Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2019/2020

4 min read

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi seputar  Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas 2019/2020.

Informasi ini sangat penting bagi kamu calon peserta sekolah ikatan dinas yang akan segera melakukan pendaftaran.

Yuk langsung aja simak baik-baik ulasan di bawah..

Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

daftar sekolah tinggi ikatan dinas

Informasi yang akan kami sampaikan merupakan kelanjutan dari artikel Persyaratan Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas.

Dan jika kalian belum membaca artikel tersebut, disarankan untuk membacanya terlebih dahulu agar pembahasan kali ini akan mudah untuk dipahami.

Dengan mengetahui alur pendaftaran sekolah ikatan dinas ini, diharapkan peserta nantinya akan mendafar dengan lancar sesuai dengan prosedur.

Seperti yang telah dibahas pada artikel sebelumnya, setiap calon peserta nantinya akan terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online melalui Portal SSCN BKN di alamat sscasn.bkn.go.id.

Baru setelah itu dilanjutkan dengan mendafar pada portal sesuai instansi yang diminati.

Nah, yuksinau.id akan memberikan informasi alur pendaftaran secara rinci untuk semua sekolah ikatan dinas. Dengan dimulai dari pendaftaran di portal SSCN BKN hingga dengan pendaftaran di portal instansi.

Kami ingatkan kembali, sebaiknya kalian membaca dengan teliti dan pahami petunjuk pendaftaran yang sudah diberikan pada Portal SSCN BKN. Supaya ketika melakukan pendaftaran kalian bisa mendaftar dengan lancar tanpa melakukan kesalahan.

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas

Berikut alur dari pendaftaran sekolah ikatan dinas:

A. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas melalui Portal SSCN BKN (sscasn.bkn.go.id)

1. Proses Pembuatan Akun Pendaftaran SSCASN
  1. Calon peserta melakukan pendaftaran online melalui situs dengan alamat dikdin.bkn.go.id
  2. Selanjutnya pilih menu Registrasi
  3. Kemudian akan membuka halaman baru dengan alamat web dikdin-daftar.bkn.go.id
  4. Selanjutnya isikan NIK, Nomor Kartu Keluarga / NIK Kepala Keluarga, serta Centang captcha pada dialog “I’m not a robot”
  5. Lalu klik “Lanjutkan
  6. Langkah selanjutnya lengkapi data-data dalam kolom yang masih kosong
  7. Unggah pas foto dengan format latar belakang merah, JPG minimal ukuran 120 kb maksimal 200 kb
  8. Pastikan kalian telah mengisi semua data dengan benar dan lengkap. Data yang sudah disimpan tidak bisa diperbaiki atau dirubah.
  9. Kemudian klik “Selanjutnya
  10. Halaman pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2019 berhasil, klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Infromasi Akun sebagai bukti bahwa pelamar sukses membuat akun. Simpan kartu tersebut dengan baik
  11. Lah selanjutnya klik dialog “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk ke form berikutnya.

Berikut data yang perlu diisi dalam poin 6:

  • Nama Tanpa Gelar
    • Isikan nama tanpa menggunakan gelar sesuai dengan yang tercantum pada ijazah
  • Tempat Lahir
    • Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan yang tertera dalam ijazah
  • Tanggal Lahir
    • Isi tanggal lahir sesuai dengan yang tertera ijazah
  • Jenis kelamin
    • Pilih jenis kelamin kalian
  • E-mail
    • Masukan e-mail yang masih aktif dan valid
  • Password
    • Masukan password yang mudah untuk kalian ingat.
    • Harap catat serta simpan password kalian, sebab nanti akan dipakai kembali untuk login.
  • Konfirmasi Password
    • Masukkan kembali password yang sudah kalian masukan.
  • Pertanyaan Pengaman 1
    • Pilih pertanyaan sebagai pengaman akun kalian.
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang sudah kalian pilih sebelumnya.
  • Pertanyaan Pengaman 2
    • Pilih pertanyaan pengaman kalian lagi.
  • Jawaban Pengaman
    • Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang sudah kalian pilih.
  • Captcha
    • Yang terakhir masukan kode captcha yang tampil di layar.

2. Login ke Portal SSCASN Sekolah Kedinasan dan Isi Biodata

1. Sesudah kalian berhasil mendaftarkan diri, silahkan login kembali pada dikdin.bkn.go.id dengan memencet tombol “Login” yang tertera di bagian sudut kanan atas.

2. Masukan NIK dan password yang sudah kalian daftarkan, kemudian akan tampil halaman Form Biodata Peserta yang berisi:
  1. Upload Swafoto :
    1. Upload foto selfie dengan memegang KTP dan juga Kartu Informasi Akun untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.
    2. Caranya:
      • klik tombol “Choose file”
      • Carilah dokumen swafoto dengan format berwarna dengan ketentuan JPEG ukuran minimal 120 kb dan maksimal 200kb
  2. Mendaftar Formasi:
    1. Pilih Sekolah dan juga Jenis Formasi yang sesuai dengan minat kalian.
    2. Klik tombol “Pilih”
    3. Pilih pendidikan terakhir kalian saat ini.
    4. Pilih Jurusan yang tersedia
    5. Pilih Lokasi Formasi yang tersedia
    6. Pilih Lokasi Test yang tersedia
    7. Pilih Provinsi /Negara /SMA /SMK dimana kalian berada
    8. Isikan nama Sekolah kalian sesuai dengan yang tertera pada ijazah (SMA /SMK /Sederajat)
    9. Isi Tahun kelulusan
    10. Isi nomor ijazah pendidikan terakhir kalian
    11. Isi tahun lulus pendidikan terakhir kalian
    12. Isi kode captcha yang muncul pada layar
    13. Jika data sudah terisi dengan lengkap dan benar, selanjutnya klik tombol .
      Jika terdapat data yang kurang lengkap, sistem akan mengeluarkan notifikasi seperti berikut: Harap mengisi bagian yang bertanda merah sebelum menyimpan. Kemudian klik “Baiklah”
  3. Pengisian Nilai:
    • Masukan nilai rata-rata raport terakhir. Untuk dapat mengisi menu ini, harap diperhatikan dan juga dibaca baik-baik Petunjuk Pengisian Nilai, sebab setiap Sekolah Kedinasan mempunyai aturan yang berbeda-beda.
  4. Pengisian Biodata:
    • Pada form ini, pelamar harus melengkapi kolom-kolom kosong yang tersedia dengan benar. Pelamar juga bisa memperbaiki Nama Sesuai denan Ijazah, Tempat Lahir sesuai dengan Ijazah, Tanggal Tanggal Lahir sesuai dengan Ijazah, dan juga merubah alamat E-mail pada form ini.
    • Isikan kode captcha yang tampil pada layar. Klik “Selanjutnya” untuk ke tahapan berkutnya.
  5. Unggah Dokumen:
    • Pelamar kemudian mengunggah dokumen yang dibuthkan sesuai dengan permintaan persyaratan. Jenis dokumen dan ukuran file yang diunggah tercantum dalam setiap jenis dokumen yang dibutuhkan.
    • Untuk mengunggah dokumen, klik tombol “Unggah”
    • Untuk mengecek dokumen yang sudah diunggah dengan klik tombol “Lihat”
    • Jika dokumen yang diunggah belum sesuai, klik “Unggah” tombol untuk mengganti dokumen tersebut
    • Klik “Selanjutnya” untuk ke halaman berikutnya.
  6. Resume:
    • Sesudah pelamar telah selesai melengkapi semua tahapan di atas, periksa kembali resume pendaftaran yang tampil. Pastikan bahwa data sudah benar dan sesuai dengan mencentang setiap isian yang sudah dilengkapi oleh Pelamar.

3. Centang pernyataan yang muncul di kotak merah muda.
Selanjutnya klik “Akhiri Proses Pendaftaran”. Sesudah tombol tersebut diklik, kalian sudah tidak bisa merubah data yang sudah dikirim ke sistem dengan alasan apa pun.

4. Kemudian klik tombol “Iya”, serta tombol “Cetak Kartu Informasi Akun” dan “Cetak Kartu Pendaftaran” akan tampil pada layar.

Kartu Pendaftaran SSCASN Sekolah Kedinasan sudah memakai tanda tangan digital serta disertifikasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Sesudah melakukan pendaftaran pada Portal SSCN BKN. Kemudian calon peserta sekolah ikatan dinas wajib untuk melakukan pendaftaran di Portal Instansi yang diminati.

Penjelasannya lebih lanjut akan disampaikan pada poin B.

B. Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas di Portal Instansi

Setelah kalian atau calon peserta berhasil mendaftar pada dikdin.bkn.go.id, berikutnya ikuti tahapan seleksi di Portal Instansi yang diminati.

Di Indonesia sendiri terdapat 8 sekolah ikatan dinas yang bisa kalian pilih. Antara lain: STIS, STSN, PKN STAN, POLTEKIP dan POLTEKIM, STMKG, IPDN, STIN, serta perguruan tinggi ikatan dinas di bawah naungan Kementerian Perhubungan (11 Sekolah Tinggi, POLTEK dan Akademi).

Berikut link untuk masing-masing sekolah ikatan dinas di atas:

  1. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : PKN STAN
  2. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : STIS
  3. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : IPDN
  4. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : STSN
  5. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : STIN
  6. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : STMKG
  7. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : POLTEKIP dan POLTEKIM
  8. Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas : STTD dan Lainnya di Bawah Kemenhub. Selengkapnya kunjungi laman: Pendaftaran Sipencatar Ikatan Dinas

Silahkan kunjungi laman di atas untuk informasi lebih lanjut mengenai tiap-tiap perguruan tinggi ikatan dinas.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan untuk kalian mengenai Alur Pendaftaran Sekolah Ikatan Dinas. Semoga informasi singkat di atas bisa memberikan manfaat untuk kalian semua.

Terima kasih telah berkunjung :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *