Contoh Latar Belakang

Share
Comment 0 reply
Contoh Latar Belakang

Untuk kalian yang sedang membuat suatu karya tulis, pastinya akan membutuhkan adanya latar belakang, maka dari itu akan kami berikan beberapa contoh beserta jenis karya tulisnya seperti skripsi, makalah, proposal atau yang lainnya.

Namun sebelum itu, kalian harus mengetahui pengertian dari latar belakang itu sendiri, yakni:

Pengertian Latar Belakang

contoh latar belakang proposal penelitian

Latar belakang merupakan suatu bagian yang menerangkan terkait topik penelitian, masalah yang dipilih, dan juga alasan kenapa kalian memilih untuk melakukan penelitian terhadap topik itu.

Sebab ditulis pada bagian awal suatu karya tulis, suatu latar belakang harus mampu untuk menarik minat para pembaca.

Bahkan bila bisa, hanya dengan membaca latar belakangnya saja, para pembaca sudah dapat langsung memahami isi topik yang nantinya akan dibahas.

Isi Latar Belakang

contoh latar belakang proposal skripsi

Latar belakang pada umumnya akan diawali dengan berbagai masalah yang ada di lingkungan sehingga di bagian penutup, penulis akan menerangkan solusi terkait masalah yang diangkat tersebut.

Secara garis besar, isi dari latar belakang memuat tiga hal seperti berikut ini:

  1. Kondisi faktual, yang mana si penulis akan menceritakan kondisi yang menjadi masalah serta harus diatasi.
  2. Kondisi ideal, atau keadaan yang diinginkan oleh si penulis.
  3. Solusi, dalam bentuk pemaparan penyelesaian suatu masalah secara singkat menurut opini si penulis.

Cara Membuat & Poin Penting Latar Belakang

cara membuat makalah

Supaya latar belakang yang kalian tulis sesuai dan benar, maka ada beberapa poin penting yang harus kalian perhatikan pada saat menulisnya, antara lain:

  • Keadaan ideal mengenai bagaimana seharusnya sebuah kondisi berjalan, dapat ditulis ke dalam bentuk visi dan misi yang akan diraih.
  • Keadaan faktual mengenai kondisi keadaan yang benar – benar terjadi sekarang ini. Dapat berwujud masalah sehingga menjadi dasar dibuatnya sebuah penelitian / kegiatan. Kalian juga dapat memberikan fakta atau data di dalamnya agar lebih terpercaya.
  • Membahas penelitian yang sempat dikerjakan oleh peneliti lain mengenai topik terkait.
  • Apabila karya ilmiah kalian memiliki kelemahan, dalam latar belakanglah kalian harus menerangkan kelemahan itu.
  • Tujuan penelitian, yang mana kalian membahas permasalahan karya ilmiah lebih rinci dan juga dalam.
  • Metode penelitian yang dipakai pada karya ilmiah.
  • Perumusan singkat terkait pertanyaan penelitian.
  • Solusi berwujud saran singkat maupun penawaran solusi pada masalah sebelum lanjut menuju pokok pembahasan.

Alur Membuat Latar Belakang

laporan praktikum

Untuk memudahkan kalian dapat membuat latar belakang, maka penulisan latar belakang akan dibagi menjadi 3 bagian yang berbeda namun masih pada satu bab yang sama ya.

Berikut penjelasannya:

1. Bagian Pertama

Bagian ini merupakan part dimana kalian akan menerangkan mengenai masalah yang akan diangkat (jika lihat di atas pada poin nomor 1).

2. Bagian Kedua

Di bagian ini merupakan penjelasan terkait isi yang berwujud data, fakta, fenomena, serta opini dari ahli terkait karya ilmiah kalian.

Pada bagian ini juga kalian akan menerangkan kelemahan penelitian, metode, tujuan, serta pertanyaan penelitian.

3. Bagian Ketiga

Lalu bagian terakhir berwujud saran / alternatif penyelesaian masalah yang nantinya akan menjadi pokok pembahasan di dalam karya ilmiah kalian.

Contoh Latar Belakang

latar belakang

Setelah memahami beberapa uraian terkait latar belakang di atas, berikut kami sajikan beberapa contohnya seperti:

1. Contoh Latar Belakang Sederhana

Berikut adalah contoh latar belakang ilmiah yang sederhana:

Judul: Solusi untuk Mengatasi Limbah

Limbah adalah suatu zat sisa yang sudah tidak lagi digunakan dan harus segera dibuang. Begitu banyaknya limbah yang berada di sekeliling kita seperti limbah dari pabrik, rumah tangga, rumah sakit, dan yang lainnya.

Bentuk limbah juga sangat beragam, mulai dari yang padat, cair, hingga gas. Seluruh limbah tersebut harus segera dibuang sebab sudah tidak memiliki fungsi lagi. Oleh karena itu, seperti apa pun bentuk dan juga jenisnya, limbah berpotensi paling besar guna mencemari lingkungan.

Pencemaran lingkungan oleh limbah satu ini telah pasti akan memberikan dampak yang tidak bagus untuk lingkungan. Baik itu dari segi kesehatan hingga kenyamanan bersama.

Contohnya saja lingkungan akan menjadi kurang nyaman, makhluk hidup seperti ikan akan mati, kesehatan banyak orang akan terganggu karena adanya limbah gas serta lapisan ozon akan menipis.

Maka dari itu, solusi apa yang dapat dikerjakan untuk mengatasi limbah ini? Pemerintah perlu untuk mengeluarkan solusi yang dapat mengatasi limbah padat, cair, hingga gas supaya pencemaran lingkungan dapat terhentikan. Dengan adanya solusi penanganan limbah satu ini, diharapkan lingkungan sekitar dapat membaik, sehingga semua makhluk hidup dapat hidup dengan sehat dan nyaman.

2. Contoh Latar Belakang Makalah yang Baik dan Benar

Berikut adalah contoh latar belakang makalah agama yang baik dan benar:

Latar Belakang

Agama serta manusia tentu mempunyai kaitan yang sangat erat. Agama dan manusia tidak bida dipisahkan sebab agama dibuat guna menolong akan hidup manusia. Agama juga sangat diperlukan oleh setiap manusia guna menjadi pegangan hidup serta jalan menuju akhirat. Dengan adanya agama ini, maka kehidupan manusia akan lebih bermakna serta dengan ilmu agama akan membuat hidup manusia lebih sempurna.

Tak hanya itu saja, dengan adanya agama pada kehidupan manusia, hati manusia akan menjadi lebih tenang sebab manusia itu sendiri mempunyai keyakinan serta kepercayaan akan adanya Tuhan yang senantiasa akan menjadi penolong untuk setiap umatnya. Agama juga berperan untuk memelihara manusia dari setiap perilaku yang menyimpang, perilaku negatif seperti pada kasus – kasus kriminal.

Oleh sebab itu, kita sebagai umat manusia yang beragama memerlukan keimanan yang kuat serta teguh sehingga ketika kita dihadapkan kepada pilihan yang salah kita akan tahu jika hal tersebut tidak boleh dikerjakan atau dilarang oleh agama. Tak hanya itu saja, agama juga dapat menjadi benteng pertahanan untuk setiap muslim dari beragam ajaran yang tak sesuai dengan ajaran di dalam agama islam.

Pembinaan akhlak yang mulia serta akidah akan menjadikan setiap individu mempunyai moral yang baik dan bisa bertakwa terhadap Allah SWT sehingga kita sebagai manusia bisa menjadi teladan di masyarakat serta bermanfaat untuk manusia lain. Hubungan kita bersama Tuhan telah diatur sedemikian rupa oleh agama, yakni dengan cara beribadah contohnya dengan cara shalat dan juga mengaji.

Namun contoh ibadah yang menghubungkan manusia bersama Tuhannya tak terbatas hanya dengan shalat dan mengaji saja, sebab adanya banyak sekali contoh sikap maupun hal yang dapat dikerjakan oleh manusia yang di dalamnya mengandung ibadah. Contohnya dengan cara bersedekah pada orang yang memerlukan, menolong sesama manusia tanpa memandang agama, ras, suku, serta warna kulitnya, dan yang lainnya.

Intinya, agama ini akan menolong kita dari kesesatan hidup serta dari jalan hidup yang salah. Selama kita selalu berpegang teguh kepada keimanan kita sendiri, maka hidup akan terasa lebih tenang dan juga damai. Hubungan manusia bersama manusia juga harus selalu kita perhatikan supaya hidup senantiasa akan memberi kedamaian pada dalam hati kita.

3. Contoh Latar Belakang Makalah

4. Contoh Latar Belakang Proposal

5. Contoh Latar Belakang Laporan

6. Contoh Latar Belakang Karya Tulis Ilmiah

7. Contoh Latar Belakang Skripsi

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.