Contoh Kebutuhan Primer

Share
Comment 0 reply
Contoh Kebutuhan Primer

X

Advertisements

Loading...

Pengertian kebutuhan primer menurut ILO (International Labour Organization) kebutuhan primer, kebutuhan fisik minim manusia yang berhubungan dengan kecukupan keperluan pokok baik untuk masyarakat miskin ataupun kaya, contoh dari kebutuhan primer bisa berupa sandang, pangan, dan juga papan.

Dengan sebutan lain, kebutuhan primer merupakan kebutuhan utama yang wajib untuk dipenuhi oleh seseorang agar bisa hidup layak sebagai manusia. Dan juga untuk menjamin keberlangsungan hidupnya.

Dan jika apabila kebutuhan primer tersebut tidak bisa dipenuhi, maka kebutuhan yang lainnya tidak dapat dipenuhi.

Contoh Kebutuhan Primer Manusia

Berikut ini adalah beberapa contoh kebutuhan primer, antara lain:

1. Papan

contoh kebutuhan primer, sekunder, tersier

Advertisement

Papan disini diartikan bahwa setiap makhluk hidup khususnya manusia memerlukan tempat berteduh untuk melindungi diri dari panas, hujan, binatang buas, dan gangguan lainnya.

Selain itu, papan atau bisa kita sebut sebagai rumah juga dapat dijadikan sebagai tempat khusus untuk berkumpul bersama keluarga atau kerabat.

2. Sandang

contoh kebutuhan primer, sekunder tersier bagi pelajar

Sandang merupakan kebutuhan primer yang berupa pakaian untuk menutupi bagian tubuh (menutup aurat) sekaligus untuk melindungi badan dari cuaca panas, dingin, serta gangguan yang lainnya.

Untuk memilih pakaian dan produk yang terbaik, kita bisa melihatnya di PickyBest.

3. Pangan

contoh kebutuhan sekarang

Pangan merupakan kebutuhan primer yang berupa makanan dan juga minuman.

Seperti yang telah kita ketahui, makanan adalah keperluan pokok yang paling utama dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup.

Disebut sebagai kebutuhan paling utama sebab apabila manusia tidak mendapatkan kebutuhan pangan, maka mereka tidak dapat hidup.

Contoh pangan dalam bentuk sembako (sembilan bahan pokok), antara lain:

  • Beras, jagung dan sagu.
  • Daging.
  • Susu.
  • Sayur – sayuran & buah – buahan.
  • Telur.
  • Garam beryodium dan bernatrium.
  • Gula pasir.
  • Minyak tanah atau LPG
  • Minyak goreng dan margarin

4. Keluarga

contoh kebutuhan jasmani

Selain ketiga kebutuhan di atas, keluarga juga masuk ke dalam kebutuhan primer lho.

Keluarga mengajarkan beragam macam pelajaran yang tidak kita dapatkan di sekolah. Sehingga keluarga dapat menjadi kebutuhan psikologis yang dinilai cukup penting.

*Yuksinau.id tidak membenarkan adanya keluarga toxic untuk hal satu ini.

5. Pendidikan

kebutuhan pokok sehari hari

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang tidak boleh diabaikan.

Advertisement

Sebab dengan pendidikan inilah seseorang bisa membuat suatu negara menjadi semakin maju dan tentunya untuk mensejahterakan dirinya sendiri.

Dari sisi negara sendiri sudah mewajibkan seorang anak agar dapat memperoleh pendidikan. Jadi jangan malas belajar ya.

6. Teman

apa itu kebutuhan primer

Manusia adalah makhluk sosial, dimana mereka yang tidak dapat hidup sendiri. Maka dari itu kita sebagai manusia akan saling membutuhkan satu sama lain dan saling tolong menolong untuk dapat bertahan hidup.

Dengan lewat teman, kalian dapat banyak belajar serta memperoleh rasa kasih sayang sekaligus untuk berbagai pengalaman.

7. Pengetahuan

kebutuhan primer

Kebutuhan satu ini hampir sama dengan kebutuhan pendidikan, namun pengetahuan ini memiliki cakupan artian yang lebih luas.

Pengetahuan memiliki banyak jenis, seperti pengetahuan non formal dan formal dan juga skill hidup yang turut ikut andil dalam pengetahuan agar dapat bertahan hidup.

8. Pekerjaan

primer kebutuhan

Pekerjaan adalah salah satu kebutuhan primer yang menuntut seseorang agar mau bekerja sehingga ia dapat memperoleh penghasilan.

Penghasilan atau uang yang telah diperoleh dari hasil kerja tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan primer lainnya.

Sebagai contoh singkatnya, ketika kalian ingin membeli pakaian, makanan, minuman atau yang lainnya itu membutuhkan uang, dan untuk mendapatkan uang maka kalian harus bekerja.

9. Informasi

informasi kebutuhan primer

Selain pengetahuan di atas, kita sebagai manusia juga sangat membutuhkan informasi yang mana berhubungan dengan hal – hal yang ada dilingkungan sekitar.

Dengan mengetahui informasi tersebut, maka kita akan mudah untuk dapat memenuhi kebutuhan lainnya.

Serta dengan mengetahui informasi yang ada, maka kita dapat lebih jelas dalam mengenal mengenai dunia.

10. Kesehatan

kebutuhan primer pokok

Dengan keadaan tubuh yang sehat, maka seseorang dapat dengan mudah untuk mengerjakan segala pekerjaan, sehingga kebutuhan primer yang lain dapat terpenuhi.

Jika keadaan tubuh seseorang tidak sehat, maka ia akan kesulitan untuk memenuhi keperluan yang lain serta kelangsungan hidupnya akan terganggu.

Sehingga, pemerintah pun mulai turut ikut andil dalam memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakatnya.

11. Keamanan

contoh kebutuhan pokok

Tentu saja setiap seseorang ingin mendapatkan tempat tinggal yang aman dan juga nyaman. Serta kawasan yang ia pijaki juga harus aman.

Advertisement

Dengan rasa aman ini akan membuat seseorang tersebut tidak akan merasa was – was atau curiga akan hal negatif yang dapat mencelakai dirinya.

12. Privasi

Privasi

Privasi ternyata juga masuk ke dalam salah satu contoh kebutuhan primer.

Sebab, setiap orang pastinya memerlukan ruang privasi sendiri hanya untuk dirinya. Sebagai contoh terdaoat beberapa hal sensitif yang hanya dapat diketahui orang tersebut tetapi orang lain tidak boleh tahu.

Maka dari itu, privasi termasuk ke dalam kebutuhan pokok/ primer penting pada setiap orang.

13. Mencintai dan Dicintai

Mencintai dan Dicintai

Sebagai makhluk sosial, selain kita membutuhkan orang lain di dalam hidup, namun kita juga membutuhkan rasa cinta dan dicintai entah itu dari keluarga atau teman.

Mengingat pentingnya rasa mencintai dan juga dicintai yang membuat seseorang dapat bertahan hidup lebih lama, membuat kebutuhan ini masuk ke dalam kategori kebutuhan primer.

14. Kasih Sayang

Kasih Sayang

Manusia memerlukan adanya rasa kasih sayang di dalam hidupnya. Baik itu berasal dari keluarga, teman, ataupun orang lain yang berada di sekitarnya.

Dengan adanya rasa kasih sayang yang dirasakan, maka manusia akan lebih peduli terhadap sesama serta hal lainnya yang ada.

15. Ketentraman

Ketentraman

Dengan merasakan ketentraman di dalam hidup, maka otomatis hidup akan menjadi lebih damai serta enteng untuk menjalankan aktivitas.

Sehingga, setiap orang akan memerlukan lingkungan yang aman, kesehatan yang bagus, serta terpenuhinya kebutuhan yang lain agar hidupnya akan terasa lebih tentram.

16. Hubungan

Hubungan

Advertisement

Sebagai makhluk sosial, maka setiap manusia akan memerlukan adanya suatu hubungan.

Contohnya hubungan pertemanan, kekeluargaan, atau beragam macam hubungan yang dapat memenuhi kebutuhan pokoknya.

17. Menghargai dan Dihargai

Menghargai dan Dihargai

Setiap manusia pastinya ingin hidup dihargai oleh orang lain. Tetapi jika ingin dihargai, maka terlebih dahulu harus dapat menghargai orang lain.

Rasa dihargai serta menghargai memiliki peran yang penting pada kehidupan sehingga akan menimbulkan rasa penting di dalam dirinya.

18. Menunjukkan Prestasi/ Kemampuan

Menunjukkan Prestasi atau Kemampuan

Manusia juga perlu lho untuk menunjukkan prestasinya. Sebab orang lain juga akan turut memperhitungkan keberadaannya serta dapat termotivasi sekaligus untuk memperoleh pengalaman hidup yang lebih bermakna.

19. Keselamatan

Keselamatan

Setiap orang juga membutuhkan adanya jaminan keselamatan.

Sebagai contoh ketika memperoleh suatu pekerjaan sebelum menerimanya.maka ia juga akan turut memperhitungkan faktor keselamatan serta jaminan keselamatan yang nantinya akan diperoleh.

20. Identitas

Identitas

Setiap manusia pasti ingin dikenal secara jelas di dalam lingkungannya yang saat ini mereka tinggali.

Dengan adanya identitas ini, maka orang lain dapat lebih mudah untuk mengenali serta berinteraksi dengan kalian yang kemudian akan terjalin suatu ikatan pertemanan yang lebih menyenangkan.

Sebagai kebutuhan pokok dan dasar utama yang harus dipenuhi, maka dari itu kebutuhan primer ini harus bisa terpenuhi untuk kelangsungan hidup setiap individu.

Dari contoh di atas dapat kita tarik kesimpulan jika antara kebutuhan satu dan yang lainnya saling terhubung, apabila salah satunya tidak didapatkan, maka akan sulit untuk mendapatkan kebutuhan yang lainnya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.