Luqi Afika Pemuda pembelajar yang senang berbagi pengetahuannya untuk teman-teman semua

Contoh Hardware

3 min read

Contoh Hardware

Hardware adalah salah satu perangkat yang ada di komputer. Dalam komputer ada dua yang sangat penting yaitu hardware atau perangkat keras serta software atau perangkat lunak.

Ada banyak contoh hardware yang ada disekitar kita. Sebelum ke contohnya, kita bahas dahulu mengenai pengertian dan jenisnya.

Pengertian Hardware

Hardware secara umum adalah sekumpulan komponen fisik pada komputer yang bertugas menyusun perangkat komputer supaya komputer bisa berfungsi seperti seharusnya.

Hardware bisa juga disebut dengan perangkat fisik komputer yang bisa disentuh, isi dari hardware berkaitan dengan sistem kerja komputer.

Hardware sangat penting untuk komputer, jika tidak ada hardware maka komputer tidak bisa digunakan seperti seharusnya.

Jika anda ingin komputer digunakan secara normal maka harus ada 3 komponen yaitu hardware, brainware, dan software. Kalau salah satu diantara tiga komponen tidak ada maka komputer tidak akan bisa digunakan.

Jenis Hardware pada Komputer

Hardware yang terdapat di komputer itu ada tiga jenis hardware yaitu:

Process Device

Process device adalah perangkat yang mengolah dan memproses data pada komputer.

Process device juga disebut dengan otaknya komputer. Karena menjadi process device menjadi perangkat yang sangat penting dalam proses penginputan dan pemasukan data.

Contoh process device adalah CPU, VGA, RAM dan lain-lain.

Hardware Input

Hardware input adalah perangkat yang digunakan untuk memasukan data ke komputer. Data yang telah masuk menggunakan hardware input akan diolah melalui suatu proses.

Jenis perangkat yang gunanya menginput dan mengontrol data kedalam komputer. Ada banyak jenis contohnya keyboard, mouse, mouse pen, scanner, disk drive, trackball, dan juga joystick.

Hardware Output

Hardware output adalah perangkat keras yang ada di komputer yang berguna untuk mencetak dan menampilkan informasi dari hasil input. Yang berasal dari hardware input yang sudah melewati proses dari hardware process.

Contoh dari hardware output adalah monitor, speaker, dan printer.

Selain tiga jenis hardware yang tadi disebut masih ada perangkat lain yang penting didalam komputer. Yaitu perangkat tambahan yang berguna untuk membantu komputer untuk menjalankan perintah dari penggunannya.

Contoh hardware dari perangkat tambahan adalah hardware yang berguna untuk menyambungkan jaringan internet.

Perangkat lainya yang sering digunakan pada komputer yaitu perangkat penyimpanan atau storage.

Perangkat tersebut disebut juga dengan hardisk, yang berfungsi untuk menyimpan segala jenis data, file dan berkas didalam komputer.

Contoh Hardware Beserta Fungsinya

1. Processor atau CPU (Central Processing Unit)

Contoh Hardware Processor atau CPU (Central Processing Unit)

Contoh hardware yang pertama yaitu Central Processing Unit atau CPU yaitu komponen yang berupa chip yang mempunyai bentuk segiempat. CPU sebagai pengendali proses kerja dari komputer dan dibantu oleh komponen lainnya.

CPU berfungsi sebagai mengatur semua instruksi program yang ada pada komputer. Dan juga untuk tempat mengelola segala aktifitas yang terjadi didalam komputer. CPU juga sering disebut sebagai otaknya komputer.

2. Power supply

Contoh Hardware Power supply

Power supply adalah perangkat yang berbentuk kotak bertegangan listrik dan tempatnya menempel pada bagian belakang setiap casing atau pelindung.

Power supply mempunyai kabel power yang akan disambungkan ke komponen hardware.

Power supply berfungsi untuk mengubah tegangan dari AC ke DC. Lalu menyuplai tegangan tersebut ke komponen yang membutuhkan arus dan juga tegangan listrik.

3. Hardisk

Hardisk

Hardisk adalah komponen yang berbentuk segiempat yang isinya piringan atau platter. Bentuknya mirip dengan piringan hitam, motor penggerak, head, papan elektronik, dan komponen lainya yang dibungkus oleh casing yang kuat.

Fungsi dari hardisk adalah sebagai booting pada komputer. Media penyimpanan data yang berukuran sangat besar dan pengguna bisa menyimpan data yang banyak disana.

Serta media media penyimpanan operation system yang digunakan komputer.

4. Motherboard

Contoh Hardware Motherboard

Motherboard mempunyai fungsi untuk mengendalikan dan menghubungkan semua elemen utama yang ada di komputer atau perangkat digital.

CPU, keyboard, memori, kartu video dan hard disk drive berkomunikasi serta berhubungan satu dengan yang lainnya melalui motherboard.

Firmware yang berada di motherboard berguna untuk mengkoordinasi dan mengendalikan semua fungsi dasar untuk menjalankan komputer.

5. Sound Card

Sound Card

Sound Card adalah komponen pada hardware komputer yang berbentuk chipset pada motherboard dan dipasang pada slot PCI di motherboard.

Sound card memiliki 4 komponen utama yang dapat menerjemahkan digital dan analog. Fungsi dari sound card yaitu untuk mengolah semua jenis data yang berupa suara tau audio.

Dan juga untuk penghubung dari output audio ke speaker dan juga penghubung input suara dari komputer melalui mikrofon.

6. GPU dan VGA Card atau video adaptor

GPU dan VGA Card atau video adaptor

GPU dan VGA card atau video adaptor yaitu komponen hardware komputer. Yang berguna untuk menghubungkan proses grafis dengan peralatan output yang berupa monitor.

Dalam komputer yang model lawas proses grafis dilakukan oleh prosesor utama, dengan berjalannya waktu dengan perkembangan teknologi desainnya telah berubah.

Fungsinya untuk penghubung dalam peralatan data dengan peralatan output yang berupa layar monitor.

Untuk memaksimalkan funsi layar agar bisa menampilkan grafis dengan kualitas dan resolusi warna terbaik.

GPU atau VGA card juga bisa mempercepat cara kerja software operation window

7. Monitor LCD, LED, Tabung (CRT)

Monitor LCD, LED, Tabung (CRT)

Monitor komputer yaitu adaptor layar yang menampilkan informasi yang telah diolah oleh komputer kartu video.

Ketika kartu grafis atau kartu video mengkonversi biner informasi dari 1s dan 0s ke gambar (video informasi). Gambar-gambar tersebut yang ditampilkan ke monitor secara terhubung langsung.

Ada berbagai jenis monitor seperti Liquid Crystal Dislay (LCD) dan tabung sinar katoda (CRT). Monitor mempunyai fungsi layar termasuk menyalakan dan mematikan tampilan, kontras, mengontrol kecerahan dan posisi video informasi yang dihasilkan.

8. Casing

Casing

Casing atau pelindung disebut juga dengan otak pembungkus yang berguna untuk meletakan komponen hardware. Pemprosesan yang berfungsi untuk melindungi komponen hardware dari segala gangguan dari luar.

Casing tersebut juga di sebut dengan CPU, fungsi dari casing yaitu sebagai tempat untuk meletakan komponen hardware. Seperti floppy disk, power supply, motherboard, DVD Rom dan CD Rom.

9. Keyboard

Keyboard

Keyboard komputer yaitu perangkat input yang digunakan untuk memasukan fungsi dan karakter ke dalam sistem komputer dengan cara menekan tombol.

Keyboard adalah perangkat utama yang digunakan untuk memasukan sebuah teks. Keyboard biasanya berisi kunci angka, huruf dan karakter khusus juga tombol untuk fungsi tertentu.

Keyboard di sambungkan ke komputer menggunakan kabel atau sambungan nirkabel.

10. Mouse dan Tauchpad

Mouse dan Tauchpad

Mouse yaitu perangkat input genggam hardware yang berguna untuk mengontrol kursor di GUI yang bisa bergerak. Dan juga untuk memilih teks, file, ikon dan juga folder.

Untuk dekstop komputer mouse ditempat pada permukaan yang datar atau meja dan ditempatkan pada samping komputer.

Touchpad mempunyai fungsi yang sama seperti mouse pada komputer, tetapi touchpad hanya bisa digunakan pada perangkat seperti laptop.

11. Speaker dan Headset

Speaker dan Headset

Speaker dan head set mempunyai fungsi untuk mengeluarkan proses sinyal elektrik dalam bentuk audio atau suara. Yang mempunyai peran penting didalam menjalankan komputer.

Biasanya speaker dan headset juga berperan penting untuk memunculkan suara atau audio notifikasi pada komputer. Dan speaker atau headset juga sering digunakan untuk memutar musik dan data audio.

Itulah penjelasan lengkap tentang contoh hardware yang sudah kami jelaskan semoga dapat membantu kamu.

Luqi Afika Pemuda pembelajar yang senang berbagi pengetahuannya untuk teman-teman semua