11 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Ahli

Share
Comment 0 reply
11 Pengertian Stratifikasi Sosial Menurut Ahli

Jumpa lagi bareng kita, yuksinau.id yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian pelajari.

Dan kali ini yuksinau.id berkesempatan untuk membahas pengertian stratifikasi sosial menurut ahli dan secara umum.

Yuk langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Stratifikasi Sosial

Stratifikasi Sosial

Secara Umum

Isitilah dari kata stratifikasi sosial berasal dari bahasa latin, yakni stratum yang berarti tingkatan serta socius yang berarti masyarakat atau teman atau.

Sehingga, bila kita tarik, penegertian stratifikasi sosial tersebut secara umum bisa kita sebuat sebagai tingkatan sosial yang terdapat di dalam masyarakat.

Stratifikasi sosial merupakan kiasan yang berasal dari gamabaran kondisi yang ada dalam keadaan kehidupan masyarakat.

Stratifikasi sosial atau dalam bahasa inggris disebut sebagai “sosial stratifikasion” merupakan perbedaan masyarakat atau penduduk ke dalam kelas-kelas secara bertingkat atau “hierarkis”.

Dengan kata lain, perbedaan dari kedudukan akan memicu adanya stratifikasi sosial atau yang juga disebut dengan pelapisan sosial.

Perwujudan dari adanya fenomena stratifikasi sosial atau yang juga disebut pelapisan sosial ini yaitu terdapat perbedaan golongan tingkat atau kedudukan ataupun kelas.

Menurut Ahli

Nah, berikut adalah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian sosial stratifikasion, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menurut Robert M. Z. Lawang

Menurutnya pendapat dari M. Z. Lawang, sosial stratifikasion merupakan pengelompokan orang-orang yang termasuk ke dalam sebuah sistem sosial tertentu pada lapisan-lapisan hierarkis menurut dimensi kekuasaan, privilege dan juga prestise.

2. Menurut Soerjono Soekanto

Menurut pendapat dari Soerjono SOekanto, pengertian dari sosial stratifikasion adalah perbedaan masyarakat atau penduduk ke dalam berbagai kelas secara bertingkat.

3. Menurut Horton Dan Hunt

Menurutn pendapat yang disampaikan oleh Horton dan Hunt pengertian dari sosial stratifikasion yaitu sistem perbedaan status yang berlaku atau hidup dalam lingkungan masyarakat.

4. Menurut Bruce J. Cohen

Sosial stratifikasion merupakan sistem yang menempatkan seseorang sesuai dengan kualitas yang ia miliki serta memposisikan mereka dalam kelas sosial yang sesuai.

5. Menurut Max Weber

Menurutnya, pengertian dari Stratifikasi yaitu pengelompokan orang-orang yang termasuk ke dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam beberapa lapisan secara hirarkis sesuai dengan dimensi kekuasaan, privilese dan juga prestise.

6. Wikipedia

Pelapisan sosial atau stratifikasi sosial (social stratification) merupakan pembedaan atau pengelompokan atau penggolongan para anggota masyarakat secara vertikal (bertingkat).

7. Menurut Astrid S. Susanto

Menurut pendapat dari Astrid S. Susanto, pengertian dari sosial stratifikasion yaitu hasil dari kebiasaan interaksi antar manusia secara teratur serta tersusun sehingga setiap saat seseroang memiliki situasi yang menentukan hubungannya dengan orang lain secara vertikal ataupun horizontal dalam masyarakat.

8. Menurut P.J. Bouman

Sosial stratifikasion merupakan golongan manusia yang ditandai dengan suatu cara hidup dalam kesadaran akan beberapa hal istimewa yang tertentu dan sebab itu akan menuntut rasa gengsi kemasyarakatan.

9. Menurut Pitirim A. Sorokin

Stratifikasi sosial merupakan pembedaan penduduk atau masyarakat pada berbagai kelas secara bertingkat “hierarkis”.

Perwujudan dalam kasus ini yaitu terdapat beberapa lapiasan yang berbeda di dalam masyarakat, dan dalam setiap lapisan itu disebut dengan strata sosial.

Terlebih lagi bahwa stratifikasi sosial adalah ciri yang tetap dalam setiap kelompok sosial yang teratur.

Beberapa lapisan di dalam masyarakat memang tidak jelas mengenai batasnnya, namun akan nampak bahwa setiap lapisan terdiri dari individu-individu yang memiliki tingkatan atau strata sosial yang secara relatif adalah sama.

10. Menurut Paul B. Horton Dan Chester L. Hunt

Menurutnya, pengertian dari sosial stratifikasion adalah sistem perbedaan status yang berlaku atau hidup di dalam suatu masyarakat.

11. Menurut Soerjono Soekanto

Menurutnya, pengertian dari sosial stratifikasion yaitu pembedaan posisi atau kedudukan kelompok atau seseorang di dalam tingkatan yang berbeda-beda secara vertikal.

Itulah pengertian stratifikasi sosial menurut ahli dan secara umum, semoga bermanfaat. Terima kasih telah berkunjung :)).

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.