Pengertian Sosiologi Secara Umum & Menurut Para Ahli

Pengertian Sosiologi- Sosiologi merupakan suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang manusia sebagai mahluk sosial serta interaksi antar manusia yang terjadi di dalam kehidupan lingkungan masyarakat.

Selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

Sosiologi Menurut Para Ahli

Kata sosiologi ini sendiri jika kita lihat dari segi etimologis, istilahnya berasal dari bahasa latin “Socius” serta bahasa Yunani “Logos”.

Kata Socius memiliki arti sebagai “masyarakat atau kawan”, serta Logos yang berarti “berbincang atau berbicara”.

Sehingga bisa kita tarik kesimpulannya bahwa sosiologi yakni membicarakan kehidupan manusia sebagai makhluk sosial.

Penjelasan tersebutdapat kita jabarkan lagi sehingga sosiologi berarti suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari sekaligus membahas kehidupan manusia di lingkungan masyarakat.

Ataupun bisa di definisikan juga sebagai suatu ilmu pengetahuan mengengai kehidupan manusia yang mempunyai hubungan, kepentingan, serta budaya.

Dalam mempelajari objek kajiannya yakni tak lain adalah masyarakat, maka bisa kita disimpulkan bahwa sosiologi memfokuskan pambahasannya pada:

  • Hubungan timbal balik antar manusia dengan manusia, serta manusia dengan lainnya.
  • Hubungan seorang individu dengan kelompok.
  • Hubungan kelompok dengan kelompok.
  • Proses yang timbul dari hubungan tersebut di dalam lingkungan masyarakat.

Adapaun pengertian sosiologi menurut beberapa para ahli, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mile Durkheim

Sosiologi merupakan ilmu yang meneliti, menganalisa atau mempelajari tentang berbagai fakta sosial di antaranya terkait tindakan, cara berpikir dan berperasaan yang ada di luar individu yang mana dari berbagai fakta tersebut mempunyai kekuatan dalam mengendalikan suatu individu

2. Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi

Menurut pendapat dari Selo Sumardjan dan Soelaeman Soemardi, Sosiologi merupakan ilmu sosial/kemasyarakatan yang mempelajari berbagai struktur sosial serta proses sosial termasuk perubahan sosial itu sendiri.

3. Soejono Sukamto

Menurut pendapat dari Soejono Sukamto Sosiologi merupakan ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai berbagai segi kemasyarakatan yang memiliki sifat umum serta berusaha untuk mendapatkan beberapa pola umum dalam kehidupan bermasyarakat.

4. William Kornblum

Sosiologi merupakan berupa upaya ilmiah dalam mempelajari kemasyrakatan serat perilaku sosial pada setiap anggotanya dan masyarakat tersebut di jadikan yang masih ada kaitannya dengan berbagai kelompok dan kondisi

5. Allan Jhonson

Sosiologi merupakan ilmu yang pada dasarnya mempelajari tentang kehidupan dan perilaku khususnya yang ada hubungannya dengan sistem sosial dan mengenai bagaimana sistem tersebut berpengaruh terhadap orang lain dan bagaimana juga orang yang terlibat tersebut ikut andil dalam sistem tersebut.

6. Roucek dan Waren

Sosiologi menurut Roucek dan Waren berarti yang mempelajari hubungan antar manusia terhadap kelompok sosial

7. Soerjono Soekanto

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai aspek di antaranya seperti murni, abstrak serta berusaha mencari mengenai pengertian umum, rasional, empiris, serta bersifat umum.

8. Pitirim Sorokin

Sebagai ahli sosiologi Pitirm Sorokin berpendapt bahwa Sosiologi merupakan arti Ilmu yang mempelajari berbagai tentang hubungan dan pengaruh timbal balik antar mereka terkait dengan bermacam gejala sosial.

Contohnya : gejala ekonomi, gejala keluarga, dan gejala moral atau dengan kata lain sosiologi memiliki arti ilmu yang mengulas mengenai hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengen gejala non-sosial.

Jadi bisa di simpulkan bahwa Sosiologi adalah Ilmu yang meneliti, mengenalisa atau mempelajari berbagai ciri umum dari berbagai jenis gejala sosial lain.

9. William F. Ogburn dan Mayer F. Nimkopf

Sosiologi memiliki arti yang di uraikan secara ilmiah berupa interaksi sosial dan hasilnya, yaitu organisasi sosial

10. J.A.A Von Dorn dan C.J Lammers

Menurut pendapat dari J.A.A Von Dorn dan C.J Lammers, Sosiologi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mengulas tentang struktur serta berbagai proses kemasyarakatab yang sifatnya stabil.

11. Max Weber

Menurut Max Weber Sosiologi berarti yang cukup simpel yaitu Ilmu yang mempelajari atau sebuah upaya dalam memahami mengenai berbagai tindakan sosial.

12. Paul B. Horton

Sosiologi merupakan ilmu yang berfokus penelaahan dari segi kehidupan kelompok serta produk kehidupan tersebut.

13. August Comte

Menruut pendapat dari August Comte menyebutkan bahwa Sosiologi memiliki mempunyai arti atau sebuah istilah yang berdasarkan dari kata latin.

Socius yang berarati teman sedangkan Logos yang berasal dari kata yunani memiliki arti cerita hal ini di ungkapkan pertama kalinya pada buku yang berjudul “Cours De Philosophie Positive” : August Comte (1798-1857).

14. Hasan Shadily, 1989

Sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari mengenai masyarakat atau kemasyrakatan yang mana manusia sebagai anggota golongan atau sebagai masyarakatnya “bukan sebagai individu yang terlepas dari golongan atau masyarakat itu sendiri) terkait berbagai ikatan adat, kebiasaan, kepercayaan (agama), tingkah laku serta berbagai kesenian (Budaya) yang meliputi berbagai aspek kehidupan.

15. August Comte dan Soerjono Soekamto

Sosiologi merupakan sebuah Ilmu pengetahuan kemasyarakatan umum atau dari hasil terakhir terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Karena memang pada dasarnya sosiologi berdasarkan dari berbagai kemajuan yang sudah di capai oleh ilmu pengetahuan lainnya.

Kemudian Comte juga mengungkapkan bahwasanya sosiologi harus terbentuk berdasarkan penelitian atau Observasi dan bukan dari spekulasi mengenai hal keadaan masyarakat.

Sedangkan untuk hasil yang telah di dapatkan berdasrkan observasi tidak mesti di susun secara sistematis. Namun yang di sayangkan adalah Cote tidak menjelaskan mengenai bagaimana cara menilai hasil observasi kemasyarakatan tersebut.

16. De Saint Simon

Sosiologi merupakan mempelajari masyarakat mengenai berbagai aksi dari segala usaha kolektif termasuk spiritual ataupun material, yang mana untuk mengatasi aksi para peserta individual.

17. Mayor Polak

Menurut pendapat dari Mayor Polak Sosiologi merupakan Ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai objeknya terkait dengan antar hubungan manusia, manusia dengan kelompoknya, kelompok dengan kelompok termasuk formal maupun material, adan juga statis maupun dinamis.

18. M. Sitorus

Sosiologi merupakan berupa ilmu yang mengulas tentang interaksi manusia dengan manusia lainnya pada sebuah kelompok tertentu di antaranya seperti keluarga, kelas sosial, masyarakat serta produk yang ada berdasarkan interaksi tersebut seperti Norma, Kebiasaan yang di yakinkan oleh kelompok/masyarakat tersebut

19. P.J. Bouman

“Ilmu pengatahuan yang mempelajari mengani hubungan sosial antar oknum dari satu dengan oknum lainnya dan oknum golongan, serta sifat dan perubahan dari lembaga-lembaga dari hasil pemikitan sosial.”

20. F.G. Robbins

Sosiologi merupakan pendidikan yang sosiologi tersebut secara khusus yang memiliki tugas dalam menyelidiki struktur dan dinamika proses pendidikan.

Struktur dalam hal ini memiliki arti berupa teori dan filsafat pendidikan, sistem kebudayaan, struktur kepribadian dan hubungan kesemua berdasarkan tata sosial masyarakat.

Sedangkan kata dinamika adalah proses sosial dan kultural, proses perkembangan kepirbadian, dan hubungan kesemuanya dengan proses pendidikan.

21. H.P Fairchild

Di kutip dari bukunya yang berjudul “Dictionary Sociology”, di dalam bukunya tersebut menyebutkan bahwa sosiologi pendidikan memiliki arti sosiologi yang di jalankan sebagai memecahkan berbagai masalah pendidikan yang sifatnya fundamental.

22. Prof Drs. Nasution, M.A

“Ilmu yang secara fokus untuk mengetahui mengenai barbagai cara dalam mengandalikan proses pendidikan yang di tujukan terhadap mengembangkan kepribadian individu agar menjadi lebih baik.”

23. F.G Robbins dan Brown

“Ilmu yang menjelaskan menganai berbagai hubungan sosial berdasarkan individu agar mendapatkan serta mengorganisasi pengalaman. atau dengan kata lain Sosiologi pendidikan mempelajari tentang pola sosial serta prinsip-prinsip untuk mengontrolnya.”

24. E.G Payne

“Studi yang komperhensif mengenai berbagai aspek pendidikan berdasarkan ilmu sosisologi yang diterapkan.”

25. Drs. Ary H. Gunawan

“Suatu pengetahuan yang terfokus dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan analisis atau pendekatan sosiologis.”

26. Giddens (2004:2)

Giddens mendefinisikan “Sociology is the study of human social life, groups and socities” yang artinya ialah Sosiologi merupakan studi/ ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial manusia, kelompok dan masyarakat

27. Green (1960) dan Raharjo (1999)

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari megenai bebagai kehidupan manusia tehadap masyarakat terkait dengan berbagai aspek.

Artikel pendukung: Sosiologi

28. Priyotamtomo (2001)

“Ilmu yang mempelajari tentang perilaku masyarakat serta perilaku sosial manusia berdasarkan dengan meneliti kelompok yang telah di bangunnya.”

Kelompok tersebut mencangkup berbagai aspek di antaranya seperti : keluarga, suku, komunitas, pemerintah, organisasi sosial, kelompok ekonomi, kelompok politik, dan lain sebagainya.

29. George Payne

Sosiologi pendidikan ialah by educational sociology we de science with desribes andexlains the institution, social group, and social processes, that is the spcial relationships in which or through which the individual gains and organizes experiences.

Dalam hal ini Payne juga menejaskan bahwasanya pada berbagai lembaga, Kelompok Sosial, kegiatan dan Proses Sosial terdapat apa yang di namakan dengan sosial yakni individu mendapatkan mengorganisisr dari berbagai pengalaman.

30. Charles A. Ellwood

Charles A. Ellwood menerangkan bahwa Sosiologi merupakan Education Sociology is the science aims to reveld the connection at all points etween the educative process and the social.

Atau jika di artikan kedalam bahasa ingris adalah Pendidikan atau suatu ilmu pengetahuan yang mengulas atau mempelajari untuk melahirkan yang ada kaitannya terhadap semua Pokok masalah antar proses pendidikan dan proses sosial.

31. E.B Reuter

Sosiologi pendidikan mempunyai keharusan untuk menganalisis evolusi berdasarkan berbagai lembaga pendidikan yang masih ada.

Kaitannya dengan perkembagan manusia dan terbatas dari pengaruh daripada lembaga pendidikan yang menentukan akan kepribadian sosial pada setiap Individu.

Jadi prinsipnya adalah antara individu terhadap berbagai lembaga sosial tersebut selalu saling berhubungan (process social interaction).

32. Francis Broun

Sosiologi pendidikan memperhatikan terhadap pengaruh kesemua lingkungan budaya sebagai lokasi dan cara individu mendapatkan dan mengorganisasi pengalamannya.

33. S. Nasution

Sosiologi pendidikan merupakan Ilmu yang secara usahanya untuk mendapatkan berbagai cara untuk mengendalikan proses pendidikan bertujuan untuk memperoleh perkembangan kepribadian individu yang lebih baik.

34. Siti Waridah dan J. Sukardi, 2001:4

“Suatu ilmu pengetahuan yang mengulas tentang terkait sosial antar-sesama manusia (individu-individu), antar-individu dan ide-ide sosial.”

35. Peter L. Berger

Sosiologi menurut Peter merupakan ungkapan realitas sosial. Seseorang Sosiolog wajib menyikapi berbagai tabir dan menjelaskan pada tiap helai tabir hingga menjadi sebuah realitas yang tak terduga sebelumnya.

36. Talcott Parson

“Suatu tindakan sosial berdasarkan tujuan, situasi, motivasi dan aturan yang mengikat.”

37. Lester F. Ward (1841-1913)

“Perkembangan manusia berasaskan dari bentuk yang lebih rendah ke status menjadi seperti sekarang.”

Baca juga: Mobilitas Sosial

Itulah pengertian sosiologi yang telah telah kami rangkum buat kalian semua.. Semoga artikel mengenai pengertian sosiologi bermanfaat untuk kalian ya.

Photo of author

Ahmad

Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

Satu pemikiran pada “Pengertian Sosiologi Secara Umum & Menurut Para Ahli”

Tinggalkan komentar