Contoh Surat Pribadi

Share
Comment 1 reply
Contoh Surat Pribadi

Surat Pribadi adalah surat yang digunakan untuk menyampaikan berita atau informasi yang dibuat oleh seseorang secara pribadi.

Pada umumnya, surat pribadi menggunakan bahasa yang tidak baku atau bahasa yang biasa digunakan sehari-hari. Dan kami akan memberikan contoh surat pribadi agar anda semakin paham.

Perlu diketahui, penggunaan surat pada waktu ini semakin jarang, tidak seramai seperti dulu.

Seiring perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi, sekarang ini proses berkirim surat kepada teman, ibu, kakak, saudara, dan guru sudah jarang sekali dilakukan oleh setiap orang.

Ciri Ciri Surat Pribadi

Sebenarnya terdapat banyak ciri-ciri surat pribadi, pada umumnya sebagai berikut:

  • Kalimat atau kata yang dipakai yaitu tidak terlalu resmi atau bahasa sehari-hari yang sering digunakan. Dengan catatan harus tetap sopan, santun dan juga mudah untuk dipahami orang lain
  • Selalu mengandung kata sapaan yang sifatnya privasi. biasanya kalimat yang mengandung hal tersebut berada di bagian atas surat
  • Menggunakan beragam bahasa dalam penyampaiannya, tergantung orang yang menerima surat tersebut
  • Untuk penulisan salam pembuka, isi sampai penutup lebih baiknya menggunakan bahasa yang non formal atau tidak terlalu resmi
  • Format penulisan surat pribadi bersifat bebas, tergantung oleh penulisnya
  • Pada bagian surat tidak terdapat kop dan nomor surat seperti pada contoh surat resmi umumnya
  • Isi dalam surat tersebut ditulis untuk keperluan komunikasi dengan orang terdekat kita yang sedang tidak berada dalam satu tempat

Sistematika Surat Pribadi

Adapun sistematika tersebut sebagai berikut :

1. Tempat dan tanggal pembuatan surat

Pada bagian ini pembuat surat menuliskan alamatnya secara singkat dan juga tanggal surat itu dibuat.

2. Tujuan atau alamat surat

Biasanya pada bagian tersebut juga disertakan nama penerima surat. Dalam penulisannya, pada bagian ini diawali dengan menuliskan nama penerima terlebih dahulu.

3. Salam Pembuka

Salam pembuka merupakan cara penulis surat memulai komunikasi melalui surat pribadi. Beberapa kata yang sering digunakan sebagai salam pembuka, misalnya:

  • Assalamualaikum
  • Salam sejahtera
  • Dear …

4. Pembuka surat atau paragraf pembuka

Kalimat di paragraf pembuka biasanya berupa pertanyaan mengenai kabar si penerima surat. Misalnya,

“Hai Lina, apa kabar? Bagaiman keadaan mu di Jogja, pasti sehat ya. Sudah lama tidak jumpa denganmu, pasti kamu sudah tambah sukses sekarang…”

5. Isi surat atau paragraf isi

Pada bagian ini adalah tempat dimana si penulis surat menyampaikan inti atau tujuan dibuatnya surat tersebut. Sebuah surat pribadi juga harus memiliki tujuan yang jelas dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Misalnya,

“Lina, sahabat kecilku yang baik. Banyak yang terjadi di kampung kita sejak kamu pergi ke kota. Banyak pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah, dan sekarang banyak lowongan pekerjaan di sini. Saya ingin mengajak kamu bekerja di perusahaan keluargaku yang mulai berkembang…”

6. Penutup surat atau paragraf penutup

Paragraf ini digunakan untuk menutup atau mengakhiri surat pribadi. Kata-kata yang sering digunakan adalah harapan, mohon diri, permintaan maaf, dan lain-lain. Misalnya,

“Lina, sekian dulu surat dari saya. Jika sempat, tolong dibalas ya. Jangan lupa, sampaikan salam dari saya untuk keluargamu…”

7. Nama pengirim dan tanda tangan

Bagian ini merupakan bagian surat yang paling akhir. Biasanya bagian nama pengirim dan tanda tangan berada di posisi paling bawah di pojok kanan surat. Namun bisa juga kalian tulis pada bagian kiri bawah surat.

Tujuan Surat Pribadi

Dari sekian banyak fungsi dan tujuan dari surat pribadi, salah satunya adalah untuk memberikan sebuah kabar atau informasi si penulis kepada teman, sahabat, atau orang terdekat yang sedang berada di suatu tempat dan sudah lama tidak bertemu.

Tujuan yang lainnya membuat surat pribadi yaitu untuk mengekspresikan suatu perasaan si penulis dalam kondisi tertentu kepada orang lain.

Contoh Surat Pribadi untuk Sahabat Kecil

Bogor, 4 Juni 2018

Sahabatku,

Ari ristiawan

Di Cikadut

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Hai Ar, apa kabar? Apa kamu sehat-sehat saja? Semoga kamu dan keluarga senantiasa diberikan kesehatan dan kebahagiaan oleh Allah SWT. Aamiiin.

Sudah lama rasanya kita tidak berjumpa, sudah hampir dua tahun yang lalu Ar, tepatnya saat aku dan keluarga memutuskan untuk pindah ke Bogor.

Sejak saat itu aku tidak pernah lagi mendengar kabar tentangmu Ar. Aku berharap kamu senantiasa berada dalam lindungan dan kasih sayang Allah SWT di manapun berada.

Akhir bulan ini aku dan keluarga berencana pulang ke Bandung untuk menjenguk nenek. Aku berharap pada hari itu bisa ikut rombongan untuk menjenguk kampung halaman sekalian bersilaturahmi dan bernostalgia dengan kalian wahai para sahabat kecilku yang sangat ku rindu.

Namun apa boleh buat, Allah berkehendak lain tentang rencana ini. Hari itu ternyata aku ada ujian semester dan juga presentasi di kampus. Dengan berat hati nampaknya perjumpaan kita harus diundur, dan aku belum tahu kapan.

Semoga secepatnya kita bisa bertemu ya Ar.

Oh iya Ar, sekian dulu ya, sampaikan salam sekaligus permintaan maafku kepada sahabat-sahabat yang lain. Katakan pada mereka kalau aku sangat merindukan kebersamaan kita dulu saat masa kecil.

Sahabatmu,

 

Dadang

Surat Pribadi untuk Kakak

contoh surat pribadi untuk kakak

Contoh Surat Pribadi kepada Orang Tua

Kepada Mama Tercinta

Jalan Hamengku Buwono No. 8A

 

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Halo ma. Bagaimana kabarnya? Semoga mama selalu diberi perindungan oleh Allah serta diberi kesehatan selalu. Lani kangen banget sama mama. Sudah berapa bulan kita gak ketemu. Pasti mama papa juga kangen Lani.

Ma, Alhamdulillah disini aku sudah punya sahabat yang baik, namanya Shilfi. Seminggu yang lalu Anis sakit, dan ketika aku sakit ia yang selalu merawat Lani. Shilfi membelikan makan sampai mengantarkan ke dokter. Kalau lagi sakit jadi inget mama yang selalu bikini bubur buat Lani.

Mama gimana kabar dek Randi, masih nakal gak? Masih suka ganggu mama masak? Dia sekarang pasti tambah ganteng kaya kakak. Lani kangen di ajak ke kebun lagi sama kakak sambil naik kuda. Lani pengen di ajak naik ke gunung yang belum pernah Lani kunjungi.

Oh ya mama, maafin Lani ya liburan ini tidak bisa pulang kerumah, karena Lani harus magang sebulan penuh. Sedih sebenernya karena tidak bisa berkumpul bareng keluarga seperti biasanya.

Coba boleh magang dirumah jadi gak harus megorbankan liburan. Lanibakalan magang di Jakarta, di salah satu perusahaan media. Gak tau disana seperti apa nanti lingkungannya tapi kata kakak tingkat enak kok.

Minta do’anya ya ma. Semoga Lani  selalu diberi kesehatan, oh ya madu yang mama kirim kemarin sudah sampai 2 hari yang lalu, setelah aku minum itu badan Lani sudah agak enakan.

Sudah dulu ya ma, jangan lupa dibalas ya suratnya, Lani sangat rindu mama, nanti kalau HP Lani sudah bisa diperbaiki langsung Lani hubungi, Do’a kan pas magang nanti betah dan bertemu dengan orang-orang yang baik. Lani sayang mama.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

Anak Tersayang

 

Lani Kurniasari

Setelah mengetahui secara lebih luas ciri-ciri, sistematika, dan contoh surat pribadi, dijamin anda tidak akan merasa kebingungan jika hendak membuat surat pribadi.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.