Contoh Berita Singkat

5 min read

Contoh Berita Singkat

Berita telah menjadi makanan sehari-hari bagi kita semua, contoh dari berita singkat seperti berita kecelakaan atau berita tentang bencana alam.

Apalagi di era digital dengan segala pernak-pernik kemajuan teknologi seperti sekarang ini yang semakin memudahkan kita untuk mengakses berita apapun, kapanpun dan di manapun.

Buat kamu yang suka bermain gadget, kamu juga dengan mudah menemukan teks berita yang hilir mudik di situs media sosial kamu. Jika kamu memang sudah sering melihat teksberita ini, apakah kamu tahu apa yang di maksud dengan teks berita?

Berita ini tidak hanya sekedar informasi dengan struktur, isi, dan bahasa yang bebas. Ada beberapa syaratsehingga suatu teks itu layak dinamakan sebagai suatu teks berita. Agar kita bisa lebih paham tentang apa itu teks berita.

Pengertian Teks Berita

Teks berita adalah suatu teks berisikan informasi terkait suatu hal yang terjadi di dunia atau disekitar kita. Teks berita digunakan untuk berbagai tujuan sperti siaran radio, artikel di website atau dibacakan dalam berita televisi.

Teks berita harus dibuat berdasarkan fakta yang ada sehingga informasi yang di dapatkan oleh masyarakat adalah hal yang sesuai fakta yang ada di lapangan.

Agar informasi yang disampaikan oleh pembuat berita tersampaikan dengan baik pada para pendengar atau penontonnya. Maka setidaknyaharus memenuhi 6 unsur yang harus terjawab atau yang biasa kita sebut 5W1H.

Apa yang terjadi (What) dalam peristiwa atau informasi yang akan di berikan sehingga akan muncul inti gagasan atau masalah utamannya.

Siapa yang terlibat (Who) dalam peristiwa tersebut atau menjadi tokohnya, dengan begitu lebih jelas pengembangan beritanya nanti.

Dimana peristiwa tersebut (Where) terjadi sehingga akan mudah menemukan tempat yang di maksud sebagai informasi bagi masyarakat.

Kapan (When) peristiwa itu terjadi, tentunya berita yang di sampaikan harus up to date atau paling terbaru

Mengapa bisa terjadi (Why) sehingga akan ditemukan penyebab dari terjadinya peristiwa tersebut dan alasan yang ada di baliknya.

Bagaimana (How) proses terjadinya peristiwa yang di beritakan tersebut secara detail.

Dengan menggunakan dasar tersebut (5W1H), maka informasi yang didapatkan oleh masyarakat atau netizen tentu akan lebih bagus dan tidak memunculkan pertanyaan atau menimbulkan persepsi yang berbeda di antara pembaca dan pendengar dari berita tersebut.

Baca juga selengkapnya tentang Jenis dan Macam Berita lengkap beserta contohnya

Struktur Teks Berita

Struktur teks adalah gambaran sebuah teks tersebut dibangun. Sebuah teks berita memiliki struktur yang jelas. Teks berita ini disusun berdasarkan struktur teks peristiwa berita, diikuti dengan latar belakang peristiwa, dan diikuti sumber berita.

Penjelasan struktur teks berita:

1. Orientasi Berita
Bagian pembuka teks terkait hal yang akan di beritakan.

2. Peristiwa
Tahap inti dari sebuah berita. Pada bagian ini, sebuah berita di narasikan sedemikian rupa untuk menyajikan beberapa fakta yang kemudian di munculkan.

3. Sumber berita
Sumbeer berita ini perlu untuk di cantumkan, tapi letaknya bisa fleksibel. Artinya, sumber berita tidak harus berada di akhir berita, melainkan dapat berada di dalam berita tersebut

Ciri-ciri Teks Berita

1. Aktual Terkini

Tanda tersebut yang pertama bahwa berita harus aktual atau terkini
Kebanyakan beruta yang telah berlalu atau basi tidak terlalu banyak menarik untuk di baca.

2. Faktual (Terpercaya)

Sebuah teks berita harus dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya agar publik tidak merasa dibohongi oleh berita palsu atau hoax. Ketiga itu bisa diterima di masyarakat.

Karena teks berita di tunjukan untuk semua kalanga bukan hanya untuk golongan tertentu saja, jadi si pembuat berita harus bisa menyesuaikan berita yang sesuai konsumsi masyarakat.

Struktur selanjutnya yaitu jelas dan kalimatnya sederhana. Maksud dalam teks berita mengandung kalimat yang mudah di pahami masyarakat dan tidak berbelit-belit

3 Seimbang
Seimbang berarti tidak memihak satu individu atau kelompok. Mebuat berita itu harus netral

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Kaidah kebahasaan teks berita merujuk tentang bagaimana ciri atau kaidah bagaimana sebuah teks dibangun. Kaidah kebahasaan ini dapat kita gunakan untuk mengenai suatu teks berita tertentu. Ciri kebahasaan teks berita, meliputi

  1. Adanya Keterangan
  2. Adanya verba pewarta
  3. Adanya verba transitif

Syarat Teks Berita

Suatu teks dapat dikatakan sebagai teks berita bila dapat memenuhi syarat teks berita. Syarat teks berita ini pada dasarnya juga mengacu pada ciri teks berita. Agar lebih jelas, mari kita simak syarat teks berita tersebut ini.

  1. Fakta atau faktual
    Teks berita harus berisikan fakta atau peristiwa nyata. Bila kejadian yang di sampaikan bukan fakta, maka hal tersebut tidak dapat di sebut sebagai berita.
  2. Aktual
    Suatu teks berita harus merupakan peristiwa yang masih hangat atau baru.
  3. Seimbang
    Seimbang maksunya teks tersebut tidak boleh memihak pada siapapun. Jadi, berita yang di sajikan seimbang atau berimbang.
  4. Lengkap
    Teks dalam sebuah berita haruslah lengkap dari unsur 5W1H(What,Why,Who,When,Where+how) dan harus memenuhi unsur atau struktur teks berita
  5. Menarik
    Teks berita perlu di sajikan dengan judul yang menarik sehingga orang akan lebih tertarik untuk membaca teks berita tersebut
  6. Sistematis
    Sebuah berita juga harus di sajikan secara sistematis atau berurutan agar jelas dan mudah di pahami.

Contoh teks berita

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Banjir

Berita Tentang Banjir

Sungai Ciliwung Meluap, 2 Desa Terendam Banjir Setinggi 3 Meter

Terjadi banjir bandang di sekitar sungai ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 18.00 WIB hingga pagi jam 10.00 WIB. 2 Desa terenda, dan banyak keluarga yang mengungsi di kampung sebelah

Sekitar 150 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.

Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini dua tahun yang lalu, tetapi banjir tahun ini lebih besar di bandingkan dengan tahun kemarin. salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di sungai ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kebakaran
Akibat Lilin, Sebuah Rumah Hangus Terbakar Di Lalap Si Jago Merah

sebuah kejadian tidak terduga terjadi di komplek perumahan Griya jaya di bekasi kemarin malam jam 23.30 WIB. Rumah miliki bapak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.

Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, Pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pilang ke kampung halamnya. Dalam musibah tersebut, bapak Andi mengalami kerugian kurang lebihh sekitar 1 Miliyar termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta kelahiran, Ijazah san surat-surat tanah miliknya.

Contoh Teks Berita Singkat Pendidikan

Contoh Teks berita singkat Pendidikan

Soal Bocor, UN Di ulang?

Bocornya soal ujian nasional untuk tingkat SMP yang di laksanakan pada Rabu 23 April 2015 merupakan berita besar untuk pelaksanaan ujian tahun ini. Menteri pendidikan, Anies Baswedan mengatakan bahwa pelaku yang membocorkan soal ujian sudah di selidiki. Ia memaparkan bahwa pelaku pembocoran akan diproses hukum sesuai pasal yang berlaku

Dari hasil verifikasi yang di lakukan oleh PUSPENDIK atau Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang kemdikbud, telas ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang di unggah ke internet secara ilegal.

Setelah mendapatkan lapporan tersebut, Menteri pendidikan segera melakukan koordinasi dengan Menteri komunikasi dan informasi untuk memblokir tautan di google yang berisi konten ilegal tersebut. Kerja samapun di lakukan dengan pihak Google dalam upaya pemblopkiran konten tersebut.

Diduga kebocoran soal UN ini melibatkan oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk untuk mencetak semua soal-soal ujian nasional. Penggeledahan pun dilakukan secara internal oleh pihak percetakan untuk mengetahui siapa sesungguhnya dibalik peristiwa ini.

Bocornya soal ujian nasional ini masih menjadi pertimbangan Menteri pendidikan untuk mengadakan kembali ujian ulang atau tidak. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, hal ini berdasarkan pertimbangan yang menyangkut besarnya nilai biaya pembuatan soal.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Politik

Contoh Teks Berita Tentang Politik

Menjelang Pemilihan Gubernur Jakarta, Persaingan Makin Memanas

Sebentar lagi warga Jakarta akan melaksanakan pemilihan umum untuk memilih Gubernur dan Wakilnya. Pemilihan Gubernur beserta wakilnya tahun ini di jamin akan panas karena yang di calonkan berasal dari berbagai partai politik bahkan independen.

Salah satu calon Gubernur yang meramaikan persaingan adalah Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Selain mantan Gubernur Jakarta tersebut, masih ada nama Anies Baswedan yang sebelumnya menjabat sebagai menteri pendidikan. Kemudian, putra mantan Presiden RI yaitu Agus Harimurti Yudhoyono juga mencalonkan diri.

Persaingan di antara ketiganya tentu akan makin panas karena sama-sama memiliki latar belakang sebagai orang yang berprestasi.

Di samping itu, faktor lain yang akan menambah panas persaingan dari ketiga calon Gubernur ini adalah perang gagasan dan visi misi untuk kemajuan Jakarta.

Seperti kita ketahui bahwa ibu kota Repiblik Indoseia ini memang di jangkiti berbagai permasalahan yang membutuhkan penanganan serius. Oleh karena itu, menarik untuk ditunggu siapakah pemimpin Jakarta periode selanjutnya.

Contoh Teks Berita Singkat tentang Gempa Bumi

Berita Tentang Banjir

Indonesia Darurat Bencana, Gempa Kembali Guncang Lombok

Bencana kembali melanda salah satu wilayah di Indonesia. Baru-baru ini telah terjadi bencana besar berupa gempa bumi dengan kekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok.

Kepanikan pun langsung melanda warga Lombok yang segera mengungsi ke dataran tinggi karena ada informasi peringatan potensi tsunami.

Gempa bumi berkekuatan 7 skala richter yang mengguncang Lombok Utara ini terjadi pada pukul 18.46 waktu Indonesia tengah. Lokasi pusat gempa diperkirakan berada di jarak 18 km barat laut Lombok timur dan memiliki kedalaman 15 kilometer.

Besarnya skala gempa, kabar tentang terjadinya tsunami ditambah lagi listrik yang mati total sontak membuat warga panik dan memilih mengungsi.

Akan tetapi, guna meredakan kepanikan warga pihak BMKG mencabut peringatan tsunami satu jam kemudian. Gempa berskala tinggi ini juga mengakibatkan air laut naik di beberapa daerah.

Di antaranya adalah di pelabuhan Carik Lombok Utara, Bada Sumbawa dan Lembar Lombok Barat. Sementara itu, gempa susulan masih terus terjadi hingga berita ini disampaikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *