Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum berlangsung sejak tahun 252 hingga 66 juta tahun yang lalu.

Zaman ini juga disebut sebagai zaman reptil, sebab menurut ahli paleontologi Gideon Mantell pada abad ke-19, diperkiraan periode ini didominasi oleh reptil seperti Iguanodon, Megalosaurus, Plesiosaurus, serta yang sekarang disebut Pseudosuchia.

Zaman ini merupakan zaman dimana hewan reptiia khususnya dinosaurus dan berkembangnya amonit serta tumbuhan berbiji masa purba.

Zaman Mesozoikum berlangsung selama 186 juta tahun lalu ketika Era Kenozoikum dimulai. Pada masa ini dibagi menjadi tiga periode geologi, dari yang telama hingga ke yang termuda.

Pembagian Zaman Mesozoikum

Pembagian Zaman Mesozoikum

a. Zaman Trias (245 juta-208 juta tahun lalu)

Zaman trias merupakan zaman dimana para hewan reptil dan juga dinosaurus raksasa mulai bermunculan.

Adanya amonit semakin banyak, gastropoda dan bivalvia juga semakin meningkat. Selain itu, Cynodont sejenis reptilia yang mirip dengan mamalia si pemakan daging juga mulai berkembang.

Mamalia pertama mulai bermunculan serta reptilia air seperti kura-kura dan penyu juga semakin banyak.

Pada zaman ini benua Pangea bergerak menuju utara serta membentuk gurun disana. Lapisan es disisi selatan mencair serta celah-celah mulai terbentuk di Pangea.

b. Zaman Jura (208 juta-145 juta tahun lalu)

Zaman jura merupakan zaman kejayaan untuk Dinosaurus yang menguasai daratan. Sementara lautan dikuasai oleh reptilia laut seperti Ichthyosaurus dan Plesiosaurus. Dan di udara dikuasai oleh reptilia terbang seperti Pterosaurus dan Pterodactyl.

Archaeopteryx merupakan burung pertama yang muncul di muka bumi. Beberapa jenis buaya juga teruse berkembang diikuti dengan Amonit dan Belemnit yang semakin meluas.

Tumbuhan seperti Ginko, Benetit dan Sequoia melimpah ruah, serta keberadaan konifer menjadi umum.

Di zaman ini, benua Pangea terpecah. Amerika Utara terpisah dari afrika, sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari antartika dan juga australia.

Di Indonesia sendiri sempat ditemukan fosil dari gigi Ichthyosaurus ( sejenis reptil laut yang hidup sezaman dengan Dinosaurus) di daerah pulau seram (dimana dulunya masih berupa lautan).

c. Zaman Kapur (145 jta-65 juta tahun lalu)

Zaman kapur merupakan zaman kejayaan bagi dinosaurus dan reptilia terbang. Disini, mamalia dan jga tumbuhan yang berbunga mulai berkembang menjadi berbagai macam dan bentuk.

Disini juga menjadi zaman dimana mamalia berplasenta muncul pertama kali. Dan pada zaman ini pula iklim atau cuaca juga mulai muncul.

Pada zaman ini pula, negara India terlepas jauh dari Afrika serta bergerak menuju Asia.

Ciri Ciri Zaman Mesozoikum

ciri ciri zaman mesozoikum

  1. Adanya banyak hewan raksasa yang disebut sebagai dinosaurus.
  2. Iklim buminya lebih stabil daripada zaman sebelumnya.
  3. Zaman Mesozoikum merupakan dasar dari kehidupan zaman modern.
  4. Berlangsung sekitar 150 – 65 juta tahun yang lalu.
  5. Adanya aktivitas tektonik, evolusi serta iklim.
  6. Benua-benua mengalami pergeseran serta saling menyatu satu sama lain.
  7. Zaman Mesozoikum adala puncak dari perkembangan dinosaurus.

Kepunahan

apa yang anda ketahui dari zaman mesozoikum

Peristiwa kepunahan besar-besaran terjadi pda tahap kedua di akhir periode kapur sekitar 65 juta tahun lalu yang menjadi tanda berakhirnya masa mesozoikum sekaligus awal dari masa kenozoikum.

Pada peristiwa tersebut terdapat beberapa jenis kehidupan yang punah, diantaranya yakni: Dinosaurus, Pterosaurus, Ichthyosaurus, Plesiosaurus serta kelompok binatang moluska (Amonit dan Belemnit) dan sebagian besar dari Brakiopoda.

Banyak teori yang menjelaskan mengenai kepunahan masa mesozoikum, sebagai contoh adalah teori mengenai jatuhnya meteorit raksasa yang membentur bumi dengan dahsyatnya.

Benturan dari meteorit tersebut menyebabkan panas serta kebakaran hebat yang menghasilkan asap dan awan tebal.

Awal tebal tersebut menghalangi sinar matahari ke bumi. Sehingga mengakibatkan pendinginan global dan penipisan oksigen karena sebagian besar tumbuhan dan hewan mati.

Dinosaurus yang dimana kita tau hewan berdarah panas raksasa pun tidak mampu bertahan hidup pada iklim seperti itu. Sehingga pada akhirnya punah.

Peninggalan Zaman Mesozoikum

peninggalan

Berbeda dengan zaman lainnya dimana peninggalan berupa alat-alat purba, di zaman ini peninggalan yang ditemukan berupa fosil hewan dan tumbuhan.

Sebab periode zaman ini cukup panjang, maka tuliskan.id merangkum beberapa peninggalan berdasarkan periode atau zaman yang terjadi di masa mesozoikum.

Yuk perhatikan ulasan di bawah.

1. Zaman MesozoikumPeninggalan Periode Trias

Periode ini merupakan periode dimana kehidupan awal reptil serta dinosaurus muncul, sehingga peninggalan yang ditemukan pun sangatlah tua.

Beberapa temuan fosil diantaranya sebagai berikut:

  • Postosuchus, reptil yang berperan sebagai predator bagi makhluk lain yang lebih kecil.
  • Staurikosaurus, karnivora berukuran kecil atau mini.
  • Proterosuchus, sejenis reptil yang mirip dengan buaya serta hidup di awal periode trias.
  • Cynogathus, mamalia pertama pada periode ini.
  • Plateosaurus, sejenis kadal leher panjang berukuran mini.
  • Coelophysis, spesies dinosaurus pertama di periode ini.

Tak hanya itu, pada periode ini juga ditemukan beberapa peninggalan dari jenis tumbuhan yang dapat kita jumpai hingga sekarang.

Seperti batu bara  batu bara dipercaya sudah ada pada periode ini. Serta terbentuk dari fosil tumbuhan yang telah membatu dan telah mengalami reaksi kimia sehingga bisa digunakan sebagai bahan bakar.

Pada periode ini juga terdapat beberapa jenis tumbuhan seperti cemara dan juga pakis yang hingga kini dapat kita temui.

2. Peninggalan Periode Jura

Pada periode juga ini banyak ditemukan fosil dari dinosaurus dan reptil sejenisnya. Sebab pada periode inilah mereka menguasai bumi.

Nah, berikut beberapa temuan fosil dalam periode jura.

  • Diplodocus, merupakan dinosaurus raksasa dengan leher yang panjang serta mempunyai tinggi hingga 30 meter.
  • Allosaurus, merupaka predator terbesar yang hidup pada periode jura.
  • Stegosaurus, sejenis dinosaurus darat berkaki empat dengan tulang belakang yang mirip dengan duri dan hidup mendominasi pada periode jura.
  • Arcaheopteryx, (burung primitif) sejenis dinosaurus yang dapat terbang.
  • Plesiosaurus, dinosaurus yang hidupnya di dalam laut.
  • Ichthyosaurus, dinosaurus laut yang bentuknya menyerupai lumba-lumba.

Adapun peninggalan dari periode ini yang berupa tumbuhan dan masih dapat kita jumpai. Diantranya yaitu jenis pohon cemara, lumut, dan pakis.

Sedangkan fosil tumbuhan yang sudaj punah yaitu: poho ginko, cheirolepidiaceae, dan yang lainnya.

3. Peninggalan Periode Kapur

Teradpat banyak temuan fosil berupa hewan dan tumbuhan yang terkubur karena kepunahan masal yang terjadi di periode ini.

Diantaranya sebagai berikut:

  • Tyranosaurus rex, dinosaurus predator terbesar dan paling terkenal di periode ini. Dan menjadi salah satu temuan terpenting untuk masa mesozoikum.
  • Velociraptor, dinosaurus predator berukuran dua meter.
  • Triceratops, dinosaurus herbivora raksasa,
  • Pterosaurus, sejenis dinosaurus terbang yang berukuran besar.
  • Dischocapites, sejenis kerang yang hidup di sungai.
  • Tylosaurus, sejenis dinosaurus air.

4. Peninggalan setelah kepunahan massal

Seperti yang telah tuliskan.id jelaskan, kepunahan masal terjadi dikarenakan adanya meteor yang jatuh. Sehingga menyebabkan kehidupan di bumi musnah seiiring waktu.

Namun, terdapat beberapa jenis spesies yang mengindikasikan hal ini sebagai penyebabnya. Antara lain beberapa jenis kerang, batuan, serta tanah sebab terjadinya evolusi oleh perubahan alam yang ekstrem.

Demikianlah ulasan mengenai Zaman Mesozoikum, semoga dapat membantu kegiatan belajar kalian ya. Terima kasih telah berkunjung. :))

Photo of author

Ahmad

Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

Tinggalkan komentar