Contoh Teks Anekdot

6 min read

Contoh Teks Anekdot

Anekdot merupakan teks yang  berniat di buat dengan berbentuk humor atau dengan penyampaian dengan bentuk humor. Contoh dari teks anekdot ada berbagai macam dan akan kami bahas secara lengkap.

Anekdot adalah di masa lalu teks anekdot sering kita temui dalam surat kabar, tapi kini atas majunya teknologi.

Kita sudah dengan mudahnya menemukan atau mencari teks anekdot di internet. Agar lebih jelas kami akan memberikan penjelasan lengkap dengan contohnya

Anekdot adalah jenis teks yang memiliki perbedaan atau ciri-ciri khas yang berbeda dengan teks lainnya karena bisa digunakan untuk menghibur orang lain.

Teks anekdot mempunyai struktur di dalam pembuatannya dan mempunyai perbedaan dengan teks yang lain.

Di sini kita akan membagikan struktur teks anekdot yang genap denbgab struktur dan contohnya agar mengerti struktur menulis teks Anekdot yang benar

Topik Anekdot seringnnya membahas yang berhubungan dengandinamika politik, kehidupan sosial, lingkungan hidup, dan kelayakan publik.

Ciri ciri teks anekdot

Kini kita telah tahu apa itu teks Anekdot. Kini kita akan membagikan ciri-ciri teks Anekdot yang khusus atau berbeda teks yang lainnya. Ciri-cirinya adalah:

1. Teks Anekdot bersifat humor atau lelucon, teks Anekdot berarti  berisi kisah-kisah lucu atau bualan.

2. Bersifat menyindir individu atau sebuah kelompok tertentu

3. memiliki tujuan tertentu agar orang lain tahu apa yang kita tulis

4. Bersifat menggelitik, artinya pembaca akan terhibur karena faktor lucu di dalam teks Anekdot tersebut

5. kisah cerita yang di diberikan mirip dengan dongeng.

6. Bisa jadi tentang orang penting.

7. Menceritakan tentang karakter hewan dan manusia yang kerap bersangkutan secara umum dan realistis.

Baca selengkapnya tentang Contoh Pantun yang pernah kami bahas secara lengkap di Yuksinau

Struktur Teks Anekdot

Teks Anekdot memiliki struktur strukstur dalam pembentukan seperti: Abstrasi, Orientasi, Event, Krisis, Reaksi, Koda dan Re-Orientasi. Dan bagian penjelasan struktur Teks Anekdot ada di bawah ini

  • Abstrasi, bagian yang terletak pada awal paragraf yang berisikan tentang gambaran awal tentang isi dari Teks Anekdot.
  • Orientasi, bagian yang berisikan tentang awal mula, latar belakang atau kejadian yang ada dalam teks
  • Event, berisikan tentang rangkaian peristiwa yang terjadi di dalam teks.
  • krisis, bagian yang berisikan tentang pemunculan permasalahan yang terjadi di dalam teks Anekdot.
  • Reaksi, bagian yang berisikan tentang langkah penyelesaian masalah yang timbul dalam bagian krisis.
  • Koda, bagian ini menceritakan tentang suatu perubahan tokoh dalam teks Anekdot.
  • Re-orientasi, bagian ini merupakan akhir atau penutup dari suatu teks Anekdot.

Tujuan Teks Anekdot

Teks Anekdot mempunyai tujuan yang mengarah atau tujuan kepada pembaca dalam kisah cerita yang di tulis.
Tujuan tujuan tersebut merupakan latas belakang bagi penulis untuk menulis sebuah teks anekdot. berikut ada beberapa contoh tujuan dari penulisan teks Anekdot.

1. agar pembaca tertawa saat membacanya

2. agar pembaca terhibur saat membaca

3. untuk masukan seseorang yang di kritik

Kaidah Kebahasaan Teks

Teks Anekdot memiliki kaidah bahasa yang berbeda dari teks lainya yaitu:

  • Menerapkan keterangan waktu lampau
  • menggunaan kata kerja
  • Peristiwa yang urut berdasarkan waktu
  • Mengenakan kata penghubung
  • Menggunakan jenis pertanyaan retorik, yaitu kalimat pertanyaan yang tidak wajib untuk di jawab.

Di atas adalah rumus dari  Teks Anekdot  dan kami akan memberikan beberapa contoh teks Anekdot :

Contoh Teks Anekdot Sosial

Contoh Teks Anekdot Sosial

Pendapat Kakak dan Adik

Di malam hari di depan televisi ada seorang kakak adik dan menonton suatu berita di dalam channel tv terkenal.

Di saat menonton mereka mempunyai pendapat sendiri-sendiri tentang berita yang mereka tonton yaitu organisasi dari istri istri pejabat yang tengah berlibur di luar negeri tepatnnya di Hong Kong.

Lihatlah pakaian dan aksesoris mewah yang ibu-ibu pake dari ujung kaki sampai ujung rambut dek, itu semua adalah barang yang mempunyai harga mahal semua dan ibu ibu itu semua sama seperti itu”.

” Memangnya kenapa kak? bukanya itu hak mereka mau memakai merk berkualitas internasional sesuai dengan kelas mereka semua.

“iya sih berkelas tapi lihatlah rambut dan pakaianya dengan gayanya yang di warnai dengan warna cerah seperti Girl band korea.

Pakaian mereka juga kompak dengan sepatu high heels mereka yang terlalu tinggi padahal gak sadar berapa usia mereka dan orang sekelas pejabat tidaklah pantas berpakaian seperti itu.

” Jelas sang kakak”.”kakak taunya mereka mau konser k-pop di luar negeri, sambung adiknya dengan tertawa geli”

Contoh Teks Anekdot Tentang Hukum

Contoh Teks Anekdot  Lucu Dan Menyindir

Pencuri Sandal dan Koruptor

Di suatu persidangan, seorang hakim memberikan hukuman 5 tahun penjara terhadap pemuda berusia 22 tahun. pemuda tersebut bernama Alucard karena mencuri ayam jago punya pak RT.

Alucard:” Lah pak hakim tunggu dulu, ayam yang saya curi hanya berharga Rp 100.000. Mengapa saya di jatuhi hukuman 5 tahun penjara?

sementara para koruptor yang mencuri uang rakyat dalam jumlah besar lebih ringan hukumanya?”

Hakim:” saudara Alucard, Anda yelah merugikan pak RT senilai Rp 100.000. Sementara itu, para koruptor merugikan 500 juta orang senilai 5 milyar rupiah.

Jika di rinci kerugian yang di timbulkan dari tindakan korupsi hanya Rp 10 per orang.”

Alucard:” lalu?”

Hakim:” lalu apa? ya sudah jelas tindakan Anda jauh lebih merugikan orang lain. oleh karena itu, sudah sepantasnya Anda saya berikan hukuman yang lebih berat.”

Alucard: (pingsan)

Contoh Teks Anekdot  Lucu Dan Menyindir

Contoh Teks Anekdot  Lucu Dan Menyindir

Roger dan Pekerjaan Rumah

Suatu hari di sebuah kelas seorang guru menegur siswanya yang tidak mengerjakan PR.

Guru: Roger!? kamu tahu tidak apa kesalahan kamu?

Roger: saya tidak tahu pak kesalahan saya!

Guru: Dari minggu lalu sudah di beri tugas PR matematika dan tidak dikerjakan. itu kesalahan kamu!

Roger: Saya tidak mengerti pak?!

Guru: kamu itu gimana sih membangkang teguran bapak, hah?!

Roger: memangnya salah pak?! bukanya bapak sendiri yang berkata minggu kemarin waktu saya melamun bahwa tidak bagus masih di sekolahan memikirkan hal hal di luar sekolahan, apa lagi mengerjakan hal hal yang di luar kegiatan pelajaran?

Guru: benar memang itu tidak baik! (memotong ucapan Roger)

Roger: (santai) itu saya terapkan dalam hidup saya pak. Jika memang tidak baik melakukan kegiatan lain di luar pelajaran di luar mata pelajaran sekolah di sekolah.

Maka sebaliknya pak tidak baik pula mengerjakan pekerjaan sekolah di rumah. saya harus mengerjakan pekerjaan rumah agar kebutuhan rumah tercukupi dan bisa makan pak.

Ibu saya sakit Kanker dan 4 adik saya yang masih kecil kecil. artinya saya harus mencari nafkah dan tidak bisa mengerjakan pekerjaan sekolahan agar bisa mencari nafkah.

Karena itu saya tidak mengerti letak kesalahan saya di mana pak. Maaf…

Guru: (tercengang dengan diam seribu bahasa)

Contoh Teks Anekdot Dialog

Contoh Teks Anekdot Dialog

Hujan Di Kedai Kopi

Dua orang sahabat yang sedang sedang mengobrol di suatu kedai kopi saat hujan deras.

Zacky: Wakil rakyat, bukanya memakmurkan rakyatnya kok malahan hanya memakmurkan dirinya sendiri saja.

Daniel: Parah sekali memang, tidak sedikit yang terlibat dengan kasus korupsi.

Zacky: iya memang parah banget. Wakil Rakyat tambah hari tambah makmur hidupnya Rakyat tambah hari tambah susah.

Sudah semakin banyak orang yang tinggal di jalanan, dan Wakil Rakyat tinggal di rumah yang mewah seperti istana. Sejahtera sekali mereka yang duduk di kursi DPR.

Daniel: Coba kita pikir pikir dulu. Wakil rakyat kan yang mewakili Rakyat.

Zacky: Iya memang benar seperti itu.

Daniel: Kalo rakyat ingin kaya berarti sudah di wakili oleh mereka. Rakyat ingin mobil mewah sudah di wakili oleh Wakil Rakyat.

Rakyat ingin mempunyai rumah mewah bahkan sudah di wakili oleh Wakil Rakyat, bahkan saat rakyat mau bertengkar pun sudah di wakilinya.

Zacky: Hahaha maksudnya gimana sih?

Daniel: Waktu sidang kan juga sering pada ribut dan akhirnya bertengkar juga kan.

Zacky: hahahahahaha……

Contoh Teks Anekdot Berbentuk Narasi

Anekdot Berbentuk Narasi

 

Go Car Di Tengah Malam

Di saat Layla ingin pulang ke rumahnya dia memesan Go Car di aplikasi smartphonenya. Tak lama kemudian mobil hitam langsung berhenti di pinggir jalan tepat di depan Layla berdiri.

langsung Layla pun masuk ke mobil dan berkata “ke Dieng ya pak” Sopir taksi pun hanya mengangguk, selama perjalanan pulang di dalam mobil sangat hening tidak ada percakapan sedikitpun antara sopir Go Car dengan Layla.

Mungkin karena Layla capek karena bekerja sampai tengah malam. Setengah jam lamanya keheningan di dalam mobil.

Di saat Layla teringat uang yang ada di dalam dompetnya kurang untuk membayar Go Car. Layla pun langsung menepuk pundak sang sopir online dengan maksud untuk mengambil uang di ATM.

Tapi entah mengapa sang sopir langsung membanting stirnya ke kiri dan ke kanan dan sambil terus berteriak histeris sampai Laylapun ikut panik.

Hingga akhirnya mobilnya menabrak sebuah pohon besar di pinggir jalan. untung saja Layla dan si supir Go Car tidak mengalami luka yang serius.

Sang sopir langsung meminta maaf kepada Layla. “Maaf mbak, mbak gimana keadaanya? Mak sih pake nepuk pundak saya tadi saya jadi panik dan kaget setengah mati Mbak!!”

“Lah masa di tepuk pundaknya saja sudah kaget seperti itu??”.”Soalnya ini pertama kalinya saya menjadi sopir online mbak”.”memangnya pekerjaan bapak sebelumnya??” “selama 30 tahun saya jadi SOPIR MOBIL JENAZAH”

Contoh Teks Anekdot Berbentuk Dialog Panjang

Anekdot Berbentuk Dialog Panjang

Pembalap dan Pengendara Motor Indonesia

Di suatu hari Ravi dan Roky sedang asik berbicara di suatu warung tegal dan memesan kopi. Mereka membicarak tentang perilaku pengendara motor yang ada di Indonesia.

Ravi: Hari ini Jakarta banget ya?

Roky: Jakarta memang seperti itu. Bukan Jakarta kalau tidak macet.

Ravi: Memang benar seperti itu sih. kapan ya Jakarta bebas dari kemacetan?

Sekarang pengguna kendaaraan bermotor sudah semakin bertambah. Apa lagi sepeda motor, pengendaranya seenaknya jidat sendiripada kebut kebutan lampu merah saja berani di terobos.

Roky: Tapi berbicara tentang pengendara motor di negara kita itu hebat hebat loh. lebih hebat malahan dari pembalap MotoGP.

Ravi: Hebat dari mana orang Indonesia juga tidak ada yang ikut di MotoGP.

Roky: Pembalap MotoGP kalau nyalip itu penuh dengan perhitungan belok kanan, belok kiri, miring kanan, miring kiri, kalo ada kesempatan ya di salip kalo tidak ya cari kesempatan yang lain. tidak membahayakan diri sendiri juga.

Ravi: kalo pengendara motor di negara kita bagaimana?

Roky: kalo pengendara motor kita mah jangankan mobil mobil kecil, truck gandeng aja mereka tancap gas agar bisa menyalipnya.

Bahkan kadang ada juga yang menggunakan trotoar yang bukan jalan haknya pun di pake agar mempersingkat waktu atau lebih cepat sampai tepat tujuan.

Ravi: Ouh ya memang benar kebanyakan sih seperti itu.

Roky: Sehebat hebatnya pembalap MotoGP , nggak ada kan yang pernah melawan arah. Memangnya pernah lihat Valentino Rossi lagi di urutan pertama terus puter balik?

Ravi: Ya nggak lah Mas.

Roky: Kalo pengendara motor di negara kita lawan arah itu sudah biasa. Totoar di embat bahkan jembatan penyebrangan di embat juga agar mempercepat sampai tujuan.

Ravi: Bener juga sih masih ada lagi gak Mas?

Roky: Kalau pembalap profesional kan sudah belajar dari kecil dan memakai motor khusus, menggunakan tempat yang di gunakan khusus untuk latihan.

Kalau di Indonesia kita sudah sering menjumpai anak anak SMP bolak balik dengan kecepatan tinggi menggunakan sepeda motor.

Tidak menggunakan helm, dan tidak mempunyai karti SIM. Memangnya kamu pernah lihat di televisi kalau pas balapan MotoGp pembalapnya tidak memakai helm??.

Kalau disini ngebut sudah tidak memikirkan orang lain atau pengendara lain dan tidak memikirkan nyawanya yang bisa saja menghilang jika kecelakaan di jalan raya nyawanya kan hanya satu.

Kadang anak SMP panik saat melihat patroli atau sedang ada tugas dan langsung saja menancapkan gas dengan cepat karena mereka tidak mempunya SIM dan takut kena tilang

Ravi: Benar sekali Mas, memangnya punya teman polisi atau siapa kok bisa sampai ceritanya jelas banget?

Roky: Tidak juga sih karena saya juga dulu seperti itu juga hehehe

Ravi: memangnya pernah di tilang polisi Mas?

Roky: pernah sih dulu sekali.

Ravi: Waktu itu pas berangkat sekolah SMA belum punya sim gak taunya ada patroli Polisi dan melihat saya tidak memakai helm langsung di samperin sama polisi.

Roky: Polisinya bilang gimana Mas?

Ravi: Anda tahu kesalahannya apa? “iya saya tidak memakai helm dan ngebut pak” saya jawab begitu.

Dan polisnya tanya lagi. “Kenapa tidak memakai helm kok negut ngebutan?” Saya jawab karena Saya lihat bapak dan tidak memakai helm sama tidak mempunyai SIM.

Roky: Hahaha. Mas bisa aja. Habisin dulu Mas kopinya sampai dingin tuh.

Ravi: hahaha gara-gara keasikan ngobrol sampai lupa sama kopi.

 

Demikian beberapa Contoh Teks Anekdot yang dapat kita pelajari bersama sama. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *