Aplikasi Website Builder

Share
Comment 0 reply
Aplikasi Website Builder
Loading...

Di era modern seperti sekarang, kebutuhan dalam mempunyai suatu website atau situs menjadi hal yang sangat penting untuk perusahaan maupun seorang usahawan, sehingga aplikasi website builder sangat dicari – cari.

Dengan adanya situs atau website tersebut, pastinya orang – orang akan lebih mudah untuk mengenali usaha maupun jasa kalian.

Seiring dengan kemajuan dunia teknologi, untuk membuat situs, kini kalian tidak harus mempunyai skill mumpuni guna menciptakan suatu situs yang kompleks.

Hal tersebut dikarenakan, sekarang ini sudah banyak sekali software baik itu online maupun offline, bahkan berbasis web yang dapat kalian gunakan untuk membuat situs atau website itu sendiri.

Berbagai aplikasi tersebut juga memiliki tarif yang berbeda – beda, bahkan beberapa di antaranya ada yang gratis.

Sebelum kalian mengenali berbagai aplikasi website builder, sebaiknya kalian kenali terlebih dahulu terkait website builder itu sendiri. Simak baik – baik ya.

Pengertian Website Builder

aplikasi pembuat website gratis

Website builder merupakan suatu program atau platform yang bisa membantu kalian untuk menciptakan suatu website.

Selain itu, website builder tersebut juga bisa kalian manfaatkan untuk mempermudah dalam hal publikasi website.

Sehingga dengan memanfaatkan web builder ini, kalian tidak lag memerlukan kemampuan khusus dalam bidang pengeditan kode.

Web builder juga bisa didefinisikan sebagai suatu sebagai program pembuat website bagi non-praktisi IT.

Secara umum, terdapat tiga cara kerja dari website builder, antara lain:

  1. Memilih template untuk website;
  2. Edit website sesuai dengan keinginan;
  3. Publikasi website.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua jenis website builder yang dapat kalain pakai, yakni Online dan Offline.

Untuk online website builder, maka kalian harus mengaksesnya melalui internet, sementara untuk offline website builder kalian harus meng-install di dalam PC atau komputer Anda.

Dalam memilih website builder, ada pun beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, antara lain:

1. Kemudahan Publikasi

Pastikan jika website builder yang kalian pilih menawarkan web hosting serta domain. Sehingga, website yang kalian buat dapat langsung dipublikasikan.

Apabila sebelumnya kalian telah mempunyai hosting dan domain name, maka kalian cek apakah kalian dapat menghubungkan website yang baru kalian buat dengan domain serta hosting yang kalian beli di platform lain.

2. Kemudahan Pemakaian

Salah satu fitur yang pada umumnya ditawarkan dalam website builder untuk memudahkan usernya ialah adanya fitur drag-and-drop builder / website editor. Pastikan ketika kalian menggunakan website builder, di dalamnya memiliki fitur yang satu ini.

Tak hanya itu saja, kalian juga perlu perhatikan interfacenya. Hindari website builder yang mana tampilannya membingungkan / menyulitkan kalain dalam memakai alat – alatnya.

3. Fitur

Setiap website builder mempunyai berbagai fitur keunggulannya masing  -masing. Beberapa diantaranya ada yang menawarkan opsi editing lengkap, desain mobile-friendly, hingga adanya tools tambahan yang efektif.

Untuk fitur terbaik sendiri harus kalian sesuaikan dengan kebutuhan dalam pembuatan website kalian. Sangat disarankan untuk tidak tergoda dengan tawaran fitur yang nantinya palah tidak akan kalian gunakan.

4. Koleksi Template Website

Template menjadi salah saatu faktor yang membuat suatu website builder menjadi sangatlah menarik.

Dengan pemakaian template tersebut, kalian dapat membuat website mejadi lebih mudah. Mulai dari website pribadi, website perusahaan, sampai toko online.

Maka dari itu, kalian dapat langsung memilih template yang sesuai dengan jenis website yang akan kalian buat. Kemudian edit sesuai dengan keinginan kalian.

Dengan demikian, memiliki website builder dengan tawaran koleksi template website yang lengkap menjadi opsi wajib yang harus kalian pertimbangkan.

5. Harga

Untuk memilih harga sendiri dapat kalian sesuaikan dengan budget.

Pemilihan harga tersebut juga dapat kalian pertimbanggkan dari skala bisnis yang kalian kerjakan.

Apabila kalian merupakan seorang pemula, maka kalian dapat mencari website builder yang menawarkan layanan murah hingga gratis.

Namun untuk kalain dengan bisnis berskala besar, maka kalian dapat mencari website builder yang menawarkan paket dengan fitur yang super lengkap.

6. Customer Support

Pemilihan aplikasi website builder yang memiliki customer support juga menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Hal tersebut supaya saat terjadi masalah ketika proses pembuatan website, kalian dapat langsung menghubungi kontak customer support yang tertera.

Carilah website builder yang menawarkan akses customer support lengkap, seperti 24/7 live chat, email, sekalgus phone support.

Jangan lupa juga untuk mengecek revied di internet guna mengetahui apakah customer support dari penyedia jasa website builder yang kalian pilih memberikan pelayanan yang optimal.

Aplikasi Website Builder

Supaya kalian tidak bingung untuk memilih aplikasi website builder nantinya, berikut ini kami berikan beberapa referensi website builder terbaik yang dapat kalian manfaatkan.

1. 1&1 MyWebsite

website builder free

Aplikasi wesbsite builder yang pertama ada 1&1 MyWebsite.

Jenis website builder yang satu ini mengharuskan kalian untuk merogoh kocek sebelum kalian nantinya dapat memanfaatkan layanannya.

Tetapi, untuk fitur dan fungsionalitasnya juga hampir sama seperti web builder rata – rata. Dimana pada 1 & 1 MyWebsite satu ini menawarkan berbagai tema yang responsif serta editor yang menawarkan banyak penyesuaian.

Untuk harganya sendiri mulai dari USD3,75 atau Rp50,625 per bulan.

2. Wix

Advertisement

buat website gratis selamanya

Wix adalah website creator populer dengan basis web yang memberikan beragam fitur yang bagus dan juga lengkap.

Di dalam Wix sendiri setidaknya memiliki kurang lebih 500 tema elegan yang bisa kalian pilih sesuai dengan kategori situs yang akan kalian buat.

Untuk memakai Wix ini, kalian tidak harus memiliki skill dalam bahasa pemograman, kalian hanya tinggal drag-and-drop dalam fitur yang dibutuhkan.

Wix bisa kalian gunakan dengan gratis, tetapi apabila kalian hendak memperoleh fitur yang lebih, maka ada beberapa tawaran harga yang bisa kalian pilih.

3. Voog

web builder gratis

Voog menjadi salah satu rekomendasi pembuat situs terbaik yang bisa kalian pilih, tetapi untuk fitur didalamnya tidak selengkap Wix.

Untuk Voog ini lebih diutamakann untuk mereka yang telah ahli, dimana untuk mereka yang ingin kontrol tingkat rendah yang kuat.

Sehingga, kalian tidak akan memperoleh banyak tema, selebihnya kalian juga harus mengkostumisasi sendiri.

Tidak terdapat plan gratis di aplikasi yang satu ini, dimana kalian harus membayar sebesar USD7,40 per bulan untuk bisa memanfaatkan seluruh layanan yang ada di dalam Voog.

4. Weebly

website builder offline

Weebly merupakan salah satu perusahaan besar yang ada di dunia dimana aplikasi satu ini menyediakan pembuat website dengan berbagai tawaran fitur yang mumpuni.

Menariknya lagi, dalam Weebly juga memiliki plan gratis yang bisa kalianpilih, tetapi untuk yang gatis tersebut hanya mempunyai kapasitas server maksimal sebesar 500 MB.

Weebly sendiri menawarkan ratusan tema web yang didesain secara profesional, meliputi hampir untuk seluruh jenis website.

5. Jimdo

website builder software

Jimdo adalah suatu pembangun situs web yang unik, dimana aplikasi saatu ini ditargetkan sebagian besarnya untuk para user pemula.

Layanan satu ini dapat kalian gunakan dengan gratis, tetapi dengan fitur yang tidak begitu lengkap.

Bagi editornya sendiri juga sangat sederhana dan juga konsisten, walaupun sedikit sedikit tidak konvensional pada bagian desainnya.

6. Zyro

aplikasi pembuat website gratis

Bagi kalian yang membutuhkan desain logo yang gampang, cepat, dan nampak profesional, maka kalian dapat menggunakan Website Builder Zyro.

Platform satu ini menawarkan berbagai hal yang dapat kalian gunakan untuk mencipakan logo yang apik. Mulai dari pilihan icon, font, formatting, warna, sampai dengan layout.

Adapun beberapa fitur unggulan di dalam Zyro, antara lain:

  • Template profesional yang lengkap.
  • Fitur eCommerce (fitur untuk mengelola stok produk, pesanan, membuat laporan, melacak pengiriman, sampaimelayani pelanggan).
  • Free Domain & Hosting.
  • Optimasi mesin pencari (situs dengan loading cepat, meta tag otomatis, optimasi perangkat mobile, cloud hosting, serta fitur keamanan SSL).
  • Optimasi perangkat mobile (desain untuk website zyro responsif dimana kalian dapat mengelolanya dari mobile).

Untuk dapat menggunakan platform satu ini, kalian dapat membelinya dengan haarga mulai dari Rp27.200 per bulan dengan diskon layanan hingga 87%.

7. WordPress.org

web builder free

WordPress.org menjadi salah satu platform yang sangat populer di kalangan para blogger atau penggemar website lainnya.

Hal tersebut dikarenakan pemakaian wordpress yang cukup sederhana dan sangat mudah.

Meskipun WordPress.org pada dasarnya bukanlah website builder, namun kalian dapat mengaktifkan beragam plugin website builder yang ada di dalamnya. Contohnya Elementor serta Beaver Builder.

Tak hanya itu saja, cara untuk memanfaatkanya dashboard nya pun sangatlah sederhana. Sehingga kalian bisa menciptakan konten dengan lebih mudah.

Adapun beberapa fitur unggulan di dalam WordPress.org, antara lain:

  • Menawarkan ratusan tema gratis dan premium.
  • Built-in social sharing (mudah untuk membagikan konten ke dalam akun sosial media).
  • Mobile and desktop apps (manawarkan aplikasi yang memudahkan kalian dalam pengeditan konten dari mana saja).

Untuk harganya sendiri gratis, namun kalian harus mengeluarkan biaya pada penggunaan hosting dan domain. Serta kalian juga dapat mengeluarkan biaya tambahan untuk tema serta plugin pilihan.

8. Squarespace

Squarespace

Squarespace mampu membantu kalian dalam membuat website apa saja. Kalian tinggal memilih template website yang ditawarkan, mulai dari blog, toko online, CV, sampai website pernikahan.

Tak hanya itu saja, Squarespace pun menawarkan adanya unlimited bandwidth serta storage, gratis custom domain, SSL security, dan juga 24/7 customer support pada seluruh layanannya.

Kalian bisa mencoba semua fitur yang ada di dalam platform Squarespace dengan gratis selama 14 hari. Lalu kemudian kalian baru akan dikenakan biaya untuk hari selanjutnya dengan memilih salah satu paket yang ditawarkan.

Menariknya lagi, bagi kalian yang belum merasa cukup dengan 14 hari free trial, kalian juga masih dapat menambah masa free trialnya hingga 7 hari lagi.

Adapun beberapa fitur unggulan di dalam Squarespace, antara lain:

  • Blogging tools (memudahkan dalam posting konten blog).
  • Analytics (memonitor perkembangan jumlah pengunjung, kinerja konten, sampai daftar produk yang paling laku. Untuk data akan disajikan ke dalam wujud grafik / tabel).
  • Email marketing tools (membuat kampanye email marketing dengan lebih menarik lewat fitur email layout yang beragam serta mengawasi efektivitas kampanye yang dibuat).
  • Social media tools (untuk menghubungkan atau membagikan konten dalam website dengan akun sosial media).
  • Mobile editing (mempunyai aplikasi yang dapat didownload pada iOS / Android. Sehingga, kalian dapat mengelola website dari mana saja).

Untuk harga langganan paketnya sendiri berkisar dari $12 per bulan (personal plan) sampai $40 per bulan (Advanced Commerce plan).

Harga tersebut berlaku apabila kalian melakukan pembayaran tahunan.

9. Shopify

Shopify

Shopify merupakan suatu website builder terbaik yang dapat digunakan untuk membuat toko online. Apabila kalian hendak menjual produk melalui website, maka Shopify menjadi pilihan yang sangat tepat.

Hampir seluruh fitur yang kalian perlukan untuk membuat serta mengelola toko online dapat kalian peroleh di dalam Shopify.

Mulai dari membangun brand, mengerjakan pemasaran, menerima pembayaran, sampai melakukan pengiriman.

Tak hanya itu saja, kalian juga dapat menikmati beberapa alat gratis, seperti alat pembuat nama bisnis serta alat untuk membuat logo.

Sebelum kalian berlangganan dalamsalah satu paket yang ditawarkan, kalian akan diberikan trial gratis selama 14 hari.

Lalu selanjutnya kalian harus berlangganan dengan tawaran harga ssekitar $29 per bulan (Basic Shopify) – $299 per bulan (Advanced Shopify).

Harga tersebut berlaku apabila kalian melakukan pembayaran tahunan.

Adapun beberapa fitur unggulan di dalam Shopify, antara lain:

  • Intuitive dashboard (kalian dapat mengelola order, shipping, serta pembayaran di dalam  satu dashboard).
  • Fitur lengkap guna menciptakan toko online (kalian bisa mencari produk melalui Oberlo, mencari tema toko, serta menjual produk dimana saja dengan menggunakan Shopify point-of-sale (POS) hardware).
  • Alat branding gratis (kalian dapat memakai business name generator serta logo maker guna membangun brand).

10. Webnode

Webnode

Webnode merupakan salah satu website builder yang menawarkan beragam fitur lumayan lengkap.

Dengan adanya fitur website editornya, kalian dapat menciptakan website dengan menggunakan waktu yang relatif singkat.

Terlebih lagi, platform satu ini juga didukung dengan adanya koleksi template dengan varian tema yang luumayan luas (blog, portfolio, eCommerce, dan yang lainnya).

Kalian juga bisa menikmati adanya beragamm fitur spesifik yang bisa membantu kalian dalam membangun suatu toko online, blog, hingga website korporat.

Apabila kalian tertarik memakai Webnode, kalian juga dapat memakainya secara gratis. Sama halnya dengan Wix serta Weebly, kalian tidak dapat memakai custom domain terkecuali apabila kalian berlangganan ke paket yang berbayar.

Adapun beberapa fitur unggulan di dalam aplikasi website builder Webnode, antara lain:

  • Fitur website bisnis (kalian bisa memakai beragam fitur seperti SEO tools, membership registration, dan form builder).
  • Adanya fitur toko online (kalian dapat menciptakan  toko online dengan adanya dukungan fitur shipping sserta pembayaran, serta ada juga fitur diskon. Tak hanya itu saja, kaliaan juga dapat mengawasi performa toko lewat fitur analytics toko).
  • Fitur blog (nikmati beragam fitur tambahan guna publikasi konten blog, seperti fitur schedule publishing  serta social plugins).

Kalian dapat menggunakan Webnode secara gratis, namun kalian juga bisa melakukan upgrade.

Untuk harga paketnya sendiri berkisar $3.95 per bulan (limited plan) – $19.95 per bulan (profi plan).

Jika kalian tidak punya waktu untuk belajar membuat website, maka kami sarankan agar kamu memakai jasa pembuatan website dari pihak yang terpercaya seperti Axxelvo.com.

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements
Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.