Contoh Abstrak

Share
Comment 0 reply
Contoh Abstrak

Contoh abstrak kerap kali dicari oleh beberapa mahasiswa untuk membantu tugas karya ilmiah, skripsi, paper, dan lain sebagainya.

Dimana dalam abstrak ini akan dijelaskan mengenai ruang lingkup serta seberapa luas suatu topik akan dibahas didalamnya.

Dengan demikian, pembaca dapat memahami ide pokok pada karya ilmiah ketika hanya membaca bagian abstraknya.

Pengertian Abstrak

contoh abstrak tugas akhir

Secara umum abstrak merupakan suatu ringkasan dari sejumlah bahasan yang disampaikan.

Ringkasan tersebut telah diatur sedemikian rupa dengan cara memunculkan kata kunci dari isi suatu bahasan. Untuk kata kunci di dalam abstrak disarankan terdiri dari 3 atau lebih.

Suatu abstrak sering diibaratkan seperti synopsis film. Yang mana didalamnya meliputi ulasan singkat, garis besar, serta beberapa poin penting dari makalah dengan tujuan untuk memudahkan para pembaca untuk memahami keseluruhan dari isi makalah/ pembahasan.

Struktur Penulisan Abstrak

contoh abstrak skripsi bahasa inggris

Secara umum, struktur dalam penulisan abstrak memiliki beberapa kaidah yang wajib ada di dalamnya, diantaranya seperti:

1. Latar Belakang

Ketika akan membuat abstrak kalian harus memasukkan latar belakang dari permasalahan dan juga latar belakang yang dihadapi oleh si peneliti.

Dengan adanya latar belakang ini, maka peneliti dapat mencari solusi agar bisa menyelesaikan permasalah dari penelitian yang dilakukan.

2. Metode/ Pendekatan Masalah

Menerangkan secara ringkas serta padat terkait jenis metode penelitian yang dilakukan dalam melakukan penelitian.

Dengan begitu, peneliti dapat mengetahui bagaimana cara serta langkah yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi.

3. Hasil Utama/ Penelitian

Menerangkan hasil penelitian yang dikerjakan harus dijabarkan sehingga pembaca tahu kaitannya antara latar belakang dengan metode yang digunakan apakah bisa menyelesaikan permasalahan atau tidak.

4. Kesimpulan

Dengan memberikan kesimpulan maka dapat diketahui jika penelitian yang sudah dilaksanakan apakah bisa menyelesaikan permasalahan yang dihadapi si peneliti.

Panduan Penulisan Abstrak

contoh abstrak skripsi pdf

Bagaimana cara membuat abstrak makalah ilmiah yang benar? Berikut 10 tahapan yang harus diperhatikan.

  1. Mulai menulis abstrak selepas kalian merampungkan penulisan isi makalah ilmiah secara menyeluruh.
  2. Kemudian pilih tujuan, hipotesis, serta kesimpulan utama dari makalah ilmiah di bagian Pendahuluan dan Kesimpulan yang akan dicantumkan di dalam abstrak jurnal maupun makalah.
  3. Menentukan kalimat kunci serta frase – frase penting di bagian metode serta seleksi 2 atau maksimum 3 poin penting dari sana.
  4. Mengidentifikasi hasil utama dari makalah ilmiah yang dijumpai di bagian hasil.
  5. Hasil utama tersebut harus sesuai dengan data yang diambil dalam makalah yang berkaitan agar dapat menjawab tujuan dan hipotesa penelitian.
  6. Setelah poin 1 – 5 terkumpul, kemudian susun kalimat serta frase yang sudah ditentukan ke dalam satu paragraf dengan urutan: Pendahuluan, Metode, Hasil, serta Kesimpulan
  7. Pastikan pada paragraf poin 6 tidak mengandung:
    • Informasi baru yang tak tercantum di dalam makalah ilmiah.
    • Pemakaian nama atau istilah yang tidak terdefinisi.
    • Pembahasan serta sitasi literatur lain yang dipakai.
    • Rincian bertele – tele seputar metode yang dipakai.
  8. Eliminasi beberapa informasi tambahan dan fokus untuk menulis beberapa point berikut:
    • Rancangan studi dasar.
    • Metodologi dan teknik utama yang digunakan.
    • Penemuan utama.
    • Ringkasan interpretasi penulis.
    • Kesimpulan.
    • Dan implikasi.
  9. Cek kembali konsistensi pada abstrak dengan isi dari makalah ilmiah yang dibuat tersebut.
  10. Ajukan permohonan pada pihak lain guna memeriksa abstrak yang kalian buat sebagai bahan evaluasi.
  11. Cek kembali abstrak final kalian apakah telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam instansi publisher jurnal tujuan (jumlah kata, tipe abstrak, kata kunci).

Intisari/ abstrak ditulis di dalam Bahasa Indonesia dengan maksimal 250 kata, 1 spasi, dengan 5 – 6 kata kunci dengan menggunakan huruf Arial 11 point.
Abstrak ini isinya berupa latar belakang, metode penelitian serta hasil yang diringkas secara utuh serta dapat mewakili isi dari suatu makalah.

Contoh Abstrak

writer

Contoh abstrak karya tulis ilmiah juga dikenal sebagai LKTI ini mencangkup bagian awal hingga akhir dalam sejumlah penelitian yang dilakukan.

Berikut adalah beberapa contoh abstrak yang dapat kalian jadikan bahan belajar, antara lain:

a. Contoh Abstrak Tugas Akhir

Pariwisata mempunyai peranan yang sangat penting untuk pembangunan perekonomian di wilayah Malang Raya khususnya di era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN).

Wilayah Malang Raya terdiri atas Kabupaten Malang, Kota Malang, serta Kota Batu mempunyai banyak destinasi wisata.

Tetapi, sebagian besar destinasi wisata belum diketahui oleh para wisatawan asing. Yang mengakibatkan sektor pariwisata kurang berkontribusi untuk perekonomian area Malang Raya.

Sosialisasi dan informasi yang kurang mengenai wisata di area Malang Raya menjadi penyebab untuk masalah ini.

Adanya media internet juga turut menjadi perantara informasi yang mudah untuk diakses serta praktis pemakaiannya.

Sehingga dapat membantu penggunanya dalam menggali informasi yang berhubungan dengan lokasi wisata secara detail.

Oleh sebab itu, pembuatan aplikasi dengan basis android bernama TtM (Trip to Malang) dikerjakan untuk upaya mengatasi masalah tersebut.

Pembuatan aplikasi satu ini berbasis pemrograman android yang terdiri atas bahasa JAVA dan XML.

XML fungsinya untuk mendesain layout. Sementara JAVA fungsinya untuk pemrosesan.

Seluruh proses yang ada di dalam aplikasi android kemudian diambil alih sepenuhnya oleh bahasa pemrograman JAVA.

JAVA sendiri adalah bahasa pemrograman dengan berorientasikan objek bersifat case sensitive. Atau yang artinya huruf besar serta huruf kecil dibedakan.

Aplikasi tersebut memberikan fitur seperti rute menuju lokasi, info terkait titik – titik rawan, serta info lain tentang destinasi wisata yang akan dituju.

Desain dari aplikasi ini juga dibuat sedemikian rupa sehingga menarik dan mudah diakses untuk semua kalangan usia.

Bahasa tampilan yang dipakai di dalamnya juga menggunakan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris supaya wisatawan asing dapat memahami setiap informasi yang ada serta Bahasa Indonesia yang dijadikan sebagai sebagai bahasa induk Negara Indonesia.

Hasil dari pembuatan aplikasi ini bisa membantu para pengguna aplikasi dalam berwisata yang aman serta nyaman.

Dan tentunya dapat dijadikan media untuk memperkenalkan pariwisata yang ada di area Malang Raya secara Internasional.

Kata Kunci: Wilayah Malang Raya, wisata, android, Sistem Informasi.

b. Contoh Abstrak Karya Ilmiah

“Zone Development Kaur Beef” Sebagai Usaha Pengembangan Komoditas Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal dan Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu

Roni Saeful Anwar, Arifin Marzuki, Icuk Rahmadani Universitas Bengkulu

Dewasa ini kebutuhan akan daging sapi di Indonesia yang menjadi salah satu sumber protein hewani semakin meningkat sejalan dengan tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya kebutuhan gizi yang seimbang.

Hal tersebut juga selaras dengan data PPSKI (Perhimpunan Peternakan Sapi dan Kerbau Indonesia) 2016. Sekarang ini kebutuhan akan daging sapi secara nasional mencapai 3000.000 ton/ tahun.

Pemenuhan kebutuhan daging di negara Indonesia berasal dari beberapa jenis ternak penghasil daging seperti sapi, kerbau, kambing, domba serta jenis unggas.

Tetapi hingga sekarang ini masih ada kesenjangan yang cukup signifikan antara konsumsi masyarakat dengan ketersedian daging.

Oleh sebab itulah, negara Indonesia masih melakukan impor daging. Baik yang berupa daging beku atau bakalan sapi yang pada akhirnya bisa memenuhi kebutuhan daging di Indonesia.

Hal tersebut sesuai dengan PPSKI yang menyebutkan Indonesia masih memerlukan 600.000 ekor sapi impor disusul dengan tingginya konsumsi daging di dalam negeri.

Hal ini membuat Indonesia menjadi ketergantungan impor daging.

Impor ini juga mengakibatkan ketidakmandirian negara untuk menyediakan pemenuhan kebutuhan daging.

Indonesia membutuhkan sebuah tindakan top-down dari pemerintah selaku pemegang kekuasaan dan juga masyarakat selaku culture social untuk meminimalisir ketergantungan impor daging.

Zone Development Kaur Beef adalah tawaran gagasan yang sangat aplikatif untuk diterapkan dengan tujuan mengatasi ketergantungan impor daging lewat Pengembangan Komoditas Ternak Berbasis Sumber Daya Lokal dan Ekonomi Kerakyatan di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu.

Zone Development Kaur Beef juga merupakan suatu kawasan pengembangan sapi kaur yang dikerjakan secara intensif oleh sekelompok masyarakat di Kabupaten kaur Provinsi Bengkulu untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Sapi kaur yang diternak adalah kekayaan sumberdaya lokal dari Kabupaten kaur yang perlu untuk dilestarikan serta dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan daging.

Metode penulisan yang dipakai ialah metode pengumpulan data, pustaka yang bisa dipertanggungjawabkan sehingga bisa menjadi acuan baru pada kemudian hari.

Terealisasinya gagasan ini akan menjadi solusi pada permasalahan ketergantungan impor serta menjadi penyokong kebutuhan danging.

Kata Kunci: Zone Development Kaur Beef, Sumberdaya Lokal, Provinsi Bengkulu

c. Contoh Abstrak Penelitian Skripsi

Berikut contoh abstrak penelitian skripsi atau tugas akhir dari mahasiswa program sarjana pada salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) ternama di kota Bandung.Detail lengkap untuk tugas akhir satu ini diantaranya yaitu:

JudulKarakteristik Hidrodinamika Pada Media Tanam Campuran Tanah serta Kompos Serta Pengaruhnya Terhadap Pertumbuhan dan Serapan Mineral Zinc terhadap Tanaman Jagung (Zea Mays L.)
Tipe Dok.Skripsi Sarjana
BidangBioteknologi
Tahun2014

Abstrak

Salah satu inovasi teknologi yang mampu untuk meningkatkan produksi pertanian ialah dengan adanya pendekatan teknologi System of Rice Intensification (SRI).

Konsep dasar yang ada pada metode SRI yaitu perlunya siklus ruang serta siklus hidup.

Kompos adalah generator siklus ruang sekaligus generator untuk siklus hidup dalam sarana tanam sehingga dengan adanya penambahan kompos dalam tanah akan meningkatkan produktivitas lahan.

Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi pengaruh struktur ruang mikro kompos pada campuran tanah kepada karakteristik pertumbuhan tanaman jagung (Zea mays L). Dan juga mengetahui pengaruhnya terhadap serapan mineral Zn.

Dari penelitian yang telah dikerjakan, maka diperoleh jika beragam ruang mikro dalam kompos yang berasal dari berkas pipa kapiler tanaman bisa meningkatkan ketersediaan ruang kosong dalam tanah.

Pemakaian kompos dalam tanah juga akan membantu pertumbuhan akar pada sarana tanam sehingga pemanfaatan ruang dalam media tanam akan lebih optimal. Dan pertumbuhan tanaman jagung dapat meningkat secara signifikan.

Sedikitnya pengaruh untuk penambahan mineral Zn sebesar 6 serta 12 ppm pada pertumbuhan tanaman jagung dalam media campuran tanah kompos.

Hal tersebut juga membuktikan kadar nutrisi dalam kompos yang telah mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman.

Hal tersebut juga membuktikan fungsi kompos sebagai generator siklus hidup.

Kata kunci: Hidrodinamika, kompos, tanaman jagung, mineral Zn.

d. Contoh Abstrak Skripsi Manajemen

Abstrak

Strategi Pemasaran Busana Muslim dalam Menghadapi Persaingan Usaha

Aktivitas pelaksanaan kinerja bauran pemasaran dalam sektor butik busana Muslim adalah tindakan pelaksanaan penjualan yang diberikan oleh pihak manajemen butik terhadap para konsumen mereka yang memerlukan adanya kemudahan sekaligus kenyamanan dalam setiap proses transaksi.

Tak hanya itu saja, para konsumen ini memerlukan hasil yang memuaskan. Baik itu berasal dari sisi produk maupun jasa yang telah ditawarkan.

Pada bentuk kinerja dari bauran pemasaran yang dikerjakan oleh PT Sahaya Sejati yang berada di area Sulanjana no. 28 Bandung, Jawa Barat merupakan realisasi dari misi yang oleh PT itu.

PT tersebut mengambil langkah berupa sistem segmentasi pasar pada kalangan tertentu guna menentukan produk, tempat, harga serta kebijakan promosi.

Ada pula kinerja bauran pemasaran yang sudah diterapkan oleh pihak manajemen butik dapat diartikan sebagai salah satu jenis kinerja yang dikerjakan dengan tujuan memberikan pelayanan terhadap para konsumen agar dapat menciptakan loyalitas tinggi.

Penelitian ini dilakukan untuk melihat tanggapan dari para konsumen PT Sahaya Sejati pada kinerja bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh PT tersebut untuk memperoleh informasi mengenai tingkat loyalitas dari pelanggan.

Ada juga metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian survey yang bersifat deskriptif verifikatif.

Bertujuan untuk memberikan umpan balik kepada kinerja bauran pemasaran yang telah diterapkan oleh pihak manajemen PT dengan menggunakan tanggapan langsung dari para konsumen mereka.

Diharapkan nantinya hal tersebut dapat menjadi gambaran atas fakta yang ada.

Variabel dari kinerja bauran pemasaran itu diantaranya seperti harga, produk, tempat serta promosi yang dilakukan.

Data yang diperoleh dari 87 kuesioner yang sudah disebarkan kepada para konsumen menjadi sumber data yang primer.

Berdasarkan dalam tingkat loyalitas konsumen atas pelaksanaan kinerja dari bauran pemasaran Sahaya Sejati yang sesungguhnya, dapat diambil kesimpulan jika penerapan kinerja pelaksanaan bauran pemasaran di PT Sahaya telah diterapkan dengan sangat baik.

Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya tanggapan positif dari para responden pada setiap indikator dari variabel kinerja bauran pemasaran.

Untuk tingkat loyalitas konsumen juga relatif tinggi dengan dibuktikan adanya kriteria dari jawaban responden dalam tingkat keyakinan indikator loyalitas yang tinggi.

Pada tingkat keyakinan menunjukan angka 95% uji analisis statistiknya, yang berarti jika kinerja bauran pemasaran di PT itu telah mempengaruhi pembentukan loyalitas pelanggan bahkan sampai mencapai 95%. Dan sisanya lebih dipengaruhi dengan faktor lain.

Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Pelayanan.

e. Contoh Abstrak Skripsi Bahasa Inggris

ABSTRACT

Fitness is body capability to adjust organs’ function toward environments and activities undertaken without having severe fatigue that can be recovered and do another physical activity well.

Training Fitness is one of the preventive efforts to maintain healthiness. Fitness can be achieved when physical activities such as exercise were done in routine.

Woman with fat to muscle ratio that have a more fat ratio, really need exercise to increase fitness.

Increase fitness can be done by doing activities such as aerobic gymnastics or yoga, so it is necessary to study about fitness in women who do yoga and aerobic gymnastics. This

This study aims to know the differences of fitness level between women participant of yoga and aerobic gymnastics in aerobic studio named Bellina Yogyakarta.

This study is quantitative comparative study and used cross-sectional study design. A population that been used are women participant in Bellina Yogyakarta aerobic studio.

The sample that taken as much as 64 people by non-random sampling technique that consists of 32 people participant of yoga exercise and 32 participants of aerobic gymnastics.

Study instrument that been used is Harvard bench, metronome, and stopwatch.

Data analysis has been used is independent t-test to know the differences between the variables whether it’s valuable or no.

The result of study using independent t test showing Value of P 0,004 (p<0,005) which mean there are differences in fitness level between women who participate in yoga and aerobic gymnastics in Bellina Yogyakarta aerobic studio that is women who participate in aerobic gymnastic significantly have better fitness level compared to women who participate in yoga.

A number of aerobic gymnastics participants with good fitness level is 10 people (31,3%) and on yoga, participant is 6 people (18,8%)

Keyword: fitness, woman, yoga, aerobic gymnastics.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.