Aplikasi Kartu Pelajar

Share
Comment 0 reply
Aplikasi Kartu Pelajar

Berikut akan kami jelaskan secara singkat dan jelas terkait Aplikasi Kartu Pelajar sederhana dan juga gratis serta bisa digunakan pada tingkat SD, SMP, SMA, dan sederajat.

Pada umumnya, suatu identitas tersebut akan berisi sejumlah informasi mengenai seseorang. Identitas sendiri tertulis di dalam suatu kartu yang dicetak dalam media kertas atau plastik.

Kartu identitas tersebut menjadi barang yang sangat penting untuk setiap orang, sebab akan dipakai sebagai kartu tanda pengenal.

Pada kartu identitas ini juga biasa digunakan sebagai salah satu syarat administrasi keikutsertaan ketika ingin mengikuti sebuah kegiatan.

Tak hanya itu saja, kartu identitas juga bisa dimanfaatkan sebagai alat promosi seseorang sesuai dengan keahlian yang sudah dimilikinya atau hanya sekedar untuk trend bertukar kartu identitas bersama kenalan baru.

Namun pada zaman yang modern seperti sekarang, membuat kartu pelajar sudah lebih canggih dengan cara menggunakan suatu aplikasi.

Dan kali ini, kami akan membahas lebih lanjut terkait aplikasi pada kartu pelajar, simak baik – baik ya.

Kartu Identitas

kartu identitas

Kartu identitas memiliki jenis yang sangat beragam, namun yang wajib dimiliki pada setiap orang ialah kartu identitas berupa KTP (untuk warga negara yang telah berusia di atas 17 tahun), SIM (surat izin mengemudi) untuk warga negara yang telah dapat berkendara, dan kartu pelajar (untuk warga negara yang masih aktif belajar di dalam sekolah atau perguruan tinggi).

Berikut adalah beberapa peran penting atau fungsi dari kartu pelajar untuk seorang siswa / pelajar / peserta didik, antara lain:

  • Menjadi kartu identitas untuk seorang pelajar yang masih aktif belajar di dalam suatu sekolah atau perguruan tinggi.
  • Pada umumnya dipakai sebagai salah satu syarat guna mengikuti sebuah kegiatan, baik itu di dalam ruang lingkup sekolah / luar sekolah
  • Jika terjadi sesuatu peristiwa pada siswa di luar sekolah (seperti tawuran, kecelakaan, atau bermasalah) maka pada umumnya yang akan dicari terlebih dahulu ialah kartu pelajar, lalu baru menghubungi pihak sekolah yang bersangkutan

Biasanya, orang yang bertugas dalam membuat kartu pelajar ialah wakil kepala sekolah bagian kesiswaan yang juga dibantu bersama tim bagian administrasi sekolah.

Daftar Aplikasi Kartu Pelajar

Berikut ini adalah beberapa jenis aplikasi kartu pelajar yang dapat kalian gunakan sekaligus bisa kalian download dengan mudah dan juga gratis, selengkapnya simak ulasan di bawah ini:

1. Aplikasi Kartu Pelajar Desain Keren 3 Warna

Pada aplikasi yang pertama ini sangat mudah untuk digunakan di dalam mencetak kartu pelajar. Selain itu, desain pada aplikasi ini juga sangatlah keren.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan aplikasinya, yaitu:

  • Langkah yang pertama adalah kalian download aplikasi kartu pelajar secara gratis disini
  • Lalu kalian klik tombol “profil” dan ganti dengan nama sekolah serta kepala sekolah kalian.
    download aplikasi kartu pelajar otomatis
  • Langkah berikutnya adalah kalian klik menu edit data. Setelah itu kalian silahkan edit data siswanya, dan juga photo yang ingin digunakan. Caranya ialah dengan cara klik tombol “edit photo” lalu kalian pilih “change picture”, apabila ukuran foto kalian sudah pas, lalu kalian klik tombol kembali.
    download aplikasi cetak kartu siswa gratis
  • Langkah selanjutnya adalah kalian pencet tombol “edit stempel” untuk mengganti nama sekolah, kecamatan dan juga kabupaten.
    aplikasi kartu pelajar barcode
  • Gambar yang ada di atas hanya sebagai contoh, silahkan kalian upload gambar yang sudah sesuai dengan pas photo terbaru siswa untuk ukuran 3 x 4.
  • Jika semua tahapan telah selesai, selanjutnya kalian klik tombol cetak kartu sehingga hasilnya akan nampak seperti gambar yang ada di bawah ini.
    contoh kartu pelajar yang bisa di edit

2. Aplikasi Kartu Pelajar Lengkap dengan Barcode dan Stempel

Aplikasi kartu pelajar yang satu ini memiliki tampilan yang sangat sederhana serta sangat mudah untuk dipakai.

Pada aplikasi satu menjadi jenis salah satu aplikasi pembuat kartu pelajar yang berbasis Excel.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara untuk mencetak kartu pelajar lengkap dengan barcode serta stempel berikut ini:

  • Langkah yang paling utama adalah kalian download terlebih dahulu aplikasi kartu pelajarnya pada beberapa situs yang terdapat di internet.
  • Selanjutnya kalian buka aplikasi tersebut, lalu baru akan muncul berbagai menu aplikasi yang terdiri atas master data, profil, serta stempel
  • Lalu yang pertama kalian klik Master data, lalu kalian lengkapi dengan data siswa sekolah kalian, agar lebih valid datanya, kalian sesuaikan dengan aplikasi dapodik.
    aplikasi kartu pelajar berbasis web
  • Jika data siswa sudah lengkap, lalu kalian pergi ke menu profil. Kemudian pada tersebut, silahkan kalian sesuaikan dengan identitas sekolah kalian seperti tampilan yang ada pada gambar di bawah ini:
    download aplikasi kartu pelajar gratis full version
  • Dan langkah selanjutnya adalah dengan Edit Stempel, silahkan kalian ganti dengan nama sekolah kalian serta jika telah selesai kalian silahkan langsung klik tombol cetak kartu.

3. Aplikasi Kartu Pelajar Excel

file kartu pelajar

Untuk aplikasi pelajar satu ini akan dibagikan dalam bentuk file excel, sehingga cara pemakaiannya pun akan sangat mudah.

Kalian tidak perlu untuk melakukan install aplikasi, namun kalian hanya perlu laptop yang sudah terinstall dengan Ms. Excel.

Sebelum menuju file aplikasinya, berikut kami jabarkan fitur menu yang ada di dalam Aplikasi Kartu Pelajar Excel, antara lain:

  • Data Siswa: Pada menu data siswa berfungsi untuk memasukkan data siswa yang memudahkan kalian guna mengerjakan teknik copy paste data.
  • Insert Foto: Di dalam menu insert foto ini, kalian bisa memasukkan foto sesuai dengan foto siswa yang akan digunakan pada kartu pelajar.
  • Data Sekolah: Menu satu ini berfungsi untuk memasukkan data sekolah lengkap dengan logo sekolah kalian yang akan menjadi kop atau kepala pada tampilan kartu pelajar.
  • Tampilan Kartu Depan dan Belakang: Bagian utama dari aplikasi satu ini nantinya akan melihatkan tampilan yang akan dicetak dari bagian depan yang berisi data siswa serta bagian belakang yang berisi tata tertib sekolah.

Selain itu adapun kelebihan dan kekurangan dari aplikasi satu ini, diantaranya yaitu:

a. Kelebihan:

  • Mudah untuk dipakai
  • Tidak membutuhkan instalasi
  • Praktis
  • Ringan
  • Gratis

b. Kekurangan:

  • Menu yang ada sangat terbatas.
  • Memasukkan foto harus satu persatu.
  • Belum terdapat Tanda Tangan Kepala Sekolah.

Untuk kalian yang berminat menggunakan aplikasi satu ini, dapat mendownloadnya disini.

4. Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Visual Basic

Visual Basic

Di dalam aplikasi jenis ini sebetulnya memiliki fitur yang sangat lengkap, namun untuk pemakaiannya tidak sesederhana dengan aplikasi yang ada di atas serta file dan ukuran aplikasinya sebesar 36 mb.

Jika kalian tetap tertarik untuk mencobanya, silahkan kalian mengunduh sekaligus mempelajari penggunaanya dengan kunjungi link ini.

5. Aplikasi Cetak Kartu Pelajar Mail Merge

Mail Merge

Tak hanya dapat dibuat lewat aplikasi, untuk membuat kartu pelajar juga dapat kalian gunakan Program Mail Merge.

Di dalam postingan satu ini, kami telah menyediakan suatu file yang isinya berupa database untuk mencetak kartu pelajar yang bisa kalian manfaatkan.

Jika kalian berminat untuk mencoba dan mempelajarinya, silahkan download file tersebut disini.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.