Ahmad Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

22 Pengertian Penelitian Sosial Menurut Ahli

2 min read

Penelitian Sosial Menurut Ahli

Jumpa lagi bareng kita, yuksinau.id yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian pelajari. Dan kali ini yuksinau.id berkesempatan untuk membahas pengertian penelitian sosial menurut ahli dan secara umum.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Penelitian Sosial Menurut Ahli

pengertian penelitian sosial menurut para ahli

Secara Umum

Penelitian pada hakekatnya berasal dari bahasa Inggris yakni research yang memiliki arti mencari kembali.

Penelitian sosial sendiri adalah usaha rasional atau masuk akal, empiris (dapat diamati), yang tersusun secara sistematis dan digunakan sebagai suatu metode dalam mencari suatu kebenaran secara ilmiah.

Atau dapat juga kita artikan sebagai salah suatu metode analisis dalam situasi yang merumuskan berbagai camam persoalan sosial.

Dengan maksud guna menemukan aspek yang baru, memahami sebab akibat sekaligus dengan hubungannya, mengoreksi, mengadakan verifikasi, dan juga memperluas pengetahuan.

Menurut para Ahli

Berikut beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian penelitian sosial, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Sanapiah Faisal

Sanapiah Faisal mengemukakan pendapat bahwa penelitian sosial adalah suatu aktivitas di dalam menelaah suatu problem yang menggunakan metode ilmiah secara tertata dan juga sistematis.

Guna menemukan pengetahuan baru yang bisa dipegang kebenarannya tentang dunia alam dan juga dunia sosial.

2. Soetrisno Hadi

Penelitian merupakan serangkaian usaha dalam memperoleh semua sesuatu guna mengisi kekosongan atauoun kekurangan yang ada, menggali lebih dalam apa yang sudah ada, mengembangkan dan juga memperluas, serta menguji kebenaran dari apa yang sudah ada tetapi kebenarannya masih diragukan.

3. Donald Ary

Penelitian adalah penerapan dari pendekatan ilmiah terhadap suatu pengkajian masalah dalam mendapatkan informasi yang berguna serta hasil yang bisa dipertanggung jawabkan.

4. Sukardi

Penelitian merupakan sebuah proses yang memiliki karakteristik sistematis, terkontrol, empiris, serta mendasarkan kepada teori dan juga hipotesis atau berdasarkan jawaban sementara.

5. John

Penelitian merupakan pencarian fakta yang menurut metode objektif yang jelas dalam menemukan hubungan antara fakta serta menghasilkan hukum tertentu.

6. Woody

Woody berpendapat bahwa pengertian dari penelitian yaitu suatu metode untuk menemukan sebuah pemikiran yang kritis.

Penelitian ini termasuk dalam pemberian definisi serta redefinisi pada masalah.

Membuat formulasi hipotesis ataupun mengadakan uji coba yang sangat hati-hati atas segala kesimpulan yang nantinya diambil dalam menentukan apakah kesimpulan tersebut sesuai dengan hipotesis.

7. Soerjono Soekanto

Penelitian adalah suatu kegiatan ilmiah yang berdasakran kepada analisis dan juga konstruksi yang dilakukan secara sistematis, metodologis serta konsisten.

Dengan tujuan untuk mengungkapkan kebenaran sebagai salah satu manifestasi keinginan manusia guna mengetahui apa yang sedang terjadi dan dihadapinya.

8. Hill Way

Diungkapkan dalam bukunya yang berjudul Introduction to Research yang di dalamnya mendefinisikan bahwa penelitian adalah metode studi yang sifatnya mendalam dan penuh kehati-hatian dari segala bentuk fakta yang dapat diyakini atas suatu masalah tertentu guna untuk membuat pemecahan masalah tersebut.

9. Mohamad Ali

Menurut pendapat dari Mohamad Ali, penelitian merupakan sebuah cara dalam memahami sesuatu melewati proses penyelidikan ataupun usaha dengan mencari bukti-bukti yang muncul yang berkaitan dengan masalah tersebut, dan dilakukan secara hati-hati sehingga akan diperoleh pemecahannya.

10. Supadmoko

Penelitian adalah sebuah usaha yang dilakukan secara sadar serta diarahkan guna mempelajari atau mengetahui beberapa fakta baru dan juga sebagai penyaluran hasrat dari keingin tahuan manusia.

11. Cooper dan Emory

Penelitian merupakan proses atau kegiatan di dalam penyelidikan secara sistematis yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi guna memecahkan masalah.

12. Parson

Parson berpendapat bahwa penelitian merupakan sebuah pencarian atas segala sesuatu yang dilakukan secara sistematis, dengan cara penekanan bahwa pencariannya dilakukan terhadap masalah-masalah yang bisa dipecahkan dengan penelitian.

13. Hadi Sutrisno

Mengungkapkan bahwa penelitian merupakan upaya guna menemukan, mengembangkan dan juga menguji kebenaran dalam suatu pengetahuan dengan memanfaatkan metode ilmiah.

14. Sugiyono (2006, p.1)

Penelitian adalah cara ilmiah guna memperoleh data dengan tujuan serta kegunaan tertentu.

15. Sukmadinata

Penelitian merupakan suatu proses pengumpulan dan analisis atau pengolahan data yang dilakukan secara sistematis dan juga logis guna meraih tujuan-tujuan tertentu.

16. Wikipedia

Penelitian sosial merupakan sebuah istilah yang digunakan kepada penyelidikan-penyeldikan yang dirancang guna menambah khazanah ilmu pengetahuan sosial, gejala sosial, atau praktik-praktik sosial.

Istilah sosial ini merujuk kepada hubungan-hubungan antara, dan di antara, orang-orang, kelompok-kelompok seperti keluarga, institusi (sekolah, komunitas, organisasi, dan sebagainya), serta lingkungan yang lebih besar.

17. Saifuddin Anwar

Penelitian adalah usaha ilmiah yang memiliki tujuan guna menjawab masalah-masalah penelitian. Sehingga penelitian tidak bisa dilakukan tanpa adanya masalah dan juga tujuan.

18. Carter Good

Carter Good berpendapat bahwa penelitian adalah sebuah jalah ke arah kemajuan serta pemecahan masalah.

19. Kamus Webster

Kamus Webster mengartikan penelitian sebagai sebuah proses penyelidikan di dalam suatu ilmu pengetahuan  guna mendapatkan fakta-fakta dan prinsip-prinsip dengan hati-hati dan juga sistematis.

20. Hasan

penelitian merupakan penyaluran rasa ingin tahu manusia kepada sesuatu atau masalah dengan perlakuan tertentu.

Contohnya: memeriksa, mengusut, menelaah, serta mempelajari secara cermat dan sungguh-sungguh.

Sehingga diperoleh sesuatu (contohnya: mencapai kebenaran, memperoleh jawaban atas masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya).

21. Nur Indrianto dan Supomo

Dalam bukunya yang berjudul “Metode Penelitian Bisnis” (2002, p.16). Penelitian adalah refleksi dari keinginan guna mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam

22. Winarno Surachmand

Penelitian merupakan sebuah metode studi yang memiliki sifat hati-hati serta mendalam dari segala bentuk fakta yang bisa dipercaya atas masalah tertentu untuk membuat pemecahan masalah tersebut.

Itulah beberapa pengertian penelitian sosial secara menurutt ahli dan secara umum dan menurut para ahli, semoga dapat membantu kegiatan belajar kalian ya. Terima kasih telah berkunjung :)).

Ahmad Pemuda yang senang belajar dan berbagi dengan sesama

Gejala Sosial

Luqi Afika
3 min read

Stratifikasi Sosial

Ahmad
7 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *