Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Share
Comment 0 reply
Alat Musik Tradisional Jawa Timur

Terdapat berbagai alat musik tradisional daerah yang terkenal di mancanegara, salah satunya yaitu yang berasal dari Jawa Timur.

Jawa Timur memang kaya akan budaya nya, ada tari reog ponorogo, rawon, dan lainnya.

Tetapi kali ini kita akan fokus kepada seni musiknya saja.

Perkembangan Seni Musik Daerah Jawa Timur

Seni Musik Daerah Jawa Timur

Jawa Timur adalah salah satu daerah yang meramaikan musik di nusantara. Seni musik didaerah Jawa Timur mempunyai perkembangan dengan berjalannya waktu.

Pada masa Hindu Budha musik yang digunakan oleh masyarakat Jawa Timur menggunakan alat-alat dari bahan alam yang berfungsi untuk mengiringi acara keagamaan.

Pada saat itu juga musik tradisional fungsinya mulai berkembang, yang awalnya hanya untuk acara keagamaan mulai berfungsi untuk hiburan dan kerjaan.

Salah satunya alat musik yang berkembang pada saat itu adalah gamelan yang mempunyai 5 kelompok. Pada masa masuknya agama Islam membuat musik didaerah Jawa Timur juga mulai beragam karena adanya pengaruh budaya dari Arab.

Salah satu contohnya adalah alat musik yang ditabuh. Lalu pada saat masuknya budaya dari Eropa saat penjajahan alat musik dari Jawa Timur Juga Mengalami perkembangan.

Karena banyaknya pengaruh dari luar alat musik dari jawa timur mempunyai instrumen yang khas dan bisa digabungkan dengan musik modern seperti R&B, Pop dan lain sebagainya.

Saat ini sudah banyak instrumen musik yang menggabungkan musik tradisional dan musik modern untuk melestarikan seni dan budaya Indonesia.

Seni dan Budaya Jawa timur

Jawa Timur mempunyai seni pementasan yang sudah sangat terkenal yaitu ketoprak dan ludruk. Untuk seni tari Jawa Timur mempunyai berbagai macam tarian yang terkenal seperti Reog Ponorogo.

Untuk dari bidang jenis musik Jawa Timur juga mempunyai berbagai jenis alat musik yang biasa mengiringi seni tari dan seni pertunjukan di daerahnya.

Macam Alat Musik Tradisional Jawa Timur

1. Bonang

Bonang

Alat musik tradisional yang pertama adalah Bonang, bonang tidak hanya berkembang didaerah Jawa tengah dan Jawa Barat saja, Jawa Timur juga mempunyai alat musik tersebut.

Cara menggunakan alat musik tersebut adalah memukul dengan alat yang khusus pada bagian yang menonjol dibagian atas bonang. Nama alat pemukul nya bernama bindhi dan bagian yang menonjol pada bonang bernama pencon.

2. Angklung Caruk

Angklung Caruk

Angklung caruk adalah salah satu alat musik yang berkembang didaerah Banyuwangi. Sama dengan angklung dari daerah lainnya yang berbahan dasar dari bambu.

Biasanya pada suatu kelompok angklung dimainkan oleh dua orang untuk mengadu kepiawaian nya. Harmonisasi sari angklung digunakan pada saat suasana kompetisi.

3. Kethuk Esri

Kethuk Esri

Kenthuk esri adalah salah satu alat musik dari jawa timur yang bentuknya mirip dengan gong. Jumlah dari alat musik kenthuk esri ada dua buah.

Cara menggunakannya adalah dengan memukul pada tonjolan nya. Kethuk esri terbuat dari bahan logam dan menghasilkan suara yang rendah.

4. Terompet Reyog

Terompet Reyog

Alat musik tradisional berikutnya adalah terompet reyog yang sering digunakan untuk mengiringi suatu seni tari reyog Ponorogo.

Cara memainkan alat musik tersebut sangat mudah yaitu dengan cara ditiup seperti terompet tapi suara yang dihasilkan oleh terompet reyog memiliki suara yang khas tersendiri.

5. Angklung Reog

Angklung Reog

Alat musik tradisional yang berikutnya adalah angklung reog yang biasanya mengiringi kesenian tari reyog Ponorogo.

Cara menggunakan angklung reog yaitu dengan cara menggoyangkan bambu hingga menghasilkan suara. Bahan bambu yang dipilih adalah dengan bambu yang mengeluarkan suara yang keras.

Ciri khas dari angklung reog yaitu memiliki suara yang lebih keras dari angklung lainnya dan mempunyai warna pada angklung nya.

6. Suling Bambu

Suling Bambu

Suling bambu adalah salah satu jenis ala musik yang dimainkan dengan cara ditiup. Suling bambu khas dari Jawa Timur mempunyai 6 lubang nada dan 1 lubang dibelakang.

Untuk memainkan suling bambu tersebut menggunakan teknik-teknik khusus untuk mencapai suatu nada tertentu. Suara yang dihasilkannya dari suling bambu sangat khas sehingga berbeda dengan suling sintetis.

7. Selompret

Selompret

Selompret merupakan salah satu alat musik yang dipengaruhi oleh budaya Eropa yaitu terompet. Cara penggunaannya juga sama yaitu dengan cara ditiup. Selompret biasa digunakan untuk mengiringi suatu seni tari didaerah Banyuwangi.

8. Kempul

Kempul

Kempul memiliki bentuk yang hampir mirip dengan gendang. Perbedaan dari gendang dan kempul adalah kempul memiliki suara yang lebih berat.

Kempul terbuat dari bahan kulit binatang untuk bagian tabuhan nya dan kayu untuk bagian badannya. Cara memainkan nya cukup mudah yaitu dengan cara menabuh pada bagian membran kulit binatang.

Instrumen yang dimainkan tergantung dengan keahlian dari seorang pemain dalam menabuh kempulnya.

9. Gendang Banyuwangi

Gendang Banyuwangi

Pada saat ini Banyuwangi mempunyai suatu variasi tersendiri pada seni musiknya. Gedang Banyuwangi Sering digunakan untuk mengiringi suatu pentas seni yang khas dari Banyuwangi.

Untuk menabuh gendang Banyuwangi harus mempunyai keahlian yang khusus.

10. Kluncing

Kluncing

Kluncing adalah alat musik yang dipengaruhi oleh budaya Eropa sehingga bentuk dari kluncing mirip dengan triangel. Bahan dari alat musik tersebut terbuat dari bahan logam.

Cara memainkan alat musik tersebut yaitu mirip dengan suling yang ditiup dan menggunakan jari untuk mengatur suatu nada yang akan dimainkan nya.

11. Saronen

Saronen

Saronen adalah salah satu alat musik tradisional Jawa Timur yang berasal dari Madura. Saronen mempunyai panjang 40 cm, cara menggunakan alat tersebut yaitu dengan cara ditiup dan mengatur nada menggunakan jari.

Saronen mempunyai tujuh buah lubang. Satu lubang berderetan dibelakang dan enam lubang berderetan didepan. Saronen saat dimainkan akan menghasilkan suara yang nyaring dan keras.

12. Ul Dhaul

Ul Dhaul

Ul Dhaul adalah salah satu alat musik yang berasal dari Madura, Ul dhaul pertama ditemakan tepatnya di Sumenep.

Cara menggunakan nya cukup mudah yaitu tinggal ditabuh, Ul Dhaul merupakan alat perkusi etnis yang berasal dari Jawa Timur.

Ul dhaul biasanya digunakan untuk mengiringi suatu seni tari dan juga pertunjukan didaerah Madura dan sekitarnya.

13. Kethuk Jaler

Kethuk Jaler

Kethuk Jaler adalah salah satu alat musik yang berasal dari Jawa Timur yang mirip dengan ketuk estri, perbedaan dari kedua alat musik tersebut adalah suara yang dihasilkan tentu saja berbeda.

Dibandingkan dengan alat musik kethuk estri, alat musik kethuk jales mempunyai suara yang lebih tinggi.

Dari uraian diatas dari penggunaan alat musik tradisional Jawa Timur biasa digunakan untuk mengiringi suatu kesenian khas Jawa Timur.

Alat musik tradisional Jawa timur juga kebanyakan dipengaruhi oleh berbagai suku dan etnis.

Dalam perkembangannya alat musik tradisional dipengaruhi oleh berbagai zaman. Sekian dari kami semoga bisa menambah pengetahuan untuk kita semuanya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.