemerdekaan negara Indonesia. Syukur kami pada-Mu yaa Allah atas anugerah kemerdekaan yang kami terima 7 dekade yang lalu. Jadikanlah hari ini sebagai momentum untuk meningkatkan kerja dan kinerja kami.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Membolak – balikkan Hati,

Jauhkanlah kami dari segala penyakit hati, jauhkanlah kami dari cinta dunia dan takut mati. Hindarkanlah kami dari sifat buruk sangka, iri, dengki, dan hasad, yang syaitan tiupkan secara halus ke dalam jiwa kami. Palingkanlah kami dari sikap adu domba, fitnah, dan kebencian yang dapat merusak rasa persatuan dan kesatuan bangsa dan negeri kami. Sungguh hanya dengan pertolongan-Mu lah yang dapat menjauhkan kami dari bisikan syaitan yang tidak kami sadari.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Menguasai Segala Sesuatu,

Sungguh telah berlalu negeri para nabi dan rasul yang Engkau berkahi. Sungguh telah berlalu negeri para pemimpin yang sholeh dan taat yang Engkau makmurkan. Dan sungguh telah berlalu pula negeri yang penuh dengan kedurhakaan yang telah Engkau binasakan. Telah cukup Engkau mengingatkan kami dalam kitab-Mu ya Allah. Tentang negeri yang Engkau berkahi dan Engkau murkai. Oleh karena itu ya Allah ya rahman, jadikanlah bangsa kami sebagai bangsa yang mampu mengambil pelajaran, bangsa yang mau berusaha keluar dari kesulitan, dan bangsa yang bersatu untuk tidak berpaling atas perintah-Mu. Sungguh, amat mudah bagi-Mu untuk menimpakan azab kepada kaum yang berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana,

Sungguh masih panjang perjuangan bangsa kami, masih berat beban di pundak kami, dan alangkah lebih berat lagi beban di pundak para pemimpin kami. Karuniakanlah kepada para pemimpin kami, sikap yang amanah dan ketaqwaan. Jadikanlah mereka sebagai suri tauladan yang baik bagi kami.  Janganlah Engkau hukum kami atas ketidaktahuan dan ketidakmampuan kami dan para pemimpin kami dalam membina negeri ini. Bimbinglah kami dan para pemimpin kami untuk mengelola negeri ini. Janganlah Engkau palingkan kami kepada keburukan setelah datang kepada kami petunjuk.

Laa haula wa laa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil azhiim.

Hasbunalloh wa ni’mal wakiil, ni’mal maulaa wa ni’man nashiir.

Sungguh tiada daya dan upaya selain dengan pertolongan-Mu, dan cukuplah Engkau sebagai sebaik – baiknya pemberi pertolongan.

Allohumma arinal haqqo haqqo war zuqnattibaa’ah, wa arinal baatila baatila war zuqnattinaabah.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk,

Tunjukilah kepada kami dan para pemimpin kami bahwa yang benar adalah kebaikan, dan mudahkanlah bagi kami untuk mengikutinya. Dan perlihatkanlah kepada kami bahwa yang salah adalah suatu kebatilan, dan jauhkanlah kami darinya.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengampun,

Ampunilah dosa – dosa kami, bapak ibu kami, para pemimpin kami, para pejuang serta pahlawan kami, dan para guru kami. Terimalah setiap amal dan perjuangan mereka, karena tiada Dzat selain Engkau Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Rabbana aatina fiddun’yaa hasanah, wafil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaa bannaar.

Wa sholallaahu ‘alaa muhammad, wa ‘alaa ‘aali muhammad.

Subhana rabbika rabbil izzati ‘amma yasifuun. Wa salaamun ‘alal mursaliin. Wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Jika di Indonesia terjadi bencana bacalah : Doa Gempa Bumi

3. Doa 17 Agustus Ke-3

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Ibu – ibu, bapak – bapak, hadirin sekalian, marilah kita sejenak menundukkan kepala untuk mendoakan para pahlawan bangsa dan mendoakan kebaikan bagi bangsa dan negara. A’udhubillahi minassyaithonirrojim.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ * الحمدُ للهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ * حَمْداً شَاكِرِيْنَ حَمْدًا يُوَافِي نِعَمَهُ وَ يُكَافِئُ مَزِيْدَهُ * يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَ عَظِيْمِ سُلْطَانِكَ  * اللّٰهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ 

Allahumma sholli ‘ala sayyida Muhammad, wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Ya Allah, Ya Tuhan kami,

Dengan kebesaran dan keagungan-Mu, Engkau telah memberikan kami kesempatan untuk hidup hingga hari ini. Agar kami dapat mensyukuri segala karunia dan nikmat-Mu yang tak ada habisnya. Yang dengannya, kami dapat menjalani hari demi hari, hingga usia kami pun bertambah. Dan kami tidak pernah tahu sampai kapankah waktu dan kesempatan yang akan Engkau berikan kepada kami.

Ya Allah, Ya Tuhan kami,

Tepat pada hari ini, telah Engkau hantarkan kami dengan selamat kepada usia kemerdekaan bangsa dan negara kami yang ke-73. Untuk itu kami perwakilan bangsa Indonesia berkumpul di tempat ini, dalam rangka memanjatkan doa serta mempersembahkan puja dan puji syukur kami sedalam – dalamnya atas ke hadirat-Mu, atas segala limpahan rahmat, kasih sayang, dan karunia-Mu.

Ya Allah, Ya Tuhan kami,

Tujuh puluh tiga tahun kami menikmati kemerdekaan, kami sadar bahwa kemerdekaan yang kami nikmati dan kami rasakan saat ini, tidaklah luput dari jerih payah dan perjuangan para pahlawan bangsa kami, para syuhada bangsa kami. Dan hanyalah Engkau Yang Maha Tahu, kualitas amal dari perjuangan mereka. Namun, kami hanya mampu berdoa dan berharap, kiranya Engkau berkenan untuk menerima seluruh amal, perjuangan, serta pengorbanan mereka. Kiranya Engkau berkenan untuk memberikan balasan atas segala amal mereka. Kiranya Engkau berkenan untuk memberikan ampunan-Mu terhadap dosa dan kekhilafan mereka. Muliakanlah serta tinggikanlah derajat mereka di sisi-Mu.

Ya Allah, Ya Tuhan kami,

Jadikan momentum ini, sebagai momentum untuk membangun semangat kebersamaan di antara kami. Sehingga dengan semangat kebersamaan tersebut, kami dapat melanjutkan cita – cita, harapan, dan keinginan para pendahulu kami. Dalam rangka mengisi serta membangun negara kami menjadi bangsa dan negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur. Menjadi bangsa dan negara yang senantiasa di bawah naungan-Mu dan ridha-Mu.

Ya Allah, Ya Tuhan kami,

Ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa orang tua kami, dosa guru – guru kami, dosa para pemimpin kami, dosa para pendahulu kami, dan dosa orang – orang yang telah berbuat baik kepada kami, serta dosa saudara – saudara kami.

Ya Allah, Ya Tuhan kami,

Limpahkanlah kepada kami kebaikan di dunia dan di akhirat, hindarkanlah kami dari siksa api neraka-Mu, serta masukkanlah kami ke dalam golongan hamba – hamba-Mu yang pandai bersyukur.

Rabbana innana sami’na munadiyayyunadi lil imani an aminu birobbikum fa amanna.

Rabbana faghfirlana dzunubana wa kaffir ‘anna sayyi atian watawaffana ma’al abror.

Rabbana atina fiddunya hasanah, wafil akhiroti hasanah, waqina ‘adzabannar.

Subhanarobbika robbil izzati ‘amma yashifun. 

Wasalamun ‘alal mursalin.

Walhamdulillahirobbil ‘alamin. 

Wassalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai doa yang dibacakan ketika sedang berlangsungnya upacara bendera 17 Agustus. Semoga bangsa Indonesia selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.

Referensi:

ayomadrasah.blogspot.com/2016/08/doa-upacara-hut-kemerdekaan-ri-17.html

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Saat Haid

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Hari Jumat

Intan Qothrunnada
6 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *