Cerita Fantasi

Share
Comment 6 reply
Cerita Fantasi

Cerita fantasi adalah sebuah cerita fiksi yang mengandung unsur imajinatif dari sang penulis.

Umumnya, struktur berupa setting, alur, penokohan, dan lain sebagainya akan dibuat berlebihan yang mana tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Cerita fantasi banyak digemari oleh anak karena imajinasinya akan bermain disana. Selain itu, cerita ini juga kerap dibaca oleh orang dewasa sebagai hiburan tersendiri.

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Pengertian Teks Cerita Fantasi

Teks cerita fantasi adalah suatu konsep cerita fiksi yang dimana didalam ceritanya mengandung suatu unsur imajinatif dari sang penulis.

Didalam cerita fantasi tersebut kejadiannya sangat tidak mungkin bisa terjadi didunia nyata dan akan terlihat biasa saja.

Baik dari segi tokoh, latar, ataupun dari kejadian yang ada dalam cerita teks fantasi merupakan murni karangan dari sang penulis.

Hal tersebut tidak akan ada dalam dunia nyata, dan walaupun mirip ceritanya sudah dirubah atau dimodifikasi.

Teks cerita fantasi yaitu bertujuan untuk sang pembaca seolah-olah ikut masuk kedalam dunia imajinatif dari sang penulis. Sehingga dari sang pembaca juga akan ikut mengembangkan imajinasinya tersendiri.

Struktur Cerita Fantasi

Struktur cerita Fantasi

Teks cerita fantasi memiliki struktut yang mirip dengan teks narasi yang terdiri dari orientasi, konflik, resolusi dan juga ending. Tetapi pada teks cerita fantasi tidakharus mencakup ketiga struktur tersebut.

Ada juga beberapa dari teks cerita fantasi yang hanya ada konflik atau yang disebut dengan imajinatif dari sang penulis. Oleh karena itu sang pembaca tidak akan perduli dengan struktur dari teks cerita fantasi.

1. Orientasi

Orientasi yang dimaksud dalam teks cerita fantasi adalah pengenalan dari nama tokoh, latar atau tempat kejadian, suasana kejadian, tema, dan beberapa gambaran dari alur yang akan diceritakan kedepannya.

Pada bagian tersebut biasanya akan menceritakanwatak atau sifat dari sang tokoh yang bisa menggambarkan apa yang akan terjadi pada selanjutnya.

Seringnya pada bagian orientasi akan ada yang mengandung Hook yang bisa membuat pembaca menjadi penasaran.

2. Konflik

Struktur dari konflik pada teks cerita fantasi yaitu dimulainya permasalahan yang akan menjadi inti dari cerita fantsasi.

Konflik yang dimaksud adalah dari cerita dan dari sang pembaca akan berkeinginan untuk membaca sampai akhir cerita. Karena akan mempunyai keinginan untuk mengetahui apa yang akan terjadi selanjutnya dari konflik tersebut.

Pada bagian konfilk tersebut tokoh-tokoh dari cerita dan juga karakternya akan lebih di perlihatkan.

3. Resolusi

Resolusi adalah penyelesaian dari konflik atau masalah yang tengah terjadi, dari sini masalah atau konflik yang terjadi akan mereda. Dengan adanya tokoh yang datang dan bersifat bijaksana yang bisa untuk menyelesaikan konflik.

Resolusi adalah teks yang berada dalam cerita fantasi yang berguna untuk memberikan informasi kepada sang pembaca.

Resolusi menjadi penentu apa yang akan terjadi pada akhir cerita. Resolusi sendiri sangatlah mempengaruhi untuk nantinya dari cerita fantasi tersebut berakhir seperti apa.

4. Ending

Ending atau yang dimaksud dengan cerita akhir adalah suatu penutup dari cerita fiksi. Pada akhir cerita atau ending dibagi menjadi dua yang pertama yaitu happy ending dan sad ending.

Happy ending yang berarti tokoh yang mempunyai sifat yang baik dari cerita fantasi tersebut akan hidup bahagia selamanya.

Kedua adalah Sad ending yang berarti tokoh yang mempunyai sifat baik atau jahat akan ada yang berakhir pada cerita yang kurang menyenangkan.

Ending adalah bagian yang paling ditunggu-tunggu dari sang pembaca karena dari ending adalah tujuan dari cerita yang ditulis.

Ciri Ciri Cerita Fantasi

Ciri-Ciri Cerita Fantasi

Bisa dikatan dengan teks cerita fantasi apabila memiliki unsur dan ciri-ciri sebagai berikut:

1. Ide Cerita yang Terbuka

Ide cerita yang ada dalanm teks cerita fantasi biasanya tidak mempunyai batasan realita atau kenyataandan juga bisa dikembangkan oleh sang penulis.

Tema yang biasanya digunakan dalam teks cerita fantasi yaitu sepertiSupranatural, mistis, futuristik dan masih banyak lainnya.

2. Terdapat Keanehan, Misterius, dan Keajaiban

Kalau kamu mendapatkan suatu teks cerita yang mengandung unsur dari keanehan, juga bersifat misterius.

Contohnya mengandung unsur mistis atau juga kejadian keajaiban yang tidak bisa dipikir secara logika. Maka bisa dikatakan bahwa cerita tersebut adalah teks cerita fantasi.

Biasanya yang terjadi keajaiban atau keanehan yang ada didalam cerita bersifat berlebihan. Contohnya yaitu seperti manusia berbadan kuda atau yang lainnya.

Cerita fantasi adalah suatu cerita yang bisa merubah apapun yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata dan bisa terjadi dalam teks cerita fantasi dengan cara menghidupkan dalam bentuk cerita.

Hal tersebut karena teks dari cerita fantasi adalah teks karangan cerita yang sifatnya imajinatif atau dari imajinasi yang dibuat dari sang penulis atau sang pengarang cerita.

3. Latar

Latar yag digunakan didalam teks cerita fantasi bisa menembus ruang dan waktu.

Ruang dan waktu yang dimaksud yaitu terjadi pada suatu tempat dan waktu contohnya saja saat seperti Doraemon dan Nobita yang bisa pergi ke 100 tahun ke masa lalu atau masa depan dengan mesin waktu ke bulan.

Padahal saat dicermati padahal di Bulan tidak ada oksigen sehingga tidak bisa bernafas. Namun dengan teks cerita fantasi tersebut apapun yang tidak bisa terjadi akan bisa terjadi dalam cerita.

4. Tokoh yang Unik

Salah satu ciri-ciri dari teks cerita fantasi adalah adanya tokoh yang sangat unik dan mempunyai keahlian yang diluar pemikiran manusia biasa.

Tokoh tersebut biasanya mempunyai kelebihan sendiri yang sangat unik dan berbeda dengan yang lain. Contohnya saja seperti Doraemon yang bisa mengeluarkan alat-alat ajaib dari kantongnya.

5. Fiksi atau Khayalan

Selanjutnya ciri-ciri dari teks cerita fantasi adalah sifatnya yang bisa dilihatyang berarti fiksi atau khayalan. Karena teks cerita fantasi yang bersifat fiksi atau khayalan. Maka cerita fantasi tidak akan bisa dinalar oleh pikiran yang dibandingkan dengan dunia nyata.

6. Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam teks cerita fantasi biasanya tidak menggunakan bahasa yang formal. Melainkan menggunakan bahasa yang bervariasi dalam ceritanya.

Penggunaan bahasa yang bervariasi atau yang unik akan menarik pembaca sampai akhir cerita dan bisa menghayati apa yang terjadi dalam alur cerita fantasi.

Contoh Cerita Singkat

1. Sepasang Saudara Penyihir

Sepasang Saudara Penyihir

Disebuah desa yang sangat damai, hiduplah dua saudara yang mempunyai kekuatan sihir.

Mereka yang bernama Alucard dan Roger adalah seorang saudara, tetapi mempunyai watak yang sangat berbeda.

Alucard mempunyai sifat yang sangat sombong dan angkuh, dan Roger adalah penyihir yang sangat baik hati.

Alucard mempunyai kekuatan sihir yag jauh lebih banyak dibandingkan dengan adiknya Roger dan selalu sombong dan memamerkanya.

Alucard yang merupakan kakak dari Roger selalu mengingatkan kepada kakaknya agar tidak selalu memamerkankekuatanya kepada yang dan tidak untuk menggunakan sihirnya dengan sembarangan.

Tetapi Alucardselalu mengelak dan mengatakan kepada Roger iri dengan kekuatanya.

Sikap dari Alucard semakin menjadi-jadi. Semua barang yang ada didekatnya diubah semua menjadi batur termasuk juga binatang ternak yang dimiliki oleh keluarganya.

Roger selalu menasehati sang kakak tetapi Alucard tetap keras kepala dan tidak mendengarkanya dan terus merasa dirinya sangatkuat dan hebatkarena bisa mengubah apa saja yang didekatnya menjadi batu.

Ada salah satu benda yang berada didekatnya belum dirubah yaitu cermin. Alucard lalu membaca mantra untuk mengubah cermin tersebut menjadi batu tetapi mantranya berbalik kearahnya.

Mantera tersebut ternyata langsung memantul ke arahnya sendiri.

Alucard akhirnya berubah menjadi batu karena mantranya sendiri.

Melihat keadaan dari sang kakak tersebut, Roger langsung memberitahukan kepada guru sihirnya dan meminta bantuan kepadanya untuk bisa mematahkan mantra sihir dari kakak sendiri.

Ternyata sang guru tidak bisa membantu karena mantra tersebut sifatnya abadi dan hanya bisa diubah oleh orang yang membacakan mantera jadi batu tersebut.

Akhirnya Alucard menjadi batu selamanya karena tidak ada yang bisa melawan dari sihirnya sendiri.

2. Jina yang Suka Membantu

Orientasi

Di sebuah rumah tua di pinggir kota, hiduplah seorang tukang sepatu yang sangat tua. Ia memelihara kucing betina yang diberi nama Jina. Bulunya hitam legam dengan ekor yang pendek. Jina selalu duduk di samping pak tua, memperhatikan beliau bekerja. Dari membuat pola, memotong bahan, hingga menjahit sepatu.

Konflik

Pagi itu, pak tua yang Jina tunggu belum datang juga. Jina melihat tumpukan sepatu yang baru setengah jadi di meja kerja pak tua. Tiba-tiba pintu terbuka dan pak tua masuk sambil terbatuk-batuk. Wajahnya pucat dan jalannya sempoyongan. Setelah mengelus bulu Jina untuk menyapa, pak tua mulai bekerja lagi.

Tak lama kemudian, pintu ada yang mengetuk. Dengan pelan pak tua membuka pintu.

“Pak, sepatunya bisa selesai kapan? Bapak sudah mundur 3 hari dari perjanjian,” kata tamu itu dengan suara tinggi.

“Maaf, Pak. Akan saya selesaikan segera. Besok bisa Bapak ambil,” kata pak tua sambil terbatuk-batuk.

“Baik! Saya harap besok sudah jadi. Bila belum juga, saya minta uang saya dikembalikan!” kata tamu itu berlalu tanpa pamit.

Pak tua kembali bekerja sambil terbatuk-batuk dan sesekali menyeka keringatnya. Jina mengawasinya. Dia sungguh berharap dapat membantu pak tua bekerja.

Resolusi

Tiba-tiba “Brukkkkk!” Pak tua terjatuh dari kursinya. Jina mendekatinya. Pak tua tampak seperti sedang tertidur. Lama pak tua berbaring di lantai dan tak kunjung jua bangun.

Jina menatapnya sedih. Dia menatap kedua pasang kakinya, berharap dapat membantu pak tua. Tanpa terasa air mata Jina menetes dan membasahi kaki depannya.

Dari kaki depannya muncul seberkas cahaya yang berpendar-pendar. Tiba-tiba jari-jarinya memanjang dan terasa tidak kaku. Jina menggerakkannya dan jari-jari kakinya dapat menarik baju pak tua.

Segera Jina menggambil jarum dan benang sepatu. Dia menjahit sepatu yang tadi dikerjakan pak tua.

Dengan cepat sepatu itu selesai. Dan kemudian Jina mengambil sepatu lainnya. Tanpa terasa, Jina telah menyelesaikan 10 sepatu dengan cepat.

Kemudian Jina mengambil kertas dan sepatu. Dia menulis sesuatu dan mengantar kertas itu ke rumah sebelah.

Tetangga yang melihat tulisan tersebut segera berlari ke rumah pak tua.

“Tolong! Tolong! Pak tua pingsan,” teriak tetangga itu. Orang-orang berdatangan dan menolong pak tua.

Ending

Lima hari kemudian pak tua kembali ke rumahnya. Pak tua heran. Rumahnya sangat rapi dan sepatu-sepatunya telah selesai. Jina menyambutnya. Mendekati kaki pak tua dan mengeong pelan seperti senang melihat pak tua telah kembali.

3. Putri Sista

Disebuah hutan yang rindang, terdapat Putri hutan yang bernama Sista. Putri Sista senang sekali bermain di hutan.

Suatu hari Putri Sista tidak melihat keluarga kelinci. Putri Sista bertanya dalam hati. Kemana perginya keluarga kelinci?

Beberapa jam kemudian, Putri Sista melihat keluarga kelinci terjebak di jebakan para pemburu hewan. Putri Sista pun menolong keluarga kelinci itu. Ia mengambil ranting kayu yang tajam dan menyelamatkan Keluarga kelinci tersebut.

Contoh Cerita Fantasi Panjang

1. Legenda Dewi Bulan

Legenda Dewi Bulan

Bulan merupakan anak dari pasangan petani yang hidupnya miskin dan tinggal di pedesaan. Karena kehidupan keluarga tersebut sangat miskin maka tiodak ada yang perduli denga keluarga tersebut.

Bulan mempunyai penyakit yang aneh pada wajahnya dan menyebabkan kulitnya menjadi kusam dan menghitam.

Saat orang yang belum pernah melihatnya maka akan mengira bulan adalah seseorang yang buruk rupa atau monster jelmaan yang sangat mengerikan.

Oleh karena masyarakat sekitarnya sangat ketakutan saat melihat sang Bulan karena wajahnya yang sangat menakutkan dan mengerikan.

Warga desa sekitarnya selalu mencemooh dan mencibir sang bela karena wajahnya yang mempunyai penyakit tersebut.

Untuk keluar rumah Bulan selalu menutupi wajahnya dengan selendang. Agar saat berpapasan dengan orang lain tidak ketakutan dan jijik dengan dirinya.

Pada suatu malam, sang bulan bermimpi bertemu dengan seseorang pangeran dari kerajaan. Pangeran tersebut memiliki wajah tampan dan mempunyai sifat yang sangat ramah.

Setelah bangun dari mimpi tersebut Bulan pun selalu membayangkan sifat yang ramah dan wajah dari sang pangeran yang sangat tampan tersebut.

Karena mimpi yang dialami pada malam itu Bulan pun selalu berdoa dan mengharapkan yang ada dalam mimpinya terjadi pada dunia nyata.

Karena keinginan tersebut Bulan selalu memikirkanya dan memimpikan pangeran tersebut.

Pada suatu hari saat Bulan bersama dengan Ibunya, Bulan menceritakan mimpinya dan keinginanya untuk bertemu dengan sang pangeran.

Pangeran yang mempunyai wajah sangat tampan dan memiliki sifat yang sangat ramah ke semua orang.

Sang Ibupun langsung berpikir bahwa anaknya tidak pantas untuk bertemu dengan pangeran yang disebutkan Bulan.

Lalu sang Ibu berkata “Sudahlah Bulan kau itu tidak pantas untuk bertemu langsung dengan sang pangeran.

Lupakanlah saja keinginanmu karena itu hanya akan menjadi mimpimu yang tidak akan menjadi kenyataan dan tidak usah bercerita ke orang lain atau tetangga”.

“Ibu berkata seperti itu kepadamu karena Ibu hanya ingin melindungi anak gadis satu-satunya agar tidak kecewa dan menangis gara-gara olok-olokan tetangga.

Karena ibu hanya ingin melindungimu” sambil mengusap kepala sang Bulan.

Bulanpun mengerti dan sadar akan perkataan dari sang Ibunya bahwa mimpi tersebut tidak akan mungkin menjadi nyata atau terwujud saat melihat wajahnya sendiri yang tentu saja akan membuat siapa saja menjadi ketakutan saat melihatnya.

Pada malam selanjutnya Bulan termenung oleh keinginanya tersebut di bawah langit yang bergemerlap bintang-bintangyang sangat indah tersebut. “Sungguh pemandangan yang sangat indah, andai saja wajahku ini secantik Bulan” Gumaman dari Bulan Jelita.

Pada waktu itu juga Bulan langsung teringat dengan Dewi Bulan yaitu Dewei yang tinggal di Bulan.

Konon katanya sang Dewi Bulan adalah Dewei yang mempunyai wajah yang cantik dan rupawan.

Karena kecantikanya tersebut yang membuat Bulan selalu bersinar terus-menerus.

Setiap orang tua selalu berdoa agar wajah dari sang anaknya selalu cantik dan rupawan sepert Dewi Bulan.

Termasuk juga dari orang tua Bulan yang selalu berdoa dari Bulan lahir sampai besar, oleh karena itu orang tua Bulan memberikan namanya sama seperti Dewi Bulan yaitu Bulan Jelita.

Selain memiliki wajah yang sangat cantik jelitaDewei Bulan juga memiliki sifat baik dan penyayang.

Dewi Bulan sering turun ke Bumi untuk membantu manusia yang sedang mempunyai masalah didalam kehidupanya.

Bulanpun berkeinginan untuk bertemu dengan Dewei Bulan dan meminta supaya wajahnya bisa cantik jelita seperti wajahnya Dewei Bulan atau bisa juga wajahnya disembukan dan kembali seperti dahulu kala tidak memiliki suatu penyakit diwajahnya.

Bulan Jelita akhirnya sadar bahwa dirinya tersebut percaya pada dongen pada zaman dahulu kala yang diceritakan orang tua kepada setiap anak perempuanya dan bisa mengahrapkan anak perempuanya tersebut memiliki wajah yang cantik dan jelita seperti Dewi Bulan suatu saat nanti.

Saat menyadarinya Bulan Jelitapun langsung sedih dan mengubur dalam-dalam harapanya tersebut untuk bertemu Dewi Bulan.

Apa lagi dengan keinginan untuk mempunyai wajah yang sangat cantik jelita seperti Dewi bulan.

Sifat dari sang Bulan Jelita adalah seorang gadis desa yang mempunyai hati penyabar, lembut, baik hati dan juga sangat senang untuk membantu orang lain.

Tetapi warga sekitar tidak ingin dibantu oleh Bulan karena semuanya pada takut dengan wajahnya yang sangat menyeramkan dan juga takut untuk tertular dengan penyakitnya tersebut. Pada suatu hari sang Bulan Jelita disuruh oleh Ibunya untuk menjenguk nenek yang juga tetangganya didesa tersebut.

Saat menjenguk nenek dan memberikan makanan sekaligus merawat sang nenek yang sedang sakit, tidak terasa haripun semakin gelap dan juga semakin malam.

Saat akan pulang sang Bulan kebingungan karena jalanya sangat gelap dan tidak ada satupun obor untuk dinyalakan sebagai penerangan.

Seketika saat Bulan mengumpulkan keberanianya untuk pulang di tengah malam yang gelap gulita ada ribuan kunang-kunang yang mendekat dirinya yang tidak tahu dari mana kunang-kunang tersebut datang dan membantu Bulan untuk menerangi jalanya sehingga Bulan bisa melihat jalan untuk pulang ke rumahnya.

Pada saat itu juga Bulan menjadi panik karena keadaanya. lalu ada suara dan berkata “jangan panik Bulan Jelita kami tidak akan menyakitimu, kami semua kesini akan membantu kamu pulang dan akan menyembuhkan penyakit yang ada dalam wajahmu itu sehingga bisa kembali seperti dahulu kala”.

Ujar dari salah satu kunag-kunang, dengan perasaan yang takut dan heran, lalu sang Bulan bertanya kepada kuang-kunang.

“Siapakah kalian ini yang akan membuat wajahku menjadi seperti dahulu kala?”. “Kami semua kunang-kunang yang datang dari Bulan yang disuruh oleh dewi Bulan, karena dirimu adalah gadis yang sangat baik”.

Bulan lalu menunggu ditepi sungai yang ada ditengah hutan dengan perasaan yang tidak karuan, takut , khawatir dan juga heran.

Kunang-kunang yang tadi membantu Bulan menerangi jalan akhirnya satu-satu dari mereka pergi hilang entah kemana.

Keadaan kembali menjadi gelap gulita ditengah malamdan tidak ada satupun benda untuk bisa dilihat oleh Bulan Jelita.

Beberapa saat kemudian ada cahaya berwarna emas turun dari Bulan. Cahaya Bulan tersebut terpantul kedalam permukaan danau.

Cahaya tersebut kemudian berubah menjadi sosok wanita dengan wajah yang sangat cantik dan anggun menggunakan jubah semua berwarna putih.

Dengan perasaan yang takut dan kaget Bulan Jelita bertanya”Si..si..siapakah engkau wahau cantik?”. “Aku adalah sang Dewi Bulan”.

Melihat dan mendengar hal tersebut Bulan Jelita akhirnya bisa bertemu dengan Dewi Bulan dan akan meminta bantuanya.

“Kau adalah gadis yang sangat sabar dan baik, kau telah melewati semua ujian hidup yang sangat berat dan bisa melewatinya tanpa berfikir untuk putus asa dan tetap semangat.

Bahkan kamu sendiri tidak pernah berfikir untuk membalas semua kejahatan orang lain yang pernah dilakukan kepadamu.

Aku akan mebantu dirimu dan mengembalikan wajah cantikmu itu sebagai hadiah karena selama ini kamu selalu sabar dalam mengahadpi semua ujian” kata Dewi Bulan.

Lalu sang Dewi Bulan memberikan air suci dari Bulan yang bisa mengembalikan wajahnya seperti dahulu kala dan menyembuhkan penyakit Bulan Jelita tersebut.

Bulan Jelita lalu menerima air tersebut yang berada dalam kendi kecil yang diberikan oleh Dewi Bulan. “Basuhkanlah semua wajahmu dengan air inilalu wajahmu akan berubah menjadi cantik” perintah dari sang Dewi Bulan.

Perlahan-lahan penyakit yang ada di wajah Bulan Jelita menghilang dalam bayangan dari pantulan cahaya bulan diatas danau.

Bulan Jelita maka langsung menbasuh wajahnya dengan air tersebut dan pada waktu itu juga langsung kehilangan kesadaran.

Saat dirinya sadar, terbangun dari pingsanya mengetahui bahwa dirinya sudah berbaring diatas ranjang kamarnya.

Bulan Jelita langsung terkejut karena melihat wajahnya sendiri dicermin. Wajahnya sangan cantik dan manis bersinar bagaikan cahaya Bulan yang bersinar.

Sang Ibu langsung datang kekamar karena melihat anaknya terkejut dan tidak mempercayai bahwa yang ada dikamar adalah anaknya.

Sekarang Bulan Jelita menjadi gadis yang paling cantik didesanya. Semuaorang sudah tidak pernah jahat kepadanya dan mengagumi kecantikan dari sang Bulan Jelitasampai sang pangeran mendengar kabar ada seorang gadis yang sangat cantik sekali mendengar kabar tersebut dan juga memiliki sifat yang baik dan lembut hati.

Setelah beberapa hari mendengar kabar berikut sang pangeran langsung menghampiri Bulan Jelita karena ingin tahu tentang gadis tersebut.

Karena kecantikan dari wajah dan sifatnya akhirnya sang pangeran jatuh cinta kepada Bulan Jelita dan menginginkan Bulan untuk menjadi istrinya nanti.

Kini sang pangeran dan Bulan hidup bersama dikerajaan yang besar dan bahagia. Setelah beberapa waktu kedua pasangan tersebut mempunyai putra dan putri yang sangat tampan dan cantik.

Meski demikian sang Bulan tetap memiliki sifat yang baik hati, rendah hati dan tidak pernah sombong dan berbangga diri.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.