Apa itu Whois Domain

Share
Comment 0 reply
Apa itu Whois Domain

Ketika Anda memiliki sebuah website dengan menggunakan suatu domain, tentunya akan menyertakan data diri dari pemiliknya. Data tersebut berisikan informasi penting seperti nama, alamat, nomor telepon, dan email pemilik. Untuk Anda yang belum mengetahui fungsi dan pengertian Whois domain perlu untuk mempelajarinya.

Apa Itu Whois Domain?

Whois

Pengertian Whois domain : Arti sebenarnya dari nama Whois itu sendiri adalah Who is the owner responsible for a domain name or IP address, atau siapa yang bertanggung jawab atas suatu domain.

Merupakan salah satu layanan yang tersedia untuk memberikan informasi dari sebuah domain. Memberikan informasi mengenai data diri dari pemilik alamat website.

Disaat melakukan pembelian domain, pemilik akan meregistrasikan dirinya melalui Internet Corporation for Assigned Names and Number (ICAN).

Perusahaan tersebut bertugas untuk mengawasi serta mengatur database di internet. Maka, setiap pemilik domain akan memiliki data diri yang tersimpan di perusahaan tersebut.

Apa Itu Whois Privacy?

Setelah mengetahui pengertian Whois domain, ada layanan lain yang memberikan proteksi terhadap data Anda seperti Whois privacy ini. Fungsinya adalah untuk menyembunyikan detail kontak dan data diri Anda dari rekaman Whois itu sendiri. Namun, Anda diharuskan untuk membayarkan biaya jasa layanannya.

Nantinya, data diri akan diganti dengan penyedia whois privacy. Seperti nama situs yang akan muncul dengan tampilan Siapasaya Whois Privacy Service.

Apa Saja Manfaat Whois Domain

Setelah mengetahui pengertian Whois domain, Yuk kenali apa saja manfaat dari Whois Domain untuk menikmati layanan privacy website dibawah ini:

1. Memberikan informasi kontak

Tugas utama dari Whois domain adalah memberikan informasi seperti nama pemilik, alamat email, alamat rumah, nomor telepon, dan data diri lainnya.

2. Informasi mengenai registrar

Data yang diberikan pada bagian ini lebih kepada data dari server atau website Anda. Seperti Whois server, registrar, abuse contact phone, IANA ID, URL, dan abuse contact email.

3. Data kontak billing

Kontak billing berisikan informasi mengenai tagihan dan pembayaran yang dilakukan oleh pemilik domain. Seperti pembelian dan juga pendaftaran suatu domain.

4. Status, tanggal penting, dan nama server

Status akan memberikan informasi mengenai suatu domain yang sudah di update, prohibited, atau deleted. Kemudian tanggal penting seperti informasi tanggal update, pembuatan dan pendaftaran domain. Sedangkan nama server, berisikan tentang URL dari domain Anda.

Apa Saja Manfaat Whois Privacy

manfaat whois

Sebelum menggunakan layanan dari Whois Privacy, cobalah untuk mengetahui manfaat apa saja yang bisa didapatkan untuk keamanan website dan pemiliknya disini:

1. Pemblokiran spam dan melindungi pencurian identitas

Whois privacy bekerja untuk melakukan pemblokiran spam dan juga untuk menghindari pencurian identitas. Hal tersebut penting dilakukan agar website dan domain selalu aman dari berbagai hal yang tidak penting.

2. Pencegahan terhadap tawaran bisnis yang tidak diinginkan

Layanan ini sangat penting bagi pemilik bisnis yang sudah mempunyai domain. Seperti melindungi dan melakukan kontrol terhadap email yang masuk ataupun telepon dari pelanggan dan perusahaan yang ingin bekerjasama.

3. Menyembunyikan alamat pemilik domain

Melakukan pencegahan dari pengguna internet yang tidak baik, Anda perlu melindungi privasi diri dan perusahaan atau bisnis yang dimiliki. Seperti menyembunyikan alamat rumah, kantor, dan toko offline yang dimiliki dari berbagai kejahatan.

Sudah Tahu Pengertian Whois domain dan Whois Privacy?

Setelah selesai membaca dan mengetahui pengertian Whois domain dan privacy beserta fungsinya. Anda harus mengetahui cara untuk menggunakannya demi kepentingan privasi diri dan domain atau website.

Anda bisa menggunakan layanannya dengan jasa pasang Whois domain dan domain privacy dari Niagahoster. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Beberapa diantaranya seperti pencurian domain, spammer ataupun scammer. Langsung saja daftarkan domain Anda dan gunakan layanannya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.