Contoh Teks Eksposisi

7 min read

Contoh Teks Eksposisi

Setelah mempelajari materi tentang Teks Eksposisi, biasanya guru memberikan tugas agar kita membuat contoh teks eksposisi tentang lingkungan, pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, hukum dan lainnya.

Sebelumnya, kita ulas kembali sedikit mengenai teks eksposisi.

Secara terminologi, teks eksposisi adalah merupakan sebuah teks yang bersifat mengajak dan berisi sejumlah informasi yang ditulis secara ringkas dan jelas.

Biasanya teks ini membahas sebuah topik yang menarik untuk dibaca.

Sehingga apa bila membaca teks tersebut, maka seseorang mampu memperoleh sebuah informasi berharga. Contoh paragraf eksposisi tentang keadaan pendidikan di Indinesia saat ini.

Teks tersebut memuat segala informasi terkait pendidikan itu sendiri yang di tulis dengan ringkas dan jelas.

Selain ditulis secara ringkas dan jelas, teks ini juga memiliki jenis, kaidah, dan juga struktur tersendiri dalam penulisanya.

Struktur Teks Eksposisi

Secara umum teks eksposisi mempunyai 3 struktur untuk dapat menyusunya. Struktur tersebut dapat dijadikan acuan atau pedoman ketika seseorang ingin membuat sebuah teks eksposisi.

1. Pendahuluan

Tesis berisikan ide kalimat eksposisi. pada bagian ini dimuat pandangan si penulis berupa topik yang akan dibahasnya.

Pada bagian ini juga dijelaskan maksud dari isi keseluruhan kalimat yang akan dipaparkan.

2. Isi

Tubuh eksposisi bersisi uraian pokok dan penhgembangan dari tesis sebelumnya. Pada bagian ini memuat argumen dan fakta ilmiah yang berfungsi mendukung pandangan atau tesis sebelumnya.

3. Kesimpulan

Berisi penegasan kembali tesis sebelumnya. Teks eksposisi tidak hanya memiliki ciri-ciri yang berbeda dengan jenis teks lainya, tetapi juga teks eksposisi ini juga memiliki berbagai jenis yaitu:

Jenis Jenis Teks Eksposisi

1. Teks Eksposisi Devinisi

Di dalam teks jenis ini hanya memuat pengertian atau definisi-definisi secara mendalam terkait sesuatu topik tertentu.

Jenis teks eksposisi ini sering kita jumpai, karena sangat banyak teks-teks yang hanya menjelaskan pengertian dari suatu hal tertentu.

2. Teks Eksposisi Pengerjaan

Teks jenis ini memuat langkah-langkah atau tata cara melakukan sesuatu pekerjaan secara urut dan sistematis.

Langkah-langkah atau tata cara mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dari sesuatu tersebut.

3. Teks Eksposisi Gambaran

Teks jenis ini memuat tentang berita atau topik tertentu dengan menampilkan gambaran yang singkat namun jelas.

Gambaran dalam teks yang dibuat harus mewakili maksud yang akan disampaikan.

4. Teks Eksposisi Laporan

Teks jenis ini memuat laporan terkait sesuatu topik tertentu. Laporan tersebut bisa dari hasil penelitian atau hasil wawancara dengan sumber yang bersangkutan.

5. Teks eksposisi Perbandingan

Teks ini berisi sesuatu topik tertentu yang dibandingkan dengan topik lain. Namun, kedua topik tersebut masih saling memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainya.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks ini berisi sesuatu topik tertentu yang dipertentangkan dengan topik lain. Namun, teks yang dipertentangkan tersebut juga masih saling memiliki keterkaitan.

Struktur Teks Eksposisi Singkat

Tesis atau pernyataan pendapat

Tesis ini merupakan bahgian awal dalam teks eksposisi. Di dalam tesis ini termuat dugaan atau prediksi dari penulis.

Meskipun tesis ini merupakan prediksi dari penulis, tapi dugaan tersebut bukan prediksi yang tanpa landasan.

Dugaan penulis ini akan diperkuat dengan berbagai data-data yang valid. Jadi bukan hanya argumentasi tanpa landasan dari penulis.

Pada teks eksposisi tesis biasanya berada di awal kalimat. Namun, tidak menutup kemungkinan juga tesis akan berada di bagian akhir dari kalimat eksposisi

Argumentasi

Kalimat-kalimat pendukung dari tesis yang sudah di tuliskan. selain berisi kalimat pendukung, argumentasi juga dapat berisi sanggahan dari tesis yang di berikan.

Argumentasi yang baik biasanya akan berisi kedua hal tersebut, bisa data yang mendukung atau bahkan juga sanggahan dari tesis yang dituliskan oleh penulis.

Penegasan Ulang

Bagian ini berisi penguatan pandangan atas fakta-fakta yang telah dikemukakan pada bagian tesis dan argumentasi.

Merupakan bagian simpulan dari topik yang telah dibicarakan dalam tesis yang di ajukan atau dalam argumentasi.

Contoh Teks Eksposisi

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan

Contoh Teks Eksposisi Kesehatan

Olahraga untuk kesehatan tubuh

Tesis

Olah raga mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita. Kalau kita sering melakukan olah raga tubuh kita akan segar dan bugar kembali.

Namun, ada beberapa hal yang harus di perhatikan di saat kita sering melakukan olah raga, seperti jantungnya kuat atau tidak jika berolahraga dalam jangka waktu yang lama atau tidak.

Karena setiap orang memiliki kekuatan jantung yang berbeda-beda seperti jantungnnya kuat saat berolahraga dalam jangka waktu yang lama dan ada juga yang sudah terlatih dalam bidang olah raga.

Argumentasi

Olah raga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan dapat di lakukan oleh semua orang. Contoh olah raga yaitu seperti renang, lari, bulu tangkis, sepak bola dan masih banyak lagi lainnya.

Selain menyenangkan olah raga merupakan kegiatan yang membuat tubuh kita sehat karena memiliki banyak sekali manfaat.

Setelah melakukan olah raga tubuh kita akan kembali segar dan bugar. Olah raga juga membuat suasana hati menjadi senang, karena olah raga bisa melepaskan segala beban pikiran yang di rasakan oleh seseorang.

Olah raga memiliki manfaat meningkatkan metabolisme tubuh, peningkatan metabolisme di dalam tubuh memiliki manfaat agar tubuh terhindar dari penyakit kognitif, contohnnya seperti kepikunan atau penurunan sistem kerja otak.

Seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi sangat di sarankan untuk olah raga, karena tekanan darah tinggi mengakibatkan penyempitan pada pembuluh darah dan berakibat aliran darah menjadi tidak lancar.

Jika seseorang yang menderita tekanan darah tinggi rajin atau teratur melakukan olah raga membantu memperlancar aliran darah di dalam tubuhnya.

Di saat kita teratur dalam melakukan olah raga maka kesehatan jantung juga akan terjaga. Tapi kita juga harus paham kesehatan jantung kita apakah kuat atau tidak di saat kita melakukan olah raga.

Contohnya seperti seseorang yang mempunyai penyakit jantung tidak akan kuat melakukan olah raga lari, renang atau aktivitas olahraga berat lainnya.

Kasus seperti ini sudah sering kali terjadi, seseorang melakukan kegiatan olah raga tetapi tidak tidak melihat terlebih dahulu kekuatan dari jantungnnya sendiri.

Sehingga tidak membuat tubuhnnya sehat tetapi membuat keadaan yang lebih buruk bagi jantungnya.

Kita sering menemukan seseorang yang sedang berolahraga dan tiba tiba orang terebut jatuh pingsan dan harus di larikan ke rumah sakit.

Hal tersebut terjadi karena orang tersebut pernah memiliki riwayat penyakit jantung sebelumnya.

Di saat tubuhnya tidak kuat maka mengakibatkan orang tersebut terkena serangan jantung mendadak karena melakukan aktifitas yang menguras tenaga sehingga ia jatuh pingsan.

Kalau kita mempunyai tubuh yang normal, berolahraga tentu saja memiliki banyak seklai manfaat. Bahkan olahraga wajib harus dilakukan minimak satu kali dalam jangka waktu satu minggu.

Hal tersebut akan membuat tubuh kita sehat dan menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. Karena dengan berolahraga dapat meningkatkan kekebalan pada tubuh kita.

Orang yang sering melakukan olahraga tubuhnya akan tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun pastikan terlebih dahulu kondisi tubuh apakah sanggup atau tidak di saat kita melakukan aktifitas yang menyehatkan ini.

Apabila tubuh tidak dalam keadaan yang kuat untuk melakukan olahraga, bukan mendapatkan kesehatan, tetapi hanyak akan menambah penyakit pada tubuh.

Penegasan ulang

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh jika teratur untuk melakukan aktifitas tersebut.

Seperti membuat mood seseorang menjadi lebih baik, menghindarkan dari berbagai penyakit, meningkatkan metabolisme, melancarkan peredaran darah, dan masih banyak lagi sebagainya.

Meskipun mempunyai banyak manfaat tidak sedikit juga orang yang berolahraga malam hari berakhir di ranjang rumah sakit. Hal tersebut terjadi karena tidak memahami kondisi tubuhnya sendiri

Orang yang memiliki penyakit jantung misalnya, ia tidak akan kuat melakukan hal tertentu yang memacu kerja dari jantungnya.

Maka dari itu, sebelum olahraga pastikan terlebih dahulu kondisi jantung normal atau tidak dan mampu atau tidak untuk olahraga yang menguras banyak tenaga.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Lingkungan Hidup

Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Manusia dan sampah

Tesis

Di zaman milenial seperti sekarang ini membuang sampah sembarangan seperti du sungai seolah-olah menjadi hal yang lumrah.

Dan banyak juga orang orang yang membuang sampah asal-asalan di kota. Sehingga mengakibatkan beberapa sungai terhalang oleh sampah-sampah dan saat hujan sungai terhambat dan mengakibatkan banjir.

Argumentasi

Sudah banyak pengamat yang menyimpulkan bahwa manusia yang membuang sampah di sungai setiap tahun terus menerus bertambah.

Manusia juga belum pernah kapok juga dengan membuang sampah di sungai yang mengakibatkan banjir karena tingkah laku mereka sendiri dan banyak korban jiwa juga karena banjir, tidak hanya banyak yang terluka tetapi juga banyak yang meninggal dunia karena banjir.

Namun hal tersebut tidak menyadarkan mereka agar untuk membuang sampah pada tempatna atau tidak membuang sampah sembarangan.

Penegasan ulang

Seharusnya setelah mengetahui bencana yang terjadi karena ulah mereka sendiri. Mereka seharusnya sudah sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan atau di sungai agar tidak merugikan diri sendiri, banyak orang dan lingkunganya agar air sungai tidak tersumbat dan saat terjadi hujan tidak banjir.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Contoh Teks Eksposisi Tentang Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan pembangunan fasilitas umum di lahan masyarakat

Tesis

Pemerintah berniat menumbuhkan perekonomian masyarakat. Salah satu hal yang dilakukan pemerintah adalah melakukan beberapa pembangunan fasilitas umum yang di prediksi akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Salah satu cara yang dilaksanakan oleh pemerintah yaitu melakukan pembangunan untuk melancarkan distribusi atau yang lainnya.

Namun pembangunan yang dilakukan masyarakat seharusnya tetap memperhatikan banyak hal, Karena terkadang pembangunan tersebut dilaksanakan tanpa mempertimbangkan hal-hal yang bersifat lebih urgent.

Argumentasi

Baru-baru ini kasus yang sempat menjadi trensing adalah pembangunan Bandara di Kulon Progo, Yogyakarta.

Pemerintah berniat membangun bandara baru di Kulon Progo ysng berada tepat di atas lahan milik masyarakat. Hal tersebut seketika menimbulkan reaksi penolakan dari masyarakat.

Karena lahan tersebut merupakan lahan yang digunakan masyarakat untuk menyambung hidupnya.

Jika kita lihat sekilas tidak ada yang salah dari sebuah pembangunan, namun bagaimana apabila pembangunan tersebut di laksanakan tepat di atas tempat hidup masyarakat atau misalnya saja di atas sawah milik masyarakat.

Sawah tersebut merupakan lahan yang di gunakan sebagai lahan hidup masyarakat.

Hal tersebut tentu saja paradoks, apabila memang bandara dibangun untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat atau untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar.

Mereka tidak akan membangun bandara tersebut di atas lahan yang menjadi penghidupan masyarakat selama bertahun tahun.

Hal tersebut tentu saja tidak akan menumbuhkan perekonomian di masyarakat, namun akan mencabut mata pencaharian masyarakat di sekitanya.

Terkadang pemerintah mengabaikan hal-hal tersebut. Bukankah awalnya untuk mensejahterakan masyarakat.

Atau memang sebenarnnya tujuan bukan itu. Demi kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi masyarakat hanya digunakan sebagai dalih untuk mensukseskan proyek di belakang yang tidak di ketahui banyak orang.

Bahkan hal ini tidak terjadi sekali atau dua kali, namun sering kali terjadi di banyak tempat di Indonesia.

Seperti reklamasi pantai untuk pembangunan jalan tol di Teluk Benoa (Bali), reklamasi pantai di pulau Seribu, pembangunan pabrik semen di pegunungan Kendeng, perusakan hutan adat di Merauke, dan masih banyak lagi sebagainya.

Hal tersebut merupakan beberapa contoh janji dari pemerintah terkait menumbuhkan ekonomi justru malah menyingkirkan masyarakat sekitar.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Politik

Contoh teks Eksposisi Tentang Politik

Jangan Pilih Kepala Daerah yang tidak ramah terhadap alam

Tesis

Alam telah rusak, eksploitasi yang dilakukan terhadap alam di Indonesia sudah mencapai taraf yang menghawatirkan. Tambang menjadi penyebab paling banyak dari kerusakan alam.

Pertambangan tentu saja berkaitan dengan perusahaan tambang dan izin tambang yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Dalam hal ini pemerintah daerah menentukan boleh atau tidak lokasi ditambang.

Argumentasi

Alam merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan kita. Makan, minum, bernafas, dan yang menyangkut hidup kiya berasal dari alam.

Namun, di Indonesia telas banyak terjadi kesusakan lingkungan. Aktifitas pertambangan merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan.

Aktivitas pertambangan dapat dilakukan dengan adanya perusahaan tambang dan izin dari pemerintah daerah.

Kebanyakan dari kasus izin pertambangan dilakukan dengan kongkalikongantara perusahaan tambang dengan kepala daerah.

Kongkalikong terjadi biasanya pada saat pencalonan kepala daerah. Pencalonan kepala daerah tentu saja akan membutuhkanbiaya yang besar tentunya.

Biasanya perusahaan tambang akan menawarkan bantuan dana untuk kampanye.

Namun dengan syarat apabila kepala daerah tersebut jadi, perusahaan tersebut harus di izinkan melakukan pertambangan di daerah yang sudah diincar sebelumnya. Hal ini tentu saja sudah bukan rahasia lagi.

Jadi jangan memilih lebih baik memilih kepala daerah yang ramah terhadap alam.

Karena selain alam kita akan lestari, calon kepala daerah tersebut juga kira-kira menerima suap dari perusahaan tambang tertentu

Penegasan ulang

Kepala daerah memiliki kontrol terhadap kelestarian lingkungan. Karena izin eksploitasi alam, misalkan pertambangan juga dari kepala daerah.

Jadi sebaiknya jangan memilih kepala daerah yang tidak paham denagan alam dan hanya bisa memikirkan bagaimana cara mengeksploitasinya saja.

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Hukum

contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum

Diskriminalisasi terhadap wanita

Tesis

wanita sangatlah rentan menjadi sasaran objek kejahatan. berdasarkan data yang dirilis, Indonesia termasuk negara yang paling tidak aman terhadap kaum wanita.

Rata-rata tiap hari hampir sering adanya laporan kejahatan terhadap wanita Indonesia.

Malahan ada beberapa kasus yang cukup langka, yaitu diantaranya pelaku berasal dari keluarga korban sendiri.

Kasus-kasus tersebut mengundang masukan dan pendapat dari pakar sosial terkait kesalahan struktur masyarakat Indonesia.

Argumentasi

Walaupun Negara kita secara tegas menerapkan undang-undang yang menjerat para pelaku tindakan kriminal, akan tetapi penerapan hukuman tersebut dinilai belum membuat para pelaku kapok atau jera.

Beberapa pendapat dari pakar sosial memberikan kesimpulan bahwa adanya streotype yang terjadi dimasyarakat yang menimbulkan meningkatnya tindakan kriminal pada wanita.

Negara kita Indonesia, pada konstruksi sosialnya menganut patriaki dimana kedudukan lelaki dinilai lebih tinggi dibandingkan wanita

Pemerintah sebenarnya sudah menerapkan beberapa upaya dan pencegahan tindak kriminal seperti sosialisai pemberdayaan wanita, menyediakan gerbong kereta khusus wanita, mengutamakan kebutuhan wanita di tempat umum dan lainnya.

Akan tetapi masih saja beberapa oknum yang melanggar peraturan tersebut.

Penegasan ulang

Lantaran sistem sosial patriaki sudah turun temurun dan berlangsung lama di Indonesia, mau tidak mau wanita diharuskan mentaati seluruh aturan sosial yang mana condong terjadinya diskriminasi gender.

Selain itu sistem tersebut juga mengarahkan wanita supaya selalu patuh dan takut kepada pria.

Dengan begitu apabila ada wanita yang melawan, tetap saja masyarakat menganggap perlawanan tersebut tidak seharusnya dilakukan oleh wanita yang sudah dinilai memiliki watak lemah lembut dan taat.

Di atas merupakan beberapa contoh teks eksposisi yang  bisa untuk referensi anda dan kita semua semoga bermanfaat

Surat Pribadi

Luqi Afika
8 min read

Teks Pidato

Luqi Afika
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *