Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

1 min read

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran

Saat di sekolah, tak jarang guru bahasa indonesia menyuruh kita untuk membuat contoh teks eksplanasi, salah satunya mengenai pengangguran. Pengangguran sendiri masuk kedalam salah satu fenomena sosial yang menjadi masalah terbesar dalam suatu negeri, dan kita akan membahas tuntas beserta strukturnya.

Sekedar mengingatkan, struktur teks eksplanasi terdiri dari:

  1. Pernyataan umum: berisi pernyataan umum mengenai topik yang akan dijelaskan proses proses terjadinya/proses keberadaan.
  2. Urutan Sebab Akibat: berisi mengenai detail penjelasan proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  3. Interpretasi: berisi tentang kesimpulan mengenai topik yang telah dijelaskan.

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran Singkat

Contoh Teks Eksplanasi Pengangguran Beserta Strukturnya

Pernyataan umum

Salah satu fenomena sosial yang sulit diatasi adalah pengangguran. Banyak yang mengartikan bahwa pengangguran adalah ketika orang dewasa tidak bekerja atau tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mempunyai pekerjaan secara format, dan tidak mempunyai penghasilan.

Urutan Sebab Akibat 1

Pengangguran terjadi karena orang tersebut tidak mempunyai kemauan untuk bekerja atau mencari pekerjaan maupun tidak mempunyai keahlian tertentu sehingga waktunya hanya dihabiskan di dalam rumah atau hanya bermain setiap harinya. Bahkan ada juga yang mengharapkan belas kasihan orang di sekitarnya.

Urutan Sebab Akibat 2

Beberapa faktor dasar yang menyebabkan pengangguran diantaranya karena tidak mempunyai syarat untuk bekerja seperti ijazah, kemudian kurang terampil dan lihai dalam mencari pekerjaan, minimnya pengetahuan, dan tidak mampu  bersaing dengan tenaga kerja lainnya.

Urutan Sebab Akibat 3

Lalu apa akibat banyaknya pengangguran? hal yang paling terlihat jelas yaitu persoalan ekonomi dan sosial untuk orang yang mengalaminya. Karena secara otomatis pengangguran itu tidak mendapatkan penghasilan sehingga tidak dapat untuk membeli kebutuhan untuk memenuhi hidup sehari-hari.

Selain itu, ketika jumlah pengangguran terlampau banyak, maka akan muncul kekacauan sosial, jumlah gelandangan meningkat, dan potensi kriminal naik.

Interpretasi (Kesimpulan)

Sehingga kita tahu bahwa pengangguran adalah masalah besar yang harus segera disolusikan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya dengan memperbaiki memperbanyak lapangan pekerjaan.

Karena semakin banyak lapangan pekerjaan, pengangguran juga semakin berkurang. Jika pengangguran berkurang, tingkat kriminalitas sekaligus juga bisa berkurang.

Cara lain yang bisa dilakukan dengan memperbaiki lulusan sarjana yang dihasilkan dan disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Sehingga akan tepat sesuai dengan bakat dan minat para sarjana.

Hal lain yang bisa kita lakukan yaitu membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain sehingga kita juga turut serta dalam mengurangi tingkat pengangguran sekaligus kemiskinan di Negeri ini.

Ada yang ingin ditanyakan dengan contoh teks eksplanasi pengangguran ini? jangan sungkan untuk bertanya ke Yuksinau.id!

Referensi:

sman1kepanjen.blogspot.co.id/2016/03/pengangguran-teks-eksplanasi-bindonesia.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *