Contoh Resensi Buku Non Fiksi

4 min read

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

Resensi berasal dari bahasa latin yaitu revidere/recensere, dan dalam bahasa Belanda dikenal dengan “recensie”, dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan “review”. Namun jika ditilik pengertian resensi dari KBBI (kamus besar bahasa Indonesia), resensi memiliki artian penjelasan dari sebuah buku. Nah bagi anda yang bingung membuatnya, kami telah sediakan contoh resensi buku non fiksi yang dijadikan sebagai referensi.

Berbeda dengan teks Descriptive Text yang hanya menjelaskan tentang suatu objek, resensi dapat diartikan mengulas kembali sebuah karya baik berupa karya dua dimensi, karya tulis, maupun karya audio visual sekalipun. Dapat dikatakan bahwa resensi adalah mengulas kembali sebuah karya menurut sudut pandang diri sendiri selaku pihak yang menikmati.

Jenis-Jenis Resensi

Resensi secara garis besar terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Resensi Deskriptif, yaitu resensi yang membahas secara detail pada tiap bab atau bagiannya.
  2. Resensi Kritis, yaitu resensi yang berbentuk ulasan detail dengan metodologi ilmu pengetahuan tertentu. Isi dari resensi biasanya kritis dan objektif dalam mengulas isi buku.
  3. Resensi Informatif, yaitu resensi yang hanya menyampaikan isi dari resensi secara singkat dan umum dari keseluruhan isi buku.

Ketiga jenis resensi diatas tidaklah baku, karena bisa saja ketiga jenis tersebut digabungkan menjadi satu.

Unsur-Unsur Resensi

Perlu diperhatikan bahwa ada unsur-unsur yang harus dipenuhi agar resensi menjadi jelas dan berkualitas. Berikut ini adalah beberapa unsur yang harus ada dalam pembuatan resensi.

1. Judul resensi

Judul resensi harus memiliki keselarasan dengan isi yang dibuat. Selain itu, judul yang menarik pun akan memberi nilai lebih.

2. Menyusun data buku

Seperti contoh resensi buku non fiksi dibawah penyusunan data buku dapat dilakukan sebagai berikut:

  • Judul buku.
  • Pengarang.
  • Penerbit.
  • Tahun terbit beserta cetakannya.
  • Dimensi buku.
  • Harga buku.

3. Isi resensi buku

Isi resensi buku memuat tentang sinopsis, ulasan singkat buku dengan kutipan secukupnya, rumusan kerangka buku, keunggulan dan kelemahan buku dan penggunan bahasa.

4. Penutup resensi buku

Biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan.

Tahap Penulisan Resensi

Tahap-tahap dalam penulisan sebuah resensi buku:

1. Tahap persiapan

Dalam hal ini, yang perlu dilakukan adalah memilih jenis buku yang hendak diresensi, buku tersebut merupakan buku baru, dan membuat anatomi buku.

2. Tahap pengerjaan 

  • Membaca dengan detail dan catat hal-hal penting. Sebelum membuat resensi, bacalah buku sampai habis lalu mencatat kutipan dan kata-kata penting yang ada di dalamnya.
  • Membuat isi resensi, diantaranya adalah membuat informasi umum tentang buku yang diresensi, menentukan judul resensi, membuat ringkasan secara garis besar, memberikan penilaian buku, menonjolkan sisi lain dari buku yang di resensi, mengulas manfaat buku tersebut kepada pembaca, dan penilaian dari segi kelengkapan karya, EYD dan sistematika resensi.

Tips Menulis Resensi 

Sebelum ke inti mengenai contoh resensi buku non fiksi. Berikut tips menulis resensi:

  • Cari dan tentukan buku baru nonfiksi yang hendak dibuat resensi.
  • Catatlah identitas buku yang akan diresensi seperti jenis buku, nama pengarang, judul buku, nama penerbit, tahun penerbit, tahun cetak, jumlah halaman, jenis kertas, dan harga buku.
  • Catat dan pahami tujuan dan latar belakang penulisan buku, dengan cara membaca kata pengantar buku.  Buatlah daftar pokok isi buku secara keseluruhan.
  • Tentukan kelebihan dan kekuragan isi buku.
  • Tulis ringkasan materi dari buku yang diresensi secara jelas dan sistematis.
  • Pada akhir resensi, berilah saran dan kesimpulan. Apakah buku tersebut layak dibaca atau tidak.

Tujuan Resensi

Penulisan resensi ditujukan sebagai berikut:

  • Membantu pembaca untuk mnegetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau karya lain secara ringkas.
  • Mengetahui latar belakang dan alasan buku tersebut diterbitkan.
  • Mengetahui kelemahan dan kekurangan pada buku yang diresensi.
  • Menguji kualitas buku dengan membandingkan terhadap karya dari penulis yang sama atau penulis yang lain.
  • Memberi masukan kepada penulis berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi #1

Tips & Trik Jago Main Rubik

contoh resensi buku non fiksi pengetahuan

Identitas Buku

  • Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik.
  • Penulis Buku : Wicaksono Hadi.
  • Penerbit Buku : Gradien Mediatama.
  • Cetakan : 1, 2009.
  • Tebal Buku : 184 halaman.

Sinopsis Tips & Trik Jago Main Rubik

Rubik merupakan permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang mempunyai enam warna yang berbeda pada setiap sisinya. Ditemukan pada tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik.

Profesor Erno Rubik adalah seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan waktu yang tidak lama, rubik menciptakan sensasi Internasional. Setiap orang ingin memilikinya dan memainkannya.

Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia mempunyai konsep yang serhana, elegan, namu secara mengejutkan sangat sulit untuk diselesaikan.

Satu demi satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan permainan rubik. Diantaranya adalah United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), American Rubik’s Cube Championship (November 1981), Canada Rubik’s Cube Championship (Maret 1982).

Puncaknya adalah pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh permainan rubik.

Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh pelajar Vietnam yang baru berumur 16 tahun dengan catatan waktu hanya 22,95 detik. Suatu prestasi yang luar biasa sekali.

Ketertarikan publik pada permainan rubik mulai memudar menjelang tahun 1990-an. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikan tapi tak kunjung berhasil.

Sebagian orang lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik pada saat itu. Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual, menjadikannya sebagai permainan puzzle terlaris di Dunia sepanjang masa.

Dengan kemunculan internet, rubik akhirnya bangkit. Pada tahun 2000-an, petunjuk untuk dapat menyelesaikan rubik telah banyak ditemukan di internet. Demam rubik pun kembali melanda untuk kedua kalinya.

Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika World Championship kedua yang diadakan di Canada. Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong pemainnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

Kelebihan Buku

Buku ini mempunyai banyak gambar yang menarik, penjelasannya lebih terperinci dan jelas, serta terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

Kekurangan Buku

Masih terdapat beberapa kata yang sulit dimengerti dan tidak terindeks pada bagian indeks.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi #2

Cewek Smart

contoh resensi buku non fiksi terbaik

Identitas Buku

  • Judul Buku : Cewek Smart.
  • Pengarang Buku : Ria Fariana.
  • Penerbit Buku : Gema Insani.
  • Kota Terbit : Jakarta.
  • Tahun Terbit : 2008.
  • Tebal Buku : 200 halaman.

Sinopsis Cewek Smart

Buku memang dirancang untuk membantu remaja perempuan agar dapat menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar kita. Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi seorang perempuan yang cerdas dan mempunyai kepribadian yang baik sesuai syariat Agama Islam.

Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dapat menggunakan kecerdasannya untuk menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi nilai raportnya.

Tetapi bagaimana caranya ia mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam hidupnya dengan tolak ukur tertentu yang penuh tanggungjawab.

Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi seorang perempuan yang sholeha. Bagaimana sih menjadi perempuan yang cerdas sesuai syariat? Apa perlu perempuan itu harus centil?

Kita enggak perlu yang namanya pacaran. Semuanya bermuara pada sejumlah nasehat sederhana dan praktis yang dapat membantu untuk menyikapi suatu permasalahan.

Buku ini mampu memabantu menyadarkan remaja perempuan untuk bersikap sesuai syariat Agama Islam. Dengan membaca buku ini, kamu dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan.

Di buku ini terdapat banyak kata-kata bijak seperti “Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar ia tidak muda di bodohi oleh siapapun”.

Kelebihan Buku

Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar sesuai syariat Agama Islam. Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul. Cover buku ini juga sangat menarik dengan kartun yang lucu dan penuh warna yang menambah nuansa keistimewaan buku ini.

Kekurangan Buku

Buku ini sangat sedikit penjualannya dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih bewarna hitam putih.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi #3

Pengantar Filsafat Pendidikan

contoh resensi buku pelajaran

Identitas Buku

  • Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan.
  • Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd.
  • Penerbit Buku : Alfabeta, CV.
  • Cetakan : II.
  • Tebal Buku : 183 halaman.
  • Tahun Terbit : 2004.

Sinopsis Pengantar Filsafat Pendidikan

Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan.

Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain.

Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan.

Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.

Kekurangan Buku

Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

Setelah dijelaskan susunan cara meresensi sebuah buku atau karya lain, tentu pemahaman anda akan masalah resensi semakin bertambah. Semoga contoh resensi buku non fiksi diatas bermanfaat untuk anda.

Contoh Syair

Luqi Afika
5 min read

Contoh Surat Permohonan

Luqi Afika
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *