Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Share
Comment 0 reply
Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Alat musik tradisional dari Indonesia sekarang sudah banyak diketahui oleh banyak orang atau bisa juga disebut populiaritas nya sudah sangat besar sampai ke mancanegara, salah satunya adalah angklung yang berasal dari Jawa Barat.

Namun tidak hanya angklung saja alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat, masih ada banyak alat musik tradisional dari Jawa Barat yang akan kami jelaskan.

Pengertian Alat Musik Tradisional

Pengertian Alat Musik Tradisional

Menrurut KBBI atau kamus besar bahasa Indonesia, kata dari suatu benda untuk mempermudah suatu kerjaan atau kegiatan.

Kata musik yaitu berasal dari bahasa Yunani, yaitu Mousike yang diambil dari nama salah satu Dewa yang terkenal pada mitologi Yunani Kuno yaitu Mousa. Mousa sendiri adalah Dewa yang memimpin ilmu dan seni.

Kata tradisional berasal dari bahasa latin yaitu Traditio yang berarti kebiasaan masyarakat yang sudah dilakukan secara turun temurun.

Dari penjelasan diatas sudah bisa disimpulkan bahwa alat musik tradisional merupakan alat musik yang sudah berkembang sudah dari zaman dahulu turun temurun pada suatu daerah.

Alat musik tersebut sudah digunakan untuk mengiringi sebuah musik-musik yang ada dalam suatu masyarakat tersebut.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional dari Jawa Barat

1. Kecapi

Kecapi

Kecapi adalah salah satu alat musik yang sering digunakan dalam salah satu instrumen musik. Cara memainkan kecapi tersebut yaitu dengan cara dipetik seperti gitar.

Kecapi sekarang terbagi menjadi dua jenis bagian.

Kecapi anak atau yang disebut dengan kecapi rincik dimainkan untuk iringan musik sebagai jeda-jeda nada dengan frekuensi yang tinggi.

Sedangkan kecapi induk atau yang disebut dengan kecapi indung mempunyaik ukuran yang lebih besar dan mempunyai 18 dawai sampai 20 dawai.

Kecapi indung biasanya digunakan untuk memimpin jalanya musik menentukan tempo hingga memberikan intro. Memang unik sekali ya alat musik yang satu ini.

2. Kendang

Kendang

Selanjutnya adalah salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat yang mungkin sudah tidak asing lagi untuk kita semua yaitu kendang atau biasa disebut dengan gendang.

Cara memainkanya cukup mudah yaitu dengan cara dipukul atau disebut dengan ditepak.

Kekuatan dan tempo pukulan menjadi salah kunci yang sangat penting dalam suatu pementasan pentas menggunakan alat musik tradisional dari Jawa Barat ini.

Alat musik kendang ini terbuat dari cempepak, kayu kelapa, atau kayu nangka yang dilapisi kuli hewan seperti kambing atau kerbau.

3. Suling

Suling

Selanjunya adalah suling, suling merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat Jawa Barat.

Pada saat ini suling sudah banyak dimodifikasi dan menjadi salah satu alat musik yang lebih modern.

Dalam kebudayaan Sunda suling terbuat dari bahan bambu yang mempunyai 4 sampai 6 lubang untuk mengatur setiap nadanya, dan dengan cara meniup untuk memainkan alat musi tersebut.

4. Calung

Calung

Salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari bambu adalah calung. Cara memainkan alat musik tersebut yaitu dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus pada ruas bambu yang menghasilkan suara yang indah.

5. Celembung

Celembung

Alat musik tradisional dari Jawa Barat selanjutnya adalah celembung. tidak banyak informasi yang bisa didapatkan dari alat musik tersebut sehingga tidak banyak yang tahu sejak kapan alat musik tersebut diciptakan.

Celembung terbuat dari bahan bambu yang memanfaatkan resonasi dalam ruas bambu untuk menghasilkan suara.

Cara memainkan celembung yaitu dengan cara dipukul denag salah satu tangan dan tangan satunya mengatur nada suara dari badan celembung.

6. Jentreng

Jentreng

Mungkin yang tidak pernah melihat alat musik jentreng akan berfikir bahwa itu kecapi yang sama saja berasal dari Jawa Barat.

Tetapi sebenarnya jentreng berbeda jauh dengan jentreng. Karena Jentreng hanya mempunyai 7 bagian senar dan ukuranya pun lebih kecil dari kecapi.

7. Jenglong

Jenglong

Alat musik jenglong terbuat dari bahan kayu dan juga logam besi bisa juga kuningan yang disusun lalu diikat menggunakan tali. Cara memainkan jenglong ini yaitu dengan cara dipukul dengan alat pemukul khusus.

Jentreng adalah salah satu alat musik tradisional yang bisa memberikan kerangka lagu dan juga nada dasar pada suatu pentas musik.

8. Rebab

Rebab

Rebab diyakini oleh masyarakat Jawa Barat sudah ada sejak abad ke 9 Masehi. Pada saat itu alat musik musik tersebut masuk dalam daratan sunda oleh apra pedagang Timur Tengah yang sedang mengunjungi Indonesia.

Pada saat pertama kali masuk ke Indonesia Rebab mempunyai dua sampai tiga dawai dan terbuat dari tembaga, Tetapi saat ini rebab sudah terbuat dari bahan kayu.

9. Karinding

Alat Musik Tradisional Jawa Barat Karinding

Karinding adalah salah satu jenis alat musik yang ditiup seperti suling. Karinding terbuat dari bahan pelepah pohon aren atau bambu.

Uniknya dari alat musik tersebut adalah karinding yang terbuat dari bambu itu khusus untuk para laki-laki sedangkan yang terbuat dari pohon aren adalah khusus untuk perempuan.

Cara memainkan alat musik tersebut adalah dengan cara ditiup dan pada bagian tiga ruas yang dimiliki lalu tangan memukul pada salah satu bagian sisinya untuk menciptakan suatu nada yang merdu dan harmonis.

Baca juga: Seni Musik

10. Angklung

Alat Musik Tradisional Jawa Barat Angklung

Terakhir kami bahas adalah salah satu alat musik yang sudah sangat terkenal sampai ke manca negara yaitu angklung.

Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bambu yang meberikan instrumen multitonal atau yang disebut dengan bernada ganda yang dimainkan dengan cara digoyangkan.

Sara angklung sangat khas yang dihasilkan dari benturan bambu dan juga potongan pada bagian dalam yang menghasilkan suara yang bergetar.

Pada tahun 2010, angklung sudah diakui oleh Unesco sebagai salah satu warisan budaya dunia yang membuat salah satu alat musik tradisional dari Jawa Barat semakin mendunia.

Itulah pengertian lengkap tentang alat musik tradisional dari Jawa Barat yang harus kita jaga agar anak cucu kita bisa tahu bahwa akan kayanya warisan dari nenek moyang kita.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.