Contoh Saran Dalam Makalah

Share
Comment 0 reply
Contoh Saran Dalam Makalah

Contoh saran dalam makalah merupakan suatu anjuran dalam mengerjakan pendekatan pada metode penelitian yang dipakai, pengembangan pada variasi serta alat yang dimanfaatkan.

Untuk membuat makalah, pastinya selain membuat pengantar makalah, ada lagi beberapa penyusunannya yang terbagi ke dalam beberapa bab dan sub bab.

Pada bagian pendahuluan dan isi, makalah pada umumnya bisa dengan mudah disusun sebab memakai referensi yang telah ada.

Tetapi di bagian bab akhir inilah yang biasanya akan muncul kebingungan guna mengisi bagian penutupnya yang berupa kesimpulan dan saran.

Agar kalian tidak salah dalam membuat kesimpulan dan saran dalam makalah, berikut akan kami berikan penjelasan beserta contohnya.

Pengertian Saran

contoh penutup makalah

Saran merupakan suatu kalimat yang memiliki tujuan untuk memberikan solusi terkait permasalahan yang ada di dalam suatu makalah.

Saran ini masuk ke dalam bagian sub bab yang ada pada bagian penutup di dalam makalah.

Pada umumnya, sub bab saran juga diikuti dengan adanya kesimpulan yang merangkum apa saja isi dari makalah itu sendiri dan akan menjawab tujuan dari pembuatan makalah.

Tips Membuat Saran

contoh saran singkat

Dalam pembuatan saran, ada beberapa unsur yang sebaiknya kalian perhatikan, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Jumlah Kata

Pada suatu penulisan karya tulis, biasanya pembuatan saran dibatasi dengan jumlah minimal karakter yang digunakan.

Hal tersebut ditujukan guna adanya kesetaraan antara kesimpulan yang disampaikan.

Adapun batasan kata dalam pembuatan saran yang baik yakni lebih dari 200 kata.

2. Memberikan Kata Harapan

Ketika menulis saran harus disertai dengan harapan untuk para pembaca, khususnya dengan menggunakan bentuk kata – kata yang menarik seperti pemakaian “oleh karena itu” atau memakai kata “penulis berharap..…”, dan yang lainnya.

3. Memberikan Rekomendasi

Langkah untuk membuat saran yang baik yakni dengan cara memberikan rekomendasi berwujud penelitian lebih lanjut terkait metode yang digunakan.

4. Memberikan Solusi

Tak hanya mengharapkan makalah itu bisa menjadi lebih baik, di dalam saran juga harus mengandung solusi supaya nantinya para pembaca lebih mudah untuk memperbaiki makalah itu sendiri.

Solusi itu bisa berwujud cara untuk mengatasi kekurangan yang terdapat di dalam makalah yang belum bisa dikerjakan oleh penulis sehingga para pembaca dapat mengetahui dengan jelas apa yang kurang dari isi makalah tersebut serta bagaimana cara untuk memperbaikinya.

Contoh Saran Dalam Makalah

saran makalah untuk mahasiswa

Berikut adalah beberapa contoh saran dalam makalah yang dapat kalian gunakan sebagai referensi, antara lain:

1. Contoh Saran Dalam Makalah Kesehatan

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Kesehatan lingkungan merupakan sebuah bagian integral dari ilmu kesehatan masyarakat yang mana khusus untuk menangani dan mempelajari hubungan manusia pada lingkungan dalam keseimbangan ekologis.

Berikut adalah Cara Pemeliharaan Kesehatan Lingkungan yang perlu untuk diperhatikan, seperti:

  1. Tidak mencemari air dengan cara membuang sampah sembarangan.
  2. Mengolah tanah sebagaimana mestinya.
  3. Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor sebab akan menyebabkan polusi.
  4. Menanam tumbuhan di lahan atau tanah kosong.

Kontribusi lingkungan guna mewujudkan derajat kesehatan merupakan sebuah hal yang esensial, yang mana disamping masalah perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan maupun faktor keturunan.

2. Saran

Kami ucapkan terima kasih terhadap semua pihak yang sudah berpartisipasi did alam pembuatan makalah ini sehingga bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

2. Contoh Saran Dalam Karya Ilmiah

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian penentuan permitivitas relatif & permeabilitas relatif bahan ferromagnetik memakai metode Nicolson Ross Weir yakni:

  1. Hasil terbaik dari penelitian yang diperoleh yaitu di dalam campuran sampel BaFe9(MnCoTi)3O19 dengan komposisi Fe3Si 10% dengan nilai yang didapatkan dari perhitungan di dalam sampel Fe3Si yang dicampurkan dengan bahan pada komposisi 10% mempunyai nilai real =-4,96 hingga 14,28 serta nilai imajiner ε”= -9,4 hingga 8,03 dan yang didapatkan dari perhitungan dalam sampel Fe3Si yang dicampurkan dalam bahan dengan komposisi 10%. Pada komposisi 10% puncak pertama =48,67 dan = -41,49; puncak kedua =31,89 dan = -28,17.
  2. Nilai permeabilitas yang bernilai negatif memberikan gambaran jika sampel mempunyai potensi guna dipakai sebagai bahan metamaterial.

5.2 Saran

Studi lanjut terkait penentuan permitivitas serta permeabilitas relatif bahan ferromagnetik yang memakai metode NRW diharapkan guna memakai koreksi terhadap nilai permitivitas serta permeabilitas relatif dan memakai sampel uji VNA dengan menggunakan bahan murni untuk memperoleh nilai yang lebih akurat.

3. Contoh Saran Dalam Makalah Sejarah

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Dengan berlandaskan makalah di atas,maka dapat disimpulkan jika makalah yang disusun itu memiliki tema “Kegiatan Jurnalistik yang menggunakan Bahasa Daerah” yaitu suatu kegiatan jurnalistik yang dapat menerapkan bahasa daerah yang tersusun atas beberapa bahasa, contohnya seperti menggunakan bahasa Lampung.

Lalu pada penggunaan bahasa ini dipakai dalam suatu aktivitas jurnalistik yang disesuaikan dengan penggunaanya, serta memiliki tujuan supaya bahasa daerah dapat selalu terus dilestarikan.

2. Saran

Tentunya terhadap penulis sudah menyadari jika dalam penyusunan makalah di atas masih banyak ada kesalahan serta jauh dari kata sempurna.

Adapun nantinya penulis akan segera melakukan perbaikan susunan makalah itu dengan menggunakan pedoman dari beberapa sumber dan kritik yang bisa membangun dari para pembaca.

4. Contoh Saran Dalam Makalah Agama

BAB V
PENUTUP

1. Kesimpulan

Rekonsiliasi dari makalah media islami adalah sebuah tindakan untuk menciptakan proses penyusunan kembali tatanan masyarakat yang terpecah – pecah akibat dari adanya pemberitaan di media.

Hal ini dirasa sangat penting guna memelihara kesatuan serta persatuan terlebih negara Indonesia bukan lagi negara yang menerapkan hukum agama tetapi menerapkan pancasila serta UU dasar sebagai landasan fundamental.

Usaha dalam implementasi yang dikerjakan di dalam rekonsiliasi media islami merupakan mensinergikan usaha peningkatan wacana diskusi untuk para pemuda sebagai salah satu cara menjaga radikalisme agama terutama lewat media dengan mengerjakan pendekatan hukum baik agama islam maupun kenegaraan yang didatangkan langsung oleh para ahlinya, dengan cara inilah pemahaman terhadap generasi muda lebih mengagenda serta akan membentuk sikap kritis yang baik tanpa serta merta menelan mentah – mentah media massa yang sedang berkembang.

2. Saran

Saran yang dapat penulis berikan:

Perlu adanya metode penelitian yang lebih lanjut akan usaha peningkatan diskusi kepada pemuda sebagai salah satu cara memaksimalkan potensi generasi dalam membentengi dirinya dari radikalisme agama yang sedang berkembang.

5. Contoh Saran Dalam Makalah Globalisasi

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Di Era Globalisasi seperti sekarang ini sudah banyak sekali adanya penerapan UUD 1945 serta Pancasila di dalam bidang – bidang kehidupan, berbangsa serta bernegara mulai dari waktu ke waktu.

Perkembangan zaman seperti inilah yang akan membuat bangsa Indonesia mengalami kemajuan pesat serta kebaikan yang ditujukan untuk kepentingan umum.

Walaupun negara Indonesia tak seutuhnya bisa menghindar pada era Globalisasi seperti sekarang, tetapi masyarakat harus dapat menyesuaikan diri serta tetap memegang agama dan moral.

Tentunya pada era Globalisasi mempunyai dampak negatif apabila tidak disaring sesuai dengan nilai Pancasila, parahnya lagi, Globalisasi bisa menimbulkan kemunduran moral untuk masyarakatnya.

2. Saran

Menurut pendapat saya, pada era Globalisasi seperti sekarang, bangsa Indonesia butuh untuk melakukan beragam perbaikan di semua bidang.

Adapun bidang dasar yang lumayan penting seperti sosial dan budaya, politik, hukum dan bidang ekonomi. Hal tersebut perlu dikerjakan supaya perubahan yang terjadi nantinya akan menjadi lebih baik lagi.

Kita pun perlu untuk menanamkan penerapan nilai – nilai UUD 1945 serta Pancasila supaya bangsa Indonesia tetap maju tanpa meninggalkan ciri khas dari yang telah ada.

Saya yakin jika bangsa ini akan mempunyai kehidupan yang lebih baik apabila berpegang teguh kepada pedoman yang ada, meskipun zaman serta teknologi semakin maju.

6. Contoh Saran Dalam Makalah Singkat

a. Yang Pertama

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan dari hasil penelitian terkait Sistem Informasi Perusahaan Barang di atas, maka dapat saya simpulkan, bahwa:

  • Perusahaan akan terbantu dengan menggunakan Sistem Informasi Barang.
  • Perusahaan akan menjadi lebih mudah untuk memperoleh informasi pengadaan serta penjualan barang, seperti laporan penjualan, pengadaan sampai pencarian data barang.

2. Saran

Penulis tentu menyarankan supaya beberapa hal yang berhubungan dengan pengembangan Sistem Informasi Perusahaan Barang pada masa mendatang, seperti:

  • Penerapan Sistem Informasi pada suatu perusahaan, akan lebih baik apabila bisa menambah beberapa perangkat kelengkapan komputer supaya pada pengerjaannya akan menjadi lebih efisien serta efektif untuk perusahaan.
  • Staff Admin pada suatu operator komputer sebaiknya diberi pengetahuan lebih mengenai bagaimana mengoperasikan Sistem Informasi supaya lebih optimal lagi.
  • Pemilihan karyawan yang sesuai dengan keahliannya.

b. Yang Kedua

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan dari data di atas, saya simpulkan jika makalah ini berisi mengenai aktivitas jurnalistik yang bisa memakai bahasa baku yang terdiri atas beberapa bahasa yang ada, seperti mengkombinasikan antara Bahasa Asing dengan Bahasa Melayu.

Pemakaian bahasa itu diterapkan pada proses aktivitas jurnalistik sesuai dengan keperluannya.

Tak hanya itu, ada juga perpaduan antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing maupun kombinasi dari bahasa lainnya.

2. Saran

Saya sebagai penulis menyadari jika makalah ini banyak sekali memiliki kekurangan yang jauh dari kata sempurna.

Tentunya, penulis akan terus memperbaiki makalah dengan mengacu kepada sumber yang busa dipertanggungjawabkan nantinya.

Oleh sebab itu, penulis sangat mengharapkan adanya kritik serta saran mengenai pembahasan makalah di atas.

7. Contoh Saran Dalam Makalah Lainnya

BAB III
PENUTUP

1. Kesimpulan

Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan adanya beberapa hal seperti berikut ini:

  • Pola pikir guru bisa berubah – ubah, yang mana hal tersebut sesuai dengan paradigma pendidikan yang terbaru seperti: Anak harus dapat menguasai kompetensi yang ada (life skill), memperbanyak pengalaman belajar terhadap siswa serta pola guru sentris pada siswa di dalam proses belajar mengajar di sekolah. Maka dari itu, pembelajaran dapat dikerjakan dengan lebih kontekstual.
  • Guna menciptakan pembelajaran yang efektif serta kontekstual, dibutuhkan guru yang profesional. Dengan demikian maka akan timbul alat peraga yang baik dan juga efektif.
  • Alat peraga ini sangat berperan untuk membuat proses pembelajaran terasa lebih menarik, menyenangkan, kreatif, dinamis serta aktif.
  • Anak anak diharapkan mampu untuk menentukan tindakan serta menerapkan informasi belajar yang proporsional serta rasional lewat alat peraga itu.

2. Saran

Terkait dengan hal – hal di atas, saya akan menyarankan beberapa hal yang dapat kalian perhatikan seperti berikut ini:

  • Menciptakan alat peraga sederhana supaya proses pembelajaran bisa dikerjakan dengan luas yang mana akan menciptakan guru – guru yang profesional.
  • Untuk pengembangan serta pengadaan media pendidikan (alat peraga) maka bisa mengimplementasikan eksistensi manajemen serta gugus sekolah.
  • Penulis juga mengharapkan kritik dan juga saran di dalam penulisan makalah dikemudian hari.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.