Doa 1000 Malaikat

4 min read

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana cara mendapatkan doa 1000 malaikat. Artinya kita akan mendapatkan doa dari 1000 malaikat yang akan selalu mengawal dan melindungi kita dari segala macam mara bahaya.

Mara bahaya yang dimaksud mencangkuup musibah, godaan syeiton, jin, iblis, ancaman dari manusia, dan lain sebagainya. Sehingga manusia tidak akan terjerumus pada kemaksiatan.

Malaikat adalah makhluk yang paling taat kepada Allah SWT. Mereka tidak memiliki nafsu, mereka selalu beribadah kepada Allah SWT, dan mereka tidak pernah melakukan kemaksiatan.

Doa 1000 Malaikat

Malaikat itu selalu mendoakan manusia yang termasuk ke dalam orang – orang mukmin. Agar kita mendapatkan juga doa dari 1000 malaikat maka kita harus membaca surat di dalam Al – Qur’an berikut ini :

QS Al – Anfal ayat 9 dan 10 :

اِذْ تَسْتَغِيْثُوْنَ رَبَّكُمْ فَاسْتَجَابَ لَكُمْ اَنِّيْ مُمِدُّكُمْ بِاَلْفٍ مِّنَ الْمَلٰۤىِٕكَةِ مُرْدِفِيْنَ

Iż tastagīṡụna rabbakum fastajāba lakum annī mumiddukum bi`alfim minal-malā`ikati murdifīn.

Artinya :

“(Ingatlah), ketika kamu memohon pertolongan kepada Tuhanmu, lalu diperkenankan-Nya bagimu. Sungguh, Aku akan mendatangkan bala bantuan kepadamu dengan seribu malaikat yang datang berturut – turut.” (QS Al – Anfal : 9)

وَمَا جَعَلَهُ اللّٰهُ اِلَّا بُشْرٰى وَلِتَطْمَىِٕنَّ بِهٖ قُلُوْبُكُمْۗ وَمَا النَّصْرُ اِلَّا مِنْ عِنْدِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَزِيْزٌ حَكِيْمٌ

Wa mā ja’alahullāhu illā busyrā wa litaṭma`inna bihī qulụbukum, wa man-naṣru illā min ‘indillāh, innallāha ‘azīzun ḥakīm.

Artinya :

“Dan tidaklah Allah SWT menjadikannya melainkan sebagai kabar gembira agar hatimu menjadi tenteram karenanya. Dan kemenangan itu hanyalah dari sisi Allah SWT. Sungguh, Allah Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS Al – Anfal : 10)

QS Ali Imran ayat 124 dan 125 :

اِذْ تَقُوْلُ لِلْمُؤْمِنِيْنَ اَلَنْ يَّكْفِيَكُمْ اَنْ يُّمِدَّكُمْ رَبُّكُمْ بِثَلٰثَةِ اٰلَافٍ مِّنَ الْمَلٰۤىِٕكَةِ مُنْزَلِيْنَۗ

Iż taqụlu lil-mu`minīna a lay yakfiyakum ay yumiddakum rabbukum biṡalāṡati ālāfim minal-malā`ikati munzalīn.

Artinya :

“(Ingatlah), ketika engkau (Muhammad) mengatakan kepada orang – orang yang beriman : ‘Apakah tidak cukup bagimu bahwa Allah SWT membantu kamu dengan tiga ribu malaikat yang diturunkan-Nya dari langit?’” (QS Ali Imran : 124)

بَلٰٓى ۙاِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا وَيَأْتُوْكُمْ مِّنْ فَوْرِهِمْ هٰذَا يُمْدِدْكُمْ رَبُّكُمْ بِخَمْسَةِ اٰلَافٍ مِّنَ الْمَلٰۤىِٕكَةِ مُسَوِّمِيْنَ

Balā in taṣbirụ wa tattaqụ wa ya`tụkum min faurihim hāżā yumdidkum rabbukum bikhamsati ālāfim minal-malā`ikati musawwimīn.

Artinya :

“Ya cukup. Jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamu dengan tiba – tiba, niscaya Allah SWT menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda.”

QS Al – Hasyr ayat 21 sampai 24 :

لَوْ اَنْزَلْنَا هٰذَا الْقُرْاٰنَ عَلٰى جَبَلٍ لَّرَاَيْتَهٗ خَاشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللّٰهِ ۗوَتِلْكَ الْاَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُوْنَ

Lau anzalnā hāżal-qur`āna ‘alā jabalil lara`aitahụ khāsyi’am mutaṣaddi’am min khasy-yatillāh, wa tilkal-amṡālu naḍribuhā lin-nāsi la’allahum yatafakkarụn.

Artinya :

“Sekiranya Kami turunkan Al – Qur’an ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. Dan perumpamaan – perumpamaan itu Kami buat untuk manusia agar mereka berpikir.” (QS Al – Hasyr : 21)

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ عَالِمُ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِۚ هُوَ الرَّحْمٰنُ الرَّحِيْمُ

Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, ‘ālimul-gaibi wasy-syahādah, huwar-raḥmānur-raḥīm.

Artinya :

“Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Yang Mengetahui yang gaib dan yang nyata, Dialah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.” (QS Al – Hasyr : 22)

هُوَ اللّٰهُ الَّذِيْ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ ۚ اَلْمَلِكُ الْقُدُّوْسُ السَّلٰمُ الْمُؤْمِنُ الْمُهَيْمِنُ الْعَزِيْزُ الْجَبَّارُ الْمُتَكَبِّرُۗ سُبْحٰنَ اللّٰهِ عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

Huwallāhullażī lā ilāha illā huw, al-malikul-quddụsus-salāmul-mu`minul-muhaiminul-‘azīzul-jabbārul-mutakabbir, sub-ḥānallāhi ‘ammā yusyrikụn.

Artinya :

“Dialah Allah tidak ada tuhan selain Dia. Maharaja, Yang Mahasuci, Yang Mahasejahtera, Yang Menjaga Keamanan, Pemelihara Keselamatan, Yang Mahaperkasa, Yang Mahakuasa, Yang Memiliki Segala Keagungan. Mahasuci Allah dari apa yang mereka persekutukan.” (QS Al – Hasyr : 23)

هُوَ اللّٰهُ الْخَالِقُ الْبَارِئُ الْمُصَوِّرُ لَهُ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰىۗ يُسَبِّحُ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْحَكِيْمُ

Huwallāhul-khāliqul-bāri`ul-muṣawwiru lahul-asmā`ul-ḥusnā, yusabbiḥu lahụ mā fis-samāwāti wal-arḍ, wa huwal-‘azīzul-ḥakīm.

Artinya :

“Dialah Allah Yang Menciptakan, Yang Mengadakan, Yang Membentuk Rupa, Dia memiliki nama – nama yang indah. Apa yang di langit dan di bumi bertasbih kepada-Nya. Dan Dialah Yang Mahaperkasa, Mahabijaksana.” (QS Al – Hasyr : 24)

QS Al – Ahzab ayat 43 :

هُوَ الَّذِيْ يُصَلِّيْ عَلَيْكُمْ وَمَلٰۤىِٕكَتُهٗ لِيُخْرِجَكُمْ مِّنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِۗ وَكَانَ بِالْمُؤْمِنِيْنَ رَحِيْمًا

Huwallażī yuṣallī ‘alaikum wa malā`ikatuhụ liyukhrijakum minaẓ-ẓulumāti ilan-nụr, wa kāna bil-mu`minīna raḥīmā.

Artinya :

“Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan para malaikat-Nya memohonkan ampunan untukmu. Agar Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya yang terang. Dan Dia Maha Penyayang kepada orang – orang yang beriman.”

Cara mengamalkannnya adalah dengan cara membacanya sebanyak 21x atau dapat juga 77x atau sebanyak – banyaknya. Kemudian membaca sholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Kemudian berdoa dan insya Allah ribuan malaikan akan mengamini doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

Doa Malaikat

Malaikat biasa mendoakan manusia dengan keistimewaan tertentu, di antaranya :

  1. Malaikat mendoakan orang yang menyempurnakan shaf dan menutup celah shaf.
  2. Malaikat mendoakan orang yang menempati shaf  pertama di dalam sholatnya.
  3. Malaikat mendoakan orang yang selalu menuntut ilmu dan mengamalkannya serta mengajarkannya kepada orang lain.
  4. Malaikat mendoakan orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.
  5. Malaikat mendoakan orang yang berpuasa ketika orang yang tidak berpuasa makan di hadapannya.
  6. Malaikat mendoakan orang yang melaksanakan sahur.
  7. Malaikat mendoakan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah SWT.
  8. Malaikat mendoakan orang yang menjenguk orang yang sedang sakit atau meninggal dunia.
  9. Malaikat mendoakan orang yang mendoakan sesamanya atau sodaranya sesama muslim.
  10. Malaikat mendoakan orang – orang yang menunggu datangnya waktu sholat dan orang yang duduk di masjid setelah sholat tersebut.
  11. Doa keselamatan dari malaikat di kedua sisi sirath.
Jika anda ingin terhindar dari berbagai macam mara bahaya maka bacalah Doa Tolak Bala

Hadis

Terdapat beberapa hadis yang menjelaskan bahwa Malaikat senantiasa mendoakan manusia. Berikut adalah hadis – hatis tersebut :

Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَطْلُبُ فِيْهِ عِلْمًا سَلَكَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْـجَنَّةِ وَإِنَّ الْـمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّهُ لَيَسْتَغْفِرُ لِلْعَالِـمِ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاْلأَرْضِ حَتَّى الْـحِيْتَانُ فِى الْـمَاءِ

“Barang siapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah SWT mudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya Allah, malaikat-Nya, penduduk bumi dan langit, serta semut yang berada di lubangnya dan ikan paus, mereka semua mendoakan orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia.” (HR Tirmidzi)

Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ الصُّفُوْفَ.

“Sesungguhnya Allah SWT dan malaikat-Nya berdoa bagi orang – orang yang menyempurnakan shaf. Dan barang siapa menutup celah dalam shaf Allah SWT akan mengangkat derajatnya satu tingkat.” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

Rasulullah SAW bersabda :

“Apakah kamu tidak mau membuat shaf layaknya shaf para malaikat di hadapan Rabbnya?

Lalu kami shahabat bertanya : ‘Wahai Rasulullah, bagaimana Malaikat bershaf di hadapan Rabbnya?’

Kemudian Rasulullah SAW menjawab : ‘Mereka menyempurnakan shaf depan dan merapatkan shaf’.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda :

إِنَّ أَحَدَكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاةَ فَهُوَ فِي صَلاةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ ، تَدْعُو الْمَلائِكَةُ : اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ ، اللَّهُمَّ ارْحَمْهُ

“Seorang hamba masih dihitung dalam sholat selama ia berada di tempat sholatnya untuk menunggu sholat dan malaikat akan mendoakannya : ‘Ya Allah, ampunilah dia, Ya Allah, rahmatilah dia, hingga ia beranjak atau berhadas’.” (HR Muslim)

Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah seorang muslim bersholawat kepadaku kecuali malaikat akan mendoakannya sebanyak ia bersholawat atasku. Maka para hamba hendaknya mempersedikit sholawat atau memperbanyaknya.” (Shahihul Jâmi’, 1/174, hadits nomor 5620)

Rasulullah SAW bersabda :

فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah SWT dan malaikat-Nya mendoakan orang – orang yang melaksanakan sahur.” (HR Ahmad)

Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah para hamba memasuki waktu pagi hari, melainkan dua malaikat akan turun. Salah satu malaikat tadi berkata : ‘Ya Allah berikanlah rezeki kepada orang yang berinfaq.’

Dan satunya lagi berkata : ‘Ya Allah berikanlah kenistaan bagi orang yang pelit’.” (HR Al – Bukhari)

Dari Abu Darda’a, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Tidaklah seorang muslim berdoa untuk saudaranya secara diam – diam kecuali malaikat akan berkata : ‘Dan bagimu juga’.” (HR Muslim)

Dari Ummu Salamah, ia mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Apabila kamu menjenguk orang yang sakit atau meninggal, ucapkanlah doa yang baik. Karena malaikat mengamini apa yang kalian ucapkan.” (HR Muslim)

Dari Abu Said Al – Khudri a, ia mengatakan :

“Rasulullah SAW menjelaskan tentang syafaat, lalu beliau bersabda : ‘Sesungguhnya manusia diletakkan di jembatan neraka Jahanam yang di atasnya terdapat duri dan pengait yang hendak mengait manusia’.

Dan di kedua sisinya ada malaikat yang berkata : ‘Ya Allah, selamatkan fulan, selamatkan fulan’.” (HR Ahmad)

HR At – Tirmidzi :

Dari Ummu Ammarah binti Ka’ab dari kalangan Anshar, bahwa Rasulullah SAW mampir ke tempatnya. Kemudian Ummu Ammarah menyuguhkan kepada Rasul makanan. Lalu Rasulullah bersabda : ‘Makanlah’.

Kemudian ia berkata : ‘Aku sedang berpuasa.’

Lalu Rasulullah SAW bersabda : ‘Sesungguhnya malaikat mendoakan orang yang berpuasa ketika di hadapannya ada orang yang makan, sampai dia selesai makan atau kenyang’.” (HR At – Tirmidzi)

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai doa 1000 malaikat. Semoga kita selalu dilindungi dan didoakan oleh ribuan malaikat – malaikat utusan Allah SWT. Aamiin.

Referensi:

BALA TENTARA PULUHAN RIBU MALAIKAT

Doa Ruqyah

Intan Qothrunnada
4 min read

Doa Kamilin

Intan Qothrunnada
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *