Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan dan Struktur

Diposting pada

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan – Artikel ini secara khusus hanya akan membahas contoh-contoh mengenai teks hasil observasi dimana sebelumnya juga pernah kita bahas mengenai pengertian, struktur teks laporan hasil observasi, tujuan, fungsi, ciri-ciri dan lainnya.

Tidak hanya kami siapkan 1 contoh saja tetapi kami siapkan 4 contoh sehingga kamu bisa contoh teks mana yang paling disukai, yaitu tentang hewan peliharaan kucing, kuda, kelinci, dan kupu-kupu.

Contoh Laporan Hasil Observasi Kucing

Pernyataan Umum:
Kucing  adalah jenis hewan mamalia dari keluarga felidae.Kucing termasuk kedalam golongan karnivora yakni hewan pemakan daging.

Kucing bisa dikelompokan menjadi 2, yakni kucing besar dan kucing rumahan. Kucing besar diantaranya harimau, singa, cheetah, dan lainnya. Sedangkan kucing rumahan adalah jenis yang sangat populer sebagi hewan peliharaan.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Kucing rumahan bisa mencapai berat 16 kg, panjang 60 cm, dan tinggi  45 cm. Selain itu kucing mempunyai taring yang runcing dan cakar yang bisa ditarik serta dikelurkan sesuai kebutuhan. Penglihatan kucing sangatlah bagus.

Kucing jenis ini juga termasuk hewan penyendiri dimana masing-masing kucing mempunyai daerah sendiri. Bila ada kucing asing yang masuk biasanya akan terjadi perkelahian singkat.

Kucing yang sedang berkelahi akan menegakan rambut tubuhnya dan melengkungkan tubuhnya agar tampak lebih besar.

Serangan kucing umumnya berupa cakaran, gigitan, dan tamparan. Jantan yang aktif biasanya akan sering terlibat perkelahian.

Biasanya kucing peliharaan tidak berbahaya bagi manusia karena tubuhnya yang kecil. Tetapi tidak menutup kemungkinan hewan ini bisa menularkan penyakit. Penyakit yang mungkin ditularkan diantaranya rabies karena gigitannya dan gangguan pernafasan diakibatkan bulunya.

Contoh Teks Laporan Observasi Kupu-Kupu

Pernyataan Umum:
Kupu-kupu masuk kedalam kingdom Animalia. tepatnya dalam filum Arthropoda. Arthropoda adalah filum yang anggotanya merupakan hewan berkaki beruas-ruas atau berbuku-buku.

Kupu-kupu merupakan hewan yang cukup beruntung karena masuk ke dalam filum yang merupakan filum hewan paling besar dalam jumlah maupun daerah distribusinya.

Arthropoda dibagi menjadi 4 kelas lagi yakni Insecta, Arachnida, Crustacea, dan Myrrapoda. Kupu-kupu masuk ke dalam kelas Insecta.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Hewan ini merupakan hewan insecta yang bersayap (Pterygota). Saya kupu-kupu sangat indah, terdapat berbagai macam motif. Sayap kupu-kupu termasuk jenis sayap yang bersisik (Lepidoptera).

Tak sedikit orang yang takjub akan uniknya sayap kupu-kupu, sehingga ada orang yang mengawetkannya dengan tujuan sebagai koleksi. Sayap kupu-kupu juga membantu kita membedakan jenis-jenisnya.

Dalam perkembangan menuju kedewasaan, Pterygota mengalami metamorfosis. Metamorfosis pada Pterygota bisa dibedakan menjadi 2 yaitu Hemimetabola dan Holometabola.

Hemimetabola yaitu serangga yang mengalami metamorfosis tidak sempurna. Sedangkan Holometabola yaitu serangga yang mengalami metamorfisis sempurna.

Kupu-kupu termasuk dalam golongan Holometabola karena mengalami metamorfosis sempurna dari ulat menjadi kupu-kupu dengan tahapan yakni telur, larva(ulat), pupa, dan imago.

Kupu-kupu juga berperan dalam ekosistem dimana kupu-kupu membantu tumbuhan melakukan penyerbukan. Bahkan kupu-kupu Bombix Mori bisa menghasilkan benang-benang sutra.

Contoh Laporan Hasil Observasi Hewan Peliharaan Kuda

Pernyataan Umum:
Kuda merupakan salah satwa mamalia yang telah banyak menolong pekerjaan manusia selama ribuan tahun. Tenaga kuda banyak dimanfaatkan, misalnya untuk mengangkat barang. Sekarang, tidak sedikit olahraga yang melibatkan kuda, seperti pecuan kuda.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Kuda merupakan 1 dari 10 spesies modern mamalia dari genus Equus. Kuda salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan sudah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

Kuda bisa dinaiki oleh manusia dengan menggunakan sadel dan bisa pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak.

Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan sudah ada sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.

Kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Morgan, Quarter Horse, Arab, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg. Kuda yang “berat” atau kuda beban, seperti misalnya Draft, Percheron, Clydesdale, dan Shire beratnya dapat mencapai hingga 907 kg.

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Kelinci

Pernyataan Umum:
Kelinci merupakan hewan mamalia dari Family Leporidae, yang bisa ditemukan di banyak bagian bumi. Dulunya kelinci adalah hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan Eropa. Pada perkembangannya (tahun 1912) kelinci diklasifikasikan dalam ordo Lagomorpha.

Anggota/aspek yang dilaporkan:
Ordo ini dibedakan menjadi 2 keluarga, yaitu Ochtonidae (jenis pika yang pandai bersiul) dan Leporidae (termasuk di dalamnya jenis kelinci dan terwelu). Secara umum, kelinci dibagi menjadi 2 jenis yaitu kelinci bebas dan kelinci peliharaan.

Yang termasuk dalam kategori kelinci bebas adalah terwelu (Lepus curpaeums) dan kelinci liar (Oryctolagus cuniculus).

Dilihat dari jenis bulunya, kelinci ini terdiri dari jenis berbulu pendek dan panjang dengan warna yang agak kekuningan. Ketika musim dingin, warna kekuningan berubah menjadi kelabu.

Menurut rasnya, kelinci terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya Angora, English Spot, Himalayan, Lyon, American Chinchilla, Dutch, dan lainnya.

Khusus Lyon sebetulnya adalah hasil dari persilangan luar antara Angora dengan ras lainnya. Tetapi di kalangan peternak kelinci hias, hasil persilangan itu disebut sebagai Lyon atau Angora jadi-jadian.

Kelinci mempunyai banyak manfaat seperti dagingnya yang empuk dan lezat. Menurut penelitian para ahli, selain empuk dan rendah kolesterol, dagingnya bisa dijadikan obat dan dimasak dalam beranekaragam cara salah satunya yaitu sate kelinci.

Daging kelinci dipercaya bisa digunakan sebagai obat yang bisa menyembuhkan atau meredakan penyakit asma, liver, infeksi tenggorokan, dan asam urat.

Daging kelinci juga mengandung suatu zat yang disebut senyawa kitotefin. Senyawa tersebut apabila digabungkan dengan senyawa lain seperti lemak omega 3 dan 9 disinyalir bisa sebagai penyembuh asma.

Jika terdapat penempatan struktur contoh teks hasil observasi yang kurang tepat, silahkan kamu koreksi dengan berkomentar dibawah. Kami mohon maaf apabila ada salah kata, semoga kamu bisa lebih paham.

Sumber:
mudah-bahasaindonesia.blogspot.co.id/2016/10/contoh-laporan-hasil-observasi-hewan_15.html
belajarjepara.blogspot.co.id/2015/12/teks-observasi-tentang-kelinci.html
wayankelor.blogspot.co.id/2014/09/laporan-hasil-observasi-hewan.html
xmia7smada.blogspot.co.id/2015/09/kupu-kupu-kupu-kupu-masuk-kedalam.html

Recent search terms:
  • contoh teks observasi tentang hewan yang memotivasi
  • artikel observasi hewan
  • teks laporan observasi kucing dengan struktur
  • teks laporan kelinci berdasarkan alasan nya
  • teks laporan hasil observasi hewan
  • Pokok teks bacaan dunia binatang
  • pernyataan umum tentang observasi tentang kelinci
  • laporan observasi hewan tupai
  • kalimat utama yg ada di hasil observasi kupu kupu
  • contoh teks observasi tentang kambing

15 thoughts on “Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Hewan dan Struktur

  1. Tolong buatkan saya teks hasil observasi tentang sampah plastik yang di daur ulang dan di jadikan pot bunga,secara singkat ya
    Pliss besok dikumpulkan soalnya

    1. Judul: Sampah

      Definisi umumnya: sampah merupakan barang bekas yang sudah tidak terpakai namun bisa diolah kembali. Sampah yang tadinya berupa barang buangan, kotor, berbau, dan menimbulkan penyakit, bisa didaur ulang sehingga menjadi bernilai.

      Sampah dibagi menjadi dua golongan yaitu “sampah organik” dan “sampah anorganik”.
      Sampah organik merupakan sampah yang bisa didaur ulang, sedangkan sampah anorganik sampah yang tidak dapat di daur ulang.

      Deskripsi bagian: sampah yang telah diolah akan mempunyai nilai ekonomi yang tinggi dari pada barang yang sebelumnya. Sampah bisa di daur ulang dengan tiga tahap yaitu : mengumpulkan bahan, memilah, dan melakukan daur ulang.

      Deskripsi manfaat: daur ulang sampah bisa menambah penghasilan ekonomi yang tinggi karena bahan dari daur ulang sampah adalah sampah.

      NB: Sisanya bisa kamu dimodifikasi lagi sesuai tugas yang diberikan oleh guru, sekaligus untuk latihan belajar membuat contoh teks laporan hasil observasi

    1. Pernyataan Umum:
      Kambing adalah binatang memamah biak yang berukuran sedang. Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) merupakan subspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya(daerah “Bulan sabit yang subur” dan Turki) dan Eropa.

      Anggota/aspek yang dilaporkan:
      Kambing liar jantan atau betina mempunyai sepasang tanduk, tetapi tanduk kambing jantan lebih besar.

      Biasanya kambing mempunyai janggut, dahi cembung, ekoragak ke atas, dan kebanyakan berrambut lurus dan kasar. Panjang tubuh kambing liar, tidak termasuk ekor, adalah 1,3 meter – 1,4 meter, sedangkan ekornya 12 sentimeter – 15 sentimeter.

      Berat kambing betina yaitu 50 kilogram – 55 kilogram, sedangkan kambing jantan dapat mencapai 120 kilogram.

      Kambing liar tersebar dari Spanyol ke arah timur sampai India, dan dari India ke utara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang disukainya adalah daerah pegunungan yang berbatu-batu.

      Kambing sudah dibudidayakan manusiakira-kira 8000 – 9000 tahun yang lalu. Di alam aslinya, kambing hidup berkelompok 5 sampai 20 ekor.

      Dalam pengembaraannnya mencari makanan, kelompok kambing ini dipimpin oleh kambing betina yang paling tua, sedangkan kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan.

      Waktu aktif mencari makannya siang maupun malam hari. Makanan utamanya adalah rumput-rumputan dan dedaunan.

      Kambing berbeda dengan domba.

    1. Pernyataan Umum:
      Tupai merupakan golongan mamalia kecil yang mirip dengan bajing tapi sering dikelirukan (disebut bajing).

      Padahal jika dilihat secara ilmiah, tupai tidak sama dan berkerabat jauh dengan bajing. Tupai merupakan pemangsa serangga.

      Anggota/aspek yang dilaporkan:
      Tupai mempunyai otak yang besar, rasio besar otak tupai berbanding dengan tubuhnya. Bahkan terbesar pada makhluk hidup, mengalahkan manusia.

      Dahulu tupai pernah dipisahkan dari tikus bulan dan terutut yang tetap berada dalam bangsa Insectivora, dan dipindahkan ke dalam bangsa Primata yang beranggotakan singapuar, monyet, kukang, dan kera.

      Pemindahan ini karena kemiripan internal tupai dengan bangsa monyet itu, sehingga dianggap sebagai golongan primata awal.

    1. Pernyataan umum:
      Komodo (Varanus komodoensis) merupakan spesial kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. Penduduk asli pulau Komodo biasa menyebut komodo dengan nama “Ora”.

      Komodo termasuk anggota biawak Varanidae, dan klad Toxicofera, dan merupakan kadal terbesar di dunia dengan panjang rata-rata 2-3 meter.

      Anggota/aspek yang dilaporkan:
      Komodo memiliki ekor yang sama panjang dengan tubuhnya, dan memiliki kurang lebih 60 buah gigi yang tajam dengan panjang kurang lebih 2,5 cm.

      Komodi memiliki lidah yang panjang dengan warna kuning dan bercabang. Komodo jantan memiliki ukuran lebih besar daripada komodo betina, dengan warna kulit abu-abu gelap hingga merah batu bata.

      Sedangkan komodo betina mempunyai warna lebih hijau dari buah zaitun, serta memiliki potongan kecil kuning yang ada pada tenggorokannya.

      Komodo muda lebih mencolok warnanya, karena memiliki warna kuning, hijau serta putih pada latar tubuh dengan warna hitam.

      Komodo tidak memiliki indera pendengaran, walau mempunyai lubang telinga.

      Di alam bebas, komodo dewasa biasanya memiliki berat kurang lebih 70 kilogram, tetapi komodo yang ada di penangkaran umumnya memiliki berat tubuh yg semakin besar.

      Komodo pertama kali ditemukan oleh peneliti barat di tahun 1910. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat hewan ini sangat populer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *