Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sekolah

2 min read

Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Sekolah

Masih membahas seputar serial teks eksposisi, dimana tidak jarang guru di sekolah memberikan kita tugas untuk membuat contoh teks eksposisi yang salah satunya membahas mengenai sekolah. Kabar baiknya, Yuksinau.id telah menyediakan contoh teks eksposisi tentang sekolah lengkap beserta strukturnya.

Sebisa mungkin kami memahami keinginan kamu, sehingga kami hanya memberikan contoh eksposisi sekolah yang singkat agar kamu tidak perlu terlalu mengeluarkan tenaga untuk mencatat di buku bahasa indonesia.

Sebelum membahas intinya, ingat terlebih dahulu bahwa terdapat 3 struktur yang menyusun teks eksposisi sehingga menjadi utuh, berikut ini.

Struktur Teks Eksposisi

  1. Pernyataan Pendapat (Tesis), yaitu bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat (tesis) penulis. Disebut juga bagian pembuka.
  2. Argumentasi, bagian yang memuat alasan yang bisa memperkuat argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.
  3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration); bagian yang berisi penegasan ulang pendapat penulis.

Diantara ciri-ciri teks ini yaitu:

  • Berusaha menjelaskan tentang sesuatu.
  • Gaya bersifat informatif.
  • Singkat, Padat, Akurat.
Pelajari tentang teks eksposisi lebih jauh di artikel: Teks Eksposisi (Lengkap): Pengertian, Struktur, Tujuan, Ciri, Jenis.

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sekolah 1

Contoh Teks Eksposisi Tentang Sekolah

Judul: Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Salah saktu faktor penting terciptanya kenyamanan dalam proses belajar mengajar di sekolah yaitu kebersihan. Kebersihan selain memberikan kenyamanan dalam proses belajar mengajar juga diperlukan agar kesehatan siswa-siswi terjaga. Dengan lingkungan sekolah yang bersih maka suasana belajar mengajar akan lebih asik.

Tetapi tidak sedikit siswa yang kurang sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah, terutama pada bagian laci meja di dalam ruang kelas. Bukannya berfungsi sebagai tempat meletakkan barang-barang peralatan sekolah, laci malah dijadikan sebagai tempat sampah. Padahal tidak seharusnya siswa membuang sampah sembarangan.

Argumentasi

Rasa dan kurangnya kesadaran menjadi penyebab utama siswa tidak menjaga kebersihan sekolah. Padahal di setiap lokasi titik lingkungan sekolah telah disediakan tempat untuk membuang sampah. Itulah penyakit siswa-siswi sekolah saat ini.

Akibat hal tersebut, lingkungan sekolah menjadi tidak terawat, kotor, bau, tidak sehat, bahkan menjadi sarang serangga. Laci meja kelas yang seharusnya bersih malah menjadi sarang nyamuk. Alhasil secara otomatis maka akan timbul rasa tidak nyaman dalam proses belajar mengajar yang membuat siswa-siswi tidak fokus.

Hal lain yang menyebabkan terjadinya hal ini karena siswa berpikir bahwa kebersihan sekolah adalah tanggung jawab penjaga atau perawat sekolah, sehingga mereka dengan semena-mena bisa membuang sampah sembarangan. Padahal kebersihan sekolah adalah tanggung jawab semua warga sekolah.

Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Sehingga menjaga kebersihan lingkungan sekolah penting sekali dilaksanakan. Dilaksanakan dengan berbagai cara seperti membersihkan kelas dan lingkungan sekolah, kerja bakti membersihkan sekolah pada hari jum’at secara rutin, melakukan reboisasi, dan sebagainya.

Tentunya jika kebersihan sekolah terjaga maka kenyamanan akan datang dengan sendiri, proses belajar mengajar jadi lebih fokus dan nilai para siswa-siswi akan semakin bagus. Hal ini juga bisa melatih tanggungjawab siswa dan siswi.

Contoh Teks Eksposisi Sekolah Singkat Beserta Strukturnya 2

Contoh Teks Eksposisi Sekolah Singkat

Judul: SMK Favorit di Salatiga

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sekolah favorit di Salatiga dengan Akreditasi A yaitu SMK Negeri 2 Salatiga. Sekolah ini ditunjuk pemerintah sebagai sekolah dengan taraf internasional dan termasuk dalam kategori Industri dan Teknologi.

Argumentasi

Dibuktikan dengan jumlah pendaftar setiap tahunnya yang melebihi kuota yang ditetapkan. Tahun-tahun terakhir jumlah pendaftar mencapai ribuan orang, padahal hanya disediakan kuota 600 orang. Dengan begitu maka banyak siswa yang belum berhasil masuk ke sekolah ini.

Sekolah ini menerapkan 5 hari sekolah dan menerapkan budaya industri. Penerapan budaya industri bertujuan untuk membiasakan para siswa dengan aturan yang ada di tempat mereka kelak akan bekerja.

Diantara contoh budaya industri yaitu adanya kegiatan kunjungan industri, jalur hijau di lingkungan sekolah, dan sebagainya. Atas dasar penggunaan budaya tersebut dan penggunaan kurikulum 2013, peraturan yang diterapkan sekolah ini juga berbeda, yaitu dengan sistem kredit poin.

Berbagai prestasi tela diperoleh sekolah ini baik di tingkat kota, kabupaten, maupun nasional. Diantara perlombaan yang dimenangkan yaitu lomba Joinery (medali emas), dan lomba Body Repair (medali perunggu) dan berbagai prestasi lain yang membuat sekolah ini menjadi SMK favorit di Salatiga.

Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Hal-hal diatas membuat SMK N 2 Salatiga menjadi sekolah yang digemari para siswa, sekolah ini menawarkan lulusan yang siap bekerja di bidangnya serta dikenal di Kota Salatiga. Bahkan terdapat siswa yang mendapat kesempatan untuk bekerja di Jepang.

Apabial ada yang ditanyakan mengenai contoh teks eksposisi singkat tentang sekolah beserta strukturnya diatas, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Selamat mengerjakan tugas!

Ahmad Manarul Seorang pemimpi yang ingin bermanfaat untuk banyak orang. Menjadikan pengalaman sebagai guru terbaik. Jangan berhenti belajar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *