Ideologi Komunisme

Pengertian & Ciri Ideologi Komunisme (LENGKAP)

Diposting pada

Ideologi komunisme yang kita bahas kali ini sangat bertentangan sekali dengan ideologi pancasila yang kami posting sebelumnya. Pancasila dan komunisme tidak mungkin disatukan, ibarat hitam dan putih.

A. Pengertian Ideologi Komunisme

Komunisme adalah sebuah paham yang menekankan kepemilikan bersama atas alat-alat produksi (modal, tanah, tenaga kerja) yang mempunyai tujuan terwujudnya masyarakat yang makmur, masyarakat komunis tanpa kelas dan semua orang sama.

Tanda komunisme dilihat dengan adanya prinsip sama rata sama rasa di dalam bidang ekonomi dan sekularisme yang radikal ketika agama digantikan oleh ideologi komunis yang bersifat doktriner.

Jadi, menurut ideologi komunis, kepentingan-kepentingan individu tunduk kepada kehendak partai, negara dan bangsa (kolektif). Komunisme merupakan hasil perkembangan dari sosialisme.

B. Ciri-ciri Ideologi Komunisme

  • Sifatnya ateis, yaitu tidak mengimani adanya Tuhan. Menganggap Tuhan tidak ada, kalau dia berpikir bahwa Tuhan tidak ada. Tetapi ketika berpikir Tuhan itu ada, maka keberadaan Tuhan terserah kepada manusia.
  • Kurang menghargai manusia sebagai individu, dibuktikan dengan ajaran yang tidak mengijinkan seseorang menguasai alat-alat produksi.
  • Komunisme mengajarkan teori pertentangan (perjuangan) kelas.
  • Doktrin komunis salah satunya yaitu the permanent / continuous revolution (revolusi terus-menerus). Revolusi menyebar ke seluruh dunia, maka komunisme disebut go internasional.
  • Komunis mempunyai progam terwujudnya masyarakat yang makmur, tanpa kelas, dan semua orang itu sama. Tetapi untuk mewujudkannya, ada fase diktator proletariat yang mempunyai tugas membersihkan kelas lawan komunisme. Terutama tuan tanah yang bertentangan dengan demokrasi.
  • Komunisme menganut sistem politik satu partai, yaitu partai komunis. Sehingga bisa dibilang Negara komunis tidak ada partai oposisi atau komunisme itu pada dasarnya tidak menghormati HAM.
  • Negara dan hukum akan lenyap karena tidak lagi diperlukan.

Tokoh-tokoh komunis antara lain yaitu:

  1. Muso
  2. Aidit
  3. Karl Mark
  4. Joseph Stalin
  5. Friedrich Engels
  6. Leonid Breznev

Sedangkan negara yang menerapkan ideologi komunisme diantaranya:

  1. RRC
  2. Korea Utara
  3. Vietnam
  4. Rusia
  5. Kuba
  6. Albania

Jika kamu bertanya mengapa negara kita tidak memakai ideologi komunisme, itu karena komunisme tidak sesuai dengan kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Karena bangsa Indonesia sangat meyakini adanya Tuhan dan masyarakatnya yang menghormati Hak Asasi Manusia.

Referensi:
azzamkasep.blogspot.co.id/2013/01/ideologi-komunisme.html

Recent search terms:
  • ciri ciri ideologi komunisme
  • apa yang dimaksud dengan ideologi komunis
  • penjelasan komunis
  • pengertian ideologi komunis
  • pengertian ciri ciri dan negara yang menerapkan ideologi komunis
  • paham komunisme secara singkat
  • Komunisme
  • ideologi komunis
  • cari keterangan tentang ideologi komunis
  • siapa komunis dan apa definisinya

7 thoughts on “Pengertian & Ciri Ideologi Komunisme (LENGKAP)

    1. Semoga materi mengenai ideologi komunisme ini dapat membantu.

      Kamu juga perlu tahu bahaya laten komunis, yaitu timbulnya kapitalisme yaitu kekuasaan dipegang oleh para penguasa dan menindas kaum miskin atau lemah.

      1. mengapa ciri” diatas hampir tidak ada yg mencerminkan negara komunis jaman sekrang?.. contoh China RUsia vietnam… mereka semua memiliki agama mereka di atur undang-undang.. setiap warga negara memiliki pekerjaan tetap dan di gaji ada pula yang miskin pengangguran tak punya rumah (apakah ini yg disebut sama rata?), ada juga warga negara yang memiliki tanah dan alat produksi.. tapi jika ciri” di atas di kerucutkan ke negara korea utara hampir mencerminkan negara tsb. lalu yang anda jelaskan adalah komunis ytang seperti apa?. komunis era orde baru yang kebanyakan di beri bumbu penyedap agar menarik namun membutakan?…

        1. Kalau kamu katakan bahwa ciri-ciri diatas “tidak ada” yang mencerminkan negara komunis jaman sekarang, maka itu “tidaklah benar”.

          Kita sedang berbicara mengenai “ideologi komunis”, yang merupakan bukan sifat global atau umum.

          Kalau masalah china, rusia, dan vietnam mempunyai agama dan diatur undang-undang, itu sudah beda lagi bahasannya. Itu sudah berbicara mengenai peraturan negara itu sendiri.

          Yang jelas dan bisa terlihat, negara komunis mewujudkan tujuannya dengan “membersihkan” lawannya.Terutama tuan tanah yang bertentangan dengan demokrasi.

  1. Komunis adalah ideologi ekonomi yang menyamaratakan semua orang terutama dalam bidang ekonomi. Saya sendiri tidak setuju dgn hal tersebut, karena orang2 mempunyai hak dan kewajiban yg berbeda untk dipenuhi. Orng sering keliru dengan konsep komunis dgn cara menyamakan komunis dengan ateis, padahal hal tersebut adlh 2 hal yg berbeda. Ada orang komunis yg beragama/religius atau komunis yang ateis. Hal ini terjadi kekelirun informasi dari sejarah, dan pemerintah membiarkannya. Namun tidak banyak, ilmu yg dipelajari nanti saat ber-kuliah akan membahas bedanya ateis dengan komunis. Dua hal tersebut adalah dua entitas yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *