Contoh Laporan Keuangan

2 min read

Contoh Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan biasanya meliputi neraca, laba rugi, dan lain sebagainya dan kami telah menyiapkan contoh laporan keuangan lengkap yang bisa langsung anda tiru.

Menurut Standar Akuntansi Keuangan yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia, tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan.

Laporan keuangan juga menunjukan apa yang telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya. Pemakai yang ingin melihat apa yang telah dilakukan atau pertanggungjawaban manajemen berbuat demikian agar mereka dapat membuat keputusan ekonomi.

Karakteristik Kualitatif Laporan Keuangan

Karakteristik kualitatif merupakan ciri khas yang membuat informasi dalam laporan keuangan berguna bagi pemakai. Terdapat empat karakteristik kualitatif pokok yaitu :

Relevan

Laporan keuangan dianggap jika informasi yang disajikan didalamnya dapat mempengaruhi keputusan pengguna.

Dapat dipahami

Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami peserta dan bentuk serta istilahnya disesuaikan dengan batas para pengguna.

Dapat diperbandingkan

Informasi yang disajikan akan lebih berguna bila dapat diperbandingkan dengan laporan keuangan pada periode sebelumnya.

Keandalan

Informasi dalam laporan keuangan bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material.

Berikut beberapa contoh laporan keuangan sederhana. Simak ulasan dibawah ini

Laporan Neraca

Laporan neraca yang terdapat pada perusahaan manufaktur memiliki 2 hal penting yaitu aktiva dan pasiva. Aktiva adalah sumber utama keuangan dalam suatu perusahaan, karena di dalamnya tercatat semua aset perusahaan seperti kas, bank, piutang, persediaan, dan lain-lain. Sedangkan pasiva adalah hutang wajib perusahaan dan modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Bentuk neraca secara umum dalam laporan keuangan dibagi menjadi dua, yaitu bentuk Staffel atau neraca yang disusun ke bawah dan meletakkan saldo pada bagian samping dengan kolom debit krefit, dan bentuk Scontro yang memisahkan antara aktiva dan pasiva pada posisi kanan dan kiri. Berikut adalah contoh neraca dengan bentuk Staffel. contoh laporan keuangan perusahaan jasa

 

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi yang ada di perusahaan manufaktur biasanya sama dengan laporan laba rugi yang ada di perusahaan lainnya. Di dalam laporan laba rugi ini terdapat nilai pendapatan serta nilai beban dalam satu periode, sehingga menghasilkan laporan laba dan rugi.  Terdapat dua komponen utama dalam laporan laba rugi, yaitu penjualan dan beban. Sedangkan komponen lainnya adalah harga pokok penjualan. Berikut adalah contoh laporan laba rugi perusahaan dagang. contoh laporan keuangan organisasi

 

Contoh Laporan Keuangan Utang

Laporan Utang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan utang perusahaan, serta saldo akhir utang masing-masing supplier. Dalam laporan utang biasanya akan menampilkan daftar kode supplier, nama supplier, saldo awal utang, pembelian, potongan pembelian, retur pembelian, PPN masukan, pembayaran utang dan saldo akhir utang. Berikut adalah contoh Laporan Utang.

contoh laporan keuangan utang

 

Laporan Piutang

Laporan piutang adalah laporan yang menyajikan rincian transaksi penambahan dan pengurangan piutang perusahaan serta saldo akhir piutang masing-masing pelanggan. Laporan piutang biasanya akan menyajikan data-data kode pelanggan, nama pelanggan, saldo awal piutang, penjualan, uang muka, potongan penjualan, retur penjualan, PPN leluaran, pembayaran piutang dan saldo akhir piutang. Berikut adalah contoh laporan piutang yang biasa disajikan oleh Jurnal. contoh laporan keuangan piutang

 

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas adalah laporan yang memperlihatkan jumlah kas yang diterima, seperti pendapatan tunai dan investasi tunai dari pemilik serta jumlah kas yang dikeluarkan perusahaan, seperti beban yang harus dikeluarkan, pembayaran utang, dan pengambilan prive. Berikut adalah contoh laporan arus kas. contoh laporan keuangan arus kas

 

Laporan Persediaan atau Stok Barang

Laporan ini menyajikan rincian stok barang seperti daftar barang beserta kodenya, harga penjualan, stok awal, pembelian barang, retur pembelian, penjualan, retur penjualan, hingga stok akhir yang tersedia pada toko maupun yang ada pada gudang. Berikut adalah contoh laporan persediaan. contoh laporan keuangan lengkap

contoh laporan keuangan akuntansi

contoh laporan keuangan excel

Diatas merupakan beberapa contoh laporan keuangan perusahaan beserta dengan transaksinya secara lengkap, detail, dan tepat. Anda dapat memanfaatkan contoh tersebut jika sewaktu-waktu diharuskan untuk membuat sebuah laporan keuangan.

Contoh Syair

Luqi Afika
5 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *