Luqi Afika Pemuda pembelajar yang senang berbagi pengetahuannya untuk teman-teman semua

Contoh Penyimpangan Sosial

5 min read

Contoh Penyimpangan Sosial

Contoh penyimpangan sosial sangatlah banyak. Penyimpangan sosial adalah kondisi dimana dinamika sosial masyarakat memang tidak selalu harmonis.

Sering kali benturan, kecemburuan, dan konflik sosial sering terjadi didalam masyarakat.

Nilai dan norma serta hukum yang berlaku selalu berusaha memandu, mengarah, dan mengatur perilaku kita agar tercipta keteraturan sosial.

Namun kehidupan nyata tidak selalu memperlihatkan keteraturan. Penyimpangan sosial menciptakan disharmonisasi atau ketidakteraturan kehidupan sosial.

Saudara kembar penyimpangan sosial adalah perilaku menyimpang.

Pengertian Penyimpangan Sosial

Penyimpangan Sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan norma dan nilai-nilai kesusilaan. Baik dalam sudut pandang kemanusiaan dan agama secara individu maupun secara kelompok sebagai bagian daripada mahluk sosial.

Penyimpangan sosial bisa terjadi dimana saja, baik dilingkungan keluarga, sekolah atau masyarakat sekitar.

Menurut KBBI, perilaku penyimpangan sosial adalah perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seorang terhadap lingkungan. Hal tersebut  bertentangan dengan norma-norma dan hukum ada didalam masyarakat.

Penyebab terjadinya penyimpangan sosisal bisa berasal dari pembawaan tiap individu atau berasal dari luar seperti keadaan sekitar atau pengaruh orang lain.

Penyimpangan sosial dapat dibedakan menjadi penyimpangan sosial negatif dan positif, meski yang positif jumlahnya sedikit dan jarang ditemui

Berikut beberapa pengertian perilaku penyimpangan sosial menurut para ahli:

1. James W. Van Der Zanden

Perilaku penyimpangan sosial merupakan suatu perilaku atau tingkah laku yang oleh sebagian besar anggota masyarakat dianggap sebagai perilaku yang tercela dan diluar batas toleransi.

2. Gilin

Perilaku penyimpangan sosial merupakan suatu perilaku yang menyimpang dari nilai atau norma sosial baik didalam keluarga maupun masyarakat yang menyebabkan memudarnya ikatan atau solidaritas dalam kehidupan masyarakat.

3. Lewis coser

Perilaku penyimpangan sosial merupakan suatu perilaku menyimpang yang diyakini oleh orang yang melakukannya sebagai salah satu cara untuk menyesuaikan dengan diri dengan kebudayaan baru dan perubahan sosial.

4. Paul B. Horton

Perilaku penyimpangan sosial merupakan setiap perilaku individu maupun kelompok yang dianggap atau dinyatakan melanggar norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.

5. Bruce J. Cohen

Perilaku penyimpangan sosial merupakan setiap perilaku negatif yang dihasilkan dari ketidak keberhasilan penyesuaian diri seorang atau kelompok. Dengan kehendak masyarakat atau nilai dan norma yang berlaku.

Dari beberapa pengertian para ahli mengenai perilaku penyimpangan sosial tersebut.

Dapat disimpulkan bahwa perilaku penyimpangan sosial merupakan setiap perilaku individu maupun kelompok.

Yang dianggap maupun dinyatakan sebagai suatu pelanggaran terhadap nilai-nilai atau norma yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Adanya suatu perilaku penyimpangan sosial yang dilakukan oleh seorang individu maupun kelompok pasti disebabkan oleh beberapa hal.

Berikut beberpa faktor penyebab terjadinya perilaku penyimpangan sosial:

  1. Ketidak berhasilkan dalam proses sosialisai , baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat
  2. Gagalnya seseorang atau tidak sanggupan seseorang dalam menyerap nilai dan norma sosial serta kebudayaan yang berlaku dalam lingkungan masyarakatnya. Sehingga tidak dapat membedakan mana yang benar dan salah.
  3. Adanya kesenjangan sosial yang menyebabkan munculnya perasaan iri sehingga menimbulkan suatu tindak kriminal yang menyimpang dari norma hukum masyarakat.
  4. Kendornya nilai-nilai atau norma yang berlakudalam masyarakat yang mungkin disebabkan oleh perubahan sosisal dan perkembangan zaman.
  5. Proses belajar yang menyimpang juga dapat menyebabkan timbulnya suatu perilaku penyimpangan sosial. Karena mulai banyaknya contoh perilaku menyimpang yang mudah dilihat maupun dibaca dan dipelajari
Baca juga: Nilai Sosial

Bentuk Penyimpangan Sosial

1. Berdasarkan pelakunya

  • Penyimpangan Individu adalah perilaku penyimpangan sosial yang dilakukan oleh individu yang melanggar nilai atau norma yang berlaku, biasanya berada pada lingkungan keluarga. Sebagai contoh seperti, berbohong atau menentang orang tua.
  • Penyimpangan Kelompok adalah perilaku penyimpangan sosial yang dilakukan oleh kelompok yang bertentangan dengan nilai norma dalam masyarakat. Sebagai contoh seperti, para kelompok pengedar narkoba atau tawuran antara segerombol siswa SMA

2. Berdasarkan Sifatnya

  • Penyimpangan Positif adalah perilaku penyimpangan sosial yang sebenarnnya memberikan dampak positif bagi pelaku maupun masyarakat. Sebagai contoh penyimpangan sosial positif seperti wanita berkarir.
  • penyimpangan Negatif adalah perilaku penyimpangan sosial yang melanggar nilai dan normaserta memberikan dampak negatif bagi diri sendiri maupun masyarakat. Sebagai contoh seperti perampokan, pembunuhan, dan kegiatan kriminal lainnya.

3. Menurut Lemert(1951)

  • Penyimpangan Primer – ciri-ciri penyimpangan Primer yaitu perilaku yang bersifat sementara sehingga pelaku masih diterima didalam masyarakat. Sebagai contoh seperti, orang-orang yang melanggar lalu lintas.
  • Penyimpanagn Sekunder yaitu penyimpangan sosial yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga susah untuk diterima masyarakat. Sebagai contoh perilaku judi atau minum minuman keras dan pemabuk

Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial

1. Gagalnya seseorang atau ketidak sanggupan seseorang dalam menyerap nilai dan norma sosial serta kebudayaan yang berlaku dalam lingkungan masyarakatnya, sehingga tidak dapat membedakan mana yang benar dan salah.

2. Adanya kesenjangan sosial yang menyebabkan munculnya perasaan iri sehingga menimbulkan suatu tindak kriminal yang menyimpang dari norma hukum masyarakat.

3. Ketidakberhasilan dalam proses sosialisasi, baik dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat.

4. Kendornnya nilai-nilai atau norma yang berlakudalam masyarakat yang mungkin disebabkan oleh perubahan sosial dan perkembangan zaman.

5. Proses belajar yang menyimpang juga dapat menyebabkan timbulnya suatu perilaku penyimpangan sosial, karena mulai banyaknya contoh perilaku menyimpang yang mudah dilihat maupun dibaca da dipelajari.

Contoh Perilaku Penyimpangan Posial

1. Penyalahan Obat Terlarang atau narkoba

Penyalahan dan Pengguna Obat obatan Terlarang atau narkoba

Kasus penyalahgunaan obat-obat terlarang atau narkoba sudah tidak asing lagi terjadi, keadaan ini jelas merupakan sebuah perilaku penyimpangan sosial karena melanggar norma yang berlaku dalam masyarakat bahkan hingga melanggar hukum suatu negara.

Perilaku penyimpangan ini dapat menyerang berbagai kalangan, dimana faktor penyebabnya biasanya karena faktor ekonomi hingga psikologis.

Dampak dari perilaku penyimpangan sosial ini juga buruk bagi masyarakat karena biasanya meresahkan lingkungan masyarakat, terlebih lagi dapat merugikan negara.

2. Kenakalan Remaja

Contoh Penyimpangan sosial kenakalan Remaja

 

Contoh penyimpangan sosial selanjutnya adalah kenakalan remaja. Kenakalan remaja adalah perbuatan atau kegiatan yang melanggar dari norma peraturan, hukum dan ketentuan.

Ada banyak alasan bagi remaja untuk melakukan hal tersebut karena beberapa faktor.

Kenakalan remaja disebut dengan patologis karena berbuat diluar batas yang bisa membuat kerugian dalam keluarga, melanggar norma hukum,merugikan lingkungan dan juga orang lain.

Contoh dari kenakalan remaja adalah

  • Pencurian
  • Memakai narkoba
  • Balapan liar
  • Tawuran
  • Berkelahi dengan teman

Cara mengatasi kenakalan remaja ada banyak caranya seperti dengan cara dilingkungan keluarga. Yaitu dengan cara orang tua memberikan perhatian dan kasih sayang yang cukup untuk anaknnya.

Apalagi pas umur remaja mereka akan menemukan jati dirinnya dan membentuk karakter dari anak maka orang tua juga harus memberikan contoh yang baik bagi anak.

Orang tua harus memberikan motivasi untuk anak disaat anak melakukan hal yang bermanfaat jangan membatasi kreativitas dari anak karena bisa menjadi beban bagi anak. Dan berikan hukuman saat melakukan kesalahan agar tidak mengulanginya kembali.

3. Tindak Kriminal

Tindak Kriminal

Contoh perilaku penyimpangan sosial paling mudah dilihat adalah banyaknya tindakan kriminal yang terjadi setiap harinya. Tindakan kriminal tidak hanya melanggar norma dalam masyarakat namun juga melanggar hukum yang ada.

Perilaku penyimpangan sosial ini biasa dilakukan secara individu maupun kelompok, dan menimbulkan keresahan bagi seluruh anggota masyarakat dan lingkungannya.

Sebagai akibatnya, pelaku yang tertangkap juga akan mendapatkan sangsi hukum hingga sangsi sosial seperti dikucilkan dimasyarakat.

Banyak penyebab seseorang melakukan tindakan sosial, seperti adanya tekanan sosial, tekanan ekonomi, rasa iri atau cemburu, hingga kebencian.

Suatu tindakan negatif atau kejahatanyang dilakukan dengan sengaja atau sadar oleh lelaki atau perempuan yang merugigikan orang lain.

Tindakan negatif ini mengakibatkan pelakunnya mendapatkan hukuman atau dipenjara, ada beberapa contoh dari tindak kriminal yaitu:

  • Pembunuhan berencana ataupun tidak direncanakan
  • Penganiayaan baik dalam hal fisik maupun psikis
  • Kekerasan dalam rumaha tangga yang sering dialami oleh kebanyakan korban adalah wanita
  • Korupsi uang rakyat yang sering terjadi di Indonesia
  • Pengedaran berbagai jenis narkoba karena hal ini jelas dilarang dinegara kita

4. Pernikahan Sesama Jenis

Pernikahan sesama Jenis

Contoh penyimpangan selanjutnya adaah LGBT. LGBT yang berarti Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender. Lesbian adalah istilah dari perempuan yang memilih orientasi seksual kepada sesama perempuan.

Sama halnnya dengan Homo itu adalah istilah untuk sesama lelaki.

Transgender adalah suatu tingkah laku yang tidak sesuai dengan kelaminnya bahkan ada yang mengganti jenis kelaminnya tersebut seperti lelaki yang mengubah kelaminnya menjadi wanita atau sebaliknnya juga.

LGBT sangat sulit untuk dirubah karena mengubahnnya harus ada niat dari diri sendiri. LGBT menyimpang dari ajaran agama, sosial dan kebudayaan Indonesia.

Dari keluarga orang tua harus memberikan nilai-nilai agama yang kuat kepada anak-anaknnya agar tidak melakukan LGBT. Karena keharmonisan keluarga sangat penting untuk membentuk karakter seseorang dimasa depan.

5. Wanita Berkarir

Wanita Berkarir

Selain contoh perilaku penyimpangan sosial yang merupakan sifat negatif dan berdampak negatif pula bagi masyarakat diatas.

Ada pula perilaku penyimpangan sosial yang memiliki dampak positif salah satunya adalah wanita berkarir.

Bagi sebagian masyarakat terutama masyarakat pedalaman atau masyarakat yang masih menganggap bahwa wanita tidak layak untuk bekerja hanya boleh sebagai seorang ibu rumah tangga.

Seorang wanita berkarir akan dianggap sebagai sebuah penyimpangan sosial atau telah menyimpang norma yang berlaku dimasyarakat.

Bersamaan dengan berkembangnya emansipasi wanita, banyak wanita yang mulai menekuni dunia pekerjaan.

Sebagai contoh wanita berkarir yang dianggap perilaku penyimpangan sosial seperti seorang wanita yang bekerja sebagai kondektur yang lazimnya dilakukan oleh seorang laki-laki.

Namun dengan bekerjanya wanita ini sebagai kondektur dapat memberikan dampak positif bagi keluarga seperti menunjang keadaan ekonomi keluarga. Dan bagi masyarakat yaitu mengurangi angka pengangguran.

Diatas adalah contoh penyimpangan sosial yang telah kami ulas secara lengkap. Sekian dan terima kasih.

Luqi Afika Pemuda pembelajar yang senang berbagi pengetahuannya untuk teman-teman semua