Aplikasi Jadwal Pelajaran

Share
Comment 0 reply
Aplikasi Jadwal Pelajaran

X

Advertisements

Loading...

Aplikasi jadwal pelajaran diharapkan mampu untuk membantu meringankan kesulitan pada guru di dalam menyusun jadwal pelajaran yang selama ini dikerjakan dengan manual.

Jadwal pelajaran sendiri menjadi pedoman pembelajaran bagi guru maupun peserta didik. Dalam penjadwalan mata pelajaran terdapat berbagai hal penting yang harus dikerjakan, dimana seluruh kegiatan guru dan juga peserta didik bergantung dengan jadwal yang ada.

Sehingga dengan demikian, dapat kita ketahui bahwa penyusunan jadwal pelajaran menjadi salah satu agenda penting sebelum satuan pendidikan mengadakan kegiatan pembelajaran selama satu semester.

Sebelum mengetahui lebih lanjut terkait apa saja aplikasi jadwal pelajaran yang ada, simak terlebih dahulu beberapa info menarik berikut ini.

Apa Manfaat Jadwal Pelajaran?

aplikasi jadwal pelajaran otomatis 2020-2021

Advertisement

Jadwal pelajaran memiliki fungsi guna menjabarkan semua program pengajaran yang ada di sekolah.

Penyusunan jadwal pelajaran ini sangat perlu untuk dikerjakan dengan benar serta jika terdapat sedikit kekeliruan di dalam penginputan data, maka harus sesegera mungkin diperbaiki.

Pihak yang bertugas untuk membuat jadwal pelajaran siswa yang ada di sekolah biasanya adalah wakil kepala sekolah pada bagian kurikulum beserta guru lainnya..

Pembuatan jadwal ini juga memiliki tujuan supaya ketika memulai pembelajaran di awal semester tak akan mengganggu proses pembelajaran guru bersama peserta didik.

Dengan kalian melihat jadwal pelajaran, maka akan diketahui beberapa hal seperti berikut ini:

  • Kapan suatu mata pelajaran akan diajarkan.
  • Mata pelajaran yang akan diajarkan.
  • Guru yang akan mengajar dalam mata pelajaran tertentu.
  • Ruang kelas atau lokasi tempat mata pelajaran akan diajarkan.

Daftar Aplikasi Jadwal Pelajaran

Meskipun banyak orang telah familiar dengan menggunakan excel sebagai alat untuk membuat jadwal pelajaran, namun ternyata terdapat berbagai aplikasi jadwal pelajaran dengan tampilan yang lebih modern dan mudah untuk digunakan.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi pelajaran yang dapat kalian gunakan, antara lain:

1. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SD

aplikasi jadwal pelajaran anti bentrok format excel

Walaupun jenjang Sekolah Dasar atau SD mempunyai jumlah kelas serta guru yang cenderung lebih sedikit, namun tak ada salahnya untuk kalian mulai memakai aplikasi satu ini guna menyusun jadwal pelajaran.

Aplikasi satu ini juga sangat berguna bagi sekolah yang berbentuk lembaga yayasan. Lembaga yayasan pada umumnya mempunyai jumlah kelas yang cenderung lebih banyak daripada SD negeri.

Atau untuk kalian para orang tua atau kakak yang memiliki adik yang masih duduk dibangku SD, maka tak ada salahnya apabila mengenalkan aplikasi ini untuk si anak.

2. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMP

aplikasi jadwal pelajaran smp otomatis

Advertisement

Di dalam jenjang Sekolah Menengah Pertama atau SMP, para siswa sudah mulai mengenal beragam mata pelajaran dengan lebih detail.

Hal tersebut tentunya juga dapat berpengaruh dengan jumlah guru yang akan mengajar di dalam sebuah kelas.

Aplikasi jadwal pelajaran gratis satu ini dapat membuat jadwal pelajaran supaya dapat berjalan lebih efektif tanpa adanya bentrok antar kelas.

3. Aplikasi Jadwal Pelajaran untuk SMA

aplikasi jadwal pelajaran xls

Dari seluruh jenjang sekolah yang ada, tentu saja jenjang SMA atau SMK mempunyai jadwal pelajaran paling banyak dan juga kompleks.

Sehingga dengan kondisi demikian, akan amat penting untuk memakai aplikasi guna mengatur jadwal pelajaran anti bentrok supaya sistem belajar mengajar yang ada di dalam kelas dapat berjalan dengan lancar tanpa memiliki kendala yang berat.

Tak hanya itu, aplikasi satu ini juga dapat membantu para guru supaya dapat mendapatkan jumlah jam mengajar pada waktu setiap minggunya.

4. JPKE Free V1.24.04.16

aplikasi jadwal pelajaran smp terbaru

Aplikasi jadwal pelajaran bernama JPKE Free V1.24.04.16 ini mempunyai banyak kelebihan yang dapat memudahkan kalian untuk menyusun jadwal pelajaran.

Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga dinilai sangat efektif dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ada di dalam aplikasi JPKE Free V1.24.04.16, antara lain:

  • Kalian bisa mengunduhnya dengan gratis atau tanpa dipungut biaya sedikitpun.
  • Kapasitas mata pelajaran dapat menampung hingga 150 mapel.
  • Lalu kapasitas untuk guru pengampu juga dapat mencapai 150.
  • Memiliki 4 jenis kode untuk mata pelajaran, sehingga lebih memudahkan dalam pemetaan mata pelajaran untuk masing – masing kelas.
  • Aplikasi satu ini dapat dipakai hingga 60 kelas dalam satu waktu.
  • Memiliki fitur rekap jumlah jam mengajar guru yang sangat lengkap sekaligus untuk pembagian kelasnya.
  • Di dalam tiap – tiap kelas memiliki menu rekap untuk mata pelajaran yang sudah dijadwalkan.
  • Seluruh jadwal yang sudah dibuat dapat kalian cetak di kertas lalu bisa diberikan dalam masing – masing kelas.

5. FET (Free Timetabling Software)

aplikasi pembuat jadwal pelajaran aesthetic

Tak hanya terdapat aplikasi untuk membuat jadwal pelajaran di dalam jenjang SD, SMP, serta SMA/SMK, namun ada juga aplikasi yang memberikan fitur guna memudahkan pembuatan jadwal pada jenjang perkuliahan.

Di dalam suatu universitas, tentunya akan mempunyai banyak sekali kelas dari tiap – tiap fakultas ataupun jurusan.

Sehingga, akan menjadi hal yang sangat penting untuk memakai aplikasi otomatis supaya jadwal perkuliahan dapat tersusun dengan rata tanpa bentrok.

FET sendiri merupakan suatu aplikasi gratis atau open source yang bermanfaat untuk membantu user di dalam menyusun jadwal perkuliahan dalam suatu Universitas.

Cara kerja aplikasi ini sendiri adalah dengan memakai algoritma timetabling. Dengan algoritma tersebut, penyusunan jadwal akan menjadi lebih mudah dan juga cepat.

Rata – rata durasi pembuatan jadwal dalam aplikasi ini hanya memerlukan waktu 10 hingga 20 menit saja.

Untuk link download banyak tersebar pada beberapa situs penyedia di internet.

Advertisement

6. Aplikasi Excel Otomatis

aplikasi jadwal pelajaran android

Semakin terdapat banyak kelas, maka tentu saja akan menjadi hal yang semakin rumit dalam membuat jadwal pelajarannya.

Aplikasi jadwal pelajaran anti bentrok format excel satu ini akan sangat bermanfaat guna memudahkan kerja kalian. Apabila kalian berminat untuk memakai aplikasi ini, maka kalian dapat langsung mengunduhnya tanpa dibebani biaya apa pun alias gratis.

Selepas kalian berhasil untuk mengunduh serta menginstal dalam perangkat komputer, maka ada beberapa step atau langkah yang perlu kalian lakukan, diantaranya yaitu:

  • Kalian mengisi identitas sekolah kalian di dalam menu “Data Umum”.
  • Selepas itu kalian klik menu “Mulai Waktu Pelajaran” dan isi dengan durasi pelajaran serta istirahat yang berlaku di sekolah.
  • Langkah selanjutnya yakni pengisian nama – nama guru serta jumlah jam belajar di dalam kelas di menu “Pembagian Jam”.
  • Dan yang terakhir kalian dapat melihat total jumlah jam mengajar dari masing – masing mata pelajaran lewat menu “Jumlah Jam”.

Di dalam aplikasi satu ini juga mempunyai beberapa kelebihan, di antaranya seperti:

  • Memiliki fitur peringatan dengan tampilan tiga warna, warna – warna itu akan menunjukkan durasi jam mengajar oleh guru pengampu.
  • Warna itu terdiri dari: Warna hijau guna memberitahukan durasi mengajar yang masih kurang, merah guna memberitahukan jam yang bentrok pada kelas lain, serta kuning untuk guru yang terlalu lebih dalam waktu jam mengajar.
  • Aplikasi satu ini tersedia untuk seluruh jenjang, yakni aplikasi jadwal pelajaran SMP, SMA, hingga untuk SD.
  • Telah dilengkapi dengan panduan pemakaian yang terlampir di dalamnya. Sehingga kalian tak usah bingung ketika hendak menyusun jadwal pelajaran di dalamnya.

7. Lantiv Timetabler

aplikasi jadwal pelajaran mts kurikulum 2013

Tak hanya FET, ada pula aplikasi open source lainnya yang bernama Lantiv Timetabler.

Aplikasi satu ini dapat kalian manfaat bagi seluruh jenjang, mulai dari SD, sampai pada tingkat Universitas.

Keunggulan yang dihadirkan dalam aplikasi satu ini diantaranya seperti:

  • Memiliki tampilan yang sangat menarik serta dpaat dikerjakan dengan cara kolaboratif. Yang berarti kalian dapat menyusun jadwal pelajaran secara bersamaan bersama dengan rekan kerja kalian.
  • Sistem kolaboratif tersebut tentunya dapat memudahkan kalian di dalam pembuatan jadwal pelajaran, sebab tugas tersebut dapat kalian bagi menjadi beberapa user / guru yang bertugas.

Dengan fitur yang diberikan, aplikasi ini mampu membuat waktu pembuatan jadwal kalian menjadi lebih singkat.

8. Asc Timetables

Asc Timetables

Asc Timetables namanya sudah lumayan populer di telinga lembaga sekolah, hal tersebut terbukti dengan pemakaiannya aplikasi ini yang tercatat sudah lebih dari 150 ribu pengguna.

Advertisement

Adapun keunggulan dari software satu ini dimana fitur yang ditawarkan sangatlah sederhana serta sangat mudah untuk dipahami.

Walaupun kalian masih pemula, kalian juga dapat memakai aplikasi ini dengan sangat mudah.

Asc Timetables dapat menyusun jadwal pelajaran mulai dari yang jumlahnya sedikit sampai dengan yang sangat kompleks.

9. Unitime University Timetabling System

Unitime University Timetabling System

Aplikasi open source atau gratis selanjutnya adalah Unitime University Timetabling System.

Di dalam aplikasi satu ini telah memberikan fitur penjadwalan dengan cara komprehensif. Hal tersebut sebab di dalam aplikasi ini, kalian dapat menyusun jadwal dengan lebih spesifik. Sebagai contohnya, kalian dapat dengan mudah untuk menambahkan jadwal kursus dan juga jadwal ujian.

Tak hanya itu saja, di dalam aplikasi satu ini juga dapat dimodifikasi sesuai dengan keperluan pada masing – masing lembaga.

10. Aplikasi Jadwal Pelajaran Berbayar

App Berbayar

Apabila kalian memerlukan aplikasi jadwal pelajaran yang lebih rinci atau detail, maka kalian dapat dengan mudah memanfaatkan aplikasi berbayar. Aplikasi satu ini biasanya diutamakan untuk penjadwalan pada jenjang SMA maupun SMK.

Adapun beberapa fitur unggulan yang dihadirkan dalam aplikasi berbayar satu ini, di antaranya seperti:

  • Berbasis website yang dapat diakses lewat perangkat komputer ataupun smartphone.
  • Memiliki tampilan yang sangat mobile friendly, artinya tampilan web dapat menyesuaikan dengan bentuk layar smartphone yang dipakai supaya mudah untuk dibaca.
  • Dengan menggunakan sistem online berbasis web, maka siswa tak perlu mencatat jadwa, sebab aplikasi satu ini dapat diakses lewat internet kapan saja dan juga dimana saja.
  • Untuk guru yang bertugas dalam menyusun jadwal serta input data pelajaran juga terbilang cukup mudah, sebab dapat memakai Microsoft Excel.
  • Jadwal maupun data yang sudah diinput tersebut pun dapat di backup lagi dengan Microsoft Excel.

Input data tersebut dapat berwujud kelas, jurusan, jadwal pelajaran, nama guru, dan juga nama pelajaran.

Aplikasi berbayar satu ini tentunya akan nampak lebih modern, canggih, efektif, serta sangat efisien.

Dengan begitu, aplikasi jenis ini bisa meminimalisasi kesalahan seperti bentrok jadwal sebab seluruh data yang ada nantinya akan terintegrasi secara otomatis oleh sistem.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.